C8.7 Marine Engine Caterpillar


Engine Oil and Filter - Change

Usage:

C8.7 CS7
Jangan kuras oli saat engine dingin. Saat oli dalam keadaan dingin, partikel kontaminan mengendap di dasar bak penampung oli. Partikel kontaminan tidak akan keluar bersama oli dingin yang dikuras. Kuras karter dengan engine dalam keadaan berhenti. Kuras oli karter saat oli panas. Metode pengurasan ini memungkinkan partikel kontaminan yang tersuspensi dalam oli dapat terkuras dengan benar.

Bila prosedur yang direkomendasikan ini tidak diikuti, partikel kontaminan akan kembali tersirkulasi ke sistem pelumasan engine bersama oli yang baru.

Menguras Oli Engine




Ilustrasi 1g03455346

Setelah engine berjalan pada temperatur kerja normal, hentikan engine. Pasang "DO NOT OPERATE" (Jangan dioperasikan) atau tag peringatan sejenis ke sakelar kunci pengapian sebelum engine diservis.


PERHATIAN

Berhati-hatilah agar cairan tidak tumpah selama pemeriksaan, perawatan, pengujian, penyetelan, dan perbaikan produk. Siapkan wadah penampung cairan sebelum membuka kompartemen atau membongkar komponen yang berisi cairan.

Lihat Publikasi Khusus, NENG2500, "Cat Dealer Servis Tool Catalog" atau lihat Publikasi Khusus, PECJ0003, "Cat Shop Supplies and Tools Catalog" untuk peranti dan perlengkapan yang sesuai untuk menampung dan menyimpan cairan pada produk-produk Caterpillar .

Buang semua cairan sesuai peraturan dan ketentuan yang berlaku.


  1. Kuras oli menggunakan sumbat kuras (1) ke wadah oli (2) .

  1. Setelah oli terkuras, kencangkan sumbat kuras.

Mengganti Filter Oli




Ilustrasi 2g03706512

(1) Oli filter

(2) Pembuangan filter oli


PERHATIAN

Filter oli Caterpillar dibuat sesuai spesifikasi Caterpillar. Penggunaan filter oli yang tidak direkomendasikan oleh Caterpillar dapat mengakibatkan kerusakan engine yang parah pada bantalan engine, crankshaft, dll, sebagai akibat adanya partikel berukuran besar yang berasal dari oli yang tidak tersaring yang memasuki sistem pelumasan engine. Pergunakan hanya filter oli yang direkomendasikan oleh Caterpillar.


  1. Letakkan wadah yang sesuai di bawah sumbat kuras filter oli. Longgarkan saluran pembuangan filter oli (2). Kuras oli ke dalam wadah. Kencangkan sumbat kuras filter oli. Kencangkan sumbat kuras dengan torsi pengencangan 5 N·m (3,6 lb ft) hingga 8 N·m (6 lb ft).

  1. Longgarkan sekrup susunan filter oli (1) .

  1. Lepaskan susunan filter oli.

  1. Buka lipatan dan periksa filter oli apakah ada serpihan logam. Jumlah serpihan logam yang berlebihan dalam filter oli dapat menandakan adanya keausan dini atau kegagalan yang akan terjadi.

    Gunakan sebuah magnet untuk membedakan antara logam besi dan logam tanpa kandungan besi yang ditemukan dalam elemen filter oli. Logam besi dapat menandakan keausan pada komponen engine yang terbuat dari baja dan besi cor.

    Logam tanpa kandungan besi dapat menandakan keausan pada komponen engine yang terbuat dari aluminium, kuningan, atau perunggu. Komponen yang mungkin terpengaruh mencakup item berikut: bearing utama, bearing rod, bearing turbocharger dan cylinder head.

    Karena gesekan dan keausan normal, bisa saja ditemukan sejumlah kecil serpihan dalam filter oli. Hubungi dealer Cat untuk menyusun analisis lebih lanjut bila ditemukan banyak serpihan dalam filter oli.

  1. Bersihkan permukaan perapat dari dasar dudukan filter.

  1. Aplikasikan oli engine yang bersih ke seal O-ring filter oli yang baru.


    PERHATIAN

    Jangan mengisi filter oli dengan oli sebelum pemasangan. Oli ini tidak akan difilter dan kemungkinan telah terkontaminasi. Oli yang terkontaminasi dapat menyebabkan keausan yang dipercepat pada komponen-komponen engine.


