C7 Industrial Engine Caterpillar


Engine Description

Usage:

C7 JRA
Engine C7 Caterpillar mempunyai ciri-ciri berikut:

  • 6 silinder In-Line

  • Siklus empat langkah

  • Hydraulically actuated electronic unit injection (HEUI)

  • Turbocharger

  • Air-to-air aftercooler

Spesifikasi Engine

Catatan: Bagian depan engine berlawanan dengan flywheel engine. Sisi samping kiri dan kanan engine ditentukan dari sisi flywheel. Silinder nomor 1 adalah silinder depan.




Ilustrasi 1g00407141

Lokasi Silinder dan Katub

(A) Katub buang

(B) Katub masuk

Tabel 1
Spesifikasi C7 Engine Industri    
Silinder dan Susunan     6 silinder In-Line    
Bore    
110 mm (4,3 inci)    
Stroke    
127 mm (5,0 inci)    
Aspiration     Turbocharger
ATAAC (1)    
Displacement    
7,2 L (440 inci3)    
Urutan Pembakaran     1-5-3-6-2-4    
Putaran (sisi flywheel)     Berlawanan arah jarum jam    
Celah Katub (masuk)    
0,38 mm (0,015 inci)    
Celah Katub (buang)    
0,64 mm (0,025 inci)    
( 1 ) Air-to-air aftercooler

Keistimewaan Engine Elektronik

Engine Industri C7 Caterpillar dirancang untuk menggunakan pengendali elektronik. Komputer yang terpasang secara on board merupakan pelengkap untuk mengendalikan pengoperasian engine. Kondisi pengoperasian selalu dimonitor. Electronic Control Module (ECM) mengontrol reaksi dari engine terhadap kondisi operasi dan permintaan operator. Kondisi operasi dan permintaan operator menentukan pengaturan yang tepat dari injeksi bahan bakar oleh ECM. Sistem kontrol engine elektronik menyediakan keistimewaan berikut:

  • Governor kecepatan engine

  • Kendali rasio udara/bahan bakar otomatis

  • Pembentukan kenaikan torsi

  • Kendali timing injeksi

  • Melakukan diagnostik sistem

Untuk informasi selengkapnya mengenai keistimewaan engine elektronik, lihat pada Buku Petunjuk Pengoperasian dan Perawatan, "topik Keistimewaan Engine dan Alat Pengendali" (Bagian Pengoperasian).

Keistimewaan Tambahan

Keistimewaan tambahan berikut ini memberikan kemudahan servis dan menambah ekonomis bahan bakar engine:

  • Kemampuan untuk start dingin

  • Mendeteksi perubahan

  • Diagnostik

Hydraulic Electronic Unit Injectors

Hydraulically Actuated Electronic Unit Injector (HEUI) melaksanakan fungsi-fungsi berikut: pemompaan bahan bakar, metering bahan bakar dan timing bahan bakar.

Unit injektor ini dikontrol oleh ECM yang menggunakan perubahan posisi camshaft dan sinyal kecepatan engine dari sensor timing/kecepatan engine dan sensor tekanan udara masuk. RPM yang diizinkan engine ditunjukkan pada Pelat Informasi.

Diagnostik Engine

Engine ini memiliki diagnostik yang sudah terpasang didalamnya untuk memastikan bahwa semua komponen berfungsi dengan baik. Kalau sekiranya sistem menyimpang dari batasan yang diprogram, operator akan diingatkan kondisi yang terjadi oleh lampu "DIAGNOSTIK" yang terpasang pada panel kontrol. Dalam kondisi tertentu, tenaga engine akan dibatasi. Sebuah tool servis Caterpillar yang bekerja secara elektronik harus digunakan untuk menampilkan kode diagnostik.

Terdapat tiga jenis kode-kode diagnostik: aktif, dicatat dan kejadian.

Kebanyakan dari kode-kode diagnostik dicatat dan disimpan didalam ECM. Untuk mendapatkan informasi lebih terperinci, lihat pada Buku Petunjuk Pengoperasian dan Perawatan, "topik Diagnostik Engine" (Bagian Pengoperasian).

ECM menyediakan sebuah governor elektronik yang mengontrol output injektor untuk mempertahankan rpm engine yang diinginkan. Secara fungsional governor elektronik adalah sama dengan governor mekanis Caterpillar.

Pendinginan dan Pelumasan Engine

Sistem pendinginan terdiri atas komponen-komponen berikut:

  • Pompa sentrifugal yang digerakkan oleh sabuk

  • Sebuah water temperature regulator yang mengatur suhu cairan pendingin engine

  • Pendingin oli dan radiator yang menggabungkan sistem shunt

Oli pelumasan engine yang disuplai adalah oli yang didinginkan. Oli pelumasan engine juga difiltrasi. Katub bypass menyediakan aliran oli pelumas yang tidak terhalang ke komponen-komponen engine selama kondisi-kondisi berikut:

  • Viskositas oli tinggi

  • Pendingin oli tersumbat atau elemen filter oli tersumbat (cartridge kertas)

Usia Servis Engine

Efisiensi engine dan pemanfaatan maksimum performa engine bergantung pada dipatuhinya rekomendasi pengoperasian dan perawatan yang benar. Sebagai tambahan, menggunakan bahan bakar, cairan pendingin dan pelumas yang direkomendasikan. Menggunakan Buku Petunjuk Pengoperasian dan Perawatan sebagai pedoman untuk perawatan engine yang diperlukan.

