D3K, D4K and D5K Track-Type Tractors Caterpillar


Operator Controls

Usage:

D3K XL FFF



Ilustrasi 1g01391162

(1) Sandaran Tangan Dapat Disetel

(2) Pengendali penyejukan dan pemanasan udara

(3) Pengendali Kemudi dan Transmisi

(4) Pedal Deselerator/Rem

(5) Meteran dan Indikator

(6) Kaca spion

(7) Radio AM/FM

(8) Tuas pelepas pintu kabin dari sebelah luar

(9) Tuas pelepas pintu kabin dari sebelah dalam

(10) Sakelar Start Engine

(11) Pengendali bulldozer

(12) Lampu Kerja

(13) Pengendali throttle engine

(14) Rentang rpm hemat bahan bakar

(15) Sakelar Rem Parkir

(16) Penguncian hidrolik

(17) Wiper kaca depan

(18) Wiper jendela kiri

(19) Wiper jendela kanan

(20) Wiper jendela belakang

(21) Pengendali Winch atau Pengendali Ripper

(22) Sakelar freespool untuk winch

(23) Sakelar driveaway untuk winch

(24) Fungsi bantu

(25) Kursi suspensi udara

(26) Stopkontak Listrik dalam kotak penyimpanan

(27) Kantung di sandaran kursi (Buku Petunjuk Pengoperasian dan Perawatan)

Sandaran Tangan Dapat Disetel (1)




Ilustrasi 2g01269364

Lihat "Kursi" dalam buku petunjuk ini untuk mendapatkan informasi mengenai penyetelan sandaran tangan kiri dan sandaran tangan kanan (1) .

Penopang Alat Pengendali

Gunakan prosedur berikut untuk menyetel kedua penopang alat pengendali (1D) dan sandaran pergelangan tangan (1C), jika perlu.

  1. Kendorkan tombol (1B) pada sisi luar sandaran pergelangan tangan (1C) .

  1. Tarik sandaran pergelangan tangan (1C) ke arah atas atau dorong sandaran pergelangan tangan ke bawah. Gerakkan sandaran pergelangan tangan pada ketinggian yang diinginkan.

  1. Kencangkan tombol.

  1. Bila tombol (1E) pada sandaran tangan (1) ditekan, operator harus menggeser pengendali kursi ke lokasi yang diinginkan. Hal ini akan memindahkan pengendali kursi (1D) ke depan atau ke belakang.

Pengendali Penyejukan dan Pemanasan Udara (2)




Ilustrasi 3g01269368

ROPS Tertutup

Susunan rumah penutup ROPS terbuka hanya memiliki pemanasan saja

(2A) Tombol kontrol kipas

(2B) Tombol kontrol suhu

(2C) Sakelar air conditioner

Pengendalian Kipas


OFF - Gerakkan tombol (2A) ke posisi ini untuk menghentikan motor kipas blower.


Sakelar Putaran Kipas (2A) - Tombol ini mengatur motor kipas blower empat tingkat putaran.

RENDAH (1) - Gerakkan tombol (2A) ke posisi ini untuk mendapatkan putaran kipas paling rendah.

RENDAH SEDANG (2) - Gerakkan tombol (2A) ke posisi ini untuk mendapatkan putaran kipas rendah sedang.

TINGGI SEDANG (3) - Gerakkan tombol (2A) ke posisi ini untuk mendapatkan putaran kipas tinggi sedang.

MAKSIMUM (4) - Gerakkan tombol (2A) ke posisi ini untuk mendapatkan putaran kipas maksimum.

Kontrol Suhu


Tombol Kontrol Suhu (2B) - Putar tombol (2B) berlawanan arah jarum jam ke COOL. Putar tombol (2B) searah jarum jam ke WARM.

Sakelar Air Conditioner


Air Conditioner - Tekan bagian atas sakelar (2C) untuk menghidupkan air conditioner. Kembalikan sakelar ke posisi tengah (2C) untuk mematikan air conditioner.

Pengoperasian Sistem Pemanas dan Penyejukan Udara

Sistem pemanas dan penyejukan udara melakukan lima macam fungsi:

Catatan: Susunan rumah penutup ROPS terbuka hanya memiliki sistem pemanas saja.

Pemanasan - Putar tombol (2A) ke putaran yang diinginkan (RENDAH, SEDANG RENDAH, SEDANG TINGGI, atau MAKSIMUM). Setel tombol (2B) untuk mendapatkan tingkat suhu yang diinginkan.

Penyejukan - Tekan sakelar (2C) untuk menghidupkan air conditioner. Putar tombol (2A) ke putaran yang diinginkan (RENDAH, SEDANG RENDAH, SEDANG TINGGI, atau MAKSIMUM). Setel tombol (2B) untuk mendapatkan tingkat suhu yang diinginkan.

Penghilangan Embun - Tekan sakelar (2C) untuk menghidupkan air conditioner. Putar tombol (2A) ke putaran kipas yang diinginkan (RENDAH, SEDANG RENDAH, SEDANG TINGGI, atau MAKSIMUM). Setel tombol (2B) untuk mendapatkan tingkat suhu yang diinginkan.

Pemberian Tekanan - Bila pemanasan atau penyejukan tidak diinginkan, tekanan di dalam kabin akan membantu menjaga agar debu tidak masuk.