  1. Pasang filter oli. Kencangkan susunan filter oli. Kencangkan susunan filter oli dengan torsi pengencangan 60 ± 5 N·m (44 ± 3,6 lb ft).

Mengisi Karter Engine

  1. Lepaskan tutup pengisi oli. Isilah karter dengan oli dalam jumlah yang tepat. Rujuk ke Buku Petunjuk Pengoperasian dan Perawatan, "Kapasitas Pengisian Ulang" untuk kapasitas pengisian ulang yang benar. Rujuk ke Buku Petunjuk Pengoperasian dan Perawatan, "Rekomendasi Cairan" untuk oli yang benar.


    PERHATIAN

    Apabila dilengkapi dengan sebuah sistem atau filter oli auxiliary, oli tambahan harus ditambahkan sewaktu mengisi karter. Patuhi rekomendasi dari OEM atau pabrik pembuat filter. Apabila oli tambahan tidak ditambahkan, engine dapat kekurangan oli.



    PERHATIAN

    Untuk membantu mencegah kerusakan crankshaft atau bantalan, lakukan proses start engine untuk mengisi semua filter sebelum melakukan penghidupan. Jangan melakukan proses start engine lebih dari 30 detik.


  1. Hidupkan engine dan jalankan engine pada "LOW IDLE" (Kecepatan Idle rendah) selama 2 menit. Lakukan prosedur ini untuk memastikan sistem pelumasan telah terisi dengan oli dan filter oli telah terisi. Periksa filter oli terhadap kebocoran.

  1. Hentikan engine dan biarkan oli mengalir kembali ke wadah penampung selama minimum 10 menit.

  1. Lepaskan pengukur tingkat oli untuk memeriksa tingkat oli. Pertahankan tingkat oli di antara tanda "ADD/MIN" (Tambah/Minimum) dan "FULL/MAX" (Penuh/Maksimum) pada sisi pengukur tingkat oli.

Caterpillar Information System:

PM620 and PM622 Cold Planer Battery or Battery Cable - Inspect/Replace
PM620 and PM622 Cold Planer Battery - Clean/Check
C8.7 Marine Engine Engine Oil Sample - Obtain
PM620 and PM622 Cold Planer Air Tank - Drain
C3.3 Industrial Engine Burn Prevention
C8.7 Marine Engine Fluid Recommendations
C3.4B Engines Fuel Rail Pressure Problem
XQC1200 and XQC1600 Power Modules Coolant Temperature Sensor - Remove and Install - Inlet Water Temperature Sensor
2014/08/01 New Instrument Panel Box Gp Is Now Available as a Service Replacement for Certain Cat® Products {4490}
2014/08/20 Service Meter Adjustment Is Now Available in VisionLinkTM {7478, 7606}
XQC1200 and XQC1600 Power Modules Coolant Temperature Sensor - Remove and Install
XQC1200 and XQC1600 Power Modules Aftercooler Coolant Temperature Sensor - Remove and Install - Aftercooler Inlet Temperature
C0.5 and C0.7 Industrial Engines Mounting and Dismounting
PM820, PM822, and PM825 Cold Planer Belt - Inspect/Adjust/Replace
C8.7 Marine Engine Fuel System Secondary Filter - Replace
PM620 and PM622 Cold Planer Conveyors - Lubricate
C8.7 Marine Engine Fumes Disposal Filter Element - Replace
PM620 and PM622 Cold Planer Cooling System Coolant (ELC) - Change
PM620 and PM622 Cold Planer Cooling System Coolant Level - Check
PM620 and PM622 Cold Planer Coolant Sample (Level 1) - Obtain
C8.7 Marine Engine Decommissioning and Disposal
C15 and C18 Tier 4 Final Engines Diesel Exhaust Fluid Quality - Test
PM620 and PM622 Cold Planer Engine Oil Level - Check
460-8974 Top End Overhaul Foundational Kit for 3412 Generator Set Engines{1000} 460-8974 Top End Overhaul Foundational Kit for 3412 Generator Set Engines{1000}
Back to top
The names Caterpillar, John Deere, JD, JCB, Hyundai or any other original equipment manufacturers are registered trademarks of the respective original equipment manufacturers. All names, descriptions, numbers and symbols are used for reference purposes only.
CH-Part.com is in no way associated with any of the manufacturers we have listed. All manufacturer's names and descriptions are for reference only.