D6R Track-Type Tractor Caterpillar


Fire Prevention and Explosion Prevention

Usage:

D6R 2HM
Semua bahan bakar, sebagian besar zat pelumas dan beberapa campuran cairan pendingin bersifat mudah terbakar. Apabila bahan bakar bocor pada permukaan yang panas atau pada komponen-komponen listrik, maka dapat mengakibatkan kebakaran. Apabila bahan bakar tumpah pada permukaan yang panas atau pada komponen-komponen listrik, maka dapat mengakibatkan kebakaran. Jangan merokok selama melakukan pengisian bahan bakar. Jangan merokok di tempat pengisian bahan bakar.

Dilarang merokok di tempat pengisian baterai. Demikian juga, dilarang merokok pada tempat penyimpanan bahan-bahan yang mudah terbakar.

Baterai dapat terpasang pada kompartemen-kompartemen yang terpisah. Sewaktu anda menggunakan kabel-kabel start jamper, hubungkan selalu kabel start jamper positif (+) pada terminal positif (+) dari baterai yang terhubung ke solenoid dari starter. Hubungkan kabel start jamper negatif (-) dari catudaya eksternal ke terminal negatif (-) dari starter.

Catatan: Apabila starter tidak dilengkapi dengan terminal negatif (-), hubungkan kabel start jamper negatif (-) ke blok engine.

Untuk mengetahui petunjuk melakukan start yang lebih spesifik, lihat Buku Petunjuk Pengoperasian dan Perawatan, "Melakukan Start Dengan Kabel Start Jamper".

Bersihkan semua sambungan listrik dan kencangkan semua sambungan listrik. Periksa kabel-kabel listrik setiap hari untuk mengetahui apakah ada kabel yang terlepas atau terkelupas. Kencangkan semua kabel yang kendor sebelum mengoperasikan mesin. Perbaiki semua kabel listrik yang terkelupas sebelum mengoperasikan mesin.

Jaga agar semua bahan bakar dan pelumas tersimpan pada tempat penampungan yang benar dan telah diberi tanda. Demikian juga, simpan semua bahan bakar dan pelumas pada tempat yang jauh dari jangkauan orang-orang yang tidak berkepentingan.

Simpan kain pembersih dan bahan-bahan mudah terbakar lainnya dalam sebuah tempat penampung yang terlindung.

Jangan melakukan pengelasan pada pipa atau tabung yang mengandung cairan yang mudah terbakar. Jangan melakukan pemotongan dengan pijar api pada pipa atau tabung yang berisi cairan yang mudah terbakar. Bersihkan pipa atau tabung secara keseluruhan dengan menggunakan pelarut yang tidak mudah terbakar sebelum melakukan pengelasan. Demikian juga, bersihkan pipa atau tabung secara keseluruhan dengan menggunakan pelarut yang tidak mudah terbakar sebelum melakukan pemotongan dengan pijar api.

Bersihkan semua bahan-bahah yang mudah terbakar seperti bahan bakar, oli atau kotoran lainnya dari mesin. Jangan biarkan bahan-bahan mudah terbakar sampai menumpuk pada mesin.

Jangan mendekatkan mesin pada nyala api atau semak belukar yang sedang terbakar, dan sebagainya.

Pelat pelindung, yang berfungsi melindungi komponen saluran buang yang panas dari semprotan oli atau bahan bakar pada saat terjadinya kerusakan pipa saluran, tabung atau kerusakan seal, harus selalu terpasang dengan benar.

Alat Pemadam Kebakaran

Pastikan bahwa alat pemadam kebakaran telah tersedia. Biasakan diri anda dalam mengoperasikan alat pemadam kebakaran. Periksa alat pemadam kebakaran dan lakukan servis apabila diperlukan. Patuhi rekomendasi yang tertera pada pelat petunjuk.

