C-10, C-12, C-15 and C-16 Industrial Engines Caterpillar


Diagnostic Codes

Usage:

CPT372 1WZ

Kode Diagnostik

Kode diagnostik memberi peringatan kepada operator bahwa telah terdeteksi masalah pada sistem elektronik. Kode diagnostik juga digunakan oleh teknisi servis untuk mengidentifikasi jenis masalah. Caterpillar Electronic Technician (ET) merupakan sebuah program perangkat lunak yang dirancang untuk beroperasi pada komputer pribadi. Perangkat lunak dapat digunakan oleh teknisi servis untuk melihat informasi kode diagnostik untuk ECM. Kode diagnostik dapat terdiri dari pengidentifikasi komponen (CID, component identifier), dan pengidentifikasi mode kegagalan (FMI, failure mode identifier).

Component Identifier (CID) - CID menunjukkan komponen yang menghasilkan kode. Sebagai contoh, CID nomor 1 menunjukkan injektor bahan bakar untuk silinder nomor satu.

Pengidentifikasi Mode Kegagalan (FMI) - FMI menunjukkan tipe kerusakan.

Nomor Parameter yang Dicurigai (SPN, Suspect Parameter Number) - SPN adalah kode tiga digit yang diberikan ke setiap komponen untuk mengidentifikasi data melalui data link ke ECM. Ini digunakan pada diagnostics untuk CAN data link.

Rujuk ke Pemecahan Masalah, "Referensi Silang Kode Diagnostik" untuk daftar lengkap berisi kode diagnostik dan penjelasan setiap kode. Ada prosedur pemecahan masalah untuk setiap kode diagnostik. Rujuk ke Pemecahan Masalah, "Pemecahan Masalah Dengan Kode Diagnostik".

Saat kode diagnostik diaktifkan, Modul Kontrol Elektronik (ECM, Electronic Control Module) akan mengirimkan informasi tentang kode tersebut melalui data link J1939. Beberapa perangkat J1939 mungkin menampilkan kode tersebut. Namun, kode akan ditampilkan dengan kode SPN-FMI. Rujuk ke Pemecahan Masalah, "Referensi Silang Kode Diagnostik" untuk referensi silang antara kode SPN-FMI dan kode diagnostik.

Jangan campur adukkan kode diagnostik dengan kode kejadian. Kode kejadian memberi peringatan kepada operator bahwa kondisi pengoperasian abnormal seperti tekanan oli rendah atau temperatur cairan pendingin tinggi telah terdeteksi. Rujuk ke Pemecahan Masalah, "Pemecahan Masalah dengan Kode Kejadian" untuk informasi tambahan tentang kode kejadian.

Gambar 1 merupakan contoh kisaran pengoperasian sensor.




Ilustrasi 1g01365757

Contoh kisaran pengoperasian sensor yang umum

(1 ) Area ini merupakan kisaran pengoperasian normal untuk parameter engine.

(2 ) Pada area ini, engine beroperasi dalam kisaran pengoperasian yang tidak aman pada parameter yang dimonitor. Kode kejadian akan dihasilkan untuk parameter yang dimonitor. Sirkuit sensor tidak mengalami masalah elektronik. Rujuk ke Pemecahan Masalah, "Pemecahan Masalah dengan Kode Kejadian" untuk informasi tambahan tentang kode kejadian.

(3 ) Pada area ini, sinyal dari sensor berada di luar kisaran pengoperasian sensor. Sirkuit sensor mengalami masalah elektronik. Kode diagnostik akan dihasilkan untuk sirkuit sensor.

Kode Diagnostik Aktif

Kode diagnostik aktif mengindikasikan ada masalah pada sistem kontrol elektronik. Perbaiki sesegera mungkin masalahnya.

Ketika ECM menghasilkan kode diagnostik aktif, indikator "Active Alarm" (Alarm Aktif) ("Engine Control Alarm Status" (Status Alarm Kontrol Engine) pada Cat ET) diaktifkan untuk memberi peringatan kepada operator. Jika kondisi yang menghasilkan kode bersifat sementara, pesan akan hilang dari daftar kode diagnostik aktif. Kode diagnostik berubah menjadi tercatat.

