C9 Engine Caterpillar


Monitoring System

Usage:

C9 P7Z
Sistem Monitoring dirancang untuk memberikan peringatan kepada operator akan adanya masalah yang sedang terjadi pada sistem engine yang dimonitor. Sistem Monitoring juga dirancang untuk memberikan peringatan kepada operator akan adanya masalah yang bakal terjadi pada sistem engine yang dimonitor.

Indikator dan Meteran

Panel instrumen dapat menyerupai panel instrumen yang dilukiskan di dalam gambar 1 atau yang dilukiskan di dalam gambar 2. Panel instrumen mungkin tidak mencakup semua instrumen yang diperlihatkan dalam gambar.



Ilustrasi 1g01233007


Ilustrasi 2g01459611

Lampu Peringatan (1) - Terjadi kerusakan umum pada engine. Lihatlah tampilan Messenger untuk mengetahui informasi tambahan yang mungkin tersedia.

------ PERINGATAN! ------

Menyetel ulang pemutus arus di dekat gas yang mudah menyala atau mudah terbakar bisa mengakibatkan bahaya kebakaran atau ledakan yang dapat menyebabkan cedera tubuh atau kematian . JANGAN setel ulang pemutus arus jika ada gas yang mudah menyala atau mudah terbakar sementara daya belum hilang dari peralatan.


Pemutus Arus (2) - Reset pemutus arus apabila terputus. Tekan tombol untuk mereset pemutus arus. Jika sistem listrik berfungsi dengan baik, tombol akan tetap tertekan. Jika tombol tidak tetap tertekan atau pemutus arus terputus begitu direset, periksa sirkuit kelistrikan yang terkait. Perbaiki sirkuit listrik, bila perlu.

Lampu Diagnostik (3) - Lampu diagnostik digunakan untuk menunjukkan adanya kerusakan dengan mengedipkan kode kerusakan. Untuk pembahasan lebih terperinci mengenai lampu diagnostik, bacalah topik Buku Petunjuk Pengoperasian dan Perawatan , "Lampu Diagnostik" ini.

Sakelar Start (4) - Sakelar start memiliki tiga posisi: OFF , RUN dan START . Ketika sakelar start diputar searah jarum jam ke posisi RUN, lampu akan menyala selama lima detik selama pengujian sistem. Lampu kemudian akan padam. Dalam posisi RUN, ECM dan sistem elektronik dihidupkan.

Sakelar Kecepatan Idle (5) - Ketika sakelar dalam posisi naik, kecepatan engine bertambah ke HIGH IDLE . Ketika sakelar dalam posisi turun, kecepatan engine berkurang ke LOW IDLE.

Meteran Servis (6) - Tampilan ini menunjukkan total jam pengoperasian engine. Gunakan tampilan untuk menentukan interval perawatan berdasarkan jam servis. Jam pengoperasian tercatat di ECM. Sebuah peralatan servis dibutuhkan untuk mengambil informasi jam dari ECM.

Sakelar Penghentian (7) - Gunakan sakelar penghentian untuk menghentikan engine. Tekan sakelar untuk menempatkannya ke posisi OFF. Ini akan mematikan engine. Setelah engine mati, putar kenop searah jarum jam. Hal ini akan me-reset sakelar penghentian engine ke posisi ON.

Takometer (8) - Meteran ini menunjukkan kecepatan engine (rpm). Sewaktu tuas kontrol throttle digerakkan ke posisi throttle penuh tanpa beban, engine akan berjalan pada idle tinggi. Engine berjalan pada rpm beban penuh sewaktu tuas kontrol throttle berada pada posisi throttle penuh dengan beban tetapan maksimum.

Voltmeter (9) - Meteran ini menunjukkan tegangan sistem kelistrikan. Jarum di daerah berwarna merah menunjukkan tegangan rendah atau tegangan tinggi.

Tekanan Bahan Bakar (10) - Meteran ini menunjukkan tekanan bahan bakar ke pompa injeksi bahan bakar dari filter bahan bakar. Penurunan tekanan bahan bakar biasanya mengisyaratkan filter bahan bakar yang sudah kotor atau tersumbat. Bila filter bahan bakar tersumbat, penurunan tajam dalam kinerja engine akan terlihat.

Ammeter (11) - Meteran ini menunjukkan jumlah pengisian atau pengosongan listrik dalam sirkuit pengisian baterai. Kerja indikator ini harus di sisi kanan dari "0" (nol).

Tekanan Oli Engine (12) - Tekanan oli harus paling besar setelah engine yang dingin dihidupkan. Tekanan akan berkurang seiring dengan engine menghangat. Tekanan akan bertambah bila rpm engine dinaikkan. Tekanan akan menjadi stabil bila rpm engine stabil.

