3512C HD SR500 Generator Sets Caterpillar


Generator Winding Insulation - Test

Usage:

3512C 9G9

Pengujian Berkala Isolasi yang Disarankan

------ PERINGATAN! ------

Tegangan tinggi yang dihasilkan oleh generator set yang sedang bekerja dapat menyebabkan cedera yang parah atau bahkan kematian. Sebelum melakukan perawatan atau perbaikan, pastikan bahwa generator tidak akan hidup.

Tempatkan sakelar pengaturan engine dalam posisi "OFF". Pasang label "JANGAN DIOPERASIKAN" pada alat kontrol penghidupan. Lepaskan sambungan baterai atau matikan sistem start. Kunci semua switchgear dan sakelar transfer otomatis yang berhubungan dengan generator.


Tabel 1
Alat yang Diperlukan 
Nomor Suku Cadang  Nama Suku Cadang  Kuantitas 
300-8648  Grup Pengujian Isolasi 

Gunakan tester isolasi secara berkala untuk memeriksa resistan isolasi kumparan stator utama generator. Frekuensi pengujian ini ditentukan berdasarkan lingkungan. Pembacaan tester isolasi sebelumnya juga akan menentukan frekuensi pengujian ini.

Uji kumparan stator utama dengan tester isolasi dalam situasi berikut:

  • Genset dinyalakan untuk pertama kali.

  • Genset dipindahkan dari penyimpanan.

  • Genset dioperasikan di lingkungan lembap. Uji setiap 3 bulan.

  • Genset tidak dilindungi dari elemen di suatu area tertutup. Uji setiap 3 bulan.

  • Genset dipasang di area tertutup. Area ini harus bertingkat kelembapan rendah dan temperatur stabil. Uji setiap 12 bulan (minimum).

  • Genset belum pernah dijalankan dengan beban selama 3 bulan. Uji genset setiap satu minggu. Gunakan heater ruangan di sekitar genset yang terpapar ke lingkungan air laut atau kelembapan lebih dari 75%. Gunakan juga heater ruangan jika hasil pengujian kurang dari 3 megohm.

Heater ruangan harus digunakan bila genset tidak diberi beban. Heater ruangan juga harus digunakan bila terdapat garam atau kelembapan tinggi. Menggunakan heater ruangan pada kondisi ini adalah satu-satunya cara menjaga pembacaan tester isolasi di atas 1 megohm. Gunakan heater ruangan hanya bila generator tidak dioperasikan.

Untuk informasi tambahan, bacalah Petunjuk Khusus, SEHS9124, "Cleaning and Drying of Electric Set Generators".

Prosedur yang Direkomendasikan untuk Pengujian Isolasi

------ PERINGATAN! ------

Cedera atau bahkan kematian dapat terjadi akibat sengatan listrik.

Megohmmeter memberikan tegangan yang tinggi ke sirkuit.

Untuk menghindari sengatan listrik, jangan menyentuh kabel instrumen tanpa terlebih dahulu mengosongkan muatan listriknya. Sewaktu telah selesai dengan pengujian, juga kosongkan muatan listrik pada kumparan generator.


  1. Persiapkan generator untuk pemeriksaan.

  2. Periksa generator secara visual terhadap uap air. Jika terdapat uap air, jangan lakukan pengujian isolasi ini. Keringkan unit terlebih dahulu. Bacalah Petunjuk Khusus, SEHS9124, "Cleaning and Drying of Electric Set Generators".

  3. Periksa pemasangan. Tentukan peralatan yang akan diuji dengan tester isolasi.

  4. Lucuti kapasitansi kumparan.

  5. Putuskan sambungan pentanahan "T0".

  6. Lepaskan kabel logam sensor untuk regulator. Pelepasan ini dapat dilakukan dengan melepaskan konektor rangkaian kabel.

  7. Lepaskan kabel PT dari modul bersama beban.

  8. Sambungkan kabel Hitam dari tester isolasi ke ground.

  9. Sambungkan kabel MERAH dari tester isolasi ke "T0".

  10. Setel tegangan ke tegangan tetapan generator.

  11. Gunakan Metode Resistan Waktu 30/60:

    1. Salurkan tegangan.

    2. Amati pembacaan di 30 detik. Amati pembacaan di 60 detik.

    3. Catat pembacaan 60 detik. Pembacaan ini harus dikoreksi terhadap temperatur.

    4. Catat temperatur.

    5. Catat kelembapan.

    6. Hilangkan tegangan.

  12. Lakukan penilaian pembacaan. Nilai aktual resistan bisa sangat berbeda di antara generator. Untuk itu, kondisi isolasi harus dievaluasi. Buat evaluasi berdasarkan perbandingan antara pembacaan resistan 60 detik dan pembacaan yang diambil pada tanggal sebelumnya. Kedua pembacaan ini harus diambil dengan kondisi yang sama. Jika pembacaan resistan 60 detik turun sebesar 50% dari pembacaan sebelumnya, isolasi mungkin telah menyerap terlalu banyak kelembapan.

Alihkan tester isolasi ke posisi "OFF". Posisi "OFF" akan mengosongkan arus kabel tester isolasi. Putuskan kabel isolasi tester.

Catatan: Hasil dari pemeriksaan resistan isolasi akan menunjukkan kritis atau tidaknya pembersihan dan/atau perbaikan. Umumnya, resistan isolasi akan amat bervariasi menurut temperatur. Oleh karena itu, uji selalu pada temperatur dan kelembapan yang sama. Lihat Ilustrasi 1.

Nomor Seri Engine____________________

Nomor Seri untuk Generator____________________



Ilustrasi 1g00633226
Back to top
The names Caterpillar, John Deere, JD, JCB, Hyundai or any other original equipment manufacturers are registered trademarks of the respective original equipment manufacturers. All names, descriptions, numbers and symbols are used for reference purposes only.
CH-Part.com is in no way associated with any of the manufacturers we have listed. All manufacturer's names and descriptions are for reference only.