C7.1 Marine Propulsion Engine Caterpillar


Hoses and Clamps - Inspect/Replace

Usage:

C7.1 JEZ
Selang dan klem harus diperiksa secara berkala dan diganti pada interval yang direkomendasikan untuk memastikan pengoperasian engine yang aman dan kontinu. Selang bahan bakar yang tidak diganti pada interval penggantian yang direkomendasikan dapat mengakibatkan situasi berbahaya. Lakukan langkah pencegahan untuk keselamatan yang sesuai sebelum memeriksa atau mengganti selang dan klem.

Catatan: Selalu gunakan papan atau karton saat memeriksa komponen engine terhadap kebocoran. Cairan bocor yang bertekanan dapat menyebabkan cedera parah atau risiko kematian. Termasuk kebocoran seukuran lubang jarum. Untuk informasi selengkapnya, lihat Buku Petunjuk Pengoperasian dan Perawatan, "Informasi Bahaya Umum".

Catatan: Pastikan selang kompatibel dengan aplikasi.

Periksa Tabung, Selang, Bellow, dan Klem

Periksa semua tabung dan selang dari kebocoran yang disebabkan oleh kondisi berikut. Ganti tabung dan selang yang menunjukkan kondisi berikut. Kegagalan mengganti tabung dan selang yang menunjukkan kondisi berikut dapat mengakibatkan situasi berbahaya.

  • Selang yang retak

  • Selang yang lunak

  • Penutup bagian luar yang rusak atau terkelupas

  • Kabel terbuka yang digunakan untuk penguatan

  • Penutup bagian luar yang menggelembung di sekitarnya

  • Bagian fleksibel dari selang yang kusut atau hancur

  • Pelat lapis baja yang ditempelkan pada penutup bagian luar

  • Bellow gas buang terhadap kebocoran atau kerusakan

  • Selang yang memperlihatkan tanda-tanda kebocoran yang bukan akibat dari kendurnya kopling sambungan atau klem.

Periksa semua klem dari kondisi berikut. Ganti klem yang memperlihatkan tanda dari kondisi berikut.

  • Retak

  • Kendur

  • Rusak

Periksa semua kopling sambungan dari kebocoran. Ganti kopling sambungan yang memperlihatkan tanda-tanda bocor.

Tiap aplikasi pemasangan dapat berbeda-beda. Perbedaan tergantung pada faktor berikut:

  • Tipe selang

  • Tipe material fitting

  • Ekspansi dan kontraksi selang yang diantisipasi

  • Ekspansi dan kontraksi fitting yang diantisipasi

Karena perubahan temperatur yang ekstrem, selang akan memanaskan unit. Pengaturan panas menyebabkan klem selang mengendur dan dapat menimbulkan kebocoran. Klem selang torsi yang konstan akan membantu untuk mencegah klem selang kendur.

Ganti selang yang retak atau lunak. Ganti selang yang menunjukkan tanda kebocoran. Ganti selang yang menunjukkan tanda kerusakan. Ganti klem selang yang retak atau rusak. Kencangkan atau ganti klem selang yang kendur.

Mengganti Selang dan Klem


PERHATIAN

Berhati-hatilah agar cairan tidak tumpah selama pemeriksaan, perawatan, pengujian, penyetelan, dan perbaikan produk. Siapkan wadah penampung cairan sebelum membuka kompartemen atau membongkar komponen yang berisi cairan.

Lihat Publikasi Khusus, NENG2500, "Cat Dealer Servis Tool Catalog" atau lihat Publikasi Khusus, PECJ0003, "Cat Shop Supplies and Tools Catalog" untuk peranti dan perlengkapan yang sesuai untuk menampung dan menyimpan cairan pada produk-produk Caterpillar .

Buang semua cairan sesuai peraturan dan ketentuan yang berlaku.


Sistem Pendinginan

------ PERINGATAN! ------

Sistem Bertekanan: Cairan pendingin yang panas dapat menyebabkan luka bakar serius. Untuk membuka tutup pengisian sistem pendinginan, matikan engine dan tunggu sampai komponen sistem pendinginan menjadi dingin. Kendorkan tutup tekanan sistem pendinginan secara perlahan untuk membebaskan tekanan.


