TH48-E80 Petroleum Transmission Caterpillar


S·O·S Information

Usage:

TH48-E80 FRT
Layanan S·O·S adalah proses yang sangat direkomendasikan untuk digunakan oleh pelanggan Caterpillar dalam rangka meminimalkan biaya kepemilikan dan operasional. Konsumen menyediakan sampel oli, sampel cairan pendingin, dan informasi lain untuk alat berat. Dealer menggunakan data tersebut untuk menyediakan rekomendasi pengelolaan alat berat bagi konsumen. Selain itu, Layanan S·O·S dapat membantu menentukan penyebab masalah produk yang dialami.

Pengambilan Sampel Oli Terjadwal (SOS)

Manajemen pembersihan cairan yang efektif adalah satu-satunya faktor terpenting dan peluang paling berharga untuk melakukan hal berikut ini: memaksimalkan umur komponen, meningkatkan keandalan dan ketahanan, serta menurunkan biaya siklus umur komponen. Layanan Pengambilan Sampel Oli Terjadwal (SOS) adalah proses yang sangat direkomendasikan untuk digunakan oleh pelanggan Caterpillar dalam rangka meminimalkan biaya kepemilikan dan operasional. Pelanggan menyediakan sampel oli, sampel cairan pendingin, dan informasi lain untuk kendaraan. Dealer menggunakan data tersebut untuk menyediakan rekomendasi pengelolaan alat berat bagi konsumen. Servis SOS dapat membantu mendeteksi potensi masalah sebelum terjadi kegagalan dan membantu menentukan penyebab masalah. Dealer Cat Anda mungkin mengelola program Pembuangan Oli Lanjutan dengan Perjanjian Dukungan Pelanggan (CSA, Customer Support Agreement) berdasarkan Pengambilan Sampel Oli Terjadwal (SOS, Scheduled Oil Sampling) rutin dan menggunakan suku cadang, cairan, serta Servis Perawatan Terjadwal dari Cat.

Hubungi dealer Cat Anda untuk mendapatkan informasi lengkap dan bantuan dalam menyusun program SOS untuk peralatan Anda.

Analisis Pengambilan Sampel Oli Terjadwal (SOS, Scheduled Oil Sampling)

Manajemen pembersihan cairan yang efektif adalah satu-satunya faktor terpenting dan peluang paling berharga untuk melakukan hal berikut ini: memaksimalkan umur komponen, meningkatkan keandalan dan ketahanan, serta menurunkan biaya siklus umur komponen. Pengambilan sampel oli terjadwal (SOS, scheduled oil sampling) adalah proses analisis oli yang didesain untuk mengubah data analisis cairan menjadi informasi yang dapat digunakan. Informasi ini dapat digunakan untuk membantu mengidentifikasi kegagalan komponen yang mungkin terjadi sebelum kegagalan yang parah benar-benar terjadi. Informasi ini digunakan untuk mengelola peralatan dan mengurangi biaya pengoperasian. Caterpillar telah menjadikan Layanan SOS sebagai merek dagangnya untuk menjamin kualitas, konsistensi, dan kedalaman layanan analisis oli Caterpillar bagi pelanggan. Ada empat kategori analisis oli:

  • Laju Keausan Komponen

  • Kondisi Oli

  • Kontaminasi Oli

  • Identifikasi Oli

Analisis laju keausan komponen mengevaluasi keausan yang terjadi di dalam kompartemen alat berat yang dilumasi. Layanan SOS menggunakan tes jumlah partikel dan hasil analisis unsur untuk mengevaluasi keausan. Analisis unsur dengan spektrometer mengukur partikel aus yang berukuran kurang dari 10 mikron. Analisis Jumlah Partikel dengan teknologi pemblokiran cahaya mengukur partikel dari 4 mikron hingga 50 mikron. Analisis tren dan tabel keausan internal kemudian digunakan untuk menentukan apakah laju keausan dianggap normal atau abnormal.