Putar tombol (2B) untuk mendapatkan tingkat suhu yang diinginkan. Untuk menghasilkan volume udara yang diperlukan guna menjaga debu agar tidak masuk, putar tombol (2A) ke SEDANG RENDAH atau ke SEDANG TINGGI.

Penghilangan Kabut - Tekan sakelar (2C) untuk menghidupkan air conditioner. Putar tombol (2A) ke putaran yang diinginkan (RENDAH, SEDANG RENDAH, SEDANG TINGGI, atau MAKSIMUM). Setel tombol (2B) sampai tingkat uap air diturunkan dan jendela depan serta jendela samping bebas dari uap air.

Pengendali Kemudi dan Transmisi (3)




Ilustrasi 4g01258402



Ilustrasi 5g01399951

Catatan: Pastikan bahwa sakelar rem parkir (15) tidak terpasang agar bisa menggunakan kendali kemudi dan transmisi (3) .

MAJU (3A) - Pindahkan tuas (3) ke depan melewati posisi pembatas untuk menjalankan alat berat dalam arah maju.

NETRAL (3B) - Pindahkan tuas (3) ke posisi tengah untuk menempatkan alat berat dalam posisi NETRAL.

MUNDUR (3C) - Pindahkan tuas (3) ke belakang melewati posisi pembatas untuk menjalankan alat berat dalam arah mundur.

MAJU KIRI (3D) - Gerakkan tuas (3) ke kiri untuk membelokkan alat berat ke kiri. Radius belok alat berat bersifat proporsional terhadap posisi tuas pengendali. Untuk membelokkan alat berat sedikit ke kiri, gerakkan tuas (3) sedikit ke kiri. Jika Anda ingin memperbesar belokan, gerakkan tuas (3) lebih jauh ke kiri. Jika Anda menghendaki alat berat melakukan belok berotasi, gerakkan tuas (3) sepenuhnya ke kiri melampaui pembatas. Ketika track melakukan belok berotasi, track sebelah kanan akan berputar ke depan sementara track kiri akan berputar ke belakang.

MAJU KANAN (3E) - Gerakkan tuas (3) ke kanan untuk membelokkan alat berat ke kanan. Radius belok alat berat bersifat proporsional terhadap posisi tuas pengendali. Untuk membelokkan alat berat sedikit ke kanan, gerakkan tuas (3) sedikit ke kanan. Jika ingin memperbesar belokan, gerakkan tuas (3) lebih jauh ke kanan. Jika Anda menghendaki alat berat belok berotasi, gerakkan tuas (3) sepenuhnya ke kanan melampaui pembatas. Bila track melakukan belok berotasi, track sebelah kiri akan berputar ke depan sementara track sebelah akan berputar ke belakang.

MUNDUR KIRI (3F) - Gerakkan tuas (3) ke kiri untuk membelokkan alat berat ke kiri. Radius belok alat berat bersifat proporsional terhadap posisi tuas pengendali. Untuk membelokkan alat berat sedikit ke kiri, gerakkan tuas (3) sedikit ke kiri. Jika Anda ingin memperbesar belokan, gerakkan tuas (3) lebih jauh ke kiri. Jika Anda menghendaki alat berat melakukan belok berotasi, gerakkan tuas (3) sepenuhnya ke kiri melampaui pembatas. Ketika track melakukan belok berotasi, track sebelah kanan akan berputar ke arah belakang sementara track kiri akan berputar ke arah depan.

MUNDUR KANAN (3G) - Gerakkan tuas (3) ke kanan untuk membelokkan alat berat ke kanan. Radius belok alat berat bersifat proporsional terhadap posisi tuas pengendali. Untuk membelokkan alat berat sedikit ke kanan, gerakkan tuas (3) sedikit ke kanan. Jika ingin memperbesar belokan, gerakkan tuas (3) lebih jauh ke kanan. Jika Anda menghendaki alat berat belok berotasi, gerakkan tuas (3) sepenuhnya ke kanan melampaui pembatas. Ketika track melakukan belok berotasi, track sebelah kanan akan berputar ke depan sementara track kiri akan berputar ke belakang.

Mengubah arah gerak alat berat dilakukan dengan mula-mula memindahkan tuas (3) ke posisi NETRAL. Kemudian pindahkan tuas (3) ke arah yang berlawanan.

Untuk melakukan perubahan gerak yang mulus, pindahkan tuas (3) dengan mulus ke posisi NETRAL dan menjauh dari posisi NETRAL. Juga, perlambatan kecepatan engine mempermudah perubahan arah gerak. Namun demikian, hal ini tidak diperlukan.

Catatan: Untuk membelokkan alat berat, tuas (3) harus ditempatkan dalam posisi pembatas MAJU atau dalam posisi pembatas MUNDUR.

Kecepatan Track (3H)




Ilustrasi 6g01399958


RENDAH - Putar roda (3H) ke kiri bila yang diinginkan adalah kecepatan rendah.

Catatan: Roda (3H) memungkinkan kecepatan bervariasi melalui pertambahan kenaikan putaran roda.


TINGGI - Putar roda (3H) ke kanan bila yang diinginkan adalah kecepatan lebih tinggi.

Alat berat disetel dengan setelan berikut dari pabrik.

  • Kecepatan maju maksimum 9,0 km/jam (5,6 mph)

  • Kecepatan mundur maksimum 10,0 km/jam (6,2 mph)

Kecepatan MUNDUR dan MAJU - Kecepatan MUNDUR secara total tidak terikat pada kecepatan alat berat dalam posisi MAJU.

