C18 Petroleum Generator Sets Caterpillar


Engine Air Cleaner Element (Dual Element) - Clean/Replace

Usage:

C18 PEE


PERHATIAN

Jangan sekali-kali menjalankan engine tanpa adanya elemen saringan udara yang terpasang. Jangan sekali-kali menjalankan engine dengan elemen saringan udara yang telah rusak. Jangan menggunakan elemen saringan udara yang telah rusak pada lipatan, gasket atau seal. Kotoran yang masuk ke dalam engine akan menyebabkan keausan dini dan kerusakan pada komponen engine. Elemen saringan udara membantu mencegah kotoran di udara agar tidak masuk ke dalam lubang pemasukan udara.



PERHATIAN

Jangan sekali-kali melakukan servis pada elemen saringan udara saat engine sedang hidup karena hal ini akan memungkinkan kotoran masuk ke dalam engine.


Melakukan Servis pada Elemen Saringan Udara

Catatan: Sistem filter udara bisa saja belum disediakan oleh Caterpillar. Prosedur berikut adalah untuk sistem filter udara yang umumnya digunakan. Gunakan petunjuk pada informasi dari OEM untuk mengetahui prosedur yang benar.

Apabila elemen saringan udara telah tersumbat, udara dapat merobek material elemen saringan udara. Udara yang tidak terfiltrasi akan secara drastis mempercepat keausan komponen bagian dalam engine. Gunakan petunjuk pada informasi OEM untuk mengetahui elemen saringan udara yang tepat bagi aplikasi anda.

  • Periksa precleaner (bila dilengkapi) dan tabung debu setiap hari untuk melihat adanya penumpukan kotoran dan debu. Bersihkan semua debu atau kotoran, sesuai yang diperlukan.

  • Pengoperasian di kondisi yang kotor akan memerlukan tindakan servis yang sering terhadap elemen saringan udara.

  • Elemen saringan udara harus diganti sedikitnya sekali setahun. Penggantian ini harus dilakukan tanpa memperhatikan jumlah pembersihan yang telah dilakukan.

Ganti elemen saringan udara yang telah kotor dengan elemen saringan udara yang bersih. Sebelum pemasangan, elemen saringan udara harus diperiksa secara menyeluruh terhadap adanya sobekan dan/atau lubang pada bahan filter. Periksa gasket atau seal pada elemen saringan udara terhadap kerusakan. Siapkan cadangan elemen saringan udara untuk tujuan penggantian.

Saringan Udara Elemen Ganda

Saringan udara elemen ganda terdiri atas elemen saringan udara primer dan elemen saringan udara sekunder.

Elemen saringan udara primer dapat digunakan sampai sebanyak enam kali apabila elemen dibersihkan dengan benar dan diperiksa dengan benar. Elemen saringan udara primer harus diganti sedikitnya sekali dalam setahun. Penggantian ini harus dilakukan tanpa memperhatikan jumlah pembersihan yang telah dilakukan.

Elemen saringan udara sekunder tidak bisa diservis. Gunakan petunjuk pada informasi OEM untuk mengetahui petunjuk dalam mengganti elemen saringan udara sekunder.

Sewaktu engine bekerja dalam lingkungan yang berdebu atau kotor, elemen saringan udara akan memerlukan penggantian yang lebih sering.




Ilustrasi 1g01346523

(1) Penutup

(2) Elemen saringan udara primer

(3) Elemen saringan udara sekunder

(4) Lubang masuk udara

  1. Lepaskan penutup. Lepaskan elemen saringan udara primer.

  1. Elemen saringan udara sekunder harus dilepaskan dan dibuang untuk setiap tiga kali pembersihan elemen saringan udara primer.

    Catatan: Gunakan petunjuk pada "Membersihkan Elemen Saringan Udara Primer".

