994D Wheel Loader Caterpillar


Cooling System Coolant (ELC) - Change

Usage:

994D 3TZ

------ PERINGATAN! ------

Cedera dapat terjadi akibat cairan pendingin yang panas, uap dan zat alkali.

Pada temperatur kerja, cairan pendingin engine berada dalam keadaan panas dan bertekanan. Radiator dan semua pipa saluran ke alat pemanas atau engine mengandung cairan pendingin yang panas atau uap. Terjadinya persentuhan dapat mengakibatkan luka bakar yang serius.

Lepaskan tutup tekanan sistem pendingin secara perlahan untuk membebaskan tekanan hanya setelah engine mati dan tutup tekanan sistem pendingin berada dalam keadaan cukup dingin sehingga dapat disentuh dengan tangan telanjang.

Jangan mencoba mengencangkan sambungan hose sewaktu cairan pendingin berada dalam keadaan panas. Hose dapat terlepas sehingga mengakibatkan luka bakar.

Bahan Aditif Cairan Pendingin Sistem Pendingin mengandung zat alkali. Hindari agar tidak tersentuh pada kulit dan mata.



PERHATIAN

Jangan melakukan penggantian cairan pendingin sampai anda telah membaca dan memahami materi dalam bagian Spesifikasi Sistem Pendingin.



PERHATIAN

Mencampurkan Cat Extended Life Coolant (ELC) dengan produk lain akan mengurangi efektivitas cairan pendingin dan mempersingkat umur pemakaian cairan pendingin. Gunakan hanya produk Caterpillar atau produk komersial yang telah memenuhi spesifikasi Caterpillar EC-1 untuk cairan pendingin yang telah dicampur terlebih dahulu atau yang masih dalam bentuk konsentrat. Gunakan hanya Cat Extender pada Cat ELC. Kelalaian dalam mengikuti rekomendasi ini dapat mengakibatkan kerusakan pada komponen sistem pendingin.

Apabila terjadi kontaminasi dalam sistem pendingin ELC, gunakan petunjuk pada Pengoperasian dan Perawatan, "Extended Life Coolant (ELC)" pada topik Kontaminasi Sistem Pendingin ELC.

Mesin ini telah diisi dari pabrik dengan menggunakan Caterpillar Extended Life Coolant.



PERHATIAN

Pastikan untuk selalu menampung semua cairan selama melakukan pemeriksaan, perawatan, pengujian, penyetelan dan perbaikan pada produk. Persiapkan penampungan cairan dengan menggunakan tempat penampung yang sesuai sebelum membuka suatu kompartemen atau membongkar komponen-komponen yang berisi cairan.

Gunakan petunjuk pada Publikasi Khusus, NENG2500, "Caterpillar Tools and Shop Products Guide" guna mengetahui peralatan dan perlengkapan untuk mengumpulkan dan menampung cairan pada produk-produk Caterpillar.

Buang semua cairan sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku.


Apabila cairan pendingin dalam alat berat diganti menjadi Extended Life Coolant dari jenis cairan pendingin lain, lihat pada Publikasi Khusus, SEBU6250, "Extended Life Coolant (ELC) Perawatan Sistem Pendingin ".

Apabila cairan pendingin kotor atau apabila Anda amati adanya busa dalam sistem pendingin, ganti cairan pendingin sebelum jarak waktu yang direkomendasikan.

Adalah penting untuk mengganti termostat guna menghindarkan sembarang kerusakan tak terduga dari termostat. Hal ini merupakan cara perawatan pencegahan yang baik yang dapat mengurangi kemungkinan terjadinya kerusakan yang tidak direncanakan. Mengabaikan mengganti termostat pada jadwal yang teratur dapat menyebabkan kerusakan engine yang parah.

Catatan: Bila Anda hanya akan mengganti termostat, buang cairan pendingin dari sistem pengdingin sehingga tinggi permukaan cairan pendingin berada dibawah rumah termostat.

Operasikan selalu engine Caterpillar dengan menggunakan thermostat karena engine ini memiliki sistem pendingin dengan bentuk langsiran..

Catatan: Termostat dapat digunakan kembali bila termostatnya memenuhi test spesifikasi tertentu. Termostat yang telah ditest harus tidak rusak dan termostat yang ditest harus tidak diliputi endapan berlebihan.