------ PERINGATAN! ------

Cedera tubuh dapat terjadi bila melepas selang atau fitting pada sebuah sistem tekanan.

Kelalaian untuk membebaskan tekanan dapat menyebabkan cedera tubuh.

Jangan lepaskan sambungan selang atau membongkar selang atau fitting sebelum membebaskan seluruh tekanan dalam sistem.


  1. Matikan engine.

  2. Biarkan engine menjadi dingin.

  3. Sebelum memperbaiki selang cairan pendingin, longgarkan secara perlahan tutup pengisian sistem pendinginan untuk melepas tekanan.

  4. Lepaskan tutup pengisian untuk sistem pendinginan.

  5. Kuras cairan pendingin dari sistem pendinginan hingga tingkat di bawah selang yang diganti. Kuras cairan pendingin ke dalam wadah yang sesuai. Cairan pendingin dapat digunakan kembali.

  6. Lepaskan klem selang.

  7. Lepaskan selang yang lama.

  8. Ganti selang yang lama dengan selang baru.

  9. Pasang klem selang yang telah diperiksa atau pasang klem selang yang baru. Untuk informasi tentang pemilihan dan pemasangan klem selang yang benar, rujuk ke Spesifikasi, SENR3130, "Torque Specifications", "Hose Clamps".

  10. Isilah kembali sistem pendinginan.

  11. Bersihkan tutup pengisian cairan pendingin. Periksa gasket pada tutup pengisian. Periksa dudukan gasket. Periksa katup vakum dan dudukan terhadap kotoran atau kerusakan. Ganti tutup pengisian jika gasket rusak. Pasang kembali tutup pengisian.

  12. Hidupkan engine. Periksa sistem pendinginan terhadap kebocoran.

Saluran Bahan Bakar Tekanan Tinggi



Ilustrasi 1g06169497

Sistem Bahan Bakar

------ PERINGATAN! ------

Kontak dengan bahan bakar bertekanan tinggi dapat menyebabkan penetrasi fluida dan bahaya luka bakar. Semprotan bahan bakar bertekanan tinggi dapat menyebabkan bahaya kebakaran. Mengabaikan untuk mengikuti inspeksi ini, instruksi-instruksi servis dan perawatan dapat menyebabkan kecelakaan atau kematian.


------ PERINGATAN! ------

Cedera tubuh dapat terjadi bila melepas selang atau fitting pada sebuah sistem tekanan.

Kelalaian untuk membebaskan tekanan dapat menyebabkan cedera tubuh.

Jangan lepaskan sambungan selang atau membongkar selang atau fitting sebelum membebaskan seluruh tekanan dalam sistem.


------ PERINGATAN! ------

Kontak dengan bahan bakar bertekanan tinggi dapat menyebabkan penetrasi fluida dan bahaya luka bakar. Semprotan bahan bakar bertekanan tinggi dapat menyebabkan bahaya kebakaran. Mengabaikan untuk mengikuti inspeksi ini, instruksi-instruksi servis dan perawatan dapat menyebabkan kecelakaan atau kematian.



PERHATIAN

Jangan membiarkan kotoran memasuki sistem bahan bakar. Bersihkan secara menyeluruh daerah sekeliling komponen sistem bahan bakar yang akan dilepaskan. Pasangkan sebuah penutup yang sesuai pada setiap komponen sistem bahan bakar yang dilepaskan.


Saluran bahan bakar ini berbeda dengan saluran bahan bakar pada sistem bahan bakar lain dikarenakan beberapa kondisi berikut:

  • Saluran bahan bakar tekanan tinggi diisi dengan tekanan tinggi secara terus-menerus.

  • Tekanan internal dari saluran bahan bakar tekanan tinggi lebih tinggi dari sistem bahan bakar tipe lainnya.

  • Saluran bahan bakar tekanan tinggi dibuat hingga terbentuk sedemikian rupa dan kemudian diperkuat melalui proses khusus.

