3612 and 3616 Engines Caterpillar


Fuel Injector Synchronization

Usage:

3616 1PD

Tabel 1
Peralatan Kerja yang Diperlukan     Jumlah    
Alat Penyetelan Timing dan Bahan Bakar 4C-6594     1    
Alat Ukur Sinkronisasi Rack 6V-9057     1    
Indikator Dial 6V-3075     1    
Klem Collet 5P-4814     1    
Indikator Titik Singgung 5P-7263     1    



Ilustrasi 1g00691838

Gambar bagian samping kanan belakang engine.

(1) Pin sinkronisasi

(2) Susunan batang

(3) Rumah alat kontrol

(Y) Lokasi Indikator dial

(Z) Lokasi pin sinkronisasi




Ilustrasi 2g00692222

(1) Pin sinkronisasi

(Y) Lokasi indikator dial

(Z) Lokasi pin sinkronisasi

  1. Kendorkan mur pengunci pada susunan batang governor (2). Setel batang ke panjang minimum.

  1. Lepaskan sumbat pada lokasi (Y) dan (Z) di rumah alat control (3) .

  1. Lepaskan pin sinkronisasi (1) dari lokasi penyimpanan.

  1. Pasang pin sinkronisasi (1) pada lokasi (Z) tanpa menggunakan washer.



    Ilustrasi 3g00692476

    Persambungan Kontrol Injeksi Bahan Bakar

    (4) Pin sinkronisasi dan spacer

    (5) Sumbat (posisi sinkronisasi)

    (6) Batang pengaturan bahan bakar (samping kiri dan kanan)

    (7) Susunan batang persambungan

    (8) Batang melintang




    Ilustrasi 4g00692471

    Rumah Alat Kontrol Persambungan Injeksi Bahan Bakar

    (7) Susunan batang persambungan

    (9) Tuas pemberhentian aliran bahan bakar




    Ilustrasi 5g00692490

    Rumah Alat Kontrol Persambungan Injeksi Bahan Bakar

    (4) Pin sinkronisasi dan spacer

    (7) Susunan batang persambungan

    (9) Tuas pemberhentian aliran bahan bakar

    (10) Sekrup penyetelan bahan bakar

  1. Putar poros terminal aktuator ke posisi "FUEL ON" sampai permukaan "A" di tuas pemberhentian aliran bahan bakar (9) bersinggungan dengan pin sinkronisasi (1). Ini merupakan posisi sinkronisasi atau titik acuan nol. Tahan persambungan kontrol pada posisi ini sewaktu injektor disetel.

    Catatan: Berikan gaya yang tetap dan mantap pada persambungan saat melakukan penyetelan. Lengan Torsi Governor 1U-9361 digunakan untuk memberikan gaya dalam besaran yang tepat pada poros. Poros ini terhubung ke Governor Woodward (3161).

  1. Lepaskan penutup katup.



    Ilustrasi 6g00692659

    Alat Ukur Pada Posisinya Di Rack Injektor Bahan Bakar

    (6) Batang pengaturan bahan bakar (sebelah kanan)

    (11) Alat Ukur Sinkronisasi Rack 6V-9057

  1. Gunakan sebuah obeng untuk menarik masing-masing batang pengaturan bahan bakar (6). Hal ini akan memastikan bahwa batang dan rack injektor bahan bakar berada dalam keadaan bebas.

  1. Pasangkan Alat Ukur Sinkronisasi Rack 6V-9057 (11) pada posisinya di salah satu injektor. Alat ukur ini duduk pada bagian yang bulat di batang rack injektor antara sekrup penepat dan bagian ujung batang rack. Blok alat ukur harus melakukan persinggungan penuh dengan sekrup penepat dan permukaan batang rack.

    Catatan: Sekrup penepat disediakan pada injektor untuk menyetel titik nol rack. Jangan menyetel sekrup penepat. Hal ini hanya boleh dilakukan DI PABRIK. Apabila unit injektor mengalami pengendoran sekrup penepat, unit injektor harus diganti dengan unit injektor yang telah dikalibrasi. Apabila sekrup penepat telah bergeser, unit injektor harus diganti dengan unit injektor yang telah dikalibrasi. Injektor bahan bakar tidak dapat disinkronisasi apabila sekrup penepat telah bergeser.

  1. Apabila penyetelan yang benar tidak dapat diperoleh dengan menyetel batang pengaturan bahan bakar (6), kendorkan mur pengunci pada susunan batang (7) dan setel susunan batang sampai penyetelan yang benar dapat diperoleh.



    Ilustrasi 7g00692704

    Ini merupakan gambar prosedur penyetelan batang pengaturan bahan bakar (contoh umum).

