C15 Engine Caterpillar


Cooling System Coolant (ELC) - Change

Usage:

C15 JEP
Bersihkan sistem pendinginan dan bilas sistem pendinginan sebelum interval perawatan yang direkomendasikan apabila kondisi-kondisi berikut terjadi:

  • Engine sering mengalami panas berlebihan

  • Pembentukan busa dalam cairan pendingin

  • Oli telah memasuki sistem pendingin dan cairan pendingin telah terkontaminasi.

  • Bahan bakar memasuki sistem pendinginan dan cairan pendingin telah terkontaminasi.

Catatan: Bila sistem pendinginan sedang dibersihkan dan bila ELC dibuang atau diganti, maka hanya air bersih yang digunakan untuk menguras.

Catatan: Periksa pompa air dan water temperature regulator setelah sistem pendingin telah dikosongkan. Ini adalah kesempatan yang baik untuk mengganti pompa air, water temperature regulator dan selang-selang, apabila diperlukan.

Saluran Pembuangan

------ PERINGATAN! ------

Sistem Bertekanan: Cairan pendingin yang panas dapat menyebabkan luka bakar serius. Untuk membuka tutup pengisian sistem pendinginan, matikan engine dan tunggu sampai komponen sistem pendinginan menjadi dingin. Kendorkan tutup tekanan sistem pendinginan secara perlahan untuk membebaskan tekanan.


  1. Matikan engine dan biarkan engine menjadi dingin. Kendorkan tutup pengisian sistem pendinginan secara perlahan untuk membebaskan tekanan. Lepaskan tutup pengisian sistem pendinginan.

  1. Buka katub pembuangan sistem pendinginan (bila dilengkapi). Jika sistem pendinginan tidak dilengkapi dengan katub pembuangan, buka sumbat pembuangan sistem pendinginan.

    Biarkan cairan pendingin mengalir keluar.


PERHATIAN

Buang cairan pendingin engine bekas pakai pada tempat yang sebenarnya atau lakukan daur ulang. Berbagai metode telah diusulkan untuk mendaur-ulang cairan pendingin bekas untuk digunakan kembali dalam sistem pendinginan engine. Prosedur distilasi penuh merupakan metode satu-satunya yang memenuhi persyaratan Caterpillar guna mendaur-ulang cairan pendingin bekas.


Untuk mendapatkan informasi mengenai pembuangan dan daur-ulang cairan pendingin bekas pakai, hubungi dealerCaterpillar atau hubungi Caterpillar Dealer Service Tool Group:

Di luar Illinois: 1-800-542-TOOLDalam wilayah Illinois: 1-800-541-TOOLKanada: 1-800-523-TOOL

Pembilasan

  1. Bilas sistem pendinginan dengan air bersih untuk membuang kotoran.

  1. Tutup katub pembuangan (jika dilengkapi). Bersihkan sumbat pembuangan. Pasang sumbat pembuangan. Lihat pada Spesifikasi Buku petunjuk untuk engine tertentu guna mendapatkan information lebih spesifik mengenai torsi yang tepat. Lihat pada Spesifikasi, SENR3130, "Spesifikasi Torsi" untuk informasi lebih umum mengenai torsi yang tepat.


    PERHATIAN

    Isi sistem pendinginan dengan kecepatan yang tidak lebih dari 19 L (5 US gal) per menit untuk menghindari terjadinya penyumbatan oleh udara.