  1. Tutup lubang masuk udara dengan pita isolasi untuk mencegah debu agar tidak masuk.

  1. Bersihkan bagian dalam penutup dan badan saringan udara dengan menggunakan kain yang bersih dan kering.

  1. Lepaskan pita isolasi dari lubang pemasukan udara. Pasang elemen saringan udara sekunder. Pasang elemen saringan udara primer yang masih baru atau yang sudah dibersihkan.

  1. Pasang penutup saringan udara.

  1. Lakukan reset terhadap indikator servis saringan udara.

Membersihkan Elemen Saringan Udara Primer

Gunakan petunjuk pada informasi OEM untuk menentukan berapa kali elemen filter primer dapat dibersihkan. Sewaktu elemen saringan udara primer dibersihkan, periksa adanya sobekan atau lubang pada material filter. Elemen saringan udara primer harus diganti sedikitnya sekali dalam setahun. Penggantian ini harus dilakukan tanpa memperhatikan jumlah pembersihan yang telah dilakukan.


PERHATIAN

Jangan menepuk atau memukul elemen saringan udara.

Jangan mencuci elemen saringan udara primer.

Gunakan udara bertekanan rendah (207 kPa; 30 psi maksimum) atau pembersihan dengan alat vakum untuk membersihkan elemen saringan udara primer.

Lakukan secara berhati-hati untuk menghindari kerusakan pada elemen saringan udara.

Jangan menggunakan elemen saringan udara yang telah rusak pada lipatan, gasket atau seal.


Gunakan petunjuk pada informasi OEM untuk menentukan berapa kali elemen saringan udara primer dapat dibersihkan. Jangan membersihkan elemen filter udara primer lebih dari tiga kali. Elemen saringan udara primer harus diganti sedikitnya sekali dalam setahun.

Membersihkan elemen filter udara tidak akan memperpanjang umur pemakaian elemen filter udara.

Lakukan pemeriksaan visual terhadap elemen saringan udara primer sebelum melakukan pembersihan. Periksa elemen saringan udara terhadap kerusakan pada lipatan, seal, gasket dan penutup luar. Buang elemen saringan udara yang telah rusak.

Dua cara dapat digunakan untuk membersihkan elemen saringan udara primer:

  • Udara bertekanan

  • Pembersihan dengan alat vakum

Udara Bertekanan

------ PERINGATAN! ------

Cedera dapat terjadi akibat udara bertekanan.

Cedera dapat terjadi akibat tidak diikutinya prosedur yang benar. Ketika menggunakan udara bertekanan, kenakan masker pelindung wajah dan pakaian pelindung.

Tekanan udara maksimum pada nosel harus kurang dari 205 kPa (30 psi) untuk tujuan membersihkan.


Udara bertekanan dapat digunakan untuk membersihkan elemen saringan udara primer yang belum dibersihkan lebih dari tiga kali. Gunakan udara yang bersih dan telah terfiltrasi dengan tekanan maksimum 207 kPa (30 psi). Udara bertekanan tidak akan menghilangkan endapan karbon dan oli.




Ilustrasi 2g00281692

Catatan: Sewaktu elemen saringan udara primer dibersihkan, mulailah selalu dari sisi yang bersih (bagian dalam) untuk memaksa partikel kotoran ke arah sisi yang kotor (bagian luar).

Arahkan selang udara sehingga udara mengalir menyusur sepanjang filter. Ikuti arah lipatan kertas untuk mencegah kerusakan pada lipatan. Jangan mengarahkan udara secara langsung pada sisi permukaan lipatan kertas.

Catatan: Gunakan petunjuk pada "Memeriksa Elemen Saringan Udara Primer".

Pembersihan dengan Alat Vakum

Pembersihan dengan alat vakum merupakan metode yang baik untuk membersihkan kotoran yang terakumulasi di sisi kotor (bagian luar) elemen saringan udara primer. Pembersihan dengan alat vakum bermanfaat khususnya untuk membersihkan elemen saringan udara primer yang memerlukan pembersihan setiap hari karena lingkungan yang kering dan berdebu.

