C15 and C18 Petroleum Generator Sets Caterpillar


Product Description

Usage:

C15 115

Informasi Engine

Engine CatC15 dan C18 memiliki fitur-fitur berikut:

  • Siklus empat langkah

  • Kontrol engine elektronik

  • Sistem bahan bakar injeksi langsung

  • Injektor unit elektronik berpenggerak mekanis

  • Turbocharger

  • Aftercooler udara ke udara

Spesifikasi Engine

Catatan: Bagian ujung depan engine berlawanan dengan ujung flywheel engine. Sisi kiri dan sisi kanan engine ditentukan dari ujung flywheel. Silinder nomor 1 adalah silinder depan.




Ilustrasi 1g00284836

Letak silinder dan katup

(A) Katup saluran masuk

(B) Katup buang

Tabel 1
Spesifikasi Engine C15 dan C18    
Silinder dan Pengaturan     Sebaris enam silinder    
Lubang    
137 mm (5,4 in.)    

145 mm (5,7 in.)    
Langkah    
171 mm (6,7 in.)    

183 mm (7,2 in.)    
Kapasitas    
15 L (928 in3)    

18 L (1106 in3)    
Urutan Pembakaran     1-5-3-6-2-4    
Putaran (ujung flywheel)     Berlawanan arah putar jarum jam    

Fitur Engine Elektronik

Engine Cat dirancang untuk kontrol elektronik. Engine ini memiliki komputer terintegrasi yang disebut dengan Modul Kontrol Elektronik (ECM, Electronic Control Module). ECM memantau kondisi engine saat ini dan kebutuhan daya. Respons engine yang optimal dihitung dan petunjuk dikirim ke sistem kontrol engine. Sistem merespons dan engine merespons secara selaras. Kontrol engine total diwujudkan melalui kontrol sistem bahan bakar dan sistem kecepatan/pewaktuan engine. Sistem kontrol engine elektronik menyediakan fitur berikut:

  • Pengaturan kecepatan engine

  • Kontrol pewaktuan injeksi

  • Kontrol rasio bahan bakar/udara otomatis

  • Penghimpunan kenaikan torsi

  • Perlindungan dan pemantauan engine

ECM menyediakan pengaturan elektronik pengiriman bahan bakar guna memberlakukan kontrol engine berikut: titik setel kecepatan engine, keakuratan pewaktuan engine, kontrol rasio bahan bakar/udara dan setelan bahan bakar kenaikan torsi.

Injektor unit terkontrol secara elektronik dan diaktifkan secara mekanis menggabungkan elemen-elemen pemompaan, penakaran bahan bakar elektronik, dan injeksi pada sistem bahan bakar menjadi unit tunggal. Tiap silinder memiliki injektor unit tersendiri.

Penakaran bahan bakar dikendalikan oleh sinyal listrik yang dikirim ke solenoid injektor dari ECM. Tekanan injeksi bahan bakar tinggi dihasilkan oleh pompa injektor unit. Tekanan injeksi tinggi dan penakaran bahan bakar yang akurat memastikan atomisasi bahan bakar yang baik dan pembakaran yang sempurna. Teknologi canggih ini memberikan keuntungan berikut pada engine: konsumsi bahan bakar berkurang, emisi asap terkontrol dan laju kenaikan akselerasi terkontrol secara elektronik

Kontrol pewaktuan engine dan kontrol kecepatan diberikan oleh ECM. Sirkuit kecepatan/pewaktuan terdiri atas dua sensor kecepatan/pewaktuan. Selama melakukan start engine, ECM menggunakan sinyal pewaktuan dari sensor kecepatan/pewaktuan sekunder. Sinyal pewaktuan dari sensor kecepatan/pewaktuan primer digunakan oleh ECM bila kecepatan engine melebihi kecepatan melakukan start. Menggunakan dua sensor untuk sirkuit ini memiliki beberapa keuntungan. Tiap-tiap sensor kecepatan/pewaktuan diperlakukan oleh ECM sebagai komponen diskret. Jika sinyal dari salah satu sensor diduga bermasalah, ECM akan menggunakan sinyal dari sensor lain untuk menjaga engine tetap beroperasi.

ECM juga mengelola lamanya injeksi. Lamanya siklus injeksi bahan bakar menentukan kecepatan engine. Penempatan siklus injeksi dalam kaitannya dengan posisi crankshaft akan menentukan kemajuan pewaktuan. Sirkuit kecepatan/pewaktuan memberikan informasi ke ECM yang didinginkan bahan bakar untuk mendeteksi posisi crankshaft dan kecepatan engine. Informasi ini digunakan oleh ECM untuk mengontrol kecepatan engine dan pewaktuan engine yang diinginkan.

ECM mengubah pewaktuan injeksi berdasarkan kondisi kerja engine dan kebutuhan. Kontrol pewaktuan yang disempurnakan menghasilkan kinerja yang lebih baik. Penyempurnaan di beberapa aspek kerja engine akan terwujud: kemampuan penyalaan engine yang lebih baik, waktu respons yang lebih cepat, pengurangan emisi, pengurangan kebisingan dan konsumsi bahan bakar yang optimal.