Analisis kondisi oli digunakan untuk menentukan apakah kualitas oli mengalami penurunan. Pengujian dilakukan untuk memeriksa oksidasi, pensulfatan, dan viskositas oli. Analisis tren dan panduan yang baku digunakan untuk menentukan apakah oli telah mencapai usia manfaat oli. Dealer Cat Anda mungkin mengelola program Pembuangan Oli Lanjutan dengan Perjanjian Dukungan Pelanggan (CSA, Customer Support Agreement) berdasarkan Pengambilan Sampel Oli Terjadwal (SOS, Scheduled Oil Sampling) rutin dan menggunakan suku cadang, cairan, serta Servis Perawatan Terjadwal dari Cat.

Pengujian Kontaminasi Oli dilakukan untuk menentukan apakah ada unsur berbahaya yang masuk ke oli. Analisis ini mengandalkan hasil yang didapatkan dari tes berikut:

  • Analisis unsur

  • Kandungan jelaga

  • Jumlah partikel

  • Dilusi bahan bakar

  • Kandungan air

  • Kontaminasi glikol

Program Layanan SOS Caterpillar memiliki panduan untuk tingkat kontaminasi yang diizinkan di dalam berbagai kompartemen alat berat Cat.

Identifikasi oli merupakan bagian sangat penting lainnya dari program Analisis Oli SOS. Jika kita menggunakan oli yang salah, oli tersebut dapat sangat merusak komponen utama. Analisis unsur dan hasil viskositas digunakan untuk menentukan karakteristik utama dan mengidentifikasi oli.

Keempat tipe analisis ini digunakan untuk memantau kondisi peralatan Anda saat ini. Analisis ini akan mengidentifikasi potensi masalah, sehingga perbaikan proaktif dapat dilakukan. Analisis oli juga dapat digunakan untuk membantu memperpanjang umur komponen dan menurunkan biaya selama masa pakai komponen.

Layanan SOS memberikan metode paling akurat untuk memantau keausan dan kondisi komponen. Hasil analisis oli dapat dikirimkan melalui email atau diakses dari sumber online. Semua laporan Layanan SOS Caterpillar diberi kode warna dengan salah satu dari tiga tingkat peringatan. Peringatan hijau menunjukkan bahwa keausan normal dan tidak ada kontaminasi. Peringatan kuning digunakan jika tingkat keausan telah sedikit meningkat atau jika ada tingkat kontaminasi yang rendah. Peringatan merah menunjukkan bahwa kegagalan besar mungkin terjadi. Peringatan merah diasosiasikan dengan tingkat keausan yang tinggi dan tingkat kontaminasi yang tinggi. Tingkat-tingkat peringatan ini sangat membantu dalam mengelola armada alat berat yang memproduksi volume data analisis oli yang besar. Pelanggan dapat melihat, dengan sekilas, alat berat yang membutuhkan perhatian segera.

Terdapat peningkatan tren dalam banyaknya armada yang melengkapi laporan SOS dengan penghitung partikel portabel jika alat berat berada di bengkel untuk perawatan produk. Penghitung partikel portabel menggunakan teknologi perhitungan partikel dasar yang sama dengan yang digunakan di laboratorium SOS. Secara sederhana, penghitung partikel mengeluarkan sinar laser melalui sampel oli. Lalu, penghitung partikel mencari bayangan yang menyebabkan serpihan mikroskopik dalam oli. Ukuran dan jumlah bayangan yang dihitung dikonversikan ke dalam kode kebersihan ISO.

Melakukan perhitungan partikel sebelum dan setelah perawatan produk membantu pelanggan menentukan apakah filtrasi di alat berat sudah mengontrol serpihan. Di samping itu, apakah dibutuhkan filtrasi tambahan di luar alat berat. Tren data jumlah partikel juga dapat memberikan dasar untuk membantu mengidentifikasi potensi kegagalan jika alat berat berada di bengkel. Jika pertumbuhan jumlah partikel tetap rendah dan stabil, keausan biasanya normal. Jika terdapat pertumbuhan mendadak dalam jumlah partikel, keausan yang cepat mungkin tengah terjadi. Sampel oli SOS kemudian diambil untuk memastikan jumlah partikel dan mendiagnosis masalah sebelum kegagalan dan membantu menentukan penyebabnya. Daftar berikut ini mendeskripsikan kontaminan dan sumbernya:

  • Partikel berwarna perunggu menunjukkan kerusakan bantalan selongsong.

  • Partikel baja yang mengkilap menunjukkan kerusakan bantalan atau roda gigi.

