330D and 336D Excavators Caterpillar


Safety Messages

Usage:

330D L B6H
Terdapat beberapa pesan keselamatan khusus pada alat berat ini. Lokasi bahaya yang pasti serta penjelasannya akan dibahas di bagian ini. Kenali dan pahami semua pesan keselamatan.

Pastikan semua pesan keselamatan dapat terbaca dengan jelas. Bersihkan pesan keselamatan atau ganti pesan keselamatan dengan yang baru jika Anda tidak dapat membaca kata-katanya. Ganti gambar-gambarnya apabila gambar tersebut tidak dapat terlihat dengan jelas. Sewaktu membersihkan pesan keselamatan, gunakan kain, air dan sabun. Jangan menggunakan cairan pelarut, bensin atau cairan kimia keras lainnya untuk membersihkan tanda pesan keselamatan. Pelarut, bensin, atau cairan kimia keras dapat merusak perekat pada pesan keselamatan. Bahan perekat yang telah hilang dapat mengakibatkan tanda pesan keselamatan terlepas.

Gantilah tanda pesan keselamatan mana pun yang telah rusak atau hilang. Jika pesan keselamatan terpasang pada komponen yang diganti, pasang pesan keselamatan yang baru pada suku cadang pengganti. Setiap dealer Cat dapat menyediakan pesan keselamatan baru.




Ilustrasi 1g01972013

Tampilan kabin




Ilustrasi 2g02160054

Tampak atas dan samping alat berat

Jangan Dioperasikan (1)

Pesan keselamatan ini terletak di dalam kabin di jendela sebelah kanan.



g01370904

------ PERINGATAN! ------

Jangan mengoperasikan atau bekerja pada alat berat ini kecuali anda telah membaca dan memahami petunjuk dan peringatan yang terdapat dalam Buku Petunjuk Pengoperasian dan Perawatan. Kelalaian dalam mengikuti petunjuk atau diabaikannya peringatan dapat mengakibatkan terjadinya cedera atau bahkan kematian. Hubungi dealer Caterpillar untuk mendapatkan penggantian buku petunjuk. Perawatan yang benar merupakan tanggung-jawab anda.


Bahaya Terjepit (2)

Pesan keselamatan ini terletak di dalam kabin di jendela sebelah kanan.



g01373971

------ PERINGATAN! ------

Bahaya Terjepit! Kombinasi persambungan depan alat berat (boom, stick, quick coupler, work tool) mungkin mengharuskan work tool dijauhkan dari kabin selama pengoperasian. Cedera atau bahkan kematian dapat terjadi apabila work tool bersinggungan dengan kabin selama pengoperasian.


Bahaya Terjepit (3)

Pesan keselamatan ini terletak di bagian belakang kabin.



g01373978

------ PERINGATAN! ------

Cedera dapat terjadi apabila jendela tidak di kunci pada posisi atas; pastikan bahwa pengunci otomatis telah terpasang.


Rujuk ke Buku Petunjuk Pengoperasian dan PerawatanJendela, "(Depan)" untuk informasi lebih lanjut.

Product Link (Bila Terpasang) (4)

Pesan keselamatan ini terletak di dalam kabin di jendela sebelah kanan.



g01370917

------ PERINGATAN! ------

Alat berat ini dilengkapi dengan perangkat komunikasi Caterpillar Product Link. Apabila detonator listrik/elektronik digunakan, perangkat komunikasi ini harus dinonaktifkan dalam jarak 12 m (40 ft) dari lokasi ledakan, atau dalam jarak yang ditetapkan dalam persyaratan hukum yang berlaku. Jika tidak dilakukan dapat menyebabkan interferensi dengan operasi peledakan dan mengakibatkan cedera parah atau kematian.


Rujuk ke Buku Petunjuk Pengoperasian dan Perawatan, "Product Link" untuk informasi lebih lanjut.

Jangan Mengelas atau Melubangi ROPS (5)




Ilustrasi 3g01970802

Bila terpasang, pesan keselamatan ini terletak di tiang sisi kiri dalam kabin.

------ PERINGATAN! ------

Kerusakan struktur, terbaliknya kendaraan, modifikasi, pengubahan atau perbaikan yang tidak benar, dapat memperlemah kemampuan perlindungan dari struktur ini yang akan menyebabkan sertifikasi ini menjadi tidak berlaku. Jangan melakukan pengelasan atau pembuatan lubang pada struktur. Hubungi dealer Caterpillar untuk menentukan batasan-batasan dari struktur ini tanpa membatalkan sertifikasinya.