Catatan: Terdapat batas maksimum 10,0 km/jam (6,2 mph) pada kecepatan maju dan pada kecepatan mundur. Hubungi dealer Caterpillar Anda untuk mengubah setelan kecepatan.

Tombol Recall Kecepatan (3J)

Nilai Tetapan Kecepatan

ECM power train memprogram nilai-nilai tetapan untuk kecepatan maju dan kecepatan mundur dengan mendapat masukan dari tombol recall kecepatan (3J) .

Untuk memprogram nilai-nilai tetapan, operator harus menekan dan menahan tombol selama 3 detik dalam kondisi berikut.

"FNR"

F - Pengendali kemudi dan transmisi memungkinkan alat berat berjalan dalam arah MAJU.

N - Pengendali kemudi dan transmisi berada dalam posisi NETRAL.

R - Pengendali kemudi dan transmisi memungkinkan alat berat berjalan dalam arah MUNDUR.

Maju - Status "FNR" adalah MAJU ketika kriteria yang telah diprogram telah terpenuhi. Kemudian, hanya input joystick maju (nilai kecepatan) yang akan ditangkap.

Mundur - Status "FNR" adalah MUNDUR ketika kriteria yang telah diprogramkan telah terpenuhi. Kemudian, hanya input joystick mundur (nilai kecepatan) yang akan ditangkap.

Netral - Status "FNR" adalah NETRAL ketika kriteria yang telah diprogramkan telah terpenuhi. Kedua input joystick maju dan mundur saat itu (nilai-nilai kecepatan) akan ditangkap.

  1. Pastikan bahwa sakelar rem parkir (14) tidak diaktifkan.

  1. Pindahkan pengendali transmisi dan kemudi ke posisi MAJU.

  1. Putar roda ibu-jari (3H) ke kecepatan MAJU yang diinginkan, sementara pengendali kemudi dan transmisi berada dalam arah maju.

  1. Pindahkan pengendali kemudi dan transmisi ke posisi MUNDUR.

  1. Putar roda ibu-jari (3H) ke kecepatan MUNDUR yang diinginkan, sementara pengendali kemudi dan transmisi berada dalam arah mundur.

  1. Pindahkan pengendali kemudi dan transmisi ke NETRAL. Tahan Tombol Recall Kecepatan selama 3 detik.

  1. Tekan Tombol Recall Kecepatan (3J) sesaat sementara alat berat sedang bergerak maju untuk kembali ke tetapan kecepatan.

  1. Tekan Tombol Recall Kecepatan (3J) sesaat sementara sedang bergerak mundur dan alat berat akan kembali ke tetapan kecepatan.

Tidak Ada Nilai Tetapan Kecepatan

Catatan: Operator harus memprogram nilai tetapan kecepatan setelah setiap mematikan sirkuit sakelar start. Gunakan petunjuk pada Langkah 1 sampai 6 untuk melakukan penyetelan nilai tetapan kecepatan.

Jika nilai-nilai ini belum diprogram sejak sirkuit sakelar start dimatikan terakhir kali, menekan tombol recall kecepatan tidak akan menghasilkan perubahan apapun dalam nilai kecepatan bagi arah yang bersesuaian.

Maju - Apabila hanya nilai tetapan MAJU yang telah diprogram sejak mematikan sirkuit sekelar start terakhir kali, penekanan tombol sejenak hanya mengijinkan nilai kecepatan MAJU yang diubah ke nilai tetapan.

Mundur - Apabila hanya nilai tetapan MUNDUR yang telah diprogram sejak mematikan sirkuit sekelar start terakhir kali, penekanan tombol sejenak hanya mengijinkan nilai kecepatan MUNDUR yang diubah ke nilai tetapan.

Klakson (3K)


Klakson - Tekan tombol (3J) untuk mengaktifkan klakson.

Pedal Deselerator/Rem (4)

Tekan pedal deselerator/rem (4) sepenuhnya ke bawah untuk mengaktifkan rem atau menggunakan rem untuk menghentikan alat berat. Gunakan rem pada bidang menurun untuk mempertahankan mode pengoperasian yang aman. Lepaskan pedal (4) untuk membiarkan alat berat bergerak. Lepaskan pedal (4) untuk menambah kecepatan gerak.

Pedal deselerator/rem dikonfigurasi melalui ET atau tampilan meteran. Pedal deselerator/rem memiliki dua macam konfigurasi berikut: Hanya Rem Transmisi dan Rem Transmisi dan Perlambatan Engine.

Catatan: ET adalah peralatan servis Electronic Technician untuk digunakan pada alat berat Caterpillar.

Hanya Rem Transmisi

Mengkonfigurasi pedal rem/deselerator sebagai pengereman hidrostatis untuk memperlambat alat berat hanya dengan transmisi hidrostatik. Kecepatan engine tidak akan berubah ketika Anda menekan pedal rem/deselerator.

Ketika pedal (4) ditekan sepenuhnya melewati pegas pembatas, rem parkir akan terpasang. Meteran tampilan ("Compact Instrument Cluster") dapat mengubah pedal deselerator/rem sehingga engine mempertahankan kecepatan konstan ketika pedal ditekan.

Rem Transmisi dan Perlambatan Engine

Mengkonfigurasi pedal deselerator/rem sehingga pengereman hidrostatis dan perlambatan engine dilakukan pada saat yang bersamaan.

