D6G Series 2 Track-Type Tractor Caterpillar


Operator Controls

Usage:

D6G BWJ

Alat Kontrol Bagi Operator




Ilustrasi 1g01271854

Track-Type Tractor D6G Seri II

(1) Pedal rem servis

(2) Tuas kontrol transmisi

(3) Kontrol rem parkir

(4) Tuas kopling kemudi kiri

(5) Tuas kopling kemudi kanan

(6) Pedal deselerator

(7) Meteran servis

(8) Meteran temperatur cairan pendingin engine

(9) Meteran temperatur oli transmisi

(10) Meteran ketinggian bahan bakar

(11) Lampu tindakan

(12) Charging baterai

(13) Panel indikator peringatan

(14) Tekanan oli engine

(15) Tuas kontrol governor

(16) Alat bantu start ether (bila terpasang)

(17) Sakelar start engine

(18) Sakelar kontrol kipas

(19) Kontrol temperatur

(20) Sakelar lampu

(21) Kontrol bulldozer

(22) Kontrol ripper

(23) Klakson

Catatan: Alat berat anda mungkin tidak dilengkapi dengan sebagian alat kontrol yang diterangkan dalam topik ini.

Kontrol Rem Servis (1)

Tekan pedal rem untuk mengaktifkan rem servis. Gunakan pedal (1) untuk memperlambat alat berat dan untuk menghentikan alat berat. Gunakan rem servis pada jalanan yang menurun guna mencegah terjadinya overspeed. Rem servis secara khusus diperlukan sewaktu mengubah arah gerak pada jalan menurun yang curam.

Lepaskan pedal (1) untuk memungkinkan alat berat berjalan. Lepaskan pedal (1) untuk menambah kecepatan gerak.

Kontrol Transmisi (2)

Tuas kontrol transmisi mengatur gigi-gigi transmisi berikut: netral, tiga gigi maju dan tiga gigi mundur. Gerakkan tuas kontrol transmisi untuk berpindah ke gigi yang diinginkan.

Kontrol Rem Parkir (3)


PERHATIAN

Jangan memasang rem parkir saat alat berat sedang bergerak kecuali dalam keadaan darurat.

Penggunaan rem parkir sebagai rem servis dalam pengoperasian sehari-hari dapat menyebabkan kerusakan yang parah pada sistem rem parkir.



Rem Parkir - Tuas rem parkir ini mengaktifkan rem parkir. Tuas rem parkir ini juga mengunci tuas kontrol transmisi dan kemudi dalam posisi NETRAL. Alat berat tidak boleh bergerak saat rem parkir diaktifkan. Jangan menggunakan rem parkir untuk menghentikan alat berat.


TERKUNCI - Tekan pedal rem (1) dan dorong tuas rem parkir ke bawah untuk mengaktifkan rem parkir. Hal ini juga akan mengunci transmisi pada posisi NETRAL.


TIDAK TERKUNCI - Tekan pedal rem (1) dan tarik tuas rem parkir ke atas untuk melepaskan rem parkir.

Tuas Kontrol Kopling Kemudi (4) (5)

Ada dua buah tuas kopling kemudi. Tuas kopling kemudi (4) di sebelah kiri mengatur kemudi kiri. Tuas kopling kemudi (5) di sebelah kanan mengatur kemudi kanan.

Tuas Kopling Kemudi Kiri - Tarik tuas kopling kemudi kiri (5) ke belakang untuk membelokkan alat berat ke kiri.

Tuas Kopling Kemudi Kanan - Tarik tuas kopling kemudi kanan (5) ke belakang untuk membelokkan alat berat ke kanan.

Pedal Deselerator (6)

Kecepatan engine juga dapat dikurangi di bawah kecepatan kerja maksimum dengan menekan pedal deselarator ke bawah. Tekan pedal (6) ke bawah untuk meniadakan fungsi tuas kontrol governor (15). Hal ini akan mengurangi kecepatan engine. Gunakan pedal untuk mengurangi kecepatan engine guna melakukan perubahan arah. Juga, gunakan pedal deselerator untuk melakukan manuver dalam lokasi yang sempit.

Meteran Servis (7)


Meteran Jam Servis (7) - Tampilan ini menunjukkan total jam pengoperasian engine. Gunakan tampilan untuk menentukan interval perawatan berdasarkan jam servis.

Temperatur Cairan Pendingin Engine (8)


Temperatur Cairan Pendingin Engine (8) - Meteran temperatur cairan pendingin engine menunjukkan temperatur cairan pendingin engine. Daerah berwarna merah menunjukkan temperatur cairan pendingin engine yang terlampau tinggi.

Temperatur Oli Transmisi (9)


Temperatur Oli Transmisi (9) - Meteran temperatur oli transmisi menunjukkan temperatur oli transmisi. Daerah berwarna merah menunjukkan temperatur oli transmisi yang terlampau tinggi.

