120 and 120 AWD Motor Grader Caterpillar


Operation

Usage:

120 E94

Kisaran Temperatur Kerja Alat Berat

Konfigurasi alat berat standar ditujukan untuk digunakan dalam kisaran temperatur ambien 0° C (32° F) hingga 50° C (122° F). Mungkin diperlukan konfigurasi khusus untuk suhu ambien yang berbeda. Untuk informasi mengenai konfigurasi khusus alat berat Anda, hubungi dealer Caterpillar.

Kondisi dan Kriteria Pembatasan

Kondisi pembatasan merupakan masalah mendesak pada alat berat ini yang harus diselesaikan sebelum melanjutkan pengoperasian.

Bagian Keselamatan di Buku Petunjuk Pengoperasian dan Perawatan menjelaskan kriteria kondisi pembatasan untuk penggantian item seperti pesan keselamatan, sabuk pengaman dan perangkat keras pemasangan, saluran, pipa, selang, kabel baterai dan komponen terkait, kabel listrik, dan perbaikan kebocoran cairan.

Jadwal Interval Perawatan di Buku Petunjuk Pengoperasian dan Perawatan menjelaskan kriteria kondisi pembatasan yang mengharuskan perbaikan atau penggantian item (bila terpasang) seperti alarm, klakson, sistem pengereman, sistem kemudi, dan struktur pelindung bahaya terguling.

Sistem Monitoring (bila terpasang) yang dijelaskan di Bagian Pengoperasian pada Buku Petunjuk Pengoperasian dan Perawatan menyediakan informasi mengenai kriteria kondisi pembatasan, termasuk tingkat peringatan yang memerlukan tindakan shutdown alat berat segera.

Pengoperasian Alat Berat

Catatan: Untuk informasi tentang penjajaran kemudi, rujuk ke Buku Petunjuk Pengoperasian dan Perawatan, "Kontrol Operator – Penjajaran Kemudi Joystick".

Operasikan alat berat hanya ketika Anda duduk di tempat duduk pengemudi. Sabuk pengaman harus dikencangkan ketika Anda mengoperasikan alat berat. Operasikan kontrol hanya ketika engine sedang beroperasi.

Sebelum Anda mengoperasikan alat berat, lepas baut penguncian kecondongan roda dari braket penguncian kecondongan roda. Pastikan bahwa rangka pin kunci disimpan dalam posisi terbuka. Mengartikulasi alat berat. Tautan kunci rangka harus dilepaskan untuk mengartikulasi alat berat.

Catatan: Dengan kemudi joystick, sensor posisi untuk silinder kemudi akan membatasi sudut pengemudian gandar. Ini menyebabkan gandar berhenti dan tidak bisa melakukan kontak.

Jangan menggunakan baut penguncian kecondongan roda dan braket penguncian kecondongan roda untuk memusatkan kecondongan roda alat berat.

Ketika tanah sedang diratakan, jangan mengoperasikan alat berat dengan pintu dalam keadaan terbuka.

Saat Anda mengoperasikan alat berat secara perlahan di area terbuka, periksa pengoperasian semua kontrol dan perangkat pelindung.

Sebelum Anda melakukan gerakan manuver alat berat, pastikan tidak ada orang lain di antara alat berat dan attachment.

Sebelum menjalankan alat berat, pastikan bahwa tidak seorang pun yang terancam bahaya.

Jangan biarkan orang berdiri di atas alat berat ketika alat berat sedang dioperasikan.

Jangan pernah gunakan work tool untuk platform kerja.

Kurangi kecepatan engine ketika Anda melakukan manuver alat berat di kawasan yang sempit atau ketika Anda melewati bukit.

Jangan mengoperasikan alat berat terlalu dekat dengan jurang. Jangan mengoperasikan alat berat di dekat lubang penggalian. Jangan mengoperasikan alat berat di dekat lubang benda yang menjorok.

Ketika Anda mengoperasikan alat berat menuruni bukit, gunakan dua gigi transmisi kurang dari gigi transmisi yang digunakan pada saat mendaki bukit yang sama.