    (11) Alat Ukur Sinkronisasi Rack 6V-9057

  1. Saat tuas pemberhentian aliran bahan bakar bersinggungan dengan pin sinkronisasi dan Alat Ukur Sinkronisasi Rack 6V-9057 (11) berada dalam posisi seperti yang ditentukan dalam Langkah 8, gunakan sebuah obeng dan lakukan penyetelan batang pengaturan (6). Putar sekrup pada batang pengaturan (6) secara perlahan. Hal ini harus dilakukan sampai alat ukur sinkronisasi rack (11) tepat berada antara badan injektor bahan bakar dan bagian punggung di ujung rack. Lepaskan obeng dari batang pengaturan (6). Hal ini akan memastikan bahwa tidak ada tekanan pada persambungan saat setelan diperiksa dengan alat ukur sinkronisasi rack (11). Adanya tekanan pada persambungan oleh obeng tidak akan memberikan penunjukan yang benar ketika setelan diperiksa dengan menggunakan alat ukur sinkronisasi rack (11). Gerakkan persambungan untuk memastikan bahwa persambungan berada dalam keadaan bebas dan gerakkan persambungan untuk memastikan bahwa persambungan memberikan tingkat setelan yang benar. Periksa setelan sekali lagi.

    Catatan: Apabila susunan batang (6) tidak dapat disetel, lanjutkan ke Langkah 12 dan Langkah 13.

  1. Gunakan alat ukur sinkronisasi rack (11) untuk menyetel rack injektor bahan bakar yang tersisa di samping kanan engine. Periksa ulang rack injektor bahan bakar. Setel rack, apabila diperlukan. Lanjutkan ke Langkah 14.

  1. Kendorkan mur pengunci pada susunan batang (7). Pada Engine 3612, lakukan penyetelan batang pengaturan bahan bakar (6) untuk silinder nomor 11. Pada Engine 3616, lakukan penyetelan batang pengaturan bahan bakar (6) untuk silinder nomor 15. Lakukan penyetelan batang pengaturan ini di titik tengah daerah penyetelan.

  1. Setel susunan batang persambungan (7) sampai rack injektor bahan bakar mendekati posisi yang diatur dengan alat ukur sinkronisasi rack 6V-9057. Alat ukur harus dipasang pada injektor bahan bakar di silinder kanan belakang (nomor 11 atau nomor 15). Kencangkan mur pengunci pada masing-masing ujung susunan batang persambungan (7). Ulangi Langkah 10 dan Langkah 11.

  1. Pasangkan Alat Ukur Sinkronisasi Rack 6V-9057 (8) pada posisinya di rack pada salah satu injektor bahan bakar di samping kiri engine. Ikuti prosedur dalam Langkah 17. Apabila injektor bahan bakar di kumpulan sebelah kiri tidak dapat disinkronisasi, selesaikan Langkah 15 dan Langkah 16.

  1. Kendorkan mur pengunci pada masing-masing ujung dari batang melintang (8). Setel sekrup penyetelan pada susunan batang (6) di silinder kiri belakang (nomor 12 atau nomor 16) ke titik tengah daerah penyetelan.

  1. Setel batang melintang (8) sampai rack injektor bahan bakar di samping kiri engine mendekati posisi yang ditentukan. Alat Ukur Sinkronisasi Rack 6V-9057 harus terpasang selama prosedur ini. Kencangkan mur pengunci pada masing-masing ujung batang melintang (8). Lanjutkan ke Langkah 17.

  1. Dengan tuas pemberhentian aliran bahan bakar bersinggungan dengan pin sinkronisasi, pasang Alat Ukur Sinkronisasi Rack 6V-9057 (11). Pasang alat ukur pada bagian yang bulat di rack injektor bahan bakar antara sekrup penepat injektor bahan bakar dan bagian ujung rack. Gunakan sebuah obeng dan lakukan penyetelan batang pengaturan (6). Putar sekrup pada batang pengaturan secara perlahan sampai alat ukur sinkronisasi rack tepat berada antara badan injektor bahan bakar dan bagian punggung di ujung rack. Lepaskan obeng dari batang pengaturan sehingga tidak ada tekanan pada persambungan. Periksa setelan dengan menggunakan alat ukur sinkronisasi rack. Adanya tekanan pada persambungan oleh obeng tidak akan memberikan penunjukan yang benar ketika setelan diperiksa dengan menggunakan alat ukur sinkronisasi rack. Gerakkan persambungan untuk memastikan bahwa persambungan berada dalam keadaan bebas dan persambungan memberikan tingkat setelan yang tepat. Periksa setelan sekali lagi.

  1. Gunakan alat ukur sinkronisasi rack untuk menyetel rack injektor bahan bakar yang tersisa di samping kiri engine.

  1. Putar poros rumah alat kontrol ke posisi bahan bakar minimum.

  1. Lepaskan pin sinkronisasi dari posisi sinkronisasi. Pasang spacer pada pin sinkronisasi dan kembalikan pin ke lokasi penyimpanan. Pasang sumbat (5) .

  1. Pasang penutup katup.

  1. Periksa persambungan. Gunakan petunjuk pada Pengujian dan Penyetelan, "Governor Woodward 3161".

  1. Periksa setelan bahan bakar. Gunakan petunjuk pada Setelan Bahan Bakar.

Caterpillar Information System:

Back to top
The names Caterpillar, John Deere, JD, JCB, Hyundai or any other original equipment manufacturers are registered trademarks of the respective original equipment manufacturers. All names, descriptions, numbers and symbols are used for reference purposes only.
CH-Part.com is in no way associated with any of the manufacturers we have listed. All manufacturer's names and descriptions are for reference only.