Ketika pedal deselerator/rem ditekan, kecepatan engine akan berkurang secara proporsional.

Catatan: Ubah konfigurasi dari pedal deselerator/rem dengan menggunakan tampilan meteran atau dengan Caterpillar electronic technician (ET).

Meteran dan Indikator (5)

Teks berikut adalah informasi operator untuk digunakan dengan Compact Instrument Cluster.

Compact Instrument Cluster

Gunakan petunjuk pada Sistem Monitoring, KENR6339, "Pengoperasian Sistem" untuk mendapatkan informasi selengkapnya mengenai Compact Instrument Cluster.




Ilustrasi 7g01400135

Layar LCD CIC

(5A) Tombol Mode

(5B) Tombol Gulir

(5C) Tampilan LCD Compact Instrument Cluster

Tampilan LCD Compact Instrument Cluster (45) memperlihatkan empat mode Operator.

Tombol Mode (5A) dan tombol Gulir (5B) digunakan untuk melakukan navigasi sepanjang struktur menu CIC.

Berikut ini adalah pengoperasian dari tombol Mode (5A) dan tombol Gulir (5B) .

Berpindah ke mode berbeda - Tekan dan lepaskan tombol Mode (5A) .

Berpindah-pindah sepanjang submode atau layar dalam masing-masing mode - Tekan dan lepaskan tombol Gulir (5B).




Ilustrasi 8g01359688

Diagram Navigasi CIC

Menu Mode Operator CIC

Berikut ini adalah tampilan dari menu Mode Operator CIC:

Mode 0 - Default

Mode 1 - Setelan Modulasi Kemudi

Mode 2 - Setelan Modulasi Implement

Mode 3 - Setelan Pedal Rem/Deselerator

Lihat Tabel 1 untuk mengetahui rincian mengenai menu Operator CIC.

Tabel 1
Menu CIC    
Mode Operator    
Mode 0
Default    
Kecepatan Maju Maksimum    
Kecepatan Mundur Maksimum
Tekanan Oli Engine
Kecepatan Engine
Tegangan Sistem
Meteran Jam Servis
Mode 1
Setelan Modulasi Kemudi    
Halus    
Sedang
Kasar
Mode 2
Setelan Modulasi Implement    
Halus    
Standar
Cepat
Mode 3
Setelan Pedal Rem/Deselerator    
Hanya Rem    
Rem Dan Perlambatan Engine

Berikut ini adalah isi dari menu Mode Operator CIC.

Mode 0 - Default




Ilustrasi 9g01328919

Layar LCD Mode 0 - Default

Layar Mode 0 - Default memiliki submenu berikut:

Kecepatan Maju Maksimum

Layar Kecepatan Maju Maksimum menunjukkan kecepatan maju maksimum alat berat.

Kecepatan Mundur Maksimum

Layar Kecepatan Mundur Maksimum menunjukkan kecepatan mundur maksimum alat berat.

Tekanan Oli Engine




Ilustrasi 10g01328962

Layar Mode 0 Tekanan Oli Engine

Layar Tekanan Oli Engine menunjukkan tekanan oli engine saat ini.

Kecepatan Engine




Ilustrasi 11g01328963

Layar LCD Mode 0 Kecepatan Engine

Layar Kecepatan Engine menunjukkan kecepatan engine dari alat berat saat ini.

Tegangan Sistem




Ilustrasi 12g01329052

Layar LCD Mode 0 Tegangan Sistem

Layar Tegangan Sistem menunjukkan tegangan sistem saat ini.

Meteran Jam Servis




Ilustrasi 13g01329053

Layar Mode 0 Meteran Jam Servis

Layar Meteran Jam Servis menunjukkan jam pengoperasian total dari alat berat.

Mode 1 - Setelan Modulasi Kemudi

Layar Mode 1 - Setelan Modulasi Kemudi memiliki submenu berikut:

Halus




Ilustrasi 14g01328924

Layar LCD Mode 1 - Setelan Modulasi Kemudi - Halus

Sedang




Ilustrasi 15g01328926

Layar LCD Mode 1 - Setelan Modulasi Kemudi - Sedang

Kasar




Ilustrasi 16g01328936

Layar LCD Mode 1 - Setelan Modulasi Kemudi - Kasar

Mode 2 - Setelan Modulasi Implement

Layar Mode 2 - Setelan Modulasi Implement memiliki submenu berikut:

Halus




Ilustrasi 17g01328942

Layar LCD Mode 2 - Modulasi Implement - Halus

Standar




Ilustrasi 18g01328946

Layar LCD Mode 2 - Modulasi Implement - Halus

Cepat




Ilustrasi 19g01328944

Layar LCD Mode 2 - Modulasi Implement - Cepat

Mode 3 - Setelan Pedal Rem/Deselerator

Hanya Pedal Rem




Ilustrasi 20g01328958

Layar LCD Mode 3 - Hanya Pedal Rem

Pedal rem dan Pedal Deselerator




Ilustrasi 21g01328959

Layar LCD Mode 3 - Pedal Rem dan Pedal Deselerator

Gunakan petunjuk pada Buku Petunjuk Pengoperasian dan Perawatan, "Sistem Monitoring" atau Buku Petunjuk Servis untuk mendapatkan informasi selengkapnya.