Catatan: Caterpillar tidak menganjurkan Anda untuk memindah gigi ke posisi NETRAL atau menekan kontrol modulator (pedal inching) ketika Anda mengoperasikan alat berat di jalan menurun. Jika Anda memindahkan gigi ke posisi NETRAL atau menekan kontrol modulator (pedal inching), transmisi dapat mengalami kecepatan berlebih yang mengakibatkan kerusakan transmisi atau alat berat mungkin membutuhkan usaha pengereman yang lebih keras yang dapat mempercepat keausan komponen rem servis.

Jangan biarkan engine atau transmisi bekerja dengan kecepatan terlalu tinggi ketika Anda mengoperasikan alat berat menuruni bukit. Jika transmisi ditekan melebihi level kecepatan yang membahayakan, kategori peringatan 2S akan terjadi. Apabila kecepatan engine terlalu tinggi, gunakan kontrol rem servis untuk mengurangi kecepatan ke tingkat yang memungkinkan Anda menurunkan gigi transmisi. Ulangi proses ini hingga tercapai kecepatan yang stabil. Sebelum engine didorong melebihi tingkat kecepatan yang membahayakan, transmisi akan otomatis meningkatkan gigi untuk mempertahankan kecepatan engine pada kisaran kecepatan yang aman. Akan tetapi, apabila mencapai gigi tertinggi, rem servis harus digunakan untuk mengontrol kecepatan alat berat dan untuk mencegah engine dan/atau transmisi agar tidak bergerak terlalu cepat.

Angkat attachment kira-kira 40 cm (15 inches) di atas permukaan tanah.

Apabila alat berat mulai bergerak tergelincir menuruni bukit, secepatnya buang beban dan putarlah alat berat untuk menuruni bukit.

Hindari kondisi yang dapat menyebabkan alat berat terjungkir. Alat berat dapat terjungkir saat Anda bekerja di bukit, tepian sungai, atau lereng. Selain itu, alat berat dapat terjungkir saat melintasi parit, punggung bukit, atau hambatan yang tidak terduga lainnya.

Ketika Anda mengoperasikan alat berat di kemiringan, gunakan kecepatan gerak rendah untuk mengendalikan alat berat secara maksimum. Ketika Anda melepas akselerator, akan terjadi pengurangan rpm engine dan kecepatan gerak secara tiba-tiba.

Ketika Anda mengoperasikan alat berat di kemiringan, aktifkan kontrol pengunci diferensial. Ketika Anda mengoperasikan alat berat di kemiringan, gunakan pengunci throttle dan kontrol akselerator.

Pada kemiringan yang lebih curam, geser drawbar blade ke atas ke arah ujung moldboard. Artikulasikan rangka belakang sehingga rangka engine yang berat berada di sisi menuruni bukit pada permukaan miring untuk menambah kestabilan.

Ketika Anda mengoperasikan alat berat di permukaan yang kemiringannya kurang dari 2.5:1, mulailah dari bagian atas permukaan yang miring tersebut. Ganjal roda tandem belakang dengan material yang ditumpuk tepat di luar roda tandem belakang untuk mencegah agar roda belakang tidak tergelincir.

Pertahankan kendali atas alat berat. Jangan bawa beban berlebih melampaui kapasitas alat berat.

Jangan melangkahi kabel listrik. Jangan biarkan orang lain melangkahi kabel listrik.

Kenali dimensi maksimum alat berat Anda.

Pastikan bahwa Struktur Pelindung Bahaya Terguling (ROPS, Rollover Protective Structure) selalu terpasang selama mengoperasikan alat berat.

Catat perbaikan yang diperlukan selama pengoperasian alat berat. Laporkan semua perbaikan yang diperlukan.

Mengesampingkan Rem Parkir

Anda dapat memintas penjajaran kemudi dan dapat memintas interlock rem parkir untuk menggerakkan alat berat menjauh dari bahaya.

Catatan: Kategori Peringatan 2S akan muncul selama pengesampingan rem parkir. Alarm akan dinonaktifkan setelah transmisi dikembalikan ke posisi NETRAL atau kecepatan alat berat telah terdeteksi dan roda depan telah disejajarkan dengan joystick kiri dan kemudi menjadi aktif.

Untuk mengaktifkan pintasan rem parkir, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Tekan bagian bawah sakelar rem parkir untuk melepas rem parkir.

