C7 Petroleum Engine Caterpillar


Fluid Recommendations

Usage:

C7 C7P
Untuk informasi tambahan, rujuk ke Publikasi Khusus, SEBU6251, "Caterpillar Commercial Engine Fluids Recommendations".

Catatan: Petunjuk pemasangan filter tercetak di samping setiap filter spin-on Cat. Untuk filter yang tidak bermerek Cat, rujuk ke petunjuk pemasangan yang disediakan oleh pemasok filter.

Oli Engine Diesel

Cat DEO (Diesel Engine Oil, Oli Engine Diesel)

Oleh karena banyaknya variasi kualitas dan kinerja oli komersial yang ada, Caterpillar membuat rekomendasi berikut:

  • Cat DEO (Oli Engine Diesel) (SAE 10W-30)

  • Cat DEO (Oli Engine Diesel) (SAE 15W-40)

  • Cat DEO-ULS (Diesel Engine Oil - Ultra Low Sulfur) (15W-40)

Catatan: Cat DEO-ULS multigrade adalah oli yang direkomendasikan untuk digunakan di SEMUA engine diesel Cat dengan rekomendasi kelas viskositas SAE 15W-40.

Catatan: Cat DEO Multigrade melampaui persyaratan spesifikasi Cairan Karter Engine (ECF, Engine Crankcase Fluid) Cat berikut: Cat ECF-1-a dan Cat ECF-2. Cat DEO Multigrade melampaui persyaratan kinerja untuk kategori oli Lembaga Perminyakan Amerika (American Petroleum Institute/API) berikut: API CI-4, API CI-4 PLUS, API CH-4, API CG-4 dan API CF. CatDEOSAE 15W-40juga lulus pengujian eksklusif tambahan yang mencakup pengujian berikut: kelengketan ring piston, pengujian kontrol oli, pengujian keausan dan pengujian jelaga. Pengujian eksklusif ini membantu memastikan bahwa oli Cat multigrade dapat memberikan kinerja yang prima pada engine diesel Cat.

Oli Komersial

Catatan: Oli komersial selain merek Caterpillar adalah oli pilihan kedua.


PERHATIAN

Caterpillar tidak menjamin kualitas atau kinerja dari fluida-fluida non-Caterpillar.


Caterpillar telah mengembangkan spesifikasi ECF untuk memastikan ketersediaan oli engine diesel komersial kinerja tinggi guna mencapai umur pemakaian dan kinerja yang optimal pada Engine Diesel Cat.

Spesifikasi Cat ECF adalah sebagai berikut: Cat ECF-1-a, Cat ECF-2 dan Cat ECF-3. Setiap spesifikasi Cat ECF yang lebih tinggi memberikan kinerja yang tinggi dibandingkan dengan spesifikasi Cat ECF yang lebih rendah. Kategori API untuk oli engine diesel yang belum memenuhi persyaratan sekurangnya satu spesifikasi Cat ECF dapat mengakibatkan berkurangnya umur pemakaian engine.

Catatan: Spesifikasi Cat ECF-1-a dan Cat ECF-2 menggantikan spesifikasi Cat ECF-1 pada tanggal 1 Maret 2007.

  • Oli komersial yang memenuhi persyaratan spesifikasi Cat ECF-1-a, Cat ECF-2, dan/atau Cat ECF-3 sesuai untuk digunakan pada Engine Cat yang tercakup dalam publikasi ini.

  • Oli komersial berikut adalah oli komersial yang direkomendasikan untuk digunakan pada EngineCaterpillar yang tercakup dalam publikasi ini: oli yang memenuhi spesifikasi CatECF-3 dan oli yang memenuhi spesifikasi dari kategori API CJ-4. Oli yang memenuhi persyaratan kategori API CJ-4 sesuai dengan spesifikasi Cat ECF-3.

Catatan: Berikut adalah kategori untuk oli yang tidak direkomendasikan untuk digunakan pada Engine Caterpillar:API CF, API CF-4 dan API CG-4.