Kaca Spion (6)

Untuk mendapatkan kemampuan pandang terbaik bagi operator, lakukan penyetelan kaca spion. Setel kaca spion sebelum mengoperasikan alat berat dan setelah penggantian operator.

Radio AM/FM (7) (Bila dilengkapi)

------ PERINGATAN! ------

Apabila yang terpasang adalah radio selain yang disediakan dari dealer Caterpillar, sebuah sekering yang dipasang secara seri harus tersedia. Kelalaian dalam melakukan hal ini dapat merusak sistem kelistrikan apabila terjadi hubung-singkat dalam sirkuit radio.


Catatan: Grup pemasangan radio telah tersedia. Jika radio tidak terpasang, sebuah penutup telah tersedia untuk menutup lubang tempat radio. Hubungi dealer Caterpillar untuk mendapatkan informasi tambahan.

Tuas Pelepas Pintu Kabin (8)

Alat berat yang menggunakan kabin dilengkapi dengan dua pintu masuk. Lepaskan pengait (8) dan buka pintu.

Masuk kabin dan tutup pintu sampai pintu terkait pada pengaitnya. Tutup kedua pintu untuk mengoperasikan alat berat dengan benar.

Tuas Pelepas Pintu Kabin (9)

Alat berat yang menggunakan kabin dilengkapi dengan pintu darurat. Jika sebuah pintu tidak dapat digunakan, pintu yang lain dapat digunakan sebagai pintu alternatif. Lepaskan pengait dan buka pintu.

Lepaskan pengait (9) untuk melepaskan penguncian pintu kabin.

Buka pintu penuh secara penuh sampai pintu terkait pada pengaitnya.

Melepaskan Pintu yang Terbuka Penuh dan Pintu yang Sedang Terkait

Gunakan metode yang benar untuk melepaskan pintu ketika pintu terkait dalam posisi terbuka di bagian samping alat berat.

  • Buka jendela samping dan lepaskan pengait pintu pada platform.

  • Juga, Anda dapat berdiri pada permukaan tanah untuk melepaskan pengait pintu pada platform.

Sakelar Start Engine (10)


OFF - Masukkan kunci sakelar start engine hanya dari posisi OFF dan lepaskan kunci sakelar start engine hanya dari posisi OFF. Dalam posisi OFF, tidak ada aliran listrik yang mengalir ke sebagian besar sirkuit kelistrikan dalam kabin.

Putar kunci sakelar start engine ke posisi OFF guna mematikan engine.


ON - Putar kunci sakelar start engine searah jarum jam ke posisi ON guna mengaktifkan semua sirkuit di kabin.


START - Putar kunci sakelar start engine searah jarum jam ke posisi START untuk menghidupkan engine. Lepaskan kunci sakelar start engine setelah engine hidup dan kunci sakelar start engine akan kembali ke posisi ON.

Catatan: Apabila engine gagal dihidupkan, kunci sakelar start engine harus dikembalikan ke posisi OFF agar dapat menghidupkan engine kembali.

Pengendali Bulldozer (11)




Ilustrasi 22g01257156


AMBANG (11A) - Dorong tuas (11) ke depan melewat gaya pembatas. Hal ini akan mengaktifkan fungsi ambang blade (katup implement). Lepaskan tuas. Tuas kembali ke posisi NETRAL (HOLD). Dalam posisi AMBANG, blade akan bergerak naik dan turun mengikuti bentuk permukaan tanah.

Katup implement akan tetap berada dalam posisi AMBANG sampai Anda memindahkan tuas (11) secara manual ke arah naik atau turun. Posisi spool katup kemudian kembali ke possii TAHAN.

Posisi ambang dari spool juga dibatalkan, apabila Anda memutar kunci start engine ke posisi OFF, atau pengunci hidrolik (15) diaktifkan.

Catatan: Jarak penggerakan tuas berhubungan dengan kecepatan blade untuk fungsi dozer yang diberikan.


TURUN (11B) - Dorong tuas (11) ke depan untuk menurunkan blade. Jangan melewati posisi pembatas. Lepaskan tuas (11). Tuas (11) akan kembali ke posisi TAHAN.


TAHAN (11C) - Tuas (11) akan kembali ke posisi TAHAN, ketika Anda melepaskan tuas (11) kapan saja. Gerakan blade akan terhenti.


NAIK (11D) - Tarik tuas (11) ke belakang untuk menaikkan blade. Lepaskan tuas (11). Tuas (11) akan kembali ke posisi TAHAN kecuali tuas disetel dalam Ambang.


MIRING KIRI (11E) - Tarik tuas (11) ke kiri untuk menurunkan sisi kiri blade. Tuas (11) kembali ke posisi TAHAN ketika tuas dilepaskan.


MIRING KANAN (11F) - Dorong tuas (11) ke kanan untuk menurunkan sisi kanan blade. Tuas (11) kembali ke posisi TAHAN ketika tuas dilepaskan.

Sudut Blade (11G)




Ilustrasi 23g01258499


SERONG KIRI - Putar roda ibu-jari (11G) ke kanan untuk menyerongkan blade ke kiri.


SERONG KANAN - Putar roda ibu-jari (11G) ke kiri untuk menyerongkan blade ke kanan.

Blade Buldoser Berguncang

Mode pengendalian blade (11H)

Tekan tombol (11H) untuk mengirim sebuah perintah ke silinder gerak miring yang memulai aplikasi getaran tinggi. Blade akan berguncang sampai tombol (11H) dilepaskan atau batas waktu 3 detik telah terselesaikan. Hal ini memungkinkan pelepasan kotoran dari blade buldoser.

