R1600G Load Haul Dump Caterpillar


Towing the Machine

Usage:

R1600G 9PP

------ PERINGATAN! ------

Cedera atau bahkan kematian dapat terjadi sewaktu menarik alat berat yang mogok secara tidak benar.

Ganjal alat berat, untuk mencegah terjadinya gerakan, sebelum melepaskan rem. Alat Berat dapat meluncur bebas apabila tidak diganjal.


Untuk melakukan prosedur penarikan yang benar, gunakan rekomendasi berikut.

Alat berat ini dilengkapi dengan rem parkir yang diaktifkan pegas yang dilepas oleh tekanan oli. Jika engine tidak dapat dioperasikan atau jika sistem oli rem tidak berfungsi, rem parkir akan bekerja. Alat berat tidak dapat digerakkan.

Rem parkir dapat dilepas secara manual bila terjadi tekanan oli yang tidak mencukupi dalam sistem.

ReferensiUntuk informasi tambahan, bacaBuku Petunjuk Pengoperasian dan Perawatan, "Pelepasan Manual Rem Parkir" untuk alat berat yang sedang diservis.

Gunakan petunjuk penarikan ini untuk menggerakkan alat berat yang mogok dalam jarak dekat. Jangan gerakkan alat berat melebihi kecepatan 2 km/h (1,2 mph). Pindahkan alat berat ke tempat yang nyaman untuk perbaikan. Gunakan petunjuk ini hanya untuk kondisi darurat. Gunakan selalu alat pengangkut/trailer jika alat berat perlu dipindahkan pada jarak yang jauh.

Perlindungan harus diberikan pada kedua alat berat untuk melindungi operator jika tali penarik putus atau batang penarik patah.

Jangan biarkan operator berada di dalam alat berat yang sedang ditarik kecuali operator tersebut dapat mengendalikan kemudi dan/atau melakukan pengereman.

Sebelum menarik alat berat, periksa kondisi tali penarik atau batang penarik. Pastikan bahwa tali penarik atau batang penarik cukup kuat untuk menarik alat berat yang mogok. Tali penarik atau batang penarik harus memiliki kekuatan yang sama dengan 1,5 kali berat kotor alat berat yang ditarik. Gunakan batang penarik atau tali penarik dengan kekuatan ini untuk menarik alat berat yang mogok yang terjebak dalam lumpur. Selain itu, gunakan batang penarik atau tali penarik dengan kekuatan ini untuk menarik alat berat yang mogok ke permukaan jalan.

Jangan gunakan rantai untuk penarikan. Sambungan rantai dapat putus. Hal ini dapat menyebabkan kecelakaan manusia. Gunakan tali kawat yang memiliki loop atau ujung cincin. Posisikan seorang pengamat pada lokasi yang aman. Pengamat ini harus menghentikan prosedur penarikan jika kabel mulai putus atau kabel mulai terlepas. Jika alat berat penarik bergerak sementara alat berat yang di tarik tidak bergerak, hentikan prosedur penarikan.

Pertahankan sudut garis penarikan seminimal mungkin. Jangan melampaui sudut 30 derajat dari posisi lurus ke depan.

Gerakan alat berat yang cepat dapat menyebabkan pembebanan yang berlebihan pada tali atau batang penarik. Hal ini dapat menyebabkan kabel penarik atau batang penarik menjadi putus. Gerakan alat berat yang mulus dan bertahap akan lebih efektif.

Pada umumnya, alat berat penarik harus berukuran sama besar dengan alat berat yang mogok. Alat berat penarikan harus memiliki kapasitas rem yang memadai, berat dan tenaga yang cukup, untuk mengantisipasi kemiringan dan jarak yang akan ditempuh.

Mungkin perlu untuk menyambungkan alat berat yang lebih besar atau alat berat tambahan ke alat berat yang mogok untuk memberikan kontrol dan pengereman yang cukup. Hal ini akan mencegah alat berat yang mogok menggelinding di luar kendali pada jalan menurun.

Persyaratan untuk semua kondisi yang berbeda tidak dapat ditentukan. Kapasitas minimum alat berat penarik yang diperlukan untuk permukaan jalan yang rata dan mulus. Kapasitas maksimum alat berat penarik yang diperlukan untuk kondisi jalan miring atau jalan buruk.

Jika mungkin, bongkar muatan sebelum mencoba menarik alat berat. Alat berat bermuatan yang ditarik harus dilengkapi dengan sistem pengereman yang dapat dioperasikan dari ruang operator.

Konsultasikan dengan dealer Caterpillar Anda untuk detail tambahan tentang menarik alat berat yang mogok.

Penarikan dengan Engine yang Dapat Dioperasikan

Jika engine menyala, alat berat dapat ditarik untuk jarak pendek dengan kondisi tertentu. Power train dan sistem kemudi harus dapat dioperasikan. Tarik alat berat hanya untuk jarak dekat. Misalnya, untuk menarik alat berat keluar dari lumpur atau menarik alat berat ke tepi jalan.

Operator pada alat berat yang ditarik harus mengemudikan alat berat sesuai dengan arah kabel penarik.

Patuhi dengan saksama semua petunjuk yang diberikan pada topik ini.

Penarikan dengan Engine yang Tidak Dapat Dioperasikan.


PERHATIAN

Beberapa alat berat Caterpillar tertentu bisa jadi dilengkapi dengan pilihan sistem kemudi sekunder.

Sistem kemudi sekunder menyediakan kemudi darurat hanya ketika alat berat sedang dalam keadaan bergerak.

