777D HAA Off-Highway Truck Caterpillar


Retarding

Usage:

777D 2YW

Pengontrolan Retarder


PERHATIAN

Jangan menggunakan alat kontrol retarder sebagai rem parkir atau untuk menghentikan mesin.



PERHATIAN

Apabila anda dengan cepat mengaktifkan retarder sepenuhnya di jalan yang licin, semua rem roda dapat menjepit dan transmisi berpindah ke kecepatan yang lebih rendah. Hal ini dapat menyebabkan kerusakan serius pada power train.

Dengan bertahap mengaktifkan kontrol retarder di jalan yang licin, ini akan mencegah rem roda mengunci dan transmisi melakukan perpindahan.





Ilustrasi 1g00698799

Sistem retarder memungkinkan machine untuk mempertahankan kecepatan konstan di jalan menurun yang panjang.


Tuas Kontrol Retarder (1) - Pindahkan tuas kontrol retarder (1) ke bawah untuk mengaktifkan retarder. Pindahkan tuas kontrol retarder (1) ke atas untuk melepas retarder. Posisi tuas kontrol retarder (1) menentukan besarnya gaya memperlambat kecepatan.

Automatic Retarder Control (ARC)




Ilustrasi 2g00698802

Apabila pilihan gigi transmisi sudah tepat selama pengoperasian Automatic Retarder Control (ARC), kecepatan machine dan kecepatan engine akan terkontrol secara otomatis. Bila transmisi berpindah kecepatan dan rpm engine bertambah menjadi 1900 rpm, ARC akan mengaktifkan retarder untuk mempertahankan kecepatan engine pada 1900 ± 50 rpm. Gunakan tuas kontrol retarder (1) untuk lebih memberikan gaya memperlambat selama mengoperasikan ARC.


Sakelar Automatic Retarder Control (ARC) (2) - Tekan bagian atas sakelar (2) untuk memilih posisi ON. Tekan bagian bawah sakelar (2) untuk memilih posisi OFF.

Sakelar (2) untuk ARC harus tetap dalam posisi ON selama pengoperasian normal. Apabila anda membiarkan sakelar (2) dalam posisi OFF, ARC tidak akan mengontrol kecepatan engine. ARC ini terus melakukan perlindungan overspeed apabila sakelar (2) dalam posisi OFF.

Kondisi dan Informasi untuk Memperlambat

Apabila pilihan gigi transmisi sudah tepat selama pengoperasian Automatic Retarder Control (ARC), kecepatan machine dan kecepatan engine akan terkontrol secara otomatis.

Kecepatan machine harus cukup lambat untuk kondisi yang tidak menyebabkan rem menjadi terlalu panas. Rem harus mantap. Melambatkan machine agar pendinginan rem lebih baik. Jangan mengendarai machine pada kecepatan tinggi dan jangan berhenti dalam jarak pendek.

Melakukan pengamatan lebih sering terhadap meteran temperatur oli. Apabila jarum penunjuk berada di daerah berwarna merah pada meteran, ini berarti sudah melampaui kapasitas oil cooler. Mengurangi beban pada machine untuk memperlambat kecepatan machine. Untuk pendinginan, parkir machine di lokasi yang aman. Transmisi dalam posisi NETRAL. Operasikan engine pada kecepatan high idle.

Jangan meluncur di jalan yang menurun dengan transmisi dalam posisi netral. Jaga agar machine tetap dalam transmisi masuk. Power Train Electronic Control System akan mencegah perpindahan gigi transmisi maju ke netral pada kecepatan lebih dari 5 km/h (3 mph). Dan juga, Power Train Electronic Control System ini akan mencegah perpindahan gigi transmisi maju ke gigi transmisi mundur pada kecepatan lebih dari5 km/h (3 mph).