Konsol Operator Kanan




Ilustrasi 24g01391309



Ilustrasi 25g01693534

(12) Lampu Kerja

(12a) Lampu sorot depan (bila dilengkapi)

(12b) Lampu depan untuk jarak jauh (bila dilengkapi)

(12c) Lampu kabin belakang (bila dilengkapi)

(13) Pengendali throttle engine (tombol)

(14) Gerak mundur hemat bahan bakar

(14a) Lampu indikator untuk sabuk pengaman (bila dilengkapi)

(15) Sakelar rem parkir

(16) Penguncian hidrolik

Tekan sakelar lampu kerja (12) untuk menghidupkan semua lampu-lampu alat berat.

Lampu Kerja (12)


Lampu Kerja - Sakelar ini menghidupkan semua lampu.

Lampu Sorot Depan (12a) (bila dilengkapi)


Lampu Sorot Depan - Gunakan sakelar ini untuk mengoperasikan lampu sorot depan, bila dilengkapi.

Lampu Kabin Depan untuk Jarak Jauh (12b) (Bila dilengkapi)


Lampu Kabin Depan untuk Jarak Jauh - Gunakan sakelar ini untuk mengoperasikan lampu kabin depan untuk jarak jauh, bila dilengkapi.

Lampu Kabin Belakang (12c) (bila dilengkapi)


Lampu Kabin Belakang - Gunakan sakelar ini untuk mengoperasikan lampu kabin belakang, bila dilengkapi.

Pengendali Throttle Engine (13)

Pengendali throttle engine (13) mengendalikan kecepatan engine.


Kecepatan Terendah - Putar tombol (13) berlawanan arah jarum jam untuk menurunkan kecepatan tanpa beban.


Kecepatan Tertinggi - Putar tombol (13) searah jarum jam untuk menaikkan kecepatan tanpa beban.

Tabel 2
Posisi Throttle     RPM Engine    
1     950    
2     1100    
3     1175    
4     1250    
5     1400    
6     1550    
7     1700    
8     1850    
9     2000    
10     2150    

Catatan: Kecepatan engine tidak bertambah di atas 2000 RPM sampai suhu oli hidrolik melebihi 15 °C (59,0 °F). Kemudian, kecepatan engine akan naik secara perlahan ke 2150 RPM.

Gerak Mundur Hemat Bahan Bakar (14)

Gerak Mundur Hemat Bahan Bakar (14) secara otomatis mengurangi kecepatan engine ketika alat berat berjalan dalam arah mundur. Gerak Mundur Hemat Bahan Bakar dirancang untuk mengurangi konsumsi bahan bakar dan kebisingan.

RPM engine akan secara otomatis pulih ke setelan dial kecepatan engine ketika alat berat diperintahkan untuk berjalan maju atau ketika alat berat berada dalam netral. Rpm engine juga akan meningkat saat Anda menaikkan kecepatan MUNDUR yang diinginkan.


Gerak Mundur Hemat Bahan Bakar - Gerak mundur hemat bahan bakar diaktifkan ketika sakelar start engine diputar ke posisi ON. Lampu indikator pada sakelar akan menyala. Sewaktu Anda menekan sakelar gerak mundur hemat bahan bakar (14), fungsi akan berubah dari ON menjadi OFF, dan sebaliknya.

Lampu Indikator untuk Sabuk Pengaman (14a) (Bila dilengkapi)


Sabuk pengaman - Lampu ini menunjukkan sabuk pengaman tidak sedang digunakan.

Sakelar Rem Parkir (15)




Ilustrasi 26g01695273


Rem Parkir - Sakelar ini mengaktifkan rem parkir. Sakelar juga mengunci transmisi pada keadaan NETRAL. Alat berat tidak boleh bergerak sewaktu sakelar rem parkir diaktifkan. Setelah sakelar rem parkir dilepaskan, rem parkir tidak akan padam sampai sebuah arah gerak dipilih. Ketika sakelar rem parkir diaktifkan, indikator rem parkir pada dashboard akan menyala. Jangan menggunakan rem parkir untuk menghentikan alat berat.

Terpasang - Dorong sakelar (15) menjauh dari operator untuk mengaktifkan rem parkir.

Dilepaskan - Dorong sakelar (15) ke arah operator untuk melepaskan rem parkir.

Penguncian Hidrolik (16)

Penguncian hidrolik (16) mematikan perangkat hidrolik implement ke alat berat.


Terkunci - Dorong sakelar menjauh dari operator untuk mengunci sistem hidrolik implement.


Tidak Terkunci - Dorong sakelar menuju operator untuk membuka pengunci sistem hidrolik implement.

Wiper dan Semprotan Pembersih Jendela (17) (18) (18) (19) (Bila dilengkapi)




Ilustrasi 27g01391319


Sakelar Wiper Jendela Depan (17) - Tekan bagian atas sakelar (17) untuk mengaktifkan wiper untuk jendela depan. Tekan bagian bawah sakelar (17) satu kali untuk mematikan wiper untuk jendela depan. Tekan bagian atas sakelar (17) dan tahan sakelar (17) untuk mengaktifkan semprotan pembersih jendela depan.


