C18 Marine Engine Caterpillar


Belts - Inspect/Adjust/Replace

Usage:

C18 JLE
Engine

Tipe 1 (Bila Terpasang)

Pemeriksaan

Periksa apakah sabuk alternator dan sabuk aksesori aus dan retak. Ganti sabuk jika sabuk tidak dalam kondisi yang bagus.

Untuk memeriksa tegangan sabuk, berikan gaya 110 N (25 lb) pada bagian tengah di antara puli. Sabuk yang disetel dengan benar akan terdefleksi sebesar 13 to 19 mm (0.50 to 0.75 inch).

Selip dari sabuk yang kendur dapat mengurangi efisiensi komponen yang digerakkan. Getaran dari sabuk yang kendur dapat menyebabkan keausan yang tidak perlu pada komponen berikut:

  • Sabuk

  • Puli

  • Bearing

Jika sabuk terlalu kencang, tegangan yang tidak perlu dapat berdampak pada komponen. Tegangan ini akan mengurangi masa pakai komponen.

Penggantian

Untuk aplikasi yang memerlukan beberapa sabuk penggerak, ganti sabuk dalam satu kesatuan yang lengkap. Mengganti hanya satu sabuk penggerak akan menyebabkan sabuk penggerak yang baru menanggung beban yang lebih banyak karena sabuk penggerak lama sudah melar. Penambahan beban pada sabuk penggerak baru akan menyebabkan kegagalan sabuk penggerak baru.

Penyetelan Sabuk Alternator



Ilustrasi 1g03223882
Tensioner sabuk

  1. Lepaskan pelindung sabuk penggerak.

  2. Periksa tegangan sabuk. Untuk meningkatkan tegangan, kendurkan kedua mur, kemudian gerakkan kedua mur ke bagian tengah engine. Untuk menurunkan tegangan, kendurkan kedua mur, kemudian gerakkan kedua mur ke bagian luar engine. Periksa tegangan sabuk setelah penyetelan.

  3. Pasang kembali pelindung sabuk penggerak.

Bila sabuk penggerak yang baru dipasang, periksa kembali tegangan sabuk penggerak setelah 30 menit engine beroperasi pada rpm tetapan.

Tipe 2 (Bila Terpasang)



Ilustrasi 2g06334026
(Pelindung sabuk dilepaskan untuk tujuan visibilitas)
Tampilan sabuk dan tensioner sabuk di bagian depan engine
(1) Tensioner sabuk

Interval Perawatan

Periksa sabuk 20 hingga 40 jam setelah penyalaan awal. Ganti sabuk setiap 3000 jam servis.

Pemeriksaan

Periksa keausan dan retakan pada sabuk. Ganti sabuk jika sabuk tidak dalam kondisi yang baik.

Periksa tegangan sabuk sesuai informasi di Buku Petunjuk Spesifikasi, "Tabel Tegangan Sabuk".

Selip dari sabuk yang kendur dapat mengurangi efisiensi komponen yang digerakkan. Getaran dari sabuk yang kendur dapat menyebabkan keausan yang tidak perlu pada komponen berikut:

  • Sabuk

  • Puli

  • Bearing

Penggantian

  1. Lepaskan pelindung sabuk.


    Ilustrasi 3g06339197
    Pemasangan tensioner sabuk yang umum
    (2) Lubang persegi untuk ratchet

  2. Masukkan ratchet dengan penggerak persegi ke lubang persegi yang terletak di tensioner untuk sabuk.

  3. Putar tensioner berlawanan arah jarum jam untuk melepas tegangan pada sabuk. Lepaskan sabuk.

  4. Pasang sabuk yang baru dengan benar, seperti yang ditunjukkan pada gambar. Pastikan sabuk terpasang sepenuhnya di puli. Tegangan yang benar akan diterapkan secara otomatis saat ratchet dilepaskan.

  5. Pasang pelindung sabuk.
Back to top
The names Caterpillar, John Deere, JD, JCB, Hyundai or any other original equipment manufacturers are registered trademarks of the respective original equipment manufacturers. All names, descriptions, numbers and symbols are used for reference purposes only.
CH-Part.com is in no way associated with any of the manufacturers we have listed. All manufacturer's names and descriptions are for reference only.