PERHATIAN

Dalam memilih oli untuk setiap aplikasi engine, viskositas oli dan kategori/spesifikasi kinerja oli sebagaimana ditentukan oleh produsen engine harus diketahui dan dipatuhi. Menggunakan hanya salah satu dari parameter ini tidak akan memadai dalam menetapkan oli untuk aplikasi engine.


Viskositas Pelumas

Kelas viskositas oli SAE yang benar ditentukan oleh temperatur ambien minimum selama penyalaan engine dingin dan temperatur ambien maksimum selama pengoperasian engine. Untuk menentukan viskositas oli yang diperlukan untuk penyalaan engine dingin, lihat temperatur minimum pada Tabel 1. Untuk memilih viskositas oli untuk pengoperasian pada temperatur ambien paling tinggi yang mungkin terjadi, lihat temperatur maksimum pada Tabel 1. Secara umum, gunakan viskositas oli tertinggi yang tersedia untuk memenuhi temperatur yang diperlukan selama proses penyalaan.

Tabel 1
Viskositas Oli Engine untuk Temperatur Ambien 
  Temperatur Ambien 
Kelas Viskositas  Minimum  Maksimum 
SAE 0W-20  −40 °C (−40 °F)  10 °C (50 °F) 
SAE 0W-30  −40 °C (−40 °F)  30 °C (86 °F) 
SAE 0W-40  −40 °C (−40 °F)  40 °C (104 °F) 
SAE 5W-30  −30 °C (−22 °F)  30 °C (86 °F) 
SAE 5W-40  −30 °C (−22 °F)  50 °C (122 °F) 
SAE 10W-30  −18 °C (0 °F)  40 °C (104 °F) 
SAE 10W-40  −18 °C (0 °F)  50 °C (122 °F) 
SAE 15W-40  −9,5 °C (15 °F)  50 °C (122 °F) 

Analisis Oli Layanan S·O·S


PERHATIAN

Rekomendasi ini dapat berubah setiap saat tanpa pemberitahuan sebelumnya. Hubungi dealer Caterpillar untuk mendapatkan rekomendasi terbaru.


Caterpillar telah mengembangkan alat perawatan yang mengevaluasi degradasi oli. manajemen perawatan juga mendeteksi tanda-tanda awal keausan komponen internal. Alat Caterpillar untuk analisis oli disebut dengan Analisis Oli S·O·S dan alat ini merupakan bagian dari Program Layanan S·O·S. Analisis Oli S·O·S membagi analisis oli ke dalam empat kategori:

  • Laju keausan komponen

  • Kondisi oli

  • Kontaminasi oli

  • Identifikasi oli

Keempat tipe analisis ini digunakan untuk memantau kondisi peralatan Anda. Keempat tipe analisis juga akan membantu Anda mengidentifikasi potensi masalah. Program Analisis Oli S·O·S yang dikelola dengan benar akan mengurangi biaya perbaikan dan menurunkan dampak downtime.

Analisis Oli S·O·S menggunakan sejumlah pengujian untuk menentukan kondisi oli dan kompartemen yang dilumasi. Panduan yang didasarkan pada pengalaman serta korelasi terhadap kerusakan telah ditetapkan untuk pengujian ini. Terlampauinya salah satu atau beberapa panduan ini dapat mengindikasikan bahwa kualitas cairan mengalami degradasi signifikan atau ada potensi kerusakan komponen. Petugas terlatih di dealer Cat harus melakukan analisis akhir.


PERHATIAN

Gunakan selalu pompa yang khusus ditujukan untuk pengambilan sampel oli dan gunakan pompa yang terpisah untuk pengambilan sampel cairan pendingin. Penggunaan pompa yang sama untuk kedua tipe sampel dapat menyebabkan kontaminasi pada sampel yang diambil. Kontaminasi ini dapat menyebabkan analisa yang keliru dan interpretasi yang tidak benar yang dapat mengakibatkan kecemasan baik bagi dealer dan pelanggan.


Rujuk ke Publikasi Khusus, SEBU6251, "Caterpillar Commercial Engine Fluids Recommendations" untuk informasi tambahan tentang analisis oli Layanan S·O·S. Anda juga dapat menghubungi dealer Cat setempat untuk mendapatkan informasi tambahan tentang program Analisis Oli Layanan S·O·S.

