D6R2 Track-Type Tractor Caterpillar


Cooling System Coolant (ELC) - Change

Usage:

D6R LGP PPP

------ PERINGATAN! ------

Penghidupan alat berat secara tidak disengaja dapat menyebabkan cedera atau kematian terhadap petugas yang bekerja pada alat berat.

Untuk menghindari penghidupan alat berat secara tidak disengaja, putar sakelar pemutus hubungan baterai ke posisi OFF dan lepaskan kuncinya. Apabila alat berat tidak diperlengkapi dengan sakelar pemutus hubungan baterai, lepaskan sambungan kabel baterai dari baterai dan bungkus klem baterai dengan bahan isolasi.

Pasangkan label jangan dioperasikan pada lokasi sakelar pemutus hubungan baterai untuk memberitahukan petugas bahwa sedang ada pekerjaan pada alat berat.



PERHATIAN

Pastikan bahwa anda telah membaca dan memahami informasi yang diberikan dalam topik Keselamatan dan Spesifikasi Sistem Pendinginan mengenai semua informasi yang menyangkut persyaratan air, antifreeze dan supplemental coolant additive sebelum melakukan tindakan perawatan sistem pendinginan.



PERHATIAN

Pastikan agar semua cairan selalu ditampung pada tempatnya selama melakukan pemeriksaan, perawatan, pengujian, penyetelan dan perbaikan terhadap produk. Persiapkan tempat untuk menampung cairan sebelum membuka suatu kompartemen atau membongkar suatu komponen yang berisikan cairan.

Gunakan petunjuk pada Publikasi Khusus, NENG2500, "Katalog Peralatan Servis Dealer" untuk mengetahui peralatan dan perlengkapan untuk mengumpulkan dan menampung cairan pada produk Cat.

Buang semua cairan sesuai peraturan setempat yang berlaku.


Kuras cairan pendingin apabila cairan pendingin tampak kotor atau berbusa.

Tutup pengisian terletak di bawah pintu akses di sebelah kiri atas pelindung radiator.

  1. Longgarkan tutup pengisian secara perlahan untuk membebaskan tekanan sistem. Lepaskan tutup pengisian.


    Ilustrasi 1g03651872

  2. Lepaskan dua baut (1) dan ring-nya.

  3. Lepaskan pelat akses depan (2) dari alat berat.

  4. Tarik keluar selang kuras (tidak ditampilkan) yang berada di belakang pelat akses. Bersihkan area di sekitar selang kuras, sesuai kebutuhan.

  5. Lepaskan sumbat (bila terpasang) dari ujung selang kuras. Buka katup kuras radiator. Biarkan cairan pendingin mengalir ke penampungan yang sesuai.

  6. Tutup katup saluran kuras. Isilah radiator dengan larutan yang terdiri atas air bersih dan cairan pembersih sistem pendinginan. Konsentrasi cairan pembersih sistem pendinginan harus 6 hingga 10 persen.

  7. Hidupkan engine. Biarkan engine hidup selama 90 menit. Matikan engine. Buang larutan pembersih ke penampungan yang sesuai.

  8. Di saat engine dalam keadaan berhenti, bilas sistem dengan air. Bilas sistem hingga air buangan berwarna bening.

  9. Tutup katup saluran kuras. Pasang sumbat di ujung selang kuras. Ganti selang kuras (tidak ditampilkan) di bawah radiator.

  10. Pasang pelat akses depan (2) pada alat berat.

  11. Pasang dua baut (1) dan ring-nya.

  12. Tambahkan larutan cairan pendingin. Lihat topik berikut di publikasi ini:

    • Kapasitas (Pengisian Ulang)

    Catatan: Antifreeze Caterpillar mengandung zat tambahan. Jika Anda menggunakan antifreeze Cat, jangan tambahkan zat tambahan cairan pendingin suplemen kali ini. Selain itu, jangan ganti elemen zat tambahan cairan pendingin suplemen saat ini.

  13. Hidupkan engine. Jalankan engine tanpa tutup pengisian hingga termostat terbuka dan tingkat cairan pendingin menjadi stabil.


    Ilustrasi 2g03651900

  14. Buka pintu akses engine sisi kiri. Cairan pendingin harus menutupi pengukur inspeksi (3) sepenuhnya. Lakukan penyesuaian yang perlu terhadap tingkat cairan pendingin. Tambahkan cairan pendingin agar tingginya sama dengan dasar tabung pengisi dalam tangki shunt.

  15. Periksa tutup pengisian. Jika gasket pada tutup pengisian rusak, ganti tutup pengisian. Pasang tutup pengisian.

  16. Matikan engine.


    Ilustrasi 3g03663155

  17. Bersihkan inti radiator dengan udara kompresi. Anda harus menggunakan air untuk menghilangkan serpihan.

  18. Tutup pintu akses engine sisi kiri.
Back to top
The names Caterpillar, John Deere, JD, JCB, Hyundai or any other original equipment manufacturers are registered trademarks of the respective original equipment manufacturers. All names, descriptions, numbers and symbols are used for reference purposes only.
CH-Part.com is in no way associated with any of the manufacturers we have listed. All manufacturer's names and descriptions are for reference only.