Pemantauan engine dan diagnosis interaktif juga diberikan oleh ECM. Kondisi kerja engine yang penting dan informasi diagnosis dipantau dan direkam di memori ECM. ECM menguantifikasi informasi Informasi kemudian dibandingkan dengan kisaran nilai yang dapat diterima. Jika nilai berada di luar kisaran yang dapat diterima, informasi diagnosis disampaikan kepada operator, dan kondisi abnormal disimpan di memori ECM.

Untuk informasi selengkapnya tentang fitur engine elektronik, bacalah Buku Petunjuk Pengoperasian dan Perawatan, "Fitur dan Kontrol Engine" (Bagian Pengoperasian).

Pendinginan dan Pelumasan Engine

Berikut adalah komponen yang terdapat dalam sistem pendinginan:

  • Pompa tipe sentrifugal pancing mandiri yang digerakkan oleh roda gigi

  • Regulator temperatur air yang mengatur temperatur cairan pendingin engine

  • Cooler oli engine yang digunakan untuk memindahkan panas yang berlebihan dari oli engine ke sistem pendinginan

  • Radiator

Oli pelumasan engine disuplai melalui pompa oli bertekanan tinggi. Oli pelumasan engine didinginkan dan disaring. Katup pintas memberikan aliran oli pelumas yang tidak terbatas ke komponen engine selama kondisi berikut:

  • Viskositas oli tinggi

  • Cooler oli atau elemen filter oli (kartrid kertas) tersumbat

Umur Pemakaian Engine

Efisiensi engine dan penggunaan maksimum kinerja engine bergantung pada kepatuhan terhadap standar pengoperasian yang benar dan saran perawatan. Selain itu, gunakan bahan bakar, cairan pendingin, dan pelumas yang disarankan. Gunakan Buku Petunjuk Pengoperasian dan Perawatan sebagai panduan yang disyaratkan dalam perawatan engine.

Umur engine yang diharapkan diramalkan berdasarkan daya rata-rata yang diperlukan. Daya rata-rata yang diperlukan dihitung berdasarkan konsumsi bahan bakar engine seiring dengan waktu. Pengurangan jam operasi dengan throttle penuh dan/atau beroperasi dengan setelan throttle yang diturunkan akan mengurangi kebutuhan daya rata-rata. Pengurangan jam operasi akan menambah lama waktu kerja sebelum overhaul engine dibutuhkan. Untuk informasi selengkapnya, bacalah Buku Petunjuk Pengoperasian dan Perawatan, "Pertimbangan Overhaul".

Keterangan Generator

Generator tanpa sikat ini digunakan dengan beban berikut: beban gabunganbeban motor dan lampu, peralatan yang dikontrol SCR, pusat komputer, instalasi komunikasi dan aplikasi pengeboran minyak Peniadaan sikat pada sirkuit medan akan mengurangi kebutuhan perawatan. Peniadaan sikat pada sirkuit medan akan meningkatkan ketahanan. Peniadaan sikat memberikan tingkat perlindungan yang lebih tinggi dalam lingkungan berpotensi bahaya.

Paket genset dapat dimanfaatkan untuk pembangkit listrik utama atau pembangkit listrik siaga. Paket genset dapat digunakan pada aplikasi daratan dan lepas pantai.

Generator memiliki empat kutub. Generator memiliki konfigurasi 6 atau 12 kabel. Konfigurasi akan bergantung pada ukuran rangka. Generator dapat memproduksi daya listrik berfrekuensi 50 Hz dan 60 Hz.

Produk Purnajual dan Engine Caterpillar


PERHATIAN

Caterpillar mensyaratkan penggunaan filter bahan bakar sekunder 4 mikron (c) dengan alasan berikut: memaksimalkan umur sistem bahan bakar dan mencegah keausan dini partikel kasar di dalam bahan bakar. Filter bahan bakar efisiensi tinggi Cat memenuhi persyaratan ini. Hubungi dealer Cat Anda untuk mengetahui nomor suku cadang yang benar.


Ketika perangkat bantu, aksesori, dan barang habis pakai (filter, zat tambahan, katalis, dll.) yang dibuat oleh produsen lain dan digunakan pada produk Cat, garansi Cat tidak terpengaruh hanya karena hal itu.

Tetapi, kerusakan akibat pemasangan atau penggunaan perangkat, aksesori, atau barang habis pakai yang dibuat produsen lain, BUKAN cacat Cat. Karena itu, cacat ini TIDAK ditanggung dalam garansi Cat.

Caterpillar Information System:

Back to top
The names Caterpillar, John Deere, JD, JCB, Hyundai or any other original equipment manufacturers are registered trademarks of the respective original equipment manufacturers. All names, descriptions, numbers and symbols are used for reference purposes only.
CH-Part.com is in no way associated with any of the manufacturers we have listed. All manufacturer's names and descriptions are for reference only.