  • Tekan Kontrol Modulator Transmisi (Pedal inching). Jika joystick kiri belum disejajarkan dengan roda depan, maka kemudi tidak akan aktif. Rem parkir tidak akan lepas.

  • Posisikan joystick sisi kiri ke posisi yang Anda inginkan untuk menyejajarkan roda depan.

  • Pilihlah arah yang dipilih pada sakelar kontrol transmisi.

  • Lepaskan perlahan-lahan kontrol modulasi transmisi (pedal inching). Rem parkir sekarang akan lepas dan alat berat akan bergerak ke arah yang sudah dipilih.

  • Roda depan akan secara otomatis sejajar pada sudut yang sama dengan joystick kiri ketika kecepatan alat berat telah terdeteksi. Setelah itu kemudi akan aktif.

Catatan: "1F" dan "1R" merupakan gigi yang tersedia untuk memintas rem parkir. Menaikkan gigi transmisi tidak akan mengubah gigi yang dipilih hingga roda depan telah disejajarkan dengan joystick kiri dan kemudi menjadi aktif.

Caterpillar Information System:

CX38-P892 Well Servicing Transmission Modulating Valve (Electronic Clutch Pressure Control)
C9.3B Industrial Engine Starting with Jump Start Cables - Do Not Use This Procedure in Hazardous Locations that have Explosive Atmospheres
Installation of the 491-6992 Oil Cooler Lines Gp on Certain Hydraulic Excavators {1374} Installation of the 491-6992 Oil Cooler Lines Gp on Certain Hydraulic Excavators {1374}
Installation of the 492-2066 Front Lines Gp on Certain Hydraulic Excavators {5057} Installation of the 492-2066 Front Lines Gp on Certain Hydraulic Excavators {5057}
Installation of the 532-0153 Valve Gp on Certain Hydraulic Excavators {5051} Installation of the 532-0153 Valve Gp on Certain Hydraulic Excavators {5051}
Installation of the 490-2714 Valve Wiring Gp on Certain Hydraulic Excavators {1408} Installation of the 490-2714 Valve Wiring Gp on Certain Hydraulic Excavators {1408}
Installation of the 490-2713 Chassis Wiring Gp on Certain Hydraulic Excavators {1408} Installation of the 490-2713 Chassis Wiring Gp on Certain Hydraulic Excavators {1408}
Installation of the 489-2976 Front Lines Gp on Certain Hydraulic Excavators {5057} Installation of the 489-2976 Front Lines Gp on Certain Hydraulic Excavators {5057}
Installation Master Guide for the 533-1782 Auxiliary Control Ar (Tool Control) on Certain Next Generation Hydraulic Excavators {5051} Installation Master Guide for the 533-1782 Auxiliary Control Ar (Tool Control) on Certain Next Generation Hydraulic Excavators {5051}
C9.3B Industrial Engine Safety Messages
A New Spring for the Oil Filter Bypass Valve and for the Oil Cooler Bypass Valve is Now in Production {1306, 1306} A New Spring for the Oil Filter Bypass Valve and for the Oil Cooler Bypass Valve is Now in Production {1306, 1306}
C175 Tier 4 Final Engines for Off-Highway Trucks Cylinder Block, Liners and Heads
120 and 120 AWD Motor Grader Specifications
120 and 120 AWD Motor Grader Cooling Cores - Clean
C9.3B Industrial Engine Refill Capacities
C9.3B Industrial Engine Engine Oil and Filter - Change
CX38-P892 Well Servicing Transmission Transmission Control
G3600 A4 Engines Plate Locations and Film Locations
C9.3B Aftertreatment Systems Sensor (Data Link Type) - Test
320 GC, 320 and 323 Excavator Swing Drive Oil Sample - Obtain
320 GC, 320 and 323 Excavator Swing Gear - Lubricate
C9.3B Engines for Caterpillar Built Machines Water Pump - Assemble
120 and 120 AWD Motor Grader Engine Starting
120 and 120 AWD Motor Grader Engine Starting
Back to top
The names Caterpillar, John Deere, JD, JCB, Hyundai or any other original equipment manufacturers are registered trademarks of the respective original equipment manufacturers. All names, descriptions, numbers and symbols are used for reference purposes only.
CH-Part.com is in no way associated with any of the manufacturers we have listed. All manufacturer's names and descriptions are for reference only.