  1. Isi sistem pendinginan dengan air bersih. Pasang tutup pengisian sistem pendingin.

  1. Start engine dan hidupkan engine pada idle rendah sampai suhu mencapai 49 hingga 66 °C (120 hingga 150 °F).

  1. Matikan engine dan biarkan engine menjadi dingin. Kendorkan tutup pengisian sistem pendinginan secara perlahan untuk membebaskan tekanan. Lepaskan tutup pengisian sistem pendinginan. Buka katup pembuangan (bila dilengkapi) atau lepaskan sumbat pembuangan sistem pendinginan. Biarkan cairan pendingin mengalir keluar. Bilas sistem pendinginan dengan air bersih. Tutup katub pembuangan (jika dilengkapi). Bersihkan sumbat pembuangan. Pasang sumbat pembuangan. Lihat pada Spesifikasi Buku petunjuk untuk engine tertentu guna mendapatkan information lebih spesifik mengenai torsi yang tepat. Lihat pada Spesifikasi, SENR3130, "Spesifikasi Torsi" untuk informasi lebih umum mengenai torsi yang tepat.

Pengisian

Engine-engine yang Dilengkapi dengan Tangki Cadangan Cairan pendingin


PERHATIAN

Isi sistem pendinginan dengan kecepatan yang tidak lebih dari 19 L (5 US gal) per menit untuk menghindari terjadinya penyumbatan oleh udara.


  1. Isilah sistem pendinginan dengan Extended Life Coolant (ELC). Lihat pada Buku Petunjuk Pengoperasian dan Perawatan, "judul Kapasitas Pengisian dan Rekomendasi" (Bagian Perawatan) untuk informasi lebih lengkap mengenai spesifikasi sistem pendinginan. Jangan memasang tutup pengisian sistem pendinginan.

  1. Hidupkan engine dan operasikan engine pada kecepatan idle rendah. Naikkan rpm engine ke idle tinggi. Operasikan engine pada kecepatan idle tinggi selama satu menit untuk mengeluarkan udara dari rongga-rongga dalam engine block. Matikan engine.

  1. Tuangkan ELC kedalam sistem pendinginan sampai sistem pendinginan penuh.

  1. Bersihkan tutup pengisian sistem pendinginan. Periksa gasket yang terdapat pada tutup pengisian sistem pendinginan. Jika gasket yang terdapat pada tutup pengisian sistem pendinginan telah rusak, ganti tutup pengisian sistem pendinginan yang lama dengan tutup pengisian sistem pendinginan yang baru. Jika gasket pada tutup pengisian sistem pendinginan tidak rusak, gunakan Pressurizing Pump 9S-8140 untuk menguji tekanan pada tutup pengisian sistem pendinginan. Tekanan yang benar untuk tutup pengisian sistem pendinginan telah tertera pada tutup pengisian sistem pendinginan. Apabila tutup pengisian sistem pendinginan tidak mampu mempertahankan tekanan yang benar, pasang tutup pengisian sistem pendinginan yang baru.

  1. Kendorkan tutup tangki cadangan cairan pendingin secara perlahan untuk membebaskan tekanan. Lepaskan tutup tangki cadangan cairan pendingin.

  1. Tuangkan Extended Life Coolant (ELC) kedalam tangki cadangan cairan pendingin sampai cairan pendingin mencapai tanda "COLD FULL". JANGAN mengisi tangki cadangan cairan pendingin diatas tanda "COLD FULL".

  1. Bersihkan tutup tangki cadangan cairan pendingin. Pasang tutup tangki cadangan cairan pendingin.

  1. Hidupkan engine. Periksa sistem pendinginan dari kebocoran dan suhu kerja yang benar.

Engine-engine yang TIDAK Dilengkapi dengan Tangki Cadangan Cairan pendingin


PERHATIAN

Isi sistem pendinginan dengan kecepatan yang tidak lebih dari 19 L (5 US gal) per menit untuk menghindari terjadinya penyumbatan oleh udara.


  1. Isilah sistem pendinginan dengan Extended Life Coolant (ELC). Lihat pada Buku Petunjuk Pengoperasian dan Perawatan, "judul Kapasitas Pengisian dan Rekomendasi" (Bagian Perawatan) untuk informasi lebih lengkap mengenai spesifikasi sistem pendinginan. Jangan memasang tutup pengisian sistem pendinginan.

