C9.3 Marine Auxiliary Engines Caterpillar


Safety Messages

Usage:

C9.3 C93
Terdapat beberapa pesan keselamatan khusus pada engine Anda. Letak tepatnya dan penjelasan mengenai pesan keselamatan akan dibahas di bagian ini. Pahami semua pesan keselamatan.

Pastikan semua pesan keselamatan terbaca dengan jelas. Bersihkan pesan keselamatan atau ganti pesan keselamatan jika tulisannya tidak terbaca lagi atau jika gambarnya tidak terlihat. Gunakan kain, air, dan sabun untuk membersihkan pesan keselamatan. Jangan gunakan cairan pelarut, bensin atau bahan kimia keras lainnya. Pelarut, bensin, atau cairan kimia keras dapat merusak perekat pada pesan. Pesan keselamatan yang longgar dapat terlepas dari engine.

Ganti pesan yang telah rusak atau hilang. Jika pesan keselamatan terpasang pada komponen engine yang diganti, pasang pesan keselamatan yang baru pada suku cadang pengganti. Dealer Caterpillar dapat menyediakan pesan keselamatan yang baru.

------ PERINGATAN! ------

Jangan mengoperasikan atau bekerja pada engine ini kecuali anda telah membaca dan memahami petunjuk dan peringatan yang terdapat dalam Buku Petunjuk Pengoperasian dan Perawatan. Kelalaian dalam mengikuti petunjuk atau diabaikannya peringatan dapat mengakibatkan terjadinya cedera atau bahkan kematian. Hubungi dealer Caterpillar untuk mendapatkan penggantian buku petunjuk. Perawatan yang benar merupakan tanggung-jawab anda.


Pesan keselamatan pada engine atau genset kurang lebih sama seperti pesan keselamatan berikut.



Ilustrasi 1g06063842
Genset kapal laut C9.3


Ilustrasi 2g06064418
Genset kapal laut C9.3


Ilustrasi 3g06064854
Engine Bantu Kapal Laut C9.3 (Tampak atas)


Ilustrasi 4g06064992
Engine Bantu Kapal Laut C9.3 (Tampak atas)

Tergerus (Benda Jatuh) (1)

Pesan keselamatan mengenai pengangkatan genset ini berada di setiap sisi kotak terminal generator.



Ilustrasi 5g01433231

------ PERINGATAN! ------

Bahaya Tertimpa! Praktik pengangkatan yang tidak benar dapat menyebabkan cedera serius atau kematian. Ikuti petunjuk pengangkatan di Buku Petunjuk Pengoperasian dan Perawatan untuk prosedur pengangkatan yang aman.


Tekanan Tinggi (2)

Pesan keselamatan ini terletak pada rel bahan bakar di dekat bagian atas engine dan genset.



Ilustrasi 6g01381180

------ PERINGATAN! ------

Menyentuh bahan bakar tekanan tinggi dapat menyebabkan cedera tubuh atau kematian. Jangan biarkan bahan bakar tekanan tinggi mengenai kulit Anda.


Untuk informasi selengkapnya tentang cara melepas tekanan dari sistem bahan bakar, bacalah Buku Petunjuk Pengoperasian dan Perawatan, "Pelepasan Tekanan Sistem".

Peringatan Universal (3)

Pesan keselamatan ini terletak pada dudukan penutup katup di silinder 3 dan 4.



Ilustrasi 7g01370904

------ PERINGATAN! ------

Jangan mengoperasikan atau bekerja pada engine atau generator set ini kecuali anda telah membaca dan memahami petunjuk dan peringatan yang terdapat dalam Buku Petunjuk Pengoperasian dan Perawatan.

Kelalaian dalam mengikuti peringatan dan petunjuk dapat mengakibatkan terjadinya cedera atau bahkan kematian. Hubungi dealer Caterpillar untuk mendapatkan penggantian buku petunjuk. Perawatan yang benar merupakan tanggung-jawab anda.


Permukaan Panas (4)

Pesan keselamatan mengenai permukaan panas ini berada di setiap sisi barrel generator. Pesan keselamatan ini terletak pada penutup karter di sisi kiri engine. Pesan ini juga terdapat pada oil cooler.



Ilustrasi 8g01384734

------ PERINGATAN! ------

Bagian-bagian yang panas atau komponen-komponen yang panas dapat menyebabkan luka bakar atau cedera diri. Jangan membiarkan bagian-bagian atau komponen-komponen panas menyentuh kulit Anda, Gunakan pakaian pelindung atau peralatan pelindung untuk melindungi kulit Anda.


------ PERINGATAN! ------

Permukaan panas di bagian dalam penutup. Jauhkan tangan.


Sengatan Listrik (5)

Pesan keselamatan mengenai bahaya sengatan listrik ini terletak di setiap sisi dan bagian belakang kotak terminal generator.



Ilustrasi 9g03430411

------ BERBAHAYA! ------

BAHAYA: Bahaya Kejutan/Sengatan Listrik-Jangan mengoperasikan peralatan ini atau bekerja pada peralatan ini kecuali anda telah membaca dan memahami petunjuk dan peringatan yang terdapat di dalam Buku Petunjuk Pengoperasian dan Perawatan. Kelalaian dalam mengikuti petunjuk yang diberikan atau diabaikannya peringatan dapat mengakibatkan terjadinya cedera atau bahkan kematian.


Jangan Gunakan Eter (6)



Ilustrasi 10g01372254

Pesan keselamatan mengenai larangan penggunaan eter ini terdapat di air cleaner.