Jika alat berat Anda dilengkapi dengan kemudi sekunder, jangan membalikkan selang kemudi hidrolik. Sistem kemudi sekunder dapat digunakan untuk mengemudikan alat berat dengan aman ketika sedang ditarik.


Lakukan langkah-langkah berikut sebelum menarik alat berat.




    Ilustrasi 1g00942975

    (A) Ujung kepala

    (B) Ujung batang

  1. Ganjal roda-roda Balikkan koneksi selang kemudi hidrolik hanya pada satu silinder. Hal ini akan memungkinkan silinder kemudi bergerak secara bebas.


    PERHATIAN

    Pastikan untuk selalu menampung semua cairan selama melakukan pemeriksaan, perawatan, pengujian, penyetelan dan perbaikan pada produk. Persiapkan penampungan cairan dengan menggunakan tempat penampung yang sesuai sebelum membuka suatu kompartemen atau membongkar komponen-komponen yang berisi cairan.

    Gunakan petunjuk pada Publikasi Khusus, NENG2500, "Caterpillar Tools and Shop Products Guide" guna mengetahui peralatan dan perlengkapan untuk mengumpulkan dan menampung cairan pada produk-produk Caterpillar.

    Buang semua cairan sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku.



    PERHATIAN

    Pastikan bahwa selang-selang silinder telah tersambung dengan benar sebelum mengoperasikan alat berat. Apabila selang dipasang terbalik, sistem kemudi tidak akan berfungsi.


  1. Jika diduga terjadi gangguan pada transmisi internal atau dari rangkaian penggerak, lepaskan poros gandar.

    ReferensiUntuk informasi mengenai pelepasan poros gandar, lihat di Power Train, Pelepasan dan Pemasangan, "Poros Gandar - Melepaskan" untuk alat berat yang sedang diservis.

    ------ PERINGATAN! ------

    Ketika poros dilepaskan, alat berat tidak memiliki rem servis atau rem parkir. Alat Berat dapat meluncur dan menyebabkan cedera atau bahkan kematian.

    Ganjal semua roda dengan aman sehingga alat berat tidak dapat bergerak.

    Sambungan penarikan harus kuat atau penarikan harus dilakukan oleh dua buah alat berat dengan ukuran yang sama atau lebih besar dari alat berat yang ditarik. Sambungkan alat berat pada masing-masing ujung dari alat berat yang ditarik.


  1. Jika mungkin, buang muatan bucket.

  1. Kencangkan batang penarik.

  1. Lepas rem parkir secara manual.

    ReferensiUntuk informasi mengenai pelepasan manual rem parkir, baca Buku Petunjuk Pengoperasian dan Perawatan, "Pelepasan Rem Parkir Manual" untuk alat berat yang sedang diservis.


    PERHATIAN

    Lepaskan rem parkir untuk mencegah keausan yang berlebihan dan kerusakan pada sistem rem parkir ketika melakukan penarikan alat berat.


  1. Lepaskan ganjal roda. Tarik alat berat secara perlahan. Jangan melampaui kecepatan 2 km/h (1,2 mph).

------ PERINGATAN! ------

Cedera atau bahkan kematian dapat terjadi akibat tidak berfungsinya rem.

Pastikan bahwa semua perbaikan dan penyetelan yang diperlukan telah dilakukan sebelum alat berat yang ditarik ke daerah servis kembali dioperasikan.


Caterpillar Information System:

2002/12/23 New Liquid Level Switch Extends Service Life {7422}
IT28G Integrated Toolcarrier and 924G, 924GZ and 928G Wheel Loaders MID 081 - CID 1834 - FMI 04
IT28G Integrated Toolcarrier and 924G, 924GZ and 928G Wheel Loaders MID 081 - CID 0262 - FMI 04
574B Forwarder Cab Tilting
574B Forwarder Bottom Guard Lowering
R1600G Load Haul Dump Lifting and Tying Down the Machine
IT28G Integrated Toolcarrier and 924G, 924GZ and 928G Wheel Loaders MID 081 - CID 0041 - FMI 04
R1600G Load Haul Dump Parking (Remote Control)
IQAN® Monitoring ; Control System IQAN-MDM
Bench Test Procedure for Hydraulic Piston Pumps {3203, 5070} Bench Test Procedure for Hydraulic Piston Pumps {3203, 5070}
R1600G Load Haul Dump Operation (Remote Control)
247, 257, 267, 277 and 287 Multi Terrain Loaders Alternate Exit
R2900G Load Haul Dump Gauges
R2900G Load Haul Dump Operator Mode Scroll Switch
R1300G Load Haul Dump Braking System Service and Parking Brake
2002/12/23 Correction to Systems Operation Testing and Adjusting "Ride Control Circuit (If Equipped)" {5077}
R2900G Load Haul Dump Engine and Machine Warm-Up
R2900G Load Haul Dump Bucket Rated Load
R1300G Load Haul Dump Braking System Parking Brake (Automatic Function)
2002/12/09 The Color of Certain O-Ring Seals Will Change {7555}
Topcon® System Five Grade and Slope Control System Troubleshooting
C7 Petroleum Engines Lubrication System
Premier Grade and Slope Control System Components - Clean/Inspect
Topcon® System Five Making Menu Selections
Back to top
The names Caterpillar, John Deere, JD, JCB, Hyundai or any other original equipment manufacturers are registered trademarks of the respective original equipment manufacturers. All names, descriptions, numbers and symbols are used for reference purposes only.
CH-Part.com is in no way associated with any of the manufacturers we have listed. All manufacturer's names and descriptions are for reference only.