Pembersihan dari sisi yang bersih (bagian dalam) dengan udara bertekanan direkomendasikan untuk dilakukan sebelum melakukan pembersihan dengan alat vakum pada sisi yang kotor (bagian luar) dari elemen saringan udara primer.

Catatan: Gunakan petunjuk pada "Memeriksa Elemen Saringan Udara Primer".

Membersihkan Elemen Saringan Udara Primer




Ilustrasi 3g00281693

Periksa elemen saringan udara primer yang bersih dan kering. Gunakan sebuah lampu warna biru 60 watt dalam ruangan yang gelap atau fasilitas yang sejenis. Tempatkan lampu biru di dalam elemen saringan udara primer. Putar elemen saringan udara primer. Periksa elemen saringan udara primer terhadap adanya bagian yang robek dan/atau berlubang. Periksa elemen saringan udara primer apakah ada cahaya yang terlihat melalui bahan filter. Apabila perlu untuk memastikan hasilnya, bandingkan elemen saringan udara primer terhadap sebuah elemen saringan udara primer yang masih baru yang memiliki nomor sukucadang yang sama.

Jangan menggunakan elemen saringan udara primer yang memiliki sobekan dan/atau lubang pada bahan filter. Jangan menggunakan elemen saringan udara primer yang telah rusak pada lipatan, gasket atau seal. Buang elemen saringan udara primer yang telah rusak.

Caterpillar Information System:

3500B Marine Propulsion Engines Product Storage
2007/06/11 An Improved Alternator Guard is Used {7174}
2007/02/05 New PL1000E Software is now Available {7606, 7620}
2007/02/05 New PL1000E Software is now Available {7606, 7620}
CX28, CX31 and CX35 On-Highway Transmissions Power Train Electronic Control System Transmission, SPN 739 - FMI 6
CX28, CX31 and CX35 On-Highway Transmissions Power Train Electronic Control System Transmission, SPN 739 - FMI 5
CX28, CX31 and CX35 On-Highway Transmissions Power Train Electronic Control System Transmission, SPN 739 - FMI 3
TH31-C9I, TH31-C9P, TH31-C9T, TH35-C11I, TH35-C13I, TH35-C13T, TH35-C15I and TH35-C15T Petroleum Power Train Packages and TH31-E61 and TH35-E81 Petroleum Transmissions Monitoring System Service Tools
G3508B, G3512B, G3512B, G3516B and G3520B Petroleum Engines Throttle Control Valve - Remove
3606 and 3608 Engines Valve Lash and Valve Bridge Adjustment
3606 and 3608 Engines Compression
3606 and 3608 Engines Crankcase Pressure
G3508B, G3512B, G3512B, G3516B and G3520B Petroleum Engines Throttle Control Valve - Install
2007/02/12 Procedure to Torque Camshaft Gear {1206, 1210}
2007/02/01 Procedure to Torque Camshaft Gears which Include Camshaft Gears in Remanufactured Engines with Serial Number Prefix <B>S/N:</B>4AS {1206, 1210}
G3520C and G3520E Engines Thermostatic Valve
G3520B Engines Exhaust Manifold
CX48-P2300 Petroleum Transmission Transmission Relief Valve (Transmission Hydraulic Control)
CX35 On-Highway Transmission Visual Inspection
CX35 On-Highway Transmission Torque Converter Troubleshooting
CX35 On-Highway Transmission Transmission Planetary Troubleshooting
CX35 On-Highway Transmission Hydraulic Oil Contamination - Test
C9 Engines for Motor Graders Electrical Connectors
G3508B, G3512B, G3512B, G3516B and G3520B Petroleum Engines Turbocharger - Remove
Back to top
The names Caterpillar, John Deere, JD, JCB, Hyundai or any other original equipment manufacturers are registered trademarks of the respective original equipment manufacturers. All names, descriptions, numbers and symbols are used for reference purposes only.
CH-Part.com is in no way associated with any of the manufacturers we have listed. All manufacturer's names and descriptions are for reference only.