789D and 789D XQ Off-Highway Trucks Caterpillar


Cooling System Coolant Extender (ELC) - Add

Usage:

789D SHH

------ PERINGATAN! ------

Cedera dapat terjadi akibat cairan pendingin yang panas, uap dan zat alkali.

Pada temperatur kerja, cairan pendingin engine berada dalam keadaan panas dan bertekanan. Radiator dan semua pipa saluran ke alat pemanas atau engine mengandung cairan pendingin yang panas atau uap. Terjadinya persentuhan dapat mengakibatkan luka bakar yang serius.

Lepaskan tutup tekanan sistem pendinginan secara perlahan untuk membebaskan tekanan hanya setelah engine mati dan tutup tekanan sistem pendinginan berada dalam keadaan cukup dingin sehingga dapat disentuh dengan tangan telanjang.

Jangan mencoba mengencangkan sambungan selang sewaktu cairan pendingin berada dalam keadaan panas. Selang dapat terlepas sehingga mengakibatkan luka bakar.

Bahan Aditif Cairan Pendingin Sistem Pendinginan mengandung zat alkali. Hindari agar tidak tersentuh pada kulit dan mata.



PERHATIAN

Penambahan cairan pendingin pada engine yang sedang mengalami panas berlebih dapat mengakibatkan kerusakan pada engine. Biarkan engine menjadi dingin sebelum menambahkan cairan pendingin.

Apabila alat berat akan disimpan atau dipindahkan ke daerah yang memiliki temperatur yang membeku, sistem pendinginan harus dilindungi terhadap temperatur udara luar (ambien) yang terendah.

Sistem pendinginan engine biasanya dilindungi hingga temperatur minimum −29°C (−20°F) dengan menggunakan Caterpillar Antifreeze sewaktu dikeluarkan dari pabrik, kecuali ada persyaratan khusus yang disebutkan.



PERHATIAN

Pastikan agar semua cairan selalu ditampung pada tempatnya selama melakukan pemeriksaan, perawatan, pengujian, penyetelan dan perbaikan terhadap produk. Persiapkan tempat untuk menampung cairan sebelum membuka suatu kompartemen atau membongkar suatu komponen yang berisikan cairan.

Gunakan petunjuk pada Publikasi Khusus, NENG2500, "Katalog Peralatan Servis Dealer" untuk mengetahui peralatan dan perlengkapan untuk mengumpulkan dan menampung cairan pada produk Cat.

Buang semua cairan sesuai peraturan setempat yang berlaku.



PERHATIAN

Bahan additif yang berlebihan (lebih besar dari 6% yang direkomendasikan pada pengisian awal) serta konsentrasi antifreeze yang lebih besar dari 60% dapat menyebabkan pembentukan deposit dan mengakibatkan tersumbatnya aliran di dalam pipa saluran radiator serta panas yang berlebihan.



PERHATIAN

Mencampurkan Cat Extended Life Coolant (ELC) dengan produk lain akan mengurangi efektivitas cairan pendingin dan mempersingkat umur pemakaian cairan pendingin. Gunakan hanya produk Caterpillar atau produk komersial yang telah memenuhi spesifikasi Caterpillar EC-1 untuk cairan pendingin yang telah dicampur terlebih dahulu atau yang masih dalam bentuk konsentrat. Gunakan hanya Cat Extender pada Cat ELC. Kelalaian dalam mengikuti rekomendasi ini dapat mengakibatkan kerusakan pada komponen sistem pendinginan.

Apabila terjadi kontaminasi dalam sistem pendinginan ELC, gunakan petunjuk pada Pengoperasian dan Perawatan, "Extended Life Coolant (ELC)" pada topik Kontaminasi Sistem Pendinginan ELC.

Alat Berat ini telah diisi dari pabrik dengan menggunakan Caterpillar Extended Life Coolant.


Untuk persyaratan sistem pendinginan, lihat Publikasi Khusus, SEBU6250, "Cooling System Specification".

Untuk memeriksa konsentrasi, gunakan Alat Uji 8T-5296.

  1. Parkir alat berat pada bidang datar. Aktifkan rem parkir dan matikan engine.



    Ilustrasi 1g02731252

    Tampak bagian atas tangki ekspansi 789D dengan engine 3516C.

    Alat berat 789D yang menggunakan engine 3516C memiliki satu sirkuit sistem pendinginan. Alat berat 789D ini dilengkapi dengan aftercooler udara ke udara (ATAAC, Air To Air Aftercooler).

    (1) Tutup pengisian untuk sirkuit pendinginan engine




    Ilustrasi 2g02731254

    Tampak bagian atas tangki ekspansi 789D dengan engine 3516B.

    Alat berat 789D yang menggunakan engine 3516B memiliki dua sirkuit sistem pendinginan. Alat berat 789D ini dilengkapi dengan aftercooler sirkuit terpisah (mantel air) (SCAC, Separate Circuit Aftercooler).