Bahan Bakar

Rekomendasi Bahan Bakar

Di Amerika Utara, bahan bakar diesel yang diidentifikasi dengan No. 1-D atau No. 2-D dalam "ASTM D975" secara umum memenuhi spesifikasi. Bahan bakar ini didistilasi dari minyak mentah. Bahan bakar diesel dari sumber lain dapat memiliki sifat merusak yang tidak dinyatakan atau terpantau oleh spesifikasi ini.

Catatan: Caterpillar merekomendasikan filtrasi bahan bakar diesel distilasi dan/atau biodiesel serta campuran biodiesel melalui filter dengan peringkat lima mikron absolut atau yang lebih kecil. Filter ini harus dipasang pada perangkat yang mengalirkan bahan bakar ke tangki bahan bakar untuk engine.

Zat Tambahan Bahan Bakar Purna Jual

Ada berbagai jenis zat tambahan bahan bakar yang dapat digunakan. Caterpillar umumnya tidak merekomendasikan penggunaan zat tambahan bahan bakar. Hubungi pemasok bahan bakar untuk membahas kondisi ini jika zat tambahan memang diperlukan. Pemasok bahan bakar dapat memberikan rekomendasi untuk zat tambahan yang dapat digunakan serta kadar pemakaiannya yang benar.

Gemuk Pelumas


PERHATIAN

Rekomendasi ini dapat berubah setiap saat tanpa pemberitahuan sebelumnya. Hubungi dealer Caterpillar untuk mendapatkan rekomendasi terbaru.


Caterpillar menyediakan berbagai gemuk pelumas dengan kinerja yang berbeda-beda, mulai dari tingkat kinerja sedang hingga tingkat kinerja yang lebih tinggi. Gemuk pelumas Cat dapat digunakan pada semua produk Cat dalam beragam kondisi iklim di seluruh dunia. Dari bermacam produk gemuk pelumas Cat ini, Anda dapat menemukan gemuk pelumas Cat yang memenuhi atau melebihi persyaratan kinerja dari sebagian besar engine.

Persyaratan kinerja untuk engine Anda harus ditentukan sebelum Anda memilih gemuk pelumas Cat . Lihat rekomendasi untuk gemuk pelumas yang ditentukan oleh OEM untuk peralatan. Kemudian, hubungi dealer Cat Anda untuk informasi daftar gemuk pelumas yang memiliki spesifikasi kinerja yang disyaratkan dan ukuran kemasan yang tersedia.

Catatan: Selalu gunakan gemuk pelumas yang memenuhi atau melampaui rekomendasi yang ditentukan oleh produsen peralatan untuk aplikasi yang terkait.

Jika harus memilih satu jenis gemuk pelumas untuk digunakan pada seluruh peralatan yang ada di lokasi kerja, selalu pilih gemuk pelumas yang memenuhi atau melampaui persyaratan aplikasi yang paling berat. Ingatlah bahwa produk yang hanya memenuhi persyaratan kinerja minimum akan memberikan umur suku cadang minimum saja. Metode penghematan yang salah digunakan jika pertimbangan untuk membeli gemuk pelumas hanya berdasarkan harga termurah. Sebaliknya, gunakan gemuk pelumas yang mampu meminimalkan biaya keseluruhan pengoperasian. Total biaya operasi harus ditentukan berdasarkan analisis yang mencakup biaya suku cadang, tenaga kerja, downtime, dan biaya untuk jumlah gemuk pelumas yang dibutuhkan.

Catatan: Buang semua gemuk pelumas bekas dari sambungan sebelum mengganti dari satu jenis gemuk pelumas ke jenis gemuk pelumas lain. Beberapa jenis gemuk pelumas tidak kompatibel secara kimia dengan gemuk pelumas lain. Hubungi pemasok untuk mengetahui apakah gemuk pelumas kompatibel.

Jika Anda tidak yakin bahwa gemuk pelumas yang lama kompatibel dengan gemuk pelumas baru, buang gemuk pelumas yang lama dari sistem sebelum menggunakan gemuk pelumas baru.

Catatan: Semua gemuk pelumas Cat kompatibel satu sama lain.