Alat berat ini telah disertifikasi sesuai dengan standar yang tertera pada pelat sertifikasi. Berat maksimum alat berat, termasuk operator dan attachment tanpa muatan, tidak boleh melebihi berat yang tertera pada pelat sertifikasi.

Rujuk ke Buku Petunjuk Pengoperasian dan Perawatan, "Pelindung (Pelindung Operator)" untuk informasi selengkapnya.

Cedera Terjepit (Bila Terpasang) (6)

Pesan keselamatan ini terletak di dalam kabin di jendela sebelah kanan.



g01374035

------ PERINGATAN! ------

Cedera karena terjepit. Dapat menyebabkan cedera atau bahkan kematian. Pastikan selalu bahwa quick coupler telah terpasang pada pin. Baca buku petunjuk bagi operator.


Rujuk ke Buku Petunjuk Pengoperasian dan Perawatan, "Pengoperasian Quick Coupler" untuk informasi lebih lanjut.

Sabuk Pengaman (7)

Pesan keselamatan ini terletak di dalam kabin di jendela sebelah kanan.



g01370908

------ PERINGATAN! ------

Sabuk pengaman harus dikenakan setiap saat selama pengoperasian alat berat untuk mencegah cedera atau bahkan kematian apabila terjadi kecelakaan atau alat berat terguling. Kelalaian dalam mengenakan sabuk pengaman selama pengoperasian alat berat dapat mengakibatkan cedera atau bahkan kematian.


Kabel Daya Elektrik (8)

Pesan keselamatan ini terletak di dalam kabin.



g01374045

------ BERBAHAYA! ------

Bahaya Sengatan Listrik! Jaga agar alat berat dan perlengkapan tambahan berada pada jarak yang aman dari jaringan listrik. Beradalah pada jarak 3 m (10 ft) ditambah dua kali panjang insulator jaringan. Baca dan pahami petunjuk dan peringatan yang terdapat dalam Buku Petunjuk Pengoperasian dan Perawatan. Kelalaian dalam mengikuti petunjuk dan peringatan akan menyebabkan cedera atau bahkan kematian


Rujuk ke Buku Petunjuk Pengoperasian dan Perawatan, "Spesifikasi" untuk informasi lebih lanjut.

Bahaya Terjepit (9)

Pesan keselamatan ini terletak di dalam kabin di jendela sebelah kanan.



g01374048

------ PERINGATAN! ------

Tumbukan dari obyek-obyek yang menghantam bagian depan kabin atau bagian atas kabin dapat mengakibatkan bahaya kehancuran dengan potensi cedera diri atau kematian.

Pelindung depan dan pelindung atas harus dipasang pada kabin untuk aplikasi-aplikasi dimana terdapat bahaya dari obyek-obyek yang jatuh. Baca Buku Petunjuk Pengoperasian dan Perawatan.


Rujuk ke Buku Petunjuk Pengoperasian dan Perawatan, "Pelindung" untuk informasi lebih lanjut.

Alat Peringatan Beban Berlebih (Bila Terpasang) (10)

Pesan keselamatan ini terletak di dalam kabin di jendela sebelah kanan.



g01602013

------ PERINGATAN! ------

Membebani alat berat secara berlebih dapat mempengaruhi stabilitas alat berat yang dapat mengakibatkan bahaya terguling. Bahaya terguling dapat mengakibatkan cedera serius atau bahkan kematian. Aktifkan selalu peralatan pemberi peringatan beban berlebih sebelum anda menangani atau mengangkat suatu benda.


Baca Buku Petunjuk Pengoperasian dan Perawatan, "Kontrol Operator" untuk mendapatkan informasi selengkapnya.

Pola Alternatif Kontrol Joystick (Bila Terpasang) (11)

Pesan keselamatan ini terletak di dalam kabin di jendela sebelah kanan.



g01374050

------ PERINGATAN! ------

Bahaya Terbentur. Setelan joystick yang tidak benar dapat menyebabkan kemungkinan terjadinya gerakan boom, stick atau tool kerja yang tiba-tiba yang dapat menyebabkan cedera serius atau bahkan kematian. Pastikan bahwa setelah joystick telah dikonfigurasi dengan benar sebelum mengoperasikan alat berat. Baca Buku Petunjuk Pengoperasian dan Perawatan.