    (1) Tutup pengisian untuk sirkuit pendinginan engine

    (2) Tutup pengisian untuk sirkuit aftercooler

  1. Perlahan kendurkan tutup pengisian (1). Longgarkan secara perlahan tutup pengisian (2) (bila terpasang). Hal ini akan membebaskan tekanan dalam sistem. Lepaskan tutup pengisian.



    Ilustrasi 3g02731747

    Tampak bagian atas tangki ekspansi 789D dengan engine 3516C.

    (3) Meteran tingkat cairan untuk sirkuit pendinginan engine




    Ilustrasi 4g02731660

    Tampak bagian atas tangki ekspansi 789D dengan engine 3516B.

    (3) Meteran tingkat cairan untuk sirkuit pendinginan engine

    (4) Meteran tingkat cairan untuk sirkuit aftercooler

  1. Periksa meteran tingkat cairan (3) dan (4) (bila terpasang). Bila perlu, buang secukupnya cairan pendingin ke dalam wadah yang sesuai untuk memungkinkan penambahan extender cairan pendingin pemakaian lama. Rujuk ke Buku Petunjuk Pengoperasian dan Perawatan, "Tingkat Cairan Pendingin Sistem Pendinginan - Pemeriksaan".

  1. Lihat tabel pada Publikasi Khusus, SEBU6250, "Extended Life Coolant (ELC)". Di dalam tabel tersebut tercantum jumlah extender Cat Extended Life Coolant (ELC) yang tepat, yang harus ditambahkan ke dalam sistem pendinginan.

  1. Bersihkan dan periksa tutup pengisian. Pasang tutup pengisian.

  1. Hidupkan engine dan periksa ada tidaknya kebocoran. Biarkan tingkat cairan pendingin menjadi stabil dan periksa meteran tingkat cairan.

  1. Bila perlu, tambahkan cairan pendingin yang telah dicampurkan sebelumnya untuk menaikkan jumlah cairan pendingin ke tingkat yang sesuai pada meteran tingkat cairan.

Caterpillar Information System:

521B and 522B Track Feller Bunchers Machine Systems Main Control Valve (5-Bank) - Travel) (Low Flow
CP54B, CS54B and CS64B Vibratory Soil Compactors Engine Supplement Water Separator and Base - Remove and Install
521B and 522B Track Feller Bunchers Machine Systems Main Control Valve (4-Bank) - High Flow) (Non-Tilt
Cat® Fleet Onboard Software Version 3.1 Display - Clean
416F, 420F, 422F, 428F, 430F, 432F, 434F and 444F Backhoe Loaders Axles, Differential and Brakes Parking Brake Control
C27 and C32 Engines for Caterpillar Built Machines Turbocharger - Remove and Install
416F, 420F, 422F, 428F, 430F, 432F, 434F and 444F Backhoe Loaders Axles, Differential and Brakes Drive and Steering Axle (Rear)
CP54B, CS54B and CS64B Vibratory Soil Compactors Engine Supplement Radiator, Hydraulic Oil Cooler, Air Cooler, and Fuel Cooler - Remove
Snow Push Work Tool Supplement Cutting Edges - Inspect/Replace
Snow Push Work Tool Supplement Side Plate - Replace
R1600H Load Haul Dump Power Train Rim Mounting
R1600H Load Haul Dump Power Train Final Drive and Wheel
416F, 420F, 422F, 428F, 430F, 432F, 434F and 444F Backhoe Loaders Axles, Differential and Brakes Service Brake Control
793F AC Off-Highway Truck Hydraulic Fan and Steering System Solenoid Valve and Manifold (Blower Fan, Final Drive Lubrication, Steering)
521B and 522B Track Feller Bunchers Machine Systems Main Control Valve (5-Bank) - Travel) (High Flow
Snow Push Work Tool Supplement Side Plate Skid Plate - Inspect/Replace
CP54B, CS54B and CS64B Vibratory Soil Compactors Engine Supplement Fuel Filter (Secondary) and Fuel Filter Base - Remove and Install - Secondary Fuel Filter
793F CMD Off-Highway Truck (Command for Hauling) Power Train Electronic Control System MID 081 - CID 2200 - FMI 01
793F CMD Off-Highway Truck (Command for Hauling) Power Train Electronic Control System MID 081 - CID 2200 - FMI 02
793F CMD Off-Highway Truck (Command for Hauling) Power Train Electronic Control System MID 081 - CID 2200 - FMI 03
789D and 789D XQ Off-Highway Trucks Cooling System Coolant Level - Check
793F CMD Off-Highway Truck (Command for Hauling) Power Train Electronic Control System MID 081 - CID 2200 - FMI 04
Snow Push Work Tool Supplement Mounting Plates - Inspect/Replace
CP54B, CS54B and CS64B Vibratory Soil Compactors Engine Supplement Radiator, Hydraulic Oil Cooler, Air Cooler, and Fuel Cooler - Install
Back to top
The names Caterpillar, John Deere, JD, JCB, Hyundai or any other original equipment manufacturers are registered trademarks of the respective original equipment manufacturers. All names, descriptions, numbers and symbols are used for reference purposes only.
CH-Part.com is in no way associated with any of the manufacturers we have listed. All manufacturer's names and descriptions are for reference only.