Ketinggian Bahan Bakar (10)


Ketinggian Bahan Bakar (10) - Meteran ketinggian bahan bakar menunjukkan jumlah bahan bakar yang ada di dalam tangki bahan bakar.

Lampu Tindakan (11)

Lampu tindakan memberi peringatan kepada operator terhadap adanya permasalahan sesuai indikator peringatan.

Gunakan petunjuk pada Buku Petunjuk Pengoperasian dan Perawatan, "Sistem Monitoring" untuk mendapatkan informasi selengkapnya.

Charging Baterai (12)


Charging Baterai - Indikator peringatan ini memberi peringatan kepada operator bahwa baterai sedang melakukan pengisian. Apabila indikator peringatan ini menyala, parkir alat berat pada lokasi yang layak.

Panel Indikator Peringatan (13)

Daerah tampilan ini memperlihatkan sistem dan komponen yang aktif di dalam alat berat.

Tekanan Oli Engine (14)


Tekanan Oli Engine - Indikator ini menunjukkan tekanan oli rendah. Apabila indikator ini berkedip, hentikan alat berat dengan segera. Matikan engine dan selidiki penyebabnya.

Kontrol Governor (15)

Tarik tuas kontrol governor ke arah belakang untuk meningkatkan kecepatan engine. Dorong tuas kontrol ke depan untuk menurunkan kecepatan engine. Dorong tuas ke depan ke posisi batas penahan untuk mendapatkan KECEPATAN TERENDAH engine. Dorong tuas kontrol ke depan melewati batas penahan untuk mematikan engine.

Alat Bantu Start Ether (16)


Alat Bantu Start Ether (Bila Terpasang) - Dorong tombol alat bantu start ether ke dalam. Ketika tombol dilepaskan, ether dalam jumlah tertentu akan diinjeksikan ke dalam saluran pemasukan udara engine.


PERHATIAN

Hanya dengan menginjeksikan eter sementara anda mengengkol motor. Gunakan eter dengan hemat. Eter yang berlebihan dapat mengakibatkan rusaknya torak dan cincin torak. Eter hanya boleh digunakan untuk maksud menghidupkan motor pada cuaca dingin. Gunakan eter pada saat suhu berada dibawah 0°C (+32°F). Lihat ke Buku Petunjuk Penggunaan dan Perawatan, "Menghidupkan Motor" untuk memperoleh informasi lebih lanjut.


Sakelar Start Engine (17)


OFF - Memasukkan dan mencabut kunci sakelar star hanya dapat dilakukan dari posisi OFF. Dalam posisi OFF, tidak ada aliran listrik yang diberikan ke sebagian besar sirkuit kelistrikan dalam kabin. Lampu kabin, lampu panel, lampu belakang dan lampu penerangan kabin tetap dapat dihidupkan meski sakelar start berada pada posisi OFF.

Putar kunci sakelar start ke posisi OFF untuk mematikan engine.


ON - Putar kunci sakelar start searah jarum jam ke posisi ON untuk mengaktifkan semua sirkuit kabin.


START - Putar kunci sakelar start searah jarum jam ke posisi START untuk menghidupkan engine. Lepaskan kunci setelah engine hidup. Kunci akan kembali ke posisi ON.

Kontrol Heater dan Air Conditioner (18) (19)




Ilustrasi 2g01150299

Kontrol Kipas (18) dan System Pengoperasian

Tombol pengaturan kipas mengoperasikan sistem heater dan air conditioner.

Sistem heater dan air conditioner dapat melakukan empat macam fungsi:


Penyejukan Udara - Aktifkan sistem air conditioner. Putar sakelar kipas blower ke kecepatan RENDAH, TINGGI atau DEFOGGING. Setel kontrol variabel temperatur untuk mendapatkan temperatur yang diinginkan.


Pemanasan - Putar sakelar kipas blower ke kecepatan RENDAH, TINGGI atau DEFROSTING. Setel kontrol variabel temperatur untuk mendapatkan temperatur yang diinginkan.

Pemberian Tekanan - Jika pemanasan atau pendinginan tidak diinginkan, berikan tekanan dalam kabin untuk mencegah debu agar tidak masuk.

Putar kontrol variabel temperatur pada tingkat yang nyaman. Putar sakelar kipas blower ke kecepatan RENDAH, TINGGI atau DEFROSTING. Gunakan tingkat kecepatan kipas yang diperlukan untuk mencegah debu masuk.

Penghilangan Kabut - Aktifkan sistem air conditioner. Putar sakelar kipas blower untuk air conditioner ke kecepatan RENDAH, SEDANG, atau TINGGI. Gunakan kecepatan kipas yang diperlukan untuk menghilangkan uap air yang terkandung dalam udara di dalam kabin. Hal ini akan mencegah terbentuknya embun pada kaca depan dan jendela. Setel alat kontrol temperatur sampai tingkat uap air menjadi rendah. Setel alat kontrol temperatur sampai temperatur di dalam kabin menjadi nyaman.