Usia engine yang diharapkan biasanya diprediksi oleh daya rata-rata yang dibutuhkan. Daya rata-rata yang dibutuhkan berdasarkan pada pemakaian bahan bakar engine selama pengoperasian. Jam pengoperasian yang dikurangi pada trotel penuh dan/atau pengoperasian pada seting trotel yang diturunkan hasilnya adalah kebutuhan daya rata-rata menjadi lebih rendah. Jam pengoperasian yang dikurangi akan memperpanjang waktu pengoperasian sebelum diberlakukannya overhaul pada engine. Untuk mendapatkan informasi lebih terperinci, lihat pada Buku Petunjuk Pengoperasian dan Perawatan, "topik Pertimbangan-pertimbangan Overhaul" (Bagian Perawatan).

Produk-produk di Pasar Bebas dan Engine-engine Caterpillar


PERHATIAN

Untuk memaksimalkan umur sistem bahan bakar dan mencegah keausan dini akibat partikel-partikel abrasif di dalam bahan bakar, diperlukan filter bahan bakar efisiensi tinggi absolut empat mikron [c] pada semua Caterpillar Hydraulic Electronic Unit Injector. Caterpillar High Efficiency Fuel Filter memenuhi persyaratan ini. Hubungi dealer Caterpillar untuk mengetahui nomor sukucadang yang benar.


Apabila alat bantu (device), aksesori, atau item-item perawatan sekali pakai (filter, aditif, katalis, dsb) yang dibuat oleh pabrik lain digunakan pada produk Caterpillar, jaminan Caterpillar tidak terpengaruh hanya karena penggunaannya.

Bagaimanapun, kegagalan-kegagalan yang diakibatkan oleh pemasangan atau menggunakan alat bantu (device) dari pabrik lain, aksesori, atau item-item perawatan sekali pakai adalah bukan cacat Caterpillar. Oleh karena itu, cacat yang dimaksud tidak tercakup dalam jaminan Caterpillar.

Pengelasan dan Engine ElektronikCaterpillar


PERHATIAN

Oleh karena kekuatan rangka dapat berkurang, beberapa pabrik pembuat tidak merekomendasikan pengelasan pada rangka chassis atau rel. Hubungi OEM dari peralatan atau dealer Caterpillar untuk mengetahui mengenai pengelasan pada rangka chassis atau rel.


Untuk membantu menghindari kerusakan terhadap pengontrol-pengontrol elektronik, prosedur pengelasan yang tepat adalah perlu. Sebelum pengelasan pada kendaraan yang dilengkapi dengan pengendali elektronik, amati tindakan pencegahan berikut:

  1. Matikan engine. Putar sakelar start kedalam posisi OFF.

  1. Jika alat berat mempunyai sakelar pemutus hubungan baterai, buka sakelar. Sebaliknya, lepaskan hubungan kabel baterai negative "-" dari baterai kendaraan.


    PERHATIAN

    Jangan menyambungkan ground dari alat las ke komponen-komponen listrik seperti ECM atau sensor. Penyambungan ground yang tidak benar dapat menyebabkan kerusakan pada bantalan rangkaian penggerak, komponen-komponen hidrolik, komponen-komponen listrik, dan komponen-komponen lain.

    Jepit kabel ground alat las ke komponen yang akan di las. Letakkan klem sedekat mungkin dengan lokasi yang akan dilas. Hal ini akan membantu mengurangi kemungkinan terjadinya kerusakan.


  1. Jepitkan kabel ground dari alat las ke komponen yang akan di las. Letakkan klem sedekat mungkin dengan lokasi yang akan dilas.

  1. Lindungi rangkaian kabel dari kotoran yang dihasilkan oleh pengelasan dan percikan bunga api. Gunakan prosedur pengelasan yang tepat.

Caterpillar Information System:

C32 Petroleum Generator Sets Reference Material
C7.1 Engines for Caterpillar Built Machines Water Temperature Regulator and Housing
C27 and C32 Engines Fuel System
2005/10/03 Responsibilities for Emission Certified Engines {1000}
C7.1 Engines for Caterpillar Built Machines Lubrication System
C15 Engine Maintenance Interval Schedule
C15 Engine Engine Crankcase Breather - Clean
C15 Engine Electronics Grounding Stud - Inspect/Clean/Tighten
Installation and Initial Start-Up Procedure for G3500 A3 Engines {1000} Installation and Initial Start-Up Procedure for G3500 A3 Engines {1000}
C1.5 and C2.2 Generator Set Engines Generator - Install
345C Excavator and 345C MHPU Mobile Hydraulic Power Unit Machine Systems Solenoid Valve (Counterweight Circuit) - Install
G3500 A3 Engines System Configuration Parameters - Oxygen Feedback
C175-16 and C175-20 Engines for Caterpillar Built Machines Inlet and Exhaust Valve Guides - Remove and Install
C32 Petroleum Engines Cylinder Head - Install
C27 and C32 Generator Set Engines Ether Injection System - Test
C7 Industrial Engine Sensors and Electrical Components
C175-16 Locomotive Engine Inlet and Exhaust Valve Seat Inserts - Remove and Install
C32 Petroleum Engines Camshaft - Remove
3500C Marine Engines Engine Design
C27 and C32 Engines for Caterpillar Built Machines Fuel Filter Pressure Differential Switch
C175-16 and C175-20 Engines for Caterpillar Built Machines Inlet and Exhaust Valves - Remove and Install
345C Excavator and 345C MHPU Mobile Hydraulic Power Unit Machine Systems Check Valve (Counterweight Circuit) - Install
C27 and C32 Engines Engine Oil Pressure - Test
C27 and C32 Generator Set Engines Emergency Stop Switch Circuit - Test
Back to top
The names Caterpillar, John Deere, JD, JCB, Hyundai or any other original equipment manufacturers are registered trademarks of the respective original equipment manufacturers. All names, descriptions, numbers and symbols are used for reference purposes only.
CH-Part.com is in no way associated with any of the manufacturers we have listed. All manufacturer's names and descriptions are for reference only.