Mencoba untuk mencegah perpindahan gigi transmisi ke kecepatan yang lebih tinggi di jalan menurun yang panjang atau curam dengan retarder tidak akan berhasil. Tuas kontrol transmisi harus dalam posisi yang diinginkan sebelum machine mulai berjalan turun. Gigi transmisi aktual harus sesuai dengan gigi transmisi yang dipilih sebelum machine mulai berjalan turun. Jika anda mengandalkan retarder, kecepatan engine kemungkinan mencapai titik untuk perpindahan gigi transmisi ke atas. Kecepatan engine yang lebih rendah akan mengurangi aliran oli untuk mendinginkan rem. Hal ini yang dapat menyebabkan overheating pada rem.

Pilih gigi transmisi yang tepat apabila anda mengendarai machine di jalan yang menurun. Lihat Gambar 3 untuk memilih gigi transmisi yang benar.

Apabila pedal service brake diinjak atau kontrol retarder diaktifkan, maka titik perpindahan transmisi dinaikkan untuk kecepatan engine tertinggi daripada perpindahan normal.

Jika anda berpengalaman untuk perpindahan kecepatan yang tidak diinginkan, pindahkan tuas kontrol transmisi ke gigi transmisi yang tepat.

Mengendarai machine pada kecepatan sedang. Jangan mencoba melakukan semua rem hingga machine di kaki bukit. Jaga agar rem mantap dan kecepatan machine terkontrol.

Seandainya machine melaju dengan kecepatan yang berlebihan selama memperlambat, engine dapat overspeed. Gunakan tuas retarder manual untuk mengurangi kecepatan. Jika diperlukan rem tambahan, injak service brake. Hal ini akan menambah gaya rem apabila sakelar kontrol rem depan dalam posisi ON.

Catatan: Jika kecepatan engine mencapai 2300 rpm dan transmisi berada di gigi transmisi yang sama dengan tuas kontrol transmisi, transmisi akan berpindah satu tingkat. Apabila transmisi berada di dalam gigi transmisi paling atas, torque converter lockup clutch akan lepas.

Untuk lebih efisien dalam memperlambat machine pada rpm konstan, gunakan Automatic Retarder Control.




Ilustrasi 3g00631120

Memperlambat Secara Manual

  1. Pastikan bahwa sakelar Automatic Retarder Control (2) dalam posisi ON selama pengoperasian normal.



    Ilustrasi 4g00698812

  1. Pilih tingkat kecepatan yang tepat melalui tuas kontrol transmisi (3) sebelum machine mulai berjalan turun. Gigi transmisi aktual juga harus sesuai dengan tingkat kecepatan yang dipilih sebelum mulai berjalan turun.

    Catatan: Menentukan gigi transmisi yang tepat untuk kondisi, beban, dan lerengan.

  1. Jaga kecepatan konstan machine.

    ------ PERINGATAN! ------

    Pemakaian kapasitas retarder yang berlebihan pada kondisi yang licin dapat mengakibatkan hilangnya kendali operator dan/atau kerusakan power train. Terapkan retarder secara bertahap dalam kondisi yang licin. Cedera atau bahkan kematian dapat terjadi apabila retarder digunakan secara berlebihan dalam kondisi yang licin.


  1. Apabila machine melaju dengan kecepatan yang berlebihan selama memperlambat, engine dapat overspeed. Gunakan tuas retarder manual untuk mengurangi kecepatan.

    Catatan: Machine ini dilengkapi dengan perlindungan overspeed otomatis. Lihat pada Buku Petunjuk Pengoperasian dan Perawatan, "Informasi Pengoperasian Machine" untuk memperoleh informasi mengenai pengoperasian perlindungan overspeed.

    1. Melakukan penyetelan tuas (1) untuk menjaga rpm engine dan kecepatan konstan. Apabila terjadi selip, lepaskan tuas (1) .

    1. Hindari mengaktifkan dan melepaskan tuas (1) secara berulang-ulang.

    1. Jika diperlukan rem, injak pedal service brake.



    Ilustrasi 5g00698813

  1. Kecepatan engine kurang lebih harus 1700 rpm agar cukup sirkulasi pendinginan rem melalui oil cooler. Hal ini akan menjaga disc brake tetap dingin.

