C7.1 Commercial Marine Engine Caterpillar


Cooling System

Usage:

C7.1 GJN
Lihat konfigurasi sistem pendinginan yang benar untuk aplikasi tertentu.

Sirkuit Air Tawar



Ilustrasi 1g06014734
Sistem Pendinginan Air Tawar Propulsi C7.1
(1) Penguras
(2) Tangki Header/Heat Exchanger
(3) Turbocharger
(4) Termostat
(5) Engine
(6) Pompa Air Tawar

Selama pengoperasian engine, pompa air (6) menarik cairan pendingin engine dari heat exchanger (2). Pompa air membuat cairan pendingin mengalir ke sistem. Pompa air dipasang di bagian depan kotak pewaktuan. Pompa air digerakkan dengan roda-gigi oleh roda-gigi pompa injeksi bahan bakar.

Pompa air (6) memaksa cairan pendingin melalui saluran di bagian depan kotak pewaktuan ke mantel air di sisi kiri atas blok silinder. Dua pertiga cairan pendingin digunakan untuk mendinginkan blok silinder. Cairan pendingin terus mengalir ke bagian belakang blok silinder dan cairan pendingin dialihkan ke lokasi berikut:

  • Manifold buang

  • Cylinder head

Cairan pendingin mengalir ke depan melalui cylinder head dan ke dalam termostat (4). Jika termostat tertutup, cairan pendingin langsung mengalir melalui pintasan ke sisi saluran masuk pompa air (6). Jika termostat terbuka, pintasan tertutup dan cairan pendingin mengalir ke heat exchanger (2) untuk didinginkan. Setelah cairan pendingin mengalir melalui heat exchanger, cairan pendingin dicampur dengan cairan pendingin yang kembali dari manifold buang dan preheater (bila terpasang).

Sirkuit Air Laut



Ilustrasi 2g06014772
Sistem Pendinginan Air Laut Propulsi C7.1
(2) Tangki Header/Heat Exchanger
(5) Engine
(7) Saluran Buang Berpendingin Air (opsional)
(8) Oil Cooler Girboks (opsional)
(9) Aftercooler
(10) Cooler Bahan Bakar
(11) Pompa Air Tambahan

Selama pengoperasian engine, pompa air bantu (11) menarik air laut yang dingin ke dalam sistem. Pompa air bantu, memompa air laut ke aftercooler (9). Air laut yang dingin mengalir melalui aftercooler (9) untuk mendinginkan udara masuk yang panas. Dari aftercooler, air laut mengalir ke heat exchanger (2) untuk mendinginkan cairan pendingin engine yang panas. Setelah meninggalkan heat exchanger, air laut kemudian dibuang.

Pendinginan Lunas



Ilustrasi 3g06256312
Sistem Pendinginan Lunas Propulsi C7.1
(1) Tangki Jarak Jauh
(2) Manifold Buang
(3) Termostat
(4) Engine
(5) Pompa Air Tawar
(6) Pompa Air Tambahan
(7) Aftercooler
(8) Cooler Bahan Bakar
(9) Oil Cooler Girboks (Opsional)
(10) Cooler Kisi Aftercooler
(11) Cooler Kisi Mantel

Pendinginan lunas atau pendinginan kulit adalah metode pendinginan dengan sirkuit tertutup pada engine maupun udara pengisian. Untuk memberikan perlindungan engine, campuran antifreeze harus digunakan untuk sirkuit pendinginan udara pengisian maupun engine. Campuran antifreeze nominal:

  • 50 % Glikol dalam iklim dingin

Cairan pendingin yang disebutkan di sini harus digunakan dalam iklim yang ditentukan untuk memastikan tingkat inhibitor korosi yang memadai. 50 % campuran akan memberikan perlindungan hingga −37° C (−34.6° F).

Sistem pendinginan yang dirancang dan dipasang dengan benar sangat penting untuk umur pemakaian dan kinerja engine yang memuaskan.

Sistem ini menggunakan serangkaian tabung, pipa, atau saluran yang dipasang ke bagian luar lambung di bawah garis air sebagai heat exchanger. Cooler lunas lebih disukai untuk digunakan dibandingkan heat exchanger standar yang terpasang di engine dengan pendingin air baku saat beroperasi di area yang mengandung banyak lumpur dan serpihan di air yang akan mengikis tabung heat exchanger atau menyumbatnya.

Pendinginan lunas digunakan dalam kondisi Arktik untuk menghindari masalah pembekuan yang dialami pada sirkuit air baku dalam sistem pendinginan heat exchanger.