Sakelar Wiper Jendela Samping Kiri (18) - Tekan bagian atas sakelar (18) untuk mengaktifkan wiper untuk jendela kiri. Tekan bagian bawah sakelar (18) satu kali untuk mematikan wiper untuk jendela kiri. Tekan bagian atas sakelar (18) dan tahan sakelar (18) untuk mengaktifkan semprotan pembersih dan wiper untuk jendela kiri.


Sakelar Wiper Jendela Samping Kanan (19) - Tekan bagian atas sakelar (19) untuk mengaktifkan wiper untuk jendela kanan. Tekan bagian bawah sakelar (19) satu kali untuk mematikan wiper untuk jendela kanan. Tekan bagian atas sakelar (19) dan tahan sakelar (19) untuk mengaktifkan semprotan pembersih dan wiper untuk jendela kanan.


Sakelar Wiper Jendela Belakang (20) - Tekan bagian atas sakelar (20) untuk mengaktifkan wiper jendela belakang. Tekan bagian bawah sakelar (20) satu kali untuk mematikan wiper untuk jendela belakang. Tekan bagian atas sakelar (20) dan tahan sakelar (20) untuk mengaktifkan semprotan pembersih jendela belakang.

Catatan: Pastikan bahwa jendela dalam keadaan basah sebelum mengoperasikan wiper jendela.

Pengendali Winch atau Pengendali Ripper (21)

Pengendali Winch 21, 22, 23 (Bila Dilengkapi)




Ilustrasi 28g01391320


Reel In (21A) - Gerakkan tuas ke kiri untuk menggulung kabel winch masuk. Kabel winch harus bergerak ke arah winch dengan keadaan bertenaga. Kecepatan kabel winch bersifat proporsional terhadap posisi tuas. Lepaskan tuas. Tuas akan kembali ke posisi TAHAN.

Tahan (21B) - Lepaskan tuas. Tuas akan kembali ke posisi TAHAN. Hal ini mempertahankan posisi kabel winch saat ini. Rem winch diaktifkan dalam posisi TAHAN.


Reel Out (21C) - Gerakkan tuas ke kanan untuk mengulur kabel winch keluar. Kabel winch akan terulur keluar dengan keadaan bertenaga. Kecepatan kabel winch bersifat proporsional terhadap posisi tuas. Lepaskan tuas. Tuas akan kembali ke posisi TAHAN.

Kedua mode Free Spool dan Drive Away memiliki tiga kondisi yang harus terpenuhi guna mengaktifkan fungsi ini.

  • Operator harus ada.

  • Tuas implement harus dilepaskan.

  • Sakelar pengunci hidrolik harus dalam posisi TIDAK TERKUNCI.


Free Spool (22) - Tekan sakelar freespool satu kali untuk membebaskan kabel winch. Kabel winch dapat diulur dengan cara menarik kabel winch secara manual. Tidak ada bantuan alat berat atau hidrolik yang diperlukan. Winch akan tetap dalam posisi FREE SPOOL sampai Anda menekan sakelar sekali lagi atau tuas dipindahkan dari posisi TAHAN.

Catatan: Jangan mengaktifkan freespool untuk winch ketika alat berat sedang bergerak.


Drive Away (23) - Tekan sakelar drive away untuk winch satu kali untuk mengaktifkan mode ini. Mode ini memungkinkan operator menjalankan traktor menjauh dari beban saat winch mengulurkan kabel dengan bertenaga dan kabel dipasangkan pada beban. Drive away (23) melepaskan rem winch (BRAKE OFF).

Pengendali Ripper 21 (Bila Dilengkapi)




Ilustrasi 29g01391351


NAIK (21A) - Tarik tuas ke kiri untuk menaikkan ripper. Lepaskan tuas. Tuas akan kembali ke posisi TAHAN.


TAHAN (21 B) - Lepaskan tuas. Tuas akan kembali ke posisi TAHAN. Gerakan ripper akan berhenti dalam posisi saat ini.


TURUN (21C) - Dorong tuas ke kanan untuk menurunkan ripper. Lepaskan tuas. Tuas akan kembali ke posisi TAHAN.

Pengendali Bantu 24 (Bila dilengkapi)




Ilustrasi 30g01391360

Gunakan sakelar bantu (24) untuk mengaktifkan perangkat hidrolik belakang ketika alat berat memiliki sebuah winch atau perlengkapan tambahan di bagian belakang.

Pengendali Fire Plow (Bila Dilengkapi)




Ilustrasi 31g01623055



Ilustrasi 32g01625918

Untuk alat berat yang dilengkapi dengan fire plow, gunakan sakelar bantu (24A) untuk mengaktifkan katup ambang keempat. Gunakan tuas (24D) untuk fungsi katup keempat Gunakan sakelar bantu (24B) untuk mengaktifkan katup ambang kelima. Gunakan tuas (24E) untuk fungsi katup kelima.

  1. Dorong tuas bantu menjauh dari operator untuk memperpanjang silinder.

  1. Tarik tuas bantu ke arah operator untuk memendekkan silinder.

Kursi Suspensi Udara (25)

Kursi suspensi udara menyediakan pengendaraan yang aman, nyaman dan stabil yang tidak menyebabkan kelelahan pada operator.

Lihat "Kursi" dalam buku petunjuk ini untuk mendapatkan informasi selengkapnya.