OFF - Sakelar kecepatan kipas mengatur motor kipas blower tiga kecepatan untuk heater, air conditioner, dan udara segar. Gerakkan sakelar ke posisi vertikal untuk mematikan kipas blower.


RENDAH - Gerakkan sakelar ke simbol ini untuk mendapatkan tingkat kecepatan kipas terendah.


SEDANG - Gerakkan sakelar ke simbol ini untuk mendapatkan tingkat kecepatan kipas yang lebih tinggi.


Penghilangan Kabut - Gerakkan sakelar ke simbol ini untuk menghilangkan uap air dari dalam kabin.


Pencairan Salju (Panas) - Gerakkan sakelar ke simbol ini untuk mencairkan kristal es pada kaca depan dan jendela.

Kontrol Temperatur (19)


Kontrol Variabel Temperatur - Putar tombol kontrol pada salah satu posisi antara posisi COOL (kiri) dan posisi HEAT (kanan). Hal ini akan mengatur besarnya pemanasan dan besarnya pendinginan. Putar alat kontrol sejauh mungkin, searah jarum jam untuk mendapatkan pemanasan maksimum. Putar sakelar kecepatan kipas ke kecepatan yang diinginkan.

Catatan: Putar alat kontrol sejauh mungkin, berlawanan arah jarum jam dan putar motor kipas blower ke posisi ON untuk membawa udara segar dari luar masuk ke dalam kabin dengan temperatur yang sama dengan udara luar.

Sakelar Lampu (20)


OFF - Gerakkan sakelar lampu ke posisi ini untuk mematikan lampu.


Lampu Panel Instrumen - Gerakkan sakelar lampu ke posisi ini untuk menghidupkan lampu panel instrumen.


Lampu Kerja - Gerakkan sakelar lampu ke posisi ini untuk menghidupkan lampu kerja.

Catatan: Kunci sakelar start engine harus berada pada posisi ON agar lampu kerja menyala.


Lampu Sorot - Gerakkan sakelar ke posisi ini untuk menghidupkan lampu sorot depan.

Kontrol Bulldozer (21)




Ilustrasi 3g01277858

Kontrol Gerak Angkat Bulldozer


Ambang (1) - Dorong tuas ke depan sepenuhnya sampai ke batas penahan. Hal ini akan menggerakkan bulldozer blade ke posisi AMBANG. Pada posisi AMBANG, blade akan bergerak ke atas dan ke bawah sesuai bentuk permukaan tanah.

Tuas akan tetap berada pada batas penahan posisi AMBANG sampai tuas ditarik keluar secara manual dari batas penahan. Tuas kemudian kembali ke posisi TAHAN.


Turun (2) - Dorong tuas ke depan untuk menurunkan blade. Lepaskan tuas. Tuas akan kembali ke posisi TAHAN.


Tahan (3) - Tuas akan kembali ke posisi TAHAN, bilamana tuas dilepaskan dari posisi NAIK dan dari posisi TURUN.


Naik (4) - Tarik tuas ke belakang untuk menaikkan blade. Lepaskan tuas. Tuas akan kembali ke posisi TAHAN.

Kontrol Gerak Miring Bulldozer




Ilustrasi 4g01277871


Miring Kiri (1) - Tarik tuas gerak miring ke kiri untuk menurunkan sisi kiri bulldozer blade. Saat tuas dilepaskan, tuas akan kembali ke posisi TAHAN.


Miring Ditahan (2) - Saat tuas dilepaskan, tuas akan kembali ke posisi TAHAN. Gerakan bulldozer blade akan berhenti.


Miring Kanan (3) - Tarik tuas gerak miring ke kanan untuk menurunkan sisi kanan bulldozer blade. Saat tuas dilepaskan, tuas akan kembali ke posisi TAHAN.

Kontrol Ripper (22)




Ilustrasi 5g01277872


NAIK (1) - Tarik tuas ke kiri untuk menaikkan ripper. Lepaskan tuas. Tuas akan kembali ke posisi TAHAN.


TAHAN (2) - Lepaskan tuas. Tuas akan kembali ke posisi TAHAN. Gerakan ripper akan berhenti.


TURUN (3) - Dorong tuas ke kanan untuk menurunkan ripper. Lepaskan tuas. Tuas akan kembali ke posisi TAHAN.

Klakson (23)


Klakson - Tekan tombol ke bawah untuk membunyikan klakson. Gunakan klakson untuk memberikan peringatan kepada orang lain. Gunakan klakson untuk memberi aba-aba kepada orang lain.