Cairan Pendingin


PERHATIAN

Rekomendasi ini dapat berubah setiap saat tanpa pemberitahuan sebelumnya. Hubungi dealer Caterpillar untuk mendapatkan rekomendasi terbaru.



PERHATIAN

Jangan menambahkan coolant ke engine yang sedang overheating. Dapat mengakibatkan Engine rusak. Biarkan engine menjadi dingin dahulu.



PERHATIAN

Periksa specific gravity dari coolant secara sering untuk mengetahui adanya perlindungan beku dan perlindungan anti didih yang tepat.



PERHATIAN

Jangan sekali-kali mengoperasikan engine tanpa adanya regulator temperatur air yang terpasang di dalam sistem pendinginan. Regulator temperatur air berfungsi menjaga cairan pendingin engine tetap berada pada temperatur kerja yang benar. Permasalahan sistem pendinginan akan muncul bila regulator temperatur air tidak terpasang.


Berikut adalah dua jenis cairan pendingin yang digunakan pada Engine Diesel Caterpillar:

Disarankan - Cat ELC (Extended Life Coolant) atau cairan pendingin pemakaian lama komersial yang memenuhi spesifikasi Caterpillar Engine Coolant -1 (EC-1).

Memenuhi Syarat - Cat DEAC (Diesel Engine Antifreeze/Coolant) atau cairan pendingin tugas berat komersial yang memenuhi spesifikasi "ASTM D4985", atau "ASTM D6210"

Catatan: Cat DEAC tidak memerlukan pencampuran dengan Zat Tambahan Cairan Pendingin Suplemen (SCA, Supplemental Coolant Additive) pada pengisian awal. Namun, cairan pendingin tugas berat komersial yang hanya memenuhi spesifikasi "ASTM D4985" akan memerlukan pencampuran dengan SCA pada pengisian awal. Cairan pendingin tugas berat komersial yang memenuhi spesifikasi "ASTM D6210" tidak akan memerlukan pencampuran dengan SCA pada pengisian awal. Baca label atau petunjuk yang disediakan oleh produsen cairan pendingin tugas berat komersial.

Catatan: Cairan pendingin ini memerlukan pencampuran dengan zat tambahan cairan pendingin setiap kali melakukan perawatan.

Tabel 2
Umur Pemakaian Sebelum Pengurasan dan Sebelum Pengisian 
Cairan Pendingin  Umur Pemakaian(1) 
Cat ELC  965.606 kilometer (600.000 mil), 12.000 jam, atau 6 tahun 
Cairan pendingin komersial yang memenuhi Spesifikasi Caterpillar EC-1  482.803 kilometer (300.000 mil), 6000 jam, atau 6 tahun 
Cat DEAC  321.869 kilometer (200.000 mil) , 3000 jam, atau 3 tahun 
Cairan Pendingin Tugas Berat yang memenuhi "ASTM D4985" atau "ASTM D6210"  241.402 kilometer (150.000 mil), 3000 jam, atau 2 tahun 
(1) Gunakan interval yang dicapai lebih dulu.

Catatan: Tambahkan Cat ELC Extender pada separuh perjalanan interval penggantian cairan pendingin.

Catatan: Interval penggantian cairan pendingin ini hanya dapat tercapai dengan pengambilan sampel cairan pendingin dan analisis Layanan S·O·S Tingkat 2.

Analisis Cairan Pendingin Layanan S·O·S

Tabel 3
Interval yang Direkomendasikan 
Jenis Cairan Pendingin  Tingkat 1  Tingkat 2 
DEAC  Setiap 250 Jam(1)
(2) 
Setiap Tahun(1)(3) 
ELC  Opsional(3)  Setiap Tahun(3) 
(1) Setiap 250 Jam merupakan interval pengambilan sampel yang direkomendasikan untuk semua cairan pendingin tugas berat konvensional.
(2) Juga, Setiap 250 Jam adalah interval pengambilan sampel cairan pendingin yang direkomendasikan untuk jenis cairan pendingin komersial yang memenuhi persyaratan Cat(Spesifikasi Cairan Pendingin Engine - 1).
(3) Analisis Cairan Pendingin Tingkat 2 harus dilakukan sesegera mungkin apabila diduga atau teridentifikasi ada masalah.