  1. Melakukan pengamatan lebih sering terhadap meteran temperatur oli (4).

  1. Jika temperatur oli menjadi tinggi setelah machine berjalan turun lerengan, pilih gigi transmisi terendah apabila machine berjalan lagi.

Caterpillar Information System:

950G Series II Wheel Loader, 962G Series II Wheel Loader and IT62G Series II Integrated Toolcarrier Hydraulic System Tilt Cylinder
2000/04/17 Pull the Injector Sleeve with a 139-0692 Sleeve Jaw {0706, 1713}
950G Wheel Loader, 962G Wheel Loader and IT62G Integrated Toolcarrier Steering System Relief Valve (Steering Cylinder Crossover) - Test and Adjust
24H Motor Grader Cooling System Coolant (ELC) - Change
988G Wheel Loader Electrohydraulic System Machine Preparation for Troubleshooting
980G Wheel Loader, 824G Wheel Dozer, 825G Soil Compactor and 826G Landfill Compactor Implement Electronic Control System Electrical Connector - Inspect
Connection Diagrams: SR4 and SR4B Generators, Voltage Regulators, Options Selection Guide for Voltage Regulator (All Except SR4B for 3500 Engines)
10B Pavemaster Screed Maintenance Interval Schedule
Connection Diagrams: SR4 and SR4B Generators, Voltage Regulators, Options VR3 Voltage Regulator Connections (All Except SR4B for 3500 Engines)
Connection Diagrams: SR4 and SR4B Generators, Voltage Regulators, Options VR4 Voltage Regulator Connections (All Except SR4B for 3500 Engines)
Connection Diagrams: SR4 and SR4B Generators, Voltage Regulators, Options Oil Field Generator Connections (SR4)
776D, 777D and 777D HAA Off-Highway Trucks Machine Systems Air/Hydraulic Cylinder (Front Caliper) - Remove
228 and 248 Skid Steer Loaders Machine Systems Hydrostatic System - Test and Adjust
D400E Series II Ejector Truck Steering, Suspension, and Ejector Body Hydraulic Systems Ejector Control Valve
988G Wheel Loader Electrohydraulic System Connector Locations
776D, 777D and 777D HAA Off-Highway Trucks Machine Systems Air/Hydraulic Cylinder (Front Caliper) - Install
IT28G and IT38G Integrated Toolcarriers and 924G, 924GZ, 928G and 938G Wheel Loaders Power Train Electronic Control System General Information
Procedure for Salvaging Off-Highway Truck Wheel Bolt Holes or Stud Holes{4201} Procedure for Salvaging Off-Highway Truck Wheel Bolt Holes or Stud Holes{4201}
826G Landfill Compactor, 825G Soil Compactor, 824G Wheel Dozer and 980G Wheel Loader Power Train Electronic Control System Using Caterpillar Monitoring System to Determine Diagnostic Codes
776D, 777D and 777D HAA Off-Highway Trucks Machine Systems Air/Hydraulic Cylinder (Rear Brake) - Remove
D400E Series II Articulated Truck Steering, Suspension, and Ejector Body Hydraulic Systems Relief Valve (Ejector)
826G Landfill Compactor, 825G Soil Compactor, 824G Wheel Dozer and 980G Wheel Loader Power Train Electronic Control System Using Caterpillar Electronic Technician to Determine Diagnostic Codes
834G Wheel Dozer and 836G Landfill Compactor Electrohydraulic System Diagnostic Code List
834G Wheel Dozer and 836G Landfill Compactor Electrohydraulic System Hydraulic System Troubleshooting
Back to top
The names Caterpillar, John Deere, JD, JCB, Hyundai or any other original equipment manufacturers are registered trademarks of the respective original equipment manufacturers. All names, descriptions, numbers and symbols are used for reference purposes only.
CH-Part.com is in no way associated with any of the manufacturers we have listed. All manufacturer's names and descriptions are for reference only.