3612 and 3616 Fast Vessel Engines Caterpillar


Engine Timing, Synchronization, and Valve Lash - Inspect/Adjust

Usage:

3616 1FN
Untuk mengetahui petunjuk pada prosedur berikut, lihat Service Manual. Hubungi dealer Caterpillar untuk mendapatkan bantuan.

Memeriksa Timing Dari Crankshaft dan Camshaft

Timing dari crankshaft dan camshaft harus diperiksa dan jembatan katup harus disetel sebelum jarak celah katup disetel. Camshaft harus disinkronkan secara tepat dengan crankshaft sebelum timing bahan bakar disetel.


PERHATIAN

Pin untuk melakukan timing harus dilepaskan dari camshaft sebelum crankshaft diputar, apabila tidak, akan terjadi kerusakan pada blok silinder.



PERHATIAN

JANGAN menggunakan motor starter untuk memutar crankshaft. Oli pelumasan dapat mengalir keluar dari antara crankshaft dan bantalan engine apabila engine belum pernah dijalankan selama beberapa waktu. Kerusakan dapat terjadi apabila crankshaft diputar pada permukaan bantalan yang kering.

Untuk mencegah terjadinya kerusakan pada bantalan crankshaft, JANGAN mengengkol engine sebelum melakukan proses pelumasan awal, khususnya setelah prosedur perawatan ini.



PERHATIAN

Pompa pelumasan awal tidak boleh dioperasikan secara terus menerus dalam jangka waktu lama. Apabila, selama melakukan perbaikan, pompa pelumasan awal telah dijalankan secara terus-menerus selama tiga jam atau lebih, perlu dilakukan pembuangan oli yang telah terkumpul dalam silinder dan/atau di atas katup.


Pelumasan awal engine akan diperlukan sebelum crankshaft diputar untuk melakukan tindakan perawatan normal. Aktifkan pompa pelumasan awal untuk memutar crankshaft dari engine.


PERHATIAN

Jangan menggunakan kunci impak untuk mengoperasikan barring device. Penggunaan kunci impak akan menyebabkan rusaknya gigi rodagigi.


Barring device menyediakan cara untuk memutar rodagila secara perlahan untuk melakukan servis pada engine. Barring device juga dapat digunakan untuk mencegah putaran crankshaft. Gunakan petunjuk pada Service Manual untuk mendapatkan informasi mengenai pengoperasian barring device.

Timing Unit Injektor (Timing Bahan Bakar)

Camshaft harus disinkronkan secara tepat dengan crankshaft sebelum timing bahan bakar disetel. Dimensi timing bahan bakar tertera pada Pelat Informasi engine.

Klem Unit Injektor

Permukaan atas klem unit injektor harus sejajar dengan permukaan atas kepala silinder. Spesifikasi kerenggangan diberikan dalam Service Manual.

Sinkronisasi Unit Injektor

Lakukan sinkronisasi unit injektor. Sewaktu prosedur perawatan ini telah selesai dikerjakan, pastikan bahwa barring device telah dilepaskan dari rodagila dan pastikan bahwa gagang barring device telah diamankan pada posisi tidak terpasang.

Jembatan Katup


PERHATIAN

JANGAN mencoba untuk menyetel katup apabila crankshaft dan camshaft tidak sinkron. Diabaikannya hal ini dapat mengakibatkan kerusakan engine seperti misalnya katup yang bengkok.


Periksa jembatan katup dan setel jembatan katup, apabila diperlukan. Lakukan prosedur untuk kedua jembatan katup pada masing-masing silinder. Apabila jembatan katup untuk katup masuk memerlukan penyetelan yang lebih sering, lubrikator untuk katup masuk mungkin tidak bekerja. Lubrikator mungkin belum disetel dengan benar.

Setelah jembatan katup diperiksa pada masing-masing silinder, lanjutkan dengan penyetelan jarak celah katup, apabila diperlukan.

Jarak Celah Katup Engine

Catatan: Spesifikasi jarak celah katup diberikan dalam Buku Petunjuk Pengoperasian dan Perawatan, "Keterangan Engine" (Bagian Informasi Tentang Produk).

Apabila jarak celah katup masih berada dalam batas toleransi, penyetelan jarak celah katup TIDAK diperlukan.

Timing crankshaft dan camshaft harus diperiksa dan penyetelan jembatan katup harus dilakukan sebelum melakukan penyetelan jarak celah katup.

Lakukan penyetelan jarak celah katup sewaktu engine berada dalam keadaan dingin. Setelah engine dimatikan dan penutup katup telah dilepaskan, engine dapat dianggap telah dingin.

Sebelum melakukan tindakan perawatan, hindari masuknya benda-benda asing ke dalam bagian atas kepala silinder dan mekanisme katup. Bersihkan secara keseluruhan daerah di sekitar penutup mekanisme katup.

Back to top
The names Caterpillar, John Deere, JD, JCB, Hyundai or any other original equipment manufacturers are registered trademarks of the respective original equipment manufacturers. All names, descriptions, numbers and symbols are used for reference purposes only.
CH-Part.com is in no way associated with any of the manufacturers we have listed. All manufacturer's names and descriptions are for reference only.