Sakelar Kursi (Operator Traktor)


Operator Tidak Ada - Sakelar kursi di kursi operator mencegah gerakan alat berat atau implement yang tidak diperintah apabila operator tidak berada di kursi. Sakelar berkomunikasi dengan software ECM ketika operator alat berat sedang duduk di kursi atau ketika operator meninggalkan kursi.

Rem parkir tidak akan terlepas dan implement tidak akan terlepas pengunciannya kecuali jika operator telah duduk.

Catatan: Sistem pengendali hystat dan pengoperasian implement tidak akan dimatikan ketika alat berat sedang bergerak dan operator berdiri dari kursi.

Stopkontak Listrik (26)




Ilustrasi 33g01391373

Stopkontak Listrik - Sebuah stopkontak listrik dua belas volt terletak di dalam kotak penyimpanan di samping kiri kursi. Stopkontak listrik (26) dapat digunakan untuk memberi aliran listrik ke peralatan atau aksesori listrik. Lepaskan tutupnya sebelum digunakan.

Catatan: Jangan menggunakan catudaya sebagai pemantik api untuk rokok.

Kantung di sandaran kursi (27)

Tempatkan Buku Petunjuk Pengoperasian dan Perawatan ke dalam kantung di sandaran kursi (27). Simpan semua material lain yang terkait dalam kantung ini yang menyimpan informasi yang berguna dalam mengoperasikan alat berat.

Pengendali Pemutus Aliran Bahan Bakar dalam Kabin (Bila dilengkapi)




Ilustrasi 34g01625983

Fire plow

Panel Kendali untuk AccuGrade - Laser System (Bila dilengkapi)

Bila dilengkapi, tampilan GPS dan AccuGrade - Laser System terletak di bawah compact instrument cluster (CIC).

Untuk mendapatkan informasi selengkapnya mengenai pengoperasian panel kontrol untuk AccuGrade - Laser System, gunakan petunjuk pada Buku Petunjuk Pengoperasian dan Perawatan, SEBU8161, "AccuGrade - Laser System". Untuk mendapatkan informasi selengkapnya mengenai pengoperasian panel kontrol untuk AccuGrade - GPS, gunakan petunjuk pada Buku Petunjuk Pengoperasian dan Perawatan, SEBU8280, "AccuGrade - GPS (CD700)".

Caterpillar Information System:

Bench Test Procedure For A D10T Track-Type Tractor Transmission{3030, 3073} Bench Test Procedure For A D10T Track-Type Tractor Transmission{3030, 3073}
D3K, D4K and D5K Track-Type Tractors Specifications
C27 and C32 Engines for Caterpillar Built Machines CID 1796 FMI 04 Intake Manifold #2 Air Temperature Sensor voltage below normal
C27 and C32 Engines for Caterpillar Built Machines CID 1796 FMI 03 Intake Manifold #2 Air Temperature Sensor voltage above normal
C27 and C32 Engines for Caterpillar Built Machines CID 1795 FMI 10 Turbo #2 Outlet Pressure Sensor abnormal rate of change
C27 and C32 Engines for Caterpillar Built Machines CID 1795 FMI 04 Turbo #2 Outlet Pressure Sensor voltage below normal
C27 and C32 Engines for Caterpillar Built Machines CID 1795 FMI 03 Turbo #2 Outlet Pressure Sensor voltage above normal
2006/03/27 A New Winch Control Is Now Available {5163, 5705}
814F Series 2 Wheel Dozer, 815F Series 2 Soil Compactor and 816F Series 2 Landfill Compactor Steering System Pressure Reducing Valve (Implement Pilot) (Steering Pilot)
D6T Track-Type Tractor Machine Systems Hydraulic Control Valve - Disassemble
2006/04/10 Apply Retaining Compound Prior to Installing the Torque Converter Transfer Gear Retaining Bolt {3101, 3159}
2009/09/28 Correction to Disassembly and Assembly , "Torque Converter Updrive Gears - Assemble" {3105, 3159}
993K Wheel Loader Differential and Final Drive Oil Level - Check
993K Wheel Loader Differential and Final Drive Oil - Change
993K Wheel Loader Differential and Final Drive Oil Sample - Obtain
854K Wheel Dozer Rollover Protective Structure (ROPS) - Inspect
Bench Test Procedure For A 613 And 613B Wheel Tractor-Scraper Transmission {3030, 3073} Bench Test Procedure For A 613 And 613B Wheel Tractor-Scraper Transmission {3030, 3073}
D7R Series II Track-Type Tractor Engine Supplement Alternator - Remove and Install
Air Conditioning and Heating R134a for All Caterpillar Machines Identifying the Air Conditioning System
D7R Series II Track-Type Tractor Engine Supplement Fuel Priming Pump - Remove and Install
993K Wheel Loader Radiator Core - Clean
D7R Series II Track-Type Tractor Engine Supplement Primary Fuel Filter, Water Separator and Base - Remove and Install
Disassembly and Assembly Procedures for Landfill Idlers {4159} Disassembly and Assembly Procedures for Landfill Idlers {4159}
993K Wheel Loader Cooling System Coolant Sample (Level 1) - Obtain
Back to top
The names Caterpillar, John Deere, JD, JCB, Hyundai or any other original equipment manufacturers are registered trademarks of the respective original equipment manufacturers. All names, descriptions, numbers and symbols are used for reference purposes only.
CH-Part.com is in no way associated with any of the manufacturers we have listed. All manufacturer's names and descriptions are for reference only.