3612 and 3616 Fast Vessel Engines Caterpillar


Aftercooler Core - Clean/Test

Usage:

3616 1FN
Sebelum membersihkan inti aftercooler, tentukan apakah aftercooler harus dibersihkan. Gunakan Pengukur Tekanan Diferensial 152-2067 untuk mengukur tekanan diferensial sisi udara aftercooler. Saat tekanan diferensial sisi udara mencapai 7 kPa (1,0 psi) pada daya tetapan penuh, bersihkan inti aftercooler.

Membersihkan Aftercooler

Lihat modul Buku Petunjuk Servis, "Pembongkaran dan Perakitan" untuk petunjuk mengenai pelepasan, pembongkaran, perakitan, dan pemasangan.

Catatan: Prosedur berikut dapat digunakan untuk membersihkan inti aftercooler dan inti oil cooler.

  1. Melepaskan inti. Bongkar inti.

  1. Balikkan inti aftercooler untuk mengeluarkan serpihan.


    PERHATIAN

    Jangan menggunakan semprotan bertekanan tinggi untuk membersihkan sirip badan aftercooler. Semprotan bertekanan tinggi dapat merusak permukaan sirip dan mengurangi aliran udara melalui badan aftercooler.



    PERHATIAN

    Jangan menggunakan cairan pembersih soda api konsentrasi tinggi untuk membersihkan badan aftercooler. Cairan pembersih soda api konsentrasi tinggi dapat menyerang logam bagian dalam di badan aftercooler dan menyebabkan kebocoran. Pergunakan cairan pembersih dengan konsentrasi yang direkomendasikan.


  1. Bilas inti dengan cairan pembersih.

    Caterpillar merekomendasikan penggunaan cairan pembersih Hydrosolv. Hubungi dealer Cat Anda untuk mengetahui nomor suku cadang dan jumlah yang tersedia.

    Gunakan cairan pembersih dengan konsentrasi 2 hingga 5 persen pada temperatur hingga 93 °C (200 °F).

  1. Bersihkan inti dengan uap panas untuk menyingkirkan residu. Bilas sirip-sirip pada inti aftercooler. Bersihkan kotoran yang mengendap.

  1. Cuci inti aftercooler dengan air panas dengan busa pembersih. Bilas inti aftercooler secara menyeluruh dengan air bersih.

    ------ PERINGATAN! ------

    Cedera dapat diakibatkan oleh tekanan udara.

    Cedera dapat terjadi bila tidak mengikuti prosedur yang benar. Bila menggunakan udara bertekanan, kenakan pelindung muka dan pakaian pelindung.

    Untuk tujuan pembersihan, tekanan udara maksimum pada nozzle harus lebih rendah dari 205 kPa (30 psi).


  1. Keringkan inti aftercooler dengan menggunakan udara bertekanan. Arahkan udara dalam arah berlawanan dari aliran normal.

  1. Periksa inti aftercooler untuk memastikan kebersihannya. Lakukan pengujian tekanan pada inti aftercooler. Banyak bengkel yang melakukan servis radiator dilengkapi dengan peralatan untuk melakukan uji tekanan. Jika perlu, perbaiki inti aftercooler.

  1. Pasang inti aftercooler.

Untuk informasi selengkapnya tentang cara membersihkan inti, hubungi dealer Cat.

Back to top
The names Caterpillar, John Deere, JD, JCB, Hyundai or any other original equipment manufacturers are registered trademarks of the respective original equipment manufacturers. All names, descriptions, numbers and symbols are used for reference purposes only.
CH-Part.com is in no way associated with any of the manufacturers we have listed. All manufacturer's names and descriptions are for reference only.