Rujuk ke Buku Petunjuk Pengoperasian dan Perawatan, "Pola Alternatif Kontrol Joystick" untuk informasi lebih lanjut.

Bahaya Tabrakan (12)

Pesan keselamatan ini terletak di bagian belakang dari masing-masing sisi alat berat. Pesan keselamatan ini juga terletak di masing-masing sisi counterweight.



g01374060

------ PERINGATAN! ------

Alat Berat bergerak swing. Jangan mendekat. Bahaya terbentur dapat menyebabkan cedera atau bahkan kematian


Sistem Bertekanan (13)

Pesan keselamatan ini terletak di bagian dalam ruang engine di dekat tutup pengisi sistem pendingin.



g01371640

------ PERINGATAN! ------

Sistem bertekanan! Cairan pendingin yang panas dapat menyebabkan luka bakar serius, cedera atau bahkan kematian. Untuk membuka tutup pengisian sistem pendinginan, matikan engine dan tunggu sampai komponen sistem pendinginan menjadi dingin. Kendorkan tutup tekanan sistem pendinginan secara perlahan untuk membebaskan tekanan. Baca dan pahami Buku Petunjuk Pengoperasian dan Perawatan sebelum melakukan perawatan sistem pendinginan.


Untuk informasi selengkapnya, rujuk ke Buku Petunjuk Pengoperasian dan Perawatan, "Tingkat Cairan Pendingin Sistem Pendinginan - Pemeriksaan".

Alat Bantu Start Aerosol (14)

Pesan keselamatan ini terletak pada penutup pipa saluran masuk saringan udara. Informasi berikut tidak berlaku untuk alat berat yang dilengkapi dengan alat bantu start eter.



g01372254

------ PERINGATAN! ------

Bahaya Ledakan! Jangan menggunakan ether! Alat Berat ini dilengkapi dengan sebuah heater udara masuk. Penggunaan ether dapat mengakibatkan ledakan atau kebakaran yang dapat menyebabkan cedera atau bahkan kematian. Baca dan patuhi prosedur melakukan start dalam Buku Petunjuk Pengoperasian dan Perawatan.


Untuk prosedur start yang benar, rujuk ke Buku Petunjuk Pengoperasian dan Perawatan, "Menghidupkan Engine".

Kabel Jump Start (15)

Pesan keselamatan ini ditempatkan di panel circuit breaker.



g01370909

------ PERINGATAN! ------

Bahaya Ledakan! Penyambungan kabel jamper yang tidak benar dapat menyebabkan ledakan yang mengakibatkan cedera atau bahkan kematian. Baterai dapat terletak dalam kompartemen yang terpisah. Gunakan petunjuk pada Buku Petunjuk Pengoperasian dan Perawatan untuk mengetahui prosedur melakukan start jamper yang benar.


Rujuk ke Buku Petunjuk Pengoperasian dan Perawatan, "Penyalaan Engine dengan Kabel Jump Start" untuk informasi lebih lanjut.

Silinder Tekanan Tinggi (16)

Pesan keselamatan ini ditempatkan pada pengatur track di kedua sisi alat berat.



g01076729

------ PERINGATAN! ------

Silinder Bertekanan Tinggi. Jangan melepaskan bagian apapun dari silinder sampai semua tekanan telah dibebaskan. Hal ini akan mencegah kemungkinan terjadinya cedera atau kematian.


Rujuk ke Buku Petunjuk Pengoperasian dan Perawatan, "Penyetelan Track - Penyesuaian" untuk mengetahui prosedur penyetelan.

Gas Tekanan Tinggi (17)

Pesan keselamatan ini terletak pada akumulator.



g01374065

------ PERINGATAN! ------

Sistem mengandung gas bertekanan tinggi. Kelalaian dalam mematuhi semua petunjuk dan peringatan dapat menyebabkan terjadinya ledakan dan kemungkinan terjadinya cedera atau bahkan kematian.

Jangan didekatkan dengan api. Jangan dilas. Jangan dibor, Bebaskan tekanan sebelum melakukan pembongkaran.