------ PERINGATAN! ------

Bahaya Ledakan! Jangan menggunakan ether! Alat Berat ini dilengkapi dengan sebuah heater udara masuk. Penggunaan ether dapat mengakibatkan ledakan atau kebakaran yang dapat menyebabkan cedera atau bahkan kematian. Baca dan patuhi prosedur melakukan start dalam Buku Petunjuk Pengoperasian dan Perawatan.


Penyalaan Otomatis (7)



Ilustrasi 11g01392484

Pesan keselamatan mengenai penyalaan otomatis berada di bagian tengah bawah penutup kotak sambungan. Pesan tersebut di atas terletak di tengah bagian atas kotak kontrol engine. Pesan keselamatan juga terdapat di bagian tengah bawah panel pintu EMCP 3, bila terpasang.

------ PERINGATAN! ------

Bila engine berada dalam mode OTOMATIS, engine dapat distart beberapa saat kemudian. Untuk menghindari seseorang cedera, amankan selalu daerah sekeliling engine bila engine dalam mode OTOMATIS.


Ledakan Uap (8)

Pesan keselamatan ini berada di setiap ujung filter oli dupleks dan di setiap ujung filter bahan bakar dupleks.



Ilustrasi 12g01407639

------ PERINGATAN! ------

Peringatan: Ledakan Uap. Dapat mengakibatkan cedera serius atau kematian. Baca Buku Petunjuk Pengoperasian dan Perawatan sebelum melakukan perawatan apa pun pada filter oli.


------ PERINGATAN! ------

Peringatan: Ledakan Uap. Dapat menyebabkan cedera parah atau kematian. Baca Buku Petunjuk Pengoperasian dan Perawatan sebelum melakukan perawatan apa pun pada filter bahan bakar dupleks.


Cairan Pendingin Panas Bertekanan (9)

Label ini terletak pada tangki ekspansi di samping tutup pengisi radiator.



Ilustrasi 13g01371640

------ PERINGATAN! ------

Cedera dapat diakibatkan oleh cairan pendingin yang panas, uap, dan alkali.

Pada suhu operasional. cairan pendingin engine dapat menjadi panas dan bertekanan. Radiator dan semua saluran ke pemanas atau engine dapat berisi cairan pendingin atau uap yang panas. Kontak apa pun dapat menyebabkan luka bakar serius.

Lepas perlahan-lahan tutup tekanan sistem pendinginan untuk membebaskan tekanan di saat engine berhenti dan biarkan sistem pendinginan menjadi dingin.

Jangan berusaha mengencangkan sambungan selang di saat cairan pendingin masih panas, karena selang bisa terputus sambungannya dan cairan pendingin yang panas bisa menyebabkan luka bakar.

Zat Tambahan Cairan Pendingin pada Sistem Pendinginan mengandung alkali. Hindari kontak dengan kulit dan mata.


Untuk informasi selengkapnya tentang cara melepaskan tekanan dari sistem cairan pendingin (engine), bacalah Buku Petunjuk Pengoperasian dan Perawatan, "Pelepasan Tekanan Sistem".

Caterpillar Information System:

XQP500 Generator Sets Electrical System
C7.1 Marine Engine Fuel Priming Pump - Remove and Install
3512E Tier 4 Final Engines for Land Electric Drilling Engine Shutdown Occurs Intermittently
C4.4 (Mech) Industrial Engine Connecting Rod - For Use With Spheroidal Graphite Iron (SGI) Crankshaft
C4.4 (Mech) Industrial Engine Main Bearing Journal - Spheroidal Graphite Iron (SGI) Crankshaft
3512E Tier 4 Final Engines for Land Electric Drilling Acceleration Is Poor or Throttle Response Is Poor
3512E Engines Flywheel Housing - Remove and Install
3512E Tier 4 Final Engines for Land Electric Drilling Engine Stalls at Low RPM
3512E Tier 4 Final Engines for Land Electric Drilling Engine Top Speed Is Not Obtained
3512E Tier 4 Final Engines for Land Electric Drilling Power Is Intermittently Low or Power Cutout Is Intermittent
3512E Engines Crankshaft Rear Seal and Wear Sleeve - Remove and Install
3512E Tier 4 Final Engines for Land Electric Drilling Fuel Consumption Is Excessive
An Improved Exhaust Manifold Group Is Now Used For Certain 3512E Engines {1059} An Improved Exhaust Manifold Group Is Now Used For Certain 3512E Engines {1059}
The 243-2501 Fan Guard May Crack on Certain 3500 Generator Set Engines {1353, 1360} The 243-2501 Fan Guard May Crack on Certain 3500 Generator Set Engines {1353, 1360}
Inspection of the 287-8585 Bushing and Pulley Assembly on Certain 3516C Generator Set Engines {1359} Inspection of the 287-8585 Bushing and Pulley Assembly on Certain 3516C Generator Set Engines {1359}
XQP500 Generator Sets Product Lifting
C9.3 Marine Auxiliary Engines Sensors and Electrical Components
XQP500 Generator Sets Refill Capacities
3512E Engines Engine Oil Sequence Valves - Remove and Install
NEHS1270 TesLite and LoadProCables {0374, 0599, 0709, 0734} NEHS1270 TesLite and LoadProCables {0374, 0599, 0709, 0734}
XQP500 Generator Sets Setup
3512E Engines Gear Group (Rear) - Remove and Install
XQP500 Generator Sets Product Description
C7.1 Marine Engine Fuel Filter Base - Remove and Install
Back to top
The names Caterpillar, John Deere, JD, JCB, Hyundai or any other original equipment manufacturers are registered trademarks of the respective original equipment manufacturers. All names, descriptions, numbers and symbols are used for reference purposes only.
CH-Part.com is in no way associated with any of the manufacturers we have listed. All manufacturer's names and descriptions are for reference only.