  1. Matikan engine. Biarkan radiator menjadi cukup dingin.



    Ilustrasi 1g00733128



    Ilustrasi 2g00690787

  1. Buka pintu akses pada bagian atas platform kabin disisi belakang alat berat. Dengan perlahan-lahan buka tutup tekanan sistem pendinginan (2) untuk melepas tekanan sistem.



    Ilustrasi 3g00450667



    Ilustrasi 4g00450725

  1. Buka kedua katup pembuangan dibagian bawah belakang alat berat.. Biarkan cairan pendingin mengalir ke dalam sebuah wadah yang sesuai.. Buang cairan pendingin bekas dengan benar.

  1. Bilas sistem pendingin dengan air bersih sampai air buangan berwarna bening. Tutup kembali katup pembuangannya. Buanglah air pembilas dengan benar.

  1. Ganti termostatnya.

    ReferensiLihat padaPembongkaran dan Perakitan, RENR2018, " 3516B Suplemen Engine untuk 994D Wheel Loader"untuk prosedur yang tepat.

  1. Tambahkan larutan cairan pendingin.

    ReferensiLihat pada Buku Petunjuk Pengoperasian dan Perawatan, "Kapasitas (Isi Ulang)"untuk kapasitas sistem pendingin.

  1. Hidupkan engine. Biarkan engine hidup tanpa tutup tekanan sistem pendinginan hingga thermostat membuka dan tinggi permukaan cairan pendingin menjadi stabil.

  1. Hidupkan engine. Biarkan engine hidup tanpa memasang tutup tekanan sistem pendinginan hingga termostat membuka dan tinggi cairan pendingin menjadi stabil.

  1. Periksa tinggi permukaan cairan pendingin. Jagalah agar tinggi permukaan cairan pendingin berada pada batasan warna merah pada meteran pengamat (1) .

  1. Pasang kembali tutup tekanan sistem pendinginan (2) .

Caterpillar Information System:

950G Wheel Loader, 962G Wheel Loader and IT62G Integrated Toolcarrier Hydraulic System Kickout System - Pilot Hydraulic System
D8R Track-Type Tractor Heating and Air Conditioning Control
615C Series II Wheel Tractor-Scraper Machine Systems Tire and Rim - Install
994D Wheel Loader Circuit Breakers - Reset
966G and 972G Wheel Loaders Power Train Axle Housing - Disassemble
D8R Track-Type Tractor Engine Start Switch
615C Series II Wheel Tractor-Scraper Machine Systems Tire and Rim - Remove
994D Wheel Loader Power Train General Information
D8R Track-Type Tractor Ether Starting Aid
Payload Control System Keypad Modes and Functions
994D Wheel Loader Cab Air Filter - Clean/Replace
Payload Control System Normal Weighing Mode
902 and 906 Compact Wheel Loaders Braking System Brake Rotor
994D Wheel Loader Cooling System Coolant Extender (ELC) - Add
994D Wheel Loader Steering System Piston Pump (Steering)
Payload Control System Payload Control System/PC Off-Board System
966G Wheel Loader and 972G Wheel Loader Machine Systems Steering Control Valve - Disassemble
966G Wheel Loader and 972G Wheel Loader Machine Systems Steering Control Valve - Assemble
966G and 972G Wheel Loaders Power Train Axle Housing - Assemble
Air Conditioning and Heating R134a for All Caterpillar Machines Refrigerant Compressor
Payload Control System Caterpillar Reference Material
Repair of Medium Wheel Loader Lift Arms And Levers {6107, 6116, 6119} Repair of Medium Wheel Loader Lift Arms And Levers {6107, 6116, 6119}
928G Wheel Loader Machine Operation Information
611 Wheel Tractor-Scraper 3306B Engine Supplement Fuel Filter (Primary) and Fuel Filter Base - Remove and Install
Back to top
The names Caterpillar, John Deere, JD, JCB, Hyundai or any other original equipment manufacturers are registered trademarks of the respective original equipment manufacturers. All names, descriptions, numbers and symbols are used for reference purposes only.
CH-Part.com is in no way associated with any of the manufacturers we have listed. All manufacturer's names and descriptions are for reference only.