Sakelar Wiper/Washer Pembersih Kaca (24)




Ilustrasi 6g01277485


Wiper/washer pembersih untuk kaca depan (24A) - Tekan bagian atas sakelar untuk menghidupkan wiper kaca depan. Posisi pertama mengaktifkan wiper pada kecepatan rendah. Posisi kedua mengaktifkan wiper pada kecepatan tinggi. Dorong bagian atas sakelar dan tahan untuk mengaktifkan washer pembersih kaca. Washer pembersih kaca akan berhenti bekerja ketika sakelar dilepaskan.


Wiper/washer pembersih untuk kaca jendela belakang (24B) - Kontrol untuk wiper/washer pembersih kaca jendela belakang bekerja dengan fungsi yang sama seperti kaca depan.

Lampu Kabin (25)

Tekan bagian atas sakelar ungkit (25) untuk menghidupkan lampu. Tekan bagian bawah sakelar untuk mematikan lampu.

Reservoir Washer Pembersih Jendela (26)

Catatan: Untuk mengisi reservoir, gunakan petunjuk pada Buku Petunjuk Pengoperasian dan Perawatan, "Reservoir Washer Pembersih Jendela - Isi".

Jendela (27)




Ilustrasi 7g01278897

Tekan pengait (2) untuk membebaskan jendela dari posisi MENUTUP. Tarik pengait (1) untuk menggeser jendela.

Kaca Spion (28)

Untuk mendapatkan kemampuan pandang terbaik bagi operator, lakukan penyetelan kaca spion. Setel kaca spion sebelum mengoperasikan alat berat dan setelah penggantian operator.

Alarm Mundur (29)

Catatan: Alarm mundur terletak di fender kiri di bagian belakang alat berat.


Alarm Mundur (29) - Alarm berbunyi ketika tuas kontrol transmisi berada dalam posisi MUNDUR. Alarm berfungsi memberikan peringatan pada orang yang berada di belakang alat berat bahwa alat berat sedang bergerak mundur.

Alarm disetel dari pabrik pada tingkat suara yang telah ditentukan. Setelan sebaiknya dibiarkan tetap pada tingkat yang sama tanpa pengubahan. Hubungi dealer Caterpillar apabila mengalami permasalahan dengan tingkat kekerasan suara.

Caterpillar Information System:

3508 EUI Engine for Off-Highway Truck/Tractors Muffler
525C, 535C and 545C Wheel Skidders Machine Systems Solenoid Valve and Manifold (Parking Brake Control) - Assemble
525C, 535C and 545C Wheel Skidders Machine Systems Solenoid Valve and Manifold (Parking Brake Control) - Disassemble
525C, 535C and 545C Wheel Skidders Machine Systems Solenoid Valve and Manifold (Parking Brake Control) - Install
525C, 535C and 545C Wheel Skidders Machine Systems Solenoid Valve and Manifold (Parking Brake Control) - Remove
Modes of Failure for Quick Disconnect Connectors {0618, 5057, 6129} Modes of Failure for Quick Disconnect Connectors {0618, 5057, 6129}
D6G Series 2 Track-Type Tractor Hydraulic System Bulldozer Tilt and Ripper Control Valves
525C, 535C and 545C Wheel Skidders Engine Supplement Air Cleaner - Remove and Install
G3408C and G3412C Engines Accumulator
D3K, D4K and D5K Track-Type Tractors Battery Disconnect Switch
525C, 535C and 545C Wheel Skidders Machine Systems Arch Cylinder - Remove and Install
525C, 535C and 545C Wheel Skidders Machine Systems Seat - Remove and Install
D7G Series 2 and D7G Series II Track-Type Tractors Operator Controls
D7G Series 2 and D7G Series II Track-Type Tractors Safety Messages
D10T Track-Type Tractor Machine Systems Fast Fill Fuel Adapter
854K Wheel Dozer Transmission Oil Filter - Replace
854K Wheel Dozer Transmission Oil Level - Check
D6N Track-Type Tractor Hydraulic System Angle Cylinder (Bulldozer)
D6N Track-Type Tractor Hydraulic System Lift Cylinder (Ripper)
525C, 535C and 545C Wheel Skidders Power Train Transmission - Disassemble
525C, 535C and 545C Wheel Skidders Power Train Transmission - Assemble
D6N Track-Type Tractor Hydraulic System Piston Motor (Steering)
854K Wheel Dozer Transmission Oil Sample - Obtain
854K Wheel Dozer Cooling System Coolant Level - Check
Back to top
The names Caterpillar, John Deere, JD, JCB, Hyundai or any other original equipment manufacturers are registered trademarks of the respective original equipment manufacturers. All names, descriptions, numbers and symbols are used for reference purposes only.
CH-Part.com is in no way associated with any of the manufacturers we have listed. All manufacturer's names and descriptions are for reference only.