Catatan: Jangan injak saluran bahan bakar tekanan tinggi. Jangan belokkan saluran bahan bakar tekanan tinggi. Jangan bengkokkan atau pukul saluran bahan bakar tekanan tinggi. Perubahan bentuk atau kerusakan pada saluran bahan bakar tekanan tinggi dapat menimbulkan titik kelemahan dan kemungkinan kegagalan.


PERHATIAN

Jangan membengkokkan atau memukul saluran bertekanan tinggi. Jangan memasang pipa, selang dan saluran yang sudah bengkok atau yang sudah rusak. Lakukan perbaikan terhadap pipa, selang, saluran bahan bakar dan saluran oli yang kendor atau rusak. Kebocoran dapat menyebabkan kebakaran. Periksa semua saluran, pipa dan selang dengan cermat. Kencangkan semua sambungan sesuai torsi yang direkomendasikan.


Catatan: Saluran bahan bakar tekanan tinggi dapat dipasang di antara pompa bahan bakar tekanan tinggi dan injektor bahan bakar. Saluran bahan bakar tekanan tinggi secara konstan diisi dengan tekanan tinggi. Sebelum memeriksa saluran bahan bakar tekanan tinggi, pastikan engine atau motor starter tidak sedang beroperasi. Tunggu selama 10 menit setelah engine berhenti sebelum melakukan servis atau perbaikan apa pun pada saluran bahan bakar tekanan tinggi. Menunggu selama 10 menit akan memungkinkan tekanan terkuras.

Catatan: Jangan longgarkan saluran bahan bakar tekanan tinggi untuk mengeluarkan udara dari sistem bahan bakar. Prosedur ini tidak diperlukan.

  1. Periksa secara visual saluran bahan bakar tekanan tinggi sebelum menyalakan engine. Pemeriksaan ini harus dilakukan setiap hari.

    Bila Anda melakukan pemeriksaan saat engine beroperasi, selalu gunakan prosedur pemeriksaan yang sesuai untuk mencegah bahaya penetrasi cairan. Rujuk ke Buku Petunjuk Pengoperasian dan Perawatan, Informasi Bahaya yang Umum.

  2. Periksa saluran bahan bakar tekanan tinggi terhadap kerusakan, perubahan bentuk, baret, goresan, tekukan, atau penyok.

    Catatan: Jangan operasikan engine bila ada kebocoran bahan bakar. Jika terdapat kebocoran, jangan kencangkan koneksi untuk menghentikan kebocoran tersebut. Koneksi hanya boleh dikencangkan dengan torsi yang direkomendasikan. Rujuk ke Pembongkaran dan Perakitan, “Saluran Injeksi Bahan Bakar - Pelepasan dan Pemasangan”.

    Catatan: Jika saluran bahan bakar tekanan tinggi dikencangkan dengan torsi yang benar dan saluran bahan bakar tekanan tinggi bocor, saluran bahan bakar tekanan tinggi harus diganti.

  3. Pastikan semua klip pada saluran bahan bakar tekanan tinggi berada di tempatnya.

    Catatan: Jangan operasikan engine bila klip rusak, hilang, atau longgar.Jangan pasang item lain ke saluran bahan bakar tekanan tinggi.Saluran bahan bakar tekanan tinggi yang kendur harus diganti. Selain itu, saluran bahan bakar tekanan tinggi yang dilepaskan harus diganti. Rujuk ke buku petunjuk Pembongkaran dan Perakitan, Saluran Injeksi Bahan Bakar - Pelepasan dan Pemasangan.

Sistem Pelumasan

------ PERINGATAN! ------

Oli panas dan komponen-komponen yang panas dapat menyebabkan cedera. Jangan membiarkan oli panas atau komponen-komponen yang panas tersentuh pada kulit.


  1. Kuras oli dari sistem pelumasan hingga tingkat di bawah selang yang diganti.

  2. Lepaskan klem selang.

  3. Lepaskan selang yang lama.

  4. Ganti selang yang lama dengan selang baru.

  5. Pasang klem selang yang telah diperiksa atau pasang klem selang yang baru. Untuk informasi tentang pemilihan dan pemasangan klem selang yang benar, rujuk ke Spesifikasi, SENR3130, "Torque Specifications", "Hose Clamps".