Pasang alat pemadam kebakaran pada salah satu dari tempat-tempat berikut:

  • Kanan, di bagian luar kaki ROPS

  • Kiri, di bagian luar kaki ROPS

Jangan sekali-kali melakukan pengelasan pada struktur ROPS guna memasang alat pemadam kebakaran. Demikian pula, jangan sekali-kali membuat lubang pada ROPS untuk memasang alat pemadam kebakaran pada ROPS.

Ikatkan pelat dudukan pemasangan pada salah satu kaki ROPS untuk memasangkan alat pemadam kebakaran. Apabila berat dari alat pemadam kebakaran melebihi 4,5 kg (10 lb), pasangkan alat pemadam kebakaran lebih dekat ke bagian bawah dari ROPS. Jangan memasang alat pemadam kebakaran pada sepertiga daerah bagian atas dari ROPS.

Ether

Ether bersifat racun dan mudah terbakar. Menghirup uap ether dapat mengakibatkan cedera. Kontak yang berulang antara ether dengan kulit dapat mengakibatkan cedera. Gunakan ether hanya pada daerah yang berventilasi baik. Jangan merokok sewaktu melakukan penggantian silinder ether. Gunakan ether secara berhati-hati untuk mencegah terjadinya kebakaran. Jangan menyimpan silinder-silinder ether pada daerah tempat tinggal manusia atau di dalam kompartemen operator.

Jangan menyimpan ether pada tempat yang terkena sinar matahari langsung atau pada temperatur di atas 49°C (120°F). Buang silinder ether pada tempat pembuangan limbah yang telah disediakan. Jangan melubangi silinder ether. Jangan membakar silinder ether. Simpan silinder-silinder ether pada tempat yang jauh dari jangkauan orang-orang yang tidak berkepentingan.

Pipa Saluran, Tabung dan Hose

Jangan menekuk pipa saluran yang bertekanan. Jangan memukul pipa saluran yang bertekanan. Jangan memasang pipa saluran, tabung atau hose yang telah bengkok atau rusak.

Perbaiki pipa saluran, tabung dan hose yang kendor atau rusak. Kebocoran dapat menyebabkan kebakaran. Hubungi dealer Caterpillar untuk mendapatkan sukucadang perbaikan atau sukucadang pengganti.

Periksa pipa-pipa saluran, tabung dan hose dengan berhati-hati. Jangan menggunakan tangan untuk memeriksa kebocoran. Gunakan papan pelindung untuk memeriksa kebocoran. Untuk mengetahui informasi yang lebih terperinci mengenai penetrasi fluida, lihat Buku Petunjuk Pengoperasian dan Perawatan, "Informasi Umum Mengenai Keadaan Bahaya" pada Bagian Keselamatan. Kencangkan semua sambungan sesuai dengan torsi yang direkomendasikan.

Gantilah sukucadang apabila ditemukan kondisi-kondisi sebagai berikut:

  • Fiting-fiting pada bagian ujung telah rusak.

  • Fiting-fiting pada bagian ujung telah bocor.

  • Pembungkus bagian luar telah terkelupas atau terpotong.

  • Serat kawat pembungkus telah tampak terlihat dari luar.

  • Pembungkus bagian luar telah menggelembung pada tempat tertentu.

  • Terdapat bekas-bekas tertekuk atau tergilas pada bagian hose yang fleksibel.

  • Armor (spiral pelindung) telah tertancap ke dalam pembungkus hose bagian luar.

  • Fiting-fiting pada bagian ujung telah bergeser dari tempatnya.

Pastikan bahwa semua klem, pelindung serta pelat pelindung panas telah terpasang dengan benar untuk mencegah terjadinya getaran, gesekan dan panas yang berlebihan selama pengoperasian.

Back to top
The names Caterpillar, John Deere, JD, JCB, Hyundai or any other original equipment manufacturers are registered trademarks of the respective original equipment manufacturers. All names, descriptions, numbers and symbols are used for reference purposes only.
CH-Part.com is in no way associated with any of the manufacturers we have listed. All manufacturer's names and descriptions are for reference only.