  1. Hidupkan engine dan operasikan engine pada kecepatan idle tinngi. Naikkan rpm engine ke high idle. Operasikan engine pada kecepatan idle tinggi selama satu menit untuk mengeluarkan udara dari rongga-rongga dalam engine block. Matikan engine.

  1. Periksa ketinggian cairan pendinginan. Pertahankan tinggi permukaan cairan pendingin pada batas 13 mm (0,5 inci) dari bawah pipa pengisian. Pertahankan tinggi permukaan cairan pendingin pada batas 13 mm (0,5 inci) pada ketinggian yang benar di gelas pengamat (jika dilengkapi).

  1. Bersihkan tutup pengisian sistem pendinginan. Periksa gasket yang terdapat pada tutup pengisian sistem pendinginan. Jika gasket yang terdapat pada tutup pengisian sistem pendinginan telah rusak, ganti tutup pengisian sistem pendinginan yang lama dengan tutup pengisian sistem pendinginan yang baru. Jika gasket pada tutup pengisian sistem pendinginan tidak rusak, gunakan Pressurizing Pump 9S-8140 untuk menguji tekanan pada tutup pengisian sistem pendinginan. Tekanan yang benar untuk tutup pengisian sistem pendingin telah tertera pada tutup pengisian sistem pendingin. Apabila tutup pengisian sistem pendinginan tidak mampu mempertahankan tekanan yang benar, pasang tutup pengisian sistem pendinginan yang baru.

  1. Hidupkan engine. Periksa sistem pendinginan dari kebocoran dan suhu kerja yang benar.

Caterpillar Information System:

C15 Engine Cooling System Coolant (DEAC) - Change
C15 and C18 Generator Set Engines Inlet and Exhaust Valve Springs - Remove and Install
C18 Marine Auxiliary Engines E096 High Fuel Pressure
2003/12/01 New Procedures Will Increase Power Module Reliability {7273}
C9 Marine Auxiliary and Marine Generator Set Engines Air Inlet Heater Circuit - Test
2004/03/29 Special Instruction, REHS1037 , "Installation Instructions for the Electric Fuel Priming Pump on Caterpillar Equipment With the 24 Volt System" has been Revised {1258}
C15 On-Highway Engine Engine Oil Pump - Assemble
C15 On-Highway Engine Engine Oil Pump - Disassemble
C15 and C18 Engines for Caterpillar Built Machines Engine Oil Pump - Install
3524B Engines for 797 and 797B Off-Highway Trucks Cold Mode Operation
C15 and C18 Engines for Caterpillar Built Machines Engine Oil Pump - Remove
C9 Marine Auxiliary and Marine Generator Set Engines Speed Control (Switch) - Test
C15 and C18 Generator Set Engines Inlet and Exhaust Valves - Remove and Install
G3500 Engines Detonation Sensors
C13, C15, and C18 Generator Set Engines E197 High Engine Oil Temperature
C9 Marine Auxiliary and Marine Generator Set Engines Diagnostic Codes
C18 Marine Auxiliary Engines E198 Low Fuel Pressure
C15 and C18 Engines for Caterpillar Built Machines Rear Power Take-Off (RPTO) - Remove - If Equipped
C15 and C18 Engines for Caterpillar Built Machines Rear Power Take-Off (RPTO) - Install - If Equipped
C13, C15, and C18 Generator Set Engines E199 Low Coolant Temperature
C13, C15, and C18 Generator Set Engines E360 Low Engine Oil Pressure
C18 Marine Auxiliary Engines E361 High Engine Coolant Temperature
C18 Marine Auxiliary Engines E362 Engine Overspeed
C18 Marine Auxiliary Engines E363 High Fuel Temperature
Back to top
The names Caterpillar, John Deere, JD, JCB, Hyundai or any other original equipment manufacturers are registered trademarks of the respective original equipment manufacturers. All names, descriptions, numbers and symbols are used for reference purposes only.
CH-Part.com is in no way associated with any of the manufacturers we have listed. All manufacturer's names and descriptions are for reference only.