  6. Isi kembali sistem pelumasan. Untuk memastikan sistem pelumasan diisi dengan oli engine dalam jumlah yang sesuai, rujuk ke Buku Petunjuk Pengoperasian dan Perawatan , "Tingkat Oli Engine - Pemeriksaan".

  7. Hidupkan engine. Periksa sistem pelumasan terhadap kebocoran.

Sistem Udara

  1. Lepaskan klem selang.

  2. Lepaskan selang yang lama.

  3. Ganti selang yang lama dengan selang baru.

  4. Pasang klem selang yang telah diperiksa atau pasang klem selang yang baru. Untuk informasi tentang pemilihan dan pemasangan klem selang yang benar, rujuk ke Spesifikasi, SENR3130, "Torque Specifications", "Hose Clamps".

    Catatan: Bellow dan klem V yang digunakan pada bellow buang tidak boleh dipakai ulang.

  5. Hidupkan engine. Periksa saluran udara terhadap kebocoran.

Caterpillar Information System:

Primary Engine Speed Sensor Malfunctioning, Shorted, Open Circuit {1907, 1912} Primary Engine Speed Sensor Malfunctioning, Shorted, Open Circuit {1907, 1912}
C7.1 Marine Propulsion Engine Fuel Tank Water and Sediment - Drain
Procedure to Install an Improved Antenna Assembly on Certain Off-Highway Trucks {733B} Procedure to Install an Improved Antenna Assembly on Certain Off-Highway Trucks {733B}
A New Antenna Assembly is Now Used on Certain Off-Highway Trucks {733B} A New Antenna Assembly is Now Used on Certain Off-Highway Trucks {733B}
C8.7 and C12.9 Marine Engines Injector Solenoid - Test
SR500 Generators Generator Load - Check
C8.7 and C12.9 Marine Engines Air Inlet Heater Circuit - Test
SR500 Generators Single Unit Operation
C9.3B Engine Injector Code - Calibrate
C12.9 Marine Propulsion Engine Engine Valve Lash - Inspect/Adjust
3512B Generator Set Engines with Dynamic Gas Blending Engine Top Speed Is Not Obtained
C13, C15, and C18 Generator Set Engines CID 1901 FMI 05 Intake Valve Actuator #1 Current Below Normal
C9.3B Engines for Caterpillar Built Machines Inlet Manifold - Remove and Install
C7.1 Marine Propulsion Engine Overhaul (Top End)
C175 Tier 4 Final Engines for Off-Highway Trucks Cat ET Service Features
C7.1 Marine Propulsion Engine Sea Water Strainer - Clean/Inspect
C7.1 Marine Propulsion Engine Engine Rating Definitions
New Injector Wiring Harness Group for C7 Engines {1403} New Injector Wiring Harness Group for C7 Engines {1403}
New Software is Used For Some C9.3 Through C18 Tier 4 Engines {1920} New Software is Used For Some C9.3 Through C18 Tier 4 Engines {1920}
Selective Catalytic Reduction Retrofit Aftertreatment - Airless Dosing Diesel Exhaust Fluid Quality - Test
Installation Procedure for the Side Bumper Kit on Certain 320 GC, 320 and 323 Excavators {7156} Installation Procedure for the Side Bumper Kit on Certain 320 GC, 320 and 323 Excavators {7156}
An Improved Oil Pump Is Now Used on Certain C13 Engines {1304} An Improved Oil Pump Is Now Used on Certain C13 Engines {1304}
C9.3B Engines for Caterpillar Built Machines Unit Injector Sleeve - Remove
G3304B and G3306B Engines Front Gear Group
Back to top
The names Caterpillar, John Deere, JD, JCB, Hyundai or any other original equipment manufacturers are registered trademarks of the respective original equipment manufacturers. All names, descriptions, numbers and symbols are used for reference purposes only.
CH-Part.com is in no way associated with any of the manufacturers we have listed. All manufacturer's names and descriptions are for reference only.