Pengujian cairan pendingin engine merupakan hal yang penting untuk memastikan bahwa engine terlindungi dari pengeroposan dan korosi di bagian dalam. Analisis juga menguji kemampuan cairan pendingin untuk melindungi engine dari keadaan mendidih dan membeku. Analisis Cairan Pendingin S·O·S dapat dilakukan di dealer Cat Anda. Analisis Cairan Pendingin S.O.S Caterpillar merupakan metode terbaik untuk memantau kondisi cairan pendingin dan sistem pendinginan. Analisis cairan pendingin S·O·S merupakan program yang didasarkan pada pengambilan sampel secara berkala.


PERHATIAN

Gunakan selalu pompa yang khusus ditujukan untuk pengambilan sampel oli dan gunakan pompa yang terpisah untuk pengambilan sampel cairan pendingin. Penggunaan pompa yang sama untuk kedua tipe sampel dapat menyebabkan kontaminasi pada sampel yang diambil. Kontaminasi ini dapat menyebabkan analisa yang keliru dan interpretasi yang tidak benar yang dapat mengakibatkan kecemasan baik bagi dealer dan pelanggan.


Caterpillar Information System:

C7 Petroleum Engine Refill Capacities
C7 Petroleum Engine Coolant (DEAC) - Change
374F Excavator Hydraulic System Electronic Control (Travel System)
C15 and C18 Industrial Engines Vibration Damper and Pulley - Remove and Install
C7 Petroleum Engine Coolant Sample (Level 2) - Obtain
374F Excavator Hydraulic System General Information (Travel System)
UPS 120, UPS 150, UPS 250, UPS 300, UPS 301, UPS 500, UPS 600, UPS 750 and UPS 900 Uninterruptible Power Supplies Modbus Register Map
Well Service Pumps System Pressure Release
C15 and C18 Industrial Engines Engine Oil Filter Base - Remove and Install
Caterpillar Petroleum Hydraulic Fracturing Transmission Installation Appraisal Procedures{3030} Caterpillar Petroleum Hydraulic Fracturing Transmission Installation Appraisal Procedures{3030}
C15 and C18 Industrial Engines Engine Oil Cooler - Remove and Install - C15 and C18
Well Stimulation Pumps Specifications
3500B and 3500 Marine Propulsion Engines with EUI Option Hoses and Clamps - Replace
C15 and C18 Industrial Engines Cylinder Head - Remove and Install
300.9D and 300.9D VPS Mini Hydraulic Excavator Crushing Prevention and Cutting Prevention
301.5, 301.6, 301.7 CR, 301.8 and 302 CR Mini Hydraulic Excavators Operating Technique Information
301.5, 301.6, 301.7 CR, 301.8 and 302 CR Mini Hydraulic Excavators Quick Coupler Operation - Manual Pin Grabber Quick Coupler (If Equipped)
C15 and C18 Industrial Engines Engine Oil Pan - Remove and Install
Engine Oil Contains Elevated Lead (Pb) {1348} Engine Oil Contains Elevated Lead (Pb) {1348}
2014/02/17 An Improved Foot Valve Assembly for the Fuel Transfer Pump Is Now Available as a Service Replacement on Certain 300D and 300E Series Excavators and Mobile Hydraulic Power Units {1256}
2013/10/31 New Auxiliary Water Pump Groups Are Used on Certain 3500 and G3500 Commercial Engines {1361}
2013/08/13 New Software Is Now Used on Certain C175 Commercial Engines {1920}
2013/07/08 Wire Relocation Required on Certain G3520 Generator Set Engines {1408, 7451}
2013/12/05 New Valve Spring Assemblies Are Used for Certain G3500C and G3500E Engines and Power Modules {1100}
Back to top
The names Caterpillar, John Deere, JD, JCB, Hyundai or any other original equipment manufacturers are registered trademarks of the respective original equipment manufacturers. All names, descriptions, numbers and symbols are used for reference purposes only.
CH-Part.com is in no way associated with any of the manufacturers we have listed. All manufacturer's names and descriptions are for reference only.