  • Partikel karet menunjukkan kerusakan seal atau selang.

  • Partikel aluminium memberikan indikasi kegagalan roda konverter.

  • Partikel plastik menunjukkan kerusakan ring dorong atau seal putar.

Catatan: Jika salah satu partikel ini ditemukan di elemen filter hidrolik, semua komponen sistem oli hidrolik harus dibersihkan. Jangan menggunakan suku cadang yang rusak. Suku cadang yang rusak harus dilepaskan, dan suku cadang yang baru harus dipasang. Hubungi dealer Cat Anda untuk mendapatkan informasi lengkap dan bantuan dalam menyusun program SOS untuk peralatan Anda.

Rujuk ke Publikasi Khusus, SEBU6250, "Caterpillar Machine Fluids Recommendations" untuk informasi lebih lanjut tentang memperoleh pengambilan sampel oli terjadwal yang baik, panduan Analisis Oli SOS, interval pengambilan sampel oli, kontrol kontaminasi, dan manajemen siklus hidup komponen.

Rujuk ke Buku Petunjuk Pengoperasian dan Perawatan transmisi, "Jadwal Interval Perawatan" untuk interval perawatan jam servis standar.

Rujuk ke Publikasi Khusus, PEHP6001, "How To Take A Good Oil Sample" untuk informasi selengkapnya tentang cara melakukan pengambilan sampel oli.

Rujuk ke Publikasi Khusus, SEBF1020, "Improving Component Durability, Managing Fluid Cleanliness" untuk informasi lebih lanjut tentang kebersihan dan Layanan SOS.

Hubungi dealer Cat Anda untuk mendapatkan informasi lengkap dan bantuan dalam menyusun program SOS untuk peralatan Anda.

Caterpillar Information System:

C13 Industrial Engines Electronic Unit Injector Wiring
TH55FT-E70 and TH55FT-E90 Transmissions Transmission Cooling System
349F and 352F Excavators Fuel Tank Shutoff and Drain Control
G3520E Generator Set Engines Accessory Drive
C175-16 Locomotive Engine Temperature Sensor - Engine Coolant
C175-16 Locomotive Engine Temperature Sensor - Exhaust Temperature
Procedure for Improving the Ground System{4459, 7423} Procedure for Improving the Ground System{4459, 7423}
793F Off-Highway Truck Engine Supplement Engine Oil Cooler - Remove and Install
3516C Locomotive Engine Emergency Stopping
C13 Industrial Engines Fuel Priming Pump and Primary Fuel Filter - With Water Separator
C13 Industrial Engines Fuel Priming Pump and Primary Fuel Filter - With Water Separator
C13, C15, and C18 Tier 4 Final Engines Fuel Priming Pump and Primary Fuel Filter - With Water Separator
C15 and C18 Engines for Caterpillar Built Machines Exhaust Manifold Shield
TH55FT-E70 and TH55FT-E90 Transmissions Reference Material
3516C Locomotive Engine Fuel Tank Water and Sediment - Drain
EMCP4.3/4.4 Parallel Operation - EMCP 4.4
2010/04/02 Information on the New Valve Recession Tool Gp that Is Used on All G3500 Commercial Engines {0701, 1105}
3516C Locomotive Engine and Generator Set Configuration Parameters
Installing the Package Mounted Radiator for the C175 Generator Set Engine {1353, 1356} Installing the Package Mounted Radiator for the C175 Generator Set Engine {1353, 1356}
797F Off-Highway Truck Power Train Oil Filter and Base (Differential) - Remove and Install
TH48-E80 Petroleum Transmission Component Location
793F Off-Highway Truck Machine Systems Lubrication Pump (Automatic) - Disassemble
793F Off-Highway Truck Machine Systems Lubrication Pump (Automatic) - Assemble
C13, C15, and C18 Tier 4 Final Engines Cylinder Head
Back to top
The names Caterpillar, John Deere, JD, JCB, Hyundai or any other original equipment manufacturers are registered trademarks of the respective original equipment manufacturers. All names, descriptions, numbers and symbols are used for reference purposes only.
CH-Part.com is in no way associated with any of the manufacturers we have listed. All manufacturer's names and descriptions are for reference only.