Tekanan oli yang rendah adalah normal pada kecepatan idle rendah. Apabila beban stabil dan pembacaan meteran berubah, lakukan prosedur berikut:

  1. Lepaskan beban.

  2. Kurangi kecepatan engine ke idle rendah.

  3. Periksa dan pertahankan tingkat oli.


PERHATIAN

Untuk membantu mencegah kerusakan engine, jangan melampaui rpm kecepatan tertinggi. Kecepatan berlebih dapat mengakibatkan kerusakan serius pada engine. Engine dapat dioperasikan pada kecepatan tertinggi tanpa mengalami kerusakan, tetapi engine tidak boleh dibiarkan melampaui batas rpm kecepatan tertinggi.


Catatan: Rpm idle tinggi dan rpm beban penuh tertera pada Pelat Informasi.

Temperatur Cairan Pendingin Mantel Air (13) - Kisaran temperatur yang umum adalah 87 hingga 98°C (189 hingga 208°F). Temperatur lebih tinggi dapat terjadi pada kondisi tertentu. Temperatur air yang terbaca dapat berubah-ubah menurut beban. Bacaan tidak boleh melebihi titik didih untuk sistem bertekanan yang digunakan.

Temperatur Oli Engine (14) - Meteran ini menunjukkan temperatur oli engine. Temperatur oli maksimum pada kecepatan tetapan dengan beban penuh adalah 115 °C (239 °F).

Temperatur Cairan Pendingin (15) - Ketika temperatur cairan pendingin melebihi nilai pengoperasian normal, meteran temperatur cairan pendingin akan berada di zona merah. Lihatlah panel Messenger untuk mengetahui informasi tambahan yang mungkin tersedia.

Konektor Peralatan Servis (16) - Untuk informasi selengkapnya mengenai penggunaan Caterpillar Electronic Technician (ET) dan persyaratan PC untuk Cat ET, bacalah dokumentasi yang menyertai perangkat lunak Cat ET Anda.

Sakelar Hapus Perawatan (17) - Sakelar hapus perawatan dibutuhkan untuk mereset lampu perawatan seusai perawatan pada engine.

Lampu Perawatan (18) - ECM mencatat data yang terkait dengan perawatan peralatan. ECM akan mengaktifkan lampu indikator perawatan ketika perawatan terjadwal tiba waktunya. Lampu indikator perawatan dapat direset dengan mengaktifkan sakelar hapus perawatan. Interval perawatan dapat berdasarkan jam pengoperasian atau konsumsi bahan bakar. ECM menyediakan informasi yang berhubungan dengan interval perawatan dan perawatan terakhir yang dilakukan.

Tampilan Caterpillar Messenger



Ilustrasi 3g01459691

Area tampilan digital (19) - Sistem Messenger memperlihatkan informasi di area tampilan digital.

Tombol "OK" (20) - Tombol "OK" dapat digunakan untuk mengonfirmasi pilihan yang dibuat dengan tombol "gulir naik/kiri" dan tombol "gulir turun/kanan".

"Tombol Gulir turun/kanan" (21) - Tombol ini digunakan untuk menggulir ke bawah sepanjang informasi yang diperlihatkan pada area tampilan. Tombol ini juga dapat digunakan untuk menggulir ke kanan sepanjang informasi yang diperlihatkan pada area tampilan.

"Tombol Gulir naik/kiri" (22) - Tombol ini digunakan untuk menggulir ke atas sepanjang informasi yang diperlihatkan pada area tampilan. Tombol ini juga dapat digunakan untuk menggulir ke kiri sepanjang informasi yang diperlihatkan pada area tampilan.

Tombol Sebelumnya (23) - Gunakan tombol sebelumnya untuk kembali ke informasi yang diperlihatkan sebelumnya di area tampilan digital.

Panel Monitor Kinerja



Ilustrasi 4g01054560
Panel monitor kinerja yang umum

Opsi-opsi berikut tersedia di panel monitor kinerja:

Kecepatan Engine - Ketika Anda menggulir ke opsi ini, panel akan memperlihatkan RPM engine.

Temperatur Cairan Pendingin Engine - Ketika Anda menggulir ke opsi ini, panel akan memperlihatkan temperatur cairan pendingin engine dalam derajat Fahrenheit atau Celsius.

Tingkat Bahan Bakar - Ketika Anda menggulir ke opsi ini, panel akan memperlihatkan jumlah bahan bakar dalam tangki sebagai persentase dari kapasitas penuhnya.