Lihat Buku Petunjuk Pengoperasian dan Perawatan untuk mengetahui prosedur pengisian dan pembuangan. Hubungi dealer Caterpillar untuk mengetahui peralatan dan informasi yang lebih terperinci.


Rujuk ke Buku Petunjuk Pengoperasian dan Perawatan, "Menurunkan Peralatan Saat Engine Mati" untuk informasi lebih lanjut.

Tekanan Tangki Relief Hidrolik (18)

Pesan keselamatan ini terletak di bagian atas tangki hidrolik.



g01371640

------ PERINGATAN! ------

TANGKI HIDROLIK

BEBASKAN TEKANAN TANGKI SAAT ENGINE MATI DENGAN CARA MELEPASKAN TUTUP SECARA PERLAHAN UNTUK MENCEGAH LUKA BAKAR AKIBAT OLI YANG PANAS.


Bahaya Tergerus (19)

Pesan keselamatan ini terletak di kedua sisi stick.



g01385579

------ PERINGATAN! ------

Bahaya terbentur muncul bila stick dan boom dalam keadaan bergerak dan alat berat sedang digunakan dalam aplikasi penanganan material. Kelalaian mengosongkan area dari stick dan boom sewaktu alat berat dioperasikan dapat mengakibatkan cedera atau kematian. Kosongkan area sekitar boom sewaktu alat berat sedang bekerja.


Permukaan Panas (20)

Pesan keselamatan ini terletak di dua lokasi pada kap penutup engine. Pesan keselamatan ini terletak di bawah kap penutup engine.



g00921005

------ PERINGATAN! ------

Bagian-bagian yang panas atau komponen-komponen yang panas dapat menyebabkan luka bakar atau cedera diri. Jangan membiarkan bagian-bagian atau komponen-komponen panas menyentuh kulit Anda, Gunakan pakaian pelindung atau peralatan pelindung untuk melindungi kulit Anda.


Caterpillar Information System:

325C LCR Excavator Machine Systems Refrigerant Receiver-Dryer - Remove and Install
325C Excavator Engine Supplement Unit Injector Hydraulic Pump Drive - Install
325C Excavator Engine Supplement Unit Injector Hydraulic Pump Drive - Remove
325C Excavator Engine Supplement Fuel Transfer Pump and Primary Filter (Water Separator) - Remove and Install
325C Excavator Engine Supplement Engine Electronic Control - Remove and Install
M318C and M322C Excavators Engine Supplement Alternator - Remove and Install
325C Excavator Engine Supplement Inlet Manifold - Remove and Install
M318C and M322C Excavators Engine Supplement Air Cleaner - Remove and Install
VHS-30/3, VHS-40/3, VHS-50/3, VHS-60/3 and VHS-70/3 Demolition and Scrap Shears Bushings - Lubricate
M318C and M322C Excavators Engine Supplement Turbocharger - Install
M318C and M322C Excavators Engine Supplement Turbocharger - Remove
C9.3 Tier 4 Final Engines Finding Top Center Position for No. 1 Piston
325C LCR Excavator Machine Systems Swing Cushion Valve - Remove
325C LCR Excavator Machine Systems Swing Cushion Valve - Install
325C LCR Excavator Machine Systems Swing Cushion Valve - Disassemble
325C LCR Excavator Machine Systems Swing Cushion Valve - Assemble
301.6C, 301.8C and 302.5C Mini Hydraulic Excavators Hydraulic System Oil Sample - Obtain
725C, 725C2, 730C, 730C2 and 730C, 730C2 EJECTOR Articulated Truck Systems Temperature Sensor (Torque Converter Oil)
325C LCR Excavator Machine Systems Upper Frame and Undercarriage Frame - Separate
325C LCR Excavator Machine Systems Upper Frame and Undercarriage Frame - Connect
C9.3 Engines for Caterpillar Built Machines Vibration Damper - Check
325C LCR Excavator Machine Systems Swing Motor and Swing Drive - Remove
M318C and M322C Excavators Engine Supplement Engine - Remove
M318C and M322C Excavators Engine Supplement Engine - Install
Back to top
The names Caterpillar, John Deere, JD, JCB, Hyundai or any other original equipment manufacturers are registered trademarks of the respective original equipment manufacturers. All names, descriptions, numbers and symbols are used for reference purposes only.
CH-Part.com is in no way associated with any of the manufacturers we have listed. All manufacturer's names and descriptions are for reference only.