3208 Marine Engine Caterpillar


S·O·S Oil Analysis

Usage:

3208 01Z
Caterpillar merekomendasikan penggunaan program analisa oli S·O·S untuk memonitor kondisi dan persyaratan perawatan peralatan. Program analisa oli S·O·S akan melengkapi program perawatan pencegahan.

Analisa oli S·O·S merupakan alat diagnostik yang digunakan untuk menentukan kinerja oli dan laju keausan komponen. Kontaminasi dapat diidentifikasi dan diukur melalui penggunaan analisa oli S·O·S. Analisa oli S·O·S meliputi pengujian berikut:

  • Analisa Laju Keausan yang memonitor keausan logam engine. Jumlah keausan logam dan tipe keausan logam yang terdapat dalam oli akan dianalisa. Peningkatan laju keausan logam engine dalam oli sama pentingnya dengan jumlah keausan logam engine dalam oli. Karena alasan ini, pengambilan sampel secara teratur pada interval yang ditentukan perlu dilakukan untuk menentukan laju keausan. Pengambilan sampel yang tidak teratur tidak memungkinkan ditentukannya garis trend laju keausan. Keausan logam engine dalam sampel oli akan dibandingkan dengan aturan baku Caterpillar guna menentukan tingkat kelayakannya.

  • Pengujian juga dilakukan untuk mendeteksi kontaminasi oli oleh air, glycol atau bahan bakar.

  • Analisa Kondisi Oli menentukan berkurangnya sifat-sifat pelumasan oli. Analisa infra merah digunakan untuk membandingkan sifat-sifat oli yang baru dengan sifat-sifat sampel oli bekas. Analisa ini memungkinkan teknisi menentukan jumlah penurunan kualitas oli selama penggunaan. Analisa ini juga memungkinkan teknisi memeriksa kinerja oli sesuai dengan spesifikasi selama keseluruhan interval penggantian oli.

Hasil pengujian sampel oli selanjutnya akan digunakan sebagai dasar untuk menentukan interval penggantian oli bagi engine. Hasil analisa oli S·O·S juga akan memungkinkan engine bekerja lebih lama antar penggantian oli tanpa adanya resiko kerusakan engine.

Table 1
Interval Analisa Oli S·O·S    
Kompartemen     Interval    
Karter Engine     Setiap 250 jam servis    

Untuk mendapatkan informasi lebih terperinci, lihat Publikasi Khusus, PEDP7036, "S·O·S Fluid Analysis". Hubungi dealer Caterpillar untuk mendapatkan informasi selengkapnya dan bantuan terhadap program ini.

Back to top
The names Caterpillar, John Deere, JD, JCB, Hyundai or any other original equipment manufacturers are registered trademarks of the respective original equipment manufacturers. All names, descriptions, numbers and symbols are used for reference purposes only.
CH-Part.com is in no way associated with any of the manufacturers we have listed. All manufacturer's names and descriptions are for reference only.