Tampilan Total



Ilustrasi 5g01054562
Panel monitor kinerja untuk total

Informasi berikut tersedia di panel:

TOTAL KUMULATIF

Jam Servis - Ketika Anda menggulir ke opsi ini, panel akan memperlihatkan jam pengoperasian total yang telah dikumpulkan oleh engine.

Waktu Total - Ketika Anda menggulir ke opsi ini, panel akan memperlihatkan jam total dari ECM engine.

Total Fuel (Bahan Bakar Total) - Ketika Anda menggulir ke opsi ini, panel akan memperlihatkan jumlah total bahan bakar yang telah dikonsumsi.

Panel Monitor Kinerja untuk Setelan



Ilustrasi 6g01054565
Panel monitor kinerja untuk setelan yang umum

Opsi-opsi berikut tersedia di panel monitor kinerja untuk muatan:

SISTEM MONITORING

Bahasa - Pilih opsi ini untuk mengubah bahasa yang diperlihatkan di panel.

Satuan - Pilih opsi ini untuk memilih sistem pengukuran yang diinginkan. Pilihan dapat berupa metrik atau Inggris.

Setel Kontras - Pilih opsi ini untuk menyetel kontras di panel untuk mendapatkan kejernihan pandang yang lebih baik.

"Setel Cahaya Latar" - Pilih opsi ini untuk menyetel cahaya latar di panel guna mendapatkan kejernihan pandang yang lebih baik.

ENGINE

"Identifikasi Peralatan" - Pilih opsi ini untuk melihat nomor identifikasi peralatan.

Identifikasi produk - Pilih opsi ini untuk melihat nomor identifikasi produk.

Panel Monitor Kinerja untuk Servis



Ilustrasi 7g01054566
Panel monitor kinerja untuk servis yang umum

DIAGNOSTIK and PERISTIWA

Opsi-opsi berikut dilindungi dengan password. Anda harus memasukkan password untuk mengubah pengaturan.

Lihat - Pilih opsi ini untuk melihat peristiwa yang telah tercatat oleh sistem monitoring. Jika Anda menggunakan password otorisasi, Anda dapat menghapus peristiwa individual.

Hapus Semua Diagnostik - Jika Anda menggunakan password otorisasi, Anda dapat memilih opsi ini untuk menghapus semua peristiwa yang tercatat.

PARAMETER SISTEM

SISTEM MONITORING

  • Tegangan Baterai Ketika Anda menggulir ke opsi ini, tegangan baterai akan ditampilkan.

  • Tingkat Bahan Bakar Ketika Anda menggulir ke opsi ini, tingkat bahan bakar akan ditampilkan.

  • "Status Alternator" Ketika Anda menggulir ke opsi ini, status alternator akan ditampilkan.

  • Kecepatan Engine Ketika Anda menggulir ke opsi ini, RPM engine akan ditampilkan.

  • Kecepatan Engine yang Diinginkan Ketika Anda menggulir ke opsi ini, kecepatan engine yang diinginkan akan ditampilkan. Parameter ini digunakan oleh Kontrol Retarder Otomatis untuk mencegah engine berputar terlalu cepat. Jika Anda memiliki password yang disetujui, Anda dapat mengubah parameter ini.

  • Posisi Throttle Ketika Anda menggulir ke opsi ini, posisi throttle akan ditampilkan.

  • Temperatur Cairan Pendingin Ketika Anda menggulir ke opsi ini, temperatur cairan pendingin akan ditampilkan.

  • Aliran Cairan Pendingin Ketika Anda menggulir ke opsi ini, jumlah aliran cairan pendingin akan ditampilkan.

  • Tekanan Boost Ketika Anda menggulir ke opsi ini, tekanan boost akan ditampilkan.

  • Tekanan atmosfer Ketika Anda menggulir ke opsi ini, tekanan atmosfer akan ditampilkan.

  • Tekanan Saluran Masuk Turbocharger Ketika Anda menggulir ke opsi ini, tekanan saluran masuk turbocharger akan ditampilkan.

  • Tekanan Oli Ketika Anda menggulir ke opsi ini, tekanan oli engine absolut akan ditampilkan.

  • Tekanan Oli Ketika Anda menggulir ke opsi ini, meteran tekanan oli engine akan ditampilkan.

  • Temperatur Bahan Bakar Ketika Anda menggulir ke opsi ini, temperatur bahan bakar akan ditampilkan.

UJI SISTEM

  • "Uji Mandiri Sistem" Ketika Anda memilih opsi ini, sistem monitoring akan memulai uji mandiri. Uji mandiri sama dengan uji fungsional yang terjadi sewaktu Anda memutar sakelar start dari posisi OFF ke posisi ON .

INFORMASI TENTANG SISTEM

SISTEM MONITORING

  • Nomor Suku Cadang Perangkat Lunak Ketika Anda menggulir ke opsi ini, nomor suku cadang perangkat lunak akan ditampilkan.