Cooler lunas tersedia dalam desain standar dari beberapa pabrikan. Unit ini mudah dipasang dan dapat disesuaikan oleh produsen untuk model engine dan aplikasi perahu. Cooler komersial terbuat dari material tahan erosi dan memiliki efisiensi transfer panas yang relatif tinggi.

Kelemahan cooler lunas eksternal adalah rentan terhadap kerusakan dan harus diberi pelindung. Alternatif cooler yang tersedia secara komersial adalah cooler lunas fabrikasi yang diproduksi oleh pembuat kapal sebagai bagian dari konstruksi lambung kapal. Cooler ini tidak cukup efisien dan harus dirancang lebih besar agar penurunan kinerja seiring dengan pembentukan karat, kerak, dan pertumbuhan biota laut di cooler lunas.

Jika engine merupakan paket pengganti dan sistem pendinginan, cooler lunas, serta tangki ekspansi yang asli akan digunakan kembali, maka sangat penting untuk menguras sistem sepenuhnya untuk menghilangkan endapan yang mungkin terdapat dalam sistem. Kelalaian membersihkan endapan dapat menghalangi pembuangan udara yang mengakibatkan engine mengalami panas berlebih.

Ukuran Cooler

Cooler lunas komersial diproduksi dalam berbagai ukuran dan bentuk. Produsen cooler lunas akan merekomendasikan cooler lunas jika diberi data berikut:

  • Campuran glikol yang hendak digunakan.

  • Model dan peringkat engine.

  • Lembar spesifikasi engine.

  • Penolak Panas.

  • Laju aliran cairan pendingin engine.

  • Maks. temperatur cairan pendingin dari cooler kisi.

  • Temperatur air baku maksimum.

  • Koneksi pipa.

Caterpillar Information System:

797F Off-Highway Truck Towing the Machine
Rain Water May Enter in Muffler/Silencers on Certain 3516 Power Modules {1062} Rain Water May Enter in Muffler/Silencers on Certain 3516 Power Modules {1062}
Improved Crankshafts are Now Used on Certain Cat® Engines {1202} Improved Crankshafts are Now Used on Certain Cat® Engines {1202}
336 Excavators (Powered by C9.3 Tier 4 Engine) Engine Supplement Electronic Control Module - Remove and Install
323F LN Excavator Machine Systems Pump Control (Output Flow) - Test - One Pump Calibration (Optional Test)
323F LN Excavator Machine Systems Main Pump (Flow) - Test - Hydraulic Power
323F LN Excavator Machine Systems Relief Valve (Swing) - Test and Adjust
336, 336 GC and 340 Excavator Systems Main Pump (Flow) - Test - Hydraulic Power
326F Excavator Machine System Relief Valve (Line) - Test and Adjust
326F Excavator Machine System Relief Valve (Main) - Test and Adjust
323F LN Excavator Machine Systems Solenoid Valve (Proportional Reducing) - Calibrate - Negative Flow Control
323F LN Excavator Machine Systems Solenoid Valve (Proportional Reducing) - Calibrate - Power Shift Pressure
Procedure to Selection of Parts for Right Turbocharger to Clean Emissions Module (CEM) Inlet for Certain C175 Engines {1052, 1061, 108D} Procedure to Selection of Parts for Right Turbocharger to Clean Emissions Module (CEM) Inlet for Certain C175 Engines {1052, 1061, 108D}
Improved Bellows Fins and Exhaust Elbows are Now Used on Certain Cat® C175 Engines {1061} Improved Bellows Fins and Exhaust Elbows are Now Used on Certain Cat® C175 Engines {1061}
New Engine Software Is Now Used for Certain C32 Marine Engines {1920} New Engine Software Is Now Used for Certain C32 Marine Engines {1920}
3512E and 3516E Marine Engines Aftercooler - Remove
3512E and 3516E Marine Engines Aftercooler - Install
797F Off-Highway Truck Battery or Battery Cable - Inspect/Replace
XQP1100 Generator Set Space Heater - Test
797F Off-Highway Truck Lubricant Viscosities - Fluids Recommendations
3516B Generator Set Engines with Dynamic Gas Blending Detonation Occurrence
797F Off-Highway Truck Frame and Body - Inspect
797F Off-Highway Truck Frame and Body Support Pads - Clean/Inspect
336 Excavators (Powered by C9.3 Tier 4 Engine) Engine Supplement Hood - Remove and Install
Back to top
The names Caterpillar, John Deere, JD, JCB, Hyundai or any other original equipment manufacturers are registered trademarks of the respective original equipment manufacturers. All names, descriptions, numbers and symbols are used for reference purposes only.
CH-Part.com is in no way associated with any of the manufacturers we have listed. All manufacturer's names and descriptions are for reference only.