Kode Diagnostik Tercatat

Bila ECM menghasilkan kode diagnostik, ECM mencatat kode dalam memori permanen. ECM memiliki sebuah jam diagnostik internal. Masing-masing ECM akan mencatat informasi berikut bila satu kode dihasilkan:

  • Jam dari kode yang terjadi pertama kali

  • Jam dari kode yang terjadi terakhir kali

  • Jumlah kejadian kode

Informasi ini merupakan indikator berharga untuk memecahkan masalah intermiten.

Kode dihapus dari memori saat salah satu kondisi berikut terjadi:

  • Teknisi servis secara manual menghapus kode tersebut.

  • Kode tidak terjadi lagi selama 100 jam.

  • Kode baru tercatat dan sudah ada sepuluh kode dalam memori. Pada kasus ini, kode yang paling lama dihapus.

Beberapa kode diagnostik mungkin mudah terpicu. Beberapa kode diagnostik mungkin mencatat kejadian yang tidak menyebabkan keluhan. Kemungkinan besar penyebab dari masalah intermiten adalah koneksi yang salah atau pengkabelan yang rusak. Kemungkinan berikutnya adalah kegagalan komponen. Kegagalan modul elektronik merupakan kemungkinan penyebab yang paling kecil. Kode diagnostik yang tercatat berulang kali dapat mengindikasikan adanya masalah yang memerlukan pemeriksaan khusus.

Catatan: Selalu hapus kode diagnostik yang tercatat setelah memeriksa dan memperbaiki masalah yang menghasilkan kode tersebut.

Caterpillar Information System:

Caterpillar Monitoring System Quad Gauge Module
725 and 730 Articulated Trucks Window Washer Reservoir - Fill
TH62, TH63, TH82 and TH83 Telehandlers Steering System Piston Pump (Implement and Steering)
2000/09/04 A Special Instruction Is Available for Installing New Wiring Harnesses on Harvester Heads {5734}
Caterpillar Monitoring System MID 030 - CID 0826 - FMI 08
IT62G Series II Integrated Toolcarrier Indicators
527 Track-Type Skidder Engine Supplement Alternator - Remove and Install
2000/09/04 Pilot Valves Now Have Serviceable O-Rings and Seals {4342}
2000/09/04 Additional Plugs for the Collets Are Now Available {4303, 5305, 6107, 7000}
CP-663E, CS-663E and CS-683E Vibratory Compactors Battery Disconnect Switch
Caterpillar Monitoring System MID 030 - CID 0428 - FMI 08
527 Track-Type Skidder Engine Supplement Muffler and Exhaust Extension - Remove and Install
527 Track-Type Skidder Engine Supplement Turbocharger - Remove and Install
2000/09/25 The Piston Pump (Propel) and the Piston Pump (Vibratory) have Changed {5070}
2001/01/08 Replacement of Support Blocks for the Rear Axle and the Center Axle A-Frames Covered in Special Instruction, REHS0931 {3278, 7051}
C-9 Engines for Caterpillar Built Machines Electric Starting Motor
416D, 420D, 424D, 428D, 430D, 432D, 438D and 442D Backhoe Loaders Axles, Differential and Brakes Axle, Differential and Brake Troubleshooting
CP-663E, CS-663E and CS-683E Vibratory Compactors Backup Alarm
IT62G Series II Integrated Toolcarrier Light Switches
416D, 420D, 424D, 428D, 430D, 432D, 438D and 442D Backhoe Loaders Hydraulic and Steering System Hydraulic Tank and Mounting
725 and 730 Articulated Trucks Window Wiper - Inspect/Replace
527 Track-Type Skidder Engine Supplement Water Temperature Regulator - Remove and Install
CP-663E, CS-663E and CS-683E Vibratory Compactors Mirror
Use of Repair Kit for Nonmetallic Fuel Tanks {1273} Use of Repair Kit for Nonmetallic Fuel Tanks {1273}
Back to top
The names Caterpillar, John Deere, JD, JCB, Hyundai or any other original equipment manufacturers are registered trademarks of the respective original equipment manufacturers. All names, descriptions, numbers and symbols are used for reference purposes only.
CH-Part.com is in no way associated with any of the manufacturers we have listed. All manufacturer's names and descriptions are for reference only.