  • Nomor Suku Cadang ECM Ketika Anda menggulir ke opsi ini, nomor suku cadang ECM akan ditampilkan.

  • "Tanggal Rilis Perangkat Lunak" Ketika Anda menggulir ke opsi ini, tanggal rilis perangkat lunak akan ditampilkan.

  • "Keterangan Perangkat Lunak" Ketika Anda menggulir ke opsi ini, keterangan mengenai perangkat lunak akan ditampilkan.

ENGINE

  • "Nomor Seri ECM" Ketika Anda menggulir ke opsi ini, nomor seri ECM akan ditampilkan.

  • "Nomor Suku Cadang Perangkat Lunak" Ketika Anda menggulir ke opsi ini, nomor suku cadang perangkat lunak akan ditampilkan.

  • "Tanggal Rilis Perangkat Lunak" Ketika Anda menggulir ke opsi ini, tanggal rilis perangkat lunak akan ditampilkan.

  • "Keterangan Perangkat Lunak" Ketika Anda menggulir ke opsi ini, keterangan mengenai perangkat lunak akan ditampilkan.

  • Nomor Seri Engine Ketika Anda menggulir ke opsi ini, nomor seri engine akan ditampilkan.

TATTLETALE

  • "Bacaan Tattletale Lengkap" Ketika Anda memilih opsi ini, indikator dan meteran menampilkan nilai-nilai maksimum yang telah tercapai selama pengoperasian.

  • Temperatur Cairan Pendingin Engine Ketika Anda memilih opsi ini, indikator akan menampilkan nilai-nilai maksimum yang telah tercapai selama pengoperasian. Meteran temperatur cairan pendingin engine juga akan memperlihatkan nilai maksimum yang telah dicapai selama pengoperasian.

  • Takometer Ketika Anda memilih opsi ini, indikator akan menampilkan nilai-nilai maksimum yang telah tercapai selama pengoperasian. Takometer juga akan memperlihatkan nilai maksimum yang telah dicapai selama pengoperasian.

  • Tingkat Bahan Bakar Ketika Anda memilih opsi ini, indikator akan menampilkan nilai-nilai maksimum yang telah tercapai selama pengoperasian. Meteran tingkat bahan bakar juga akan memperlihatkan nilai minimum yang telah dicapai selama pengoperasian.

  • Hapus Jika Anda memiliki password yang disetujui, Anda dapat menghapus nilai-nilai maksimum yang telah disimpan oleh sistem monitoring.

Caterpillar Information System:

C13 Engine for Caterpillar Built Machines Accessory Drive - Remove and Install - Brackets and Pulleys
G3304B and G3306B Engines Spark Plug Adapter - Remove and Install
G3304B and G3306B Engines Spark Plugs - Remove and Install
C7 Petroleum Engine Plate Locations and Film Locations
G3304B and G3306B Engines Carburetor - Install
C32 Petroleum Engines Installation Environment
C7 Petroleum Engine Installation Environment
C13 Engine for Caterpillar Built Machines Belt Tensioner - Remove and Install
G3304B and G3306B Engines Indicator Lamp - Test
C7.1 Industrial Engine and Generator Set 5 Volt Sensor Supply Circuit - Test
C18 Marine Generator Set Model View Illustrations
3516B Engine for 994F and 994H Wheel Loaders Power Is Intermittently Low or Power Cutout Is Intermittent
C32 Petroleum Engines Monitoring System
G3304B and G3306B Engines Exhaust Manifold - Remove
C7 Engines for Combat and Tactical Vehicles Safety Messages
2009/06/22 Fuel Injection Pump Latch Valve {1251}
3500B Engines for Caterpillar Built Power Modules Fuel Injector Mechanism
C9.3 Engines for Caterpillar Built Machines Fuel Manifold (Rail) - Remove and Install
2009/06/08 The Packaging Consist of the C9 Genset Has Been Changed {1000, 1021, 7002}
C7 Industrial Engines Turbocharger
C13 Engine for Combat and Tactical Vehicles Turbocharger
G3304B and G3306B Engines Exhaust Manifold - Install
C7.1 Industrial Engine Diesel Particulate Filter - Clean
C9.3 Engines for Caterpillar Built Machines Relief Valve (Fuel) - Remove and Install
Back to top
The names Caterpillar, John Deere, JD, JCB, Hyundai or any other original equipment manufacturers are registered trademarks of the respective original equipment manufacturers. All names, descriptions, numbers and symbols are used for reference purposes only.
CH-Part.com is in no way associated with any of the manufacturers we have listed. All manufacturer's names and descriptions are for reference only.