C9T-TH31 Petroleum Package Caterpillar


Walk-Around Inspection

Usage:

TH31-C9T PAY

Memeriksa Engine terhadap kebocoran dan sambungan yang kendor

Melakukan pemeriksaan keliling hanya memerlukan waktu beberapa menit. Bila ada waktu yang diluangkan untuk melakukan pemeriksaan ini, perbaikan dengan biaya mahal serta kecelakaan dapat dihindari.

Untuk mendapatkan umur pemakaian engine yang maksimum, lakukanlah pemeriksaan menyeluruh terhadap kompartemen engine sebelum menghidupkan engine. Perhatikan hal-hal berikut seperti kebocoran oli atau cairan pendingin, baut-baut yang longgar, sabuk yang sudah aus, sambungan-sambungan yang longgar dan penumpukan kotoran. Lakukan perbaikan, sesuai yang diperlukan:

  • Tutup pelindung harus berada pada tempat yang sebenarnya. Lakukan perbaikan tutup pelindung yang telah rusak atau ganti tutup pelindung yang telah hilang.

  • Bersihkan semua tutup dan sumbat sebelum engine diservis untuk mengurangi kemungkinan terjadinya kontaminasi dalam sistem.


PERHATIAN

Untuk setiap kebocoran (cairan pendingin, pelumas atau bahan bakar), bersihkan cairan. Apabila diamati adanya kebocoran, temukan sumbernya dan lakukan pembetulan terhadap kebocoran. Apabila dicurigai adanya kebocoran, periksa tinggi permukaan cairan lebih sering daripada yang direkomendasikan sampai kebocoran ditemukan atau dibetulkan atau sampai kecurigaan terhadap adanya kebocoran telah dibuktikan tidak terjadi.



PERHATIAN

Gemuk pelumas dan/atau oli yang menumpuk pada engine atau dek merupakan bahaya penyebab kebakaran. Bersihkan kotoran ini dengan alat pembersih uap atau air bertekanan tinggi.


  • Pastikan bahwa pipa saluran pendingin telah diklem dengan benar dan pipa saluran pendingin dalam keadaan rapat. Periksa terhadap adanya kebocoran. Periksa kondisi semua pipa.

  • Periksa pompa air terhadap adanya kebocoran cairan pendingin.

Catatan: Seal pompa air dilumasi oleh cairan pendingin dalam sistem pendingin. Adalah normal bila ada sejumlah kecil kebocoran yang terjadi saat engine menjadi dingin dan sukucadang mengerut.

Kebocoran cairan pendingin yang berlebihan menandakan diperlukannya penggantian seal pompa air. Untuk mengetahui cara pelepasan pompa air dan pemasangan pompa air dan/atau seal, gunakan petunjuk pada Service Manual bagi engine atau hubungi dealer Caterpillar.

  • Periksa sistem pelumasan terhadap adanya kebocoran di seal crankshaft depan, seal crankshaft belakang, bak penampung oli, filter oli dan penutup katup (valve cover).

  • Periksa sistem bahan bakar terhadap kebocoran. Perhatikan adanya klem pipa saluran bahan bakar yang longgar atau bungkus pengikat pada pipa saluran bahan bakar.

  • Periksa pipa-pipa sistem pemasukan udara serta elbow terhadap adanya keretakan dan klem yang longgar. Pastikan bahwa selang dan pipa-pipa tidak bersinggungan dengan selang lain, pipa, rangkaian kabel, dll.

  • Periksa sabuk alternator dan sabuk penggerak aksesori terhadap adanya keretakan, putus atau kerusakan lain.

Sabuk-sabuk untuk pulley dengan alur banyak harus diganti dalam satu set. Jika hanya satu sabuk yang diganti, sabuk akan membawa beban lebih besar dibandingkan sabuk yang tidak diganti. Sabuk yang lama telah mulur. Tambahan beban pada sabuk yang baru dapat menyebabkan sabuk menjadi putus.

  • Buang air dan sedimen dari tangki bahan bakar setiap hari untuk memastikan bahwa hanya bahan bakar bersih yang memasuki sistem bahan bakar.

  • Periksa kabel dan rangkaian kabel terhadap sambungan yang kendor dan kabel yang sudah koyak atau terkelupas.

  • Periksa pengikat ground apakah sambungannya masih baik dan kondisinya masih baik.

  • Periksa pengikat ground dari ECM ke cylinder head apakah sambungannya masih baik dan kondisinya masih baik.

  • Lepaskan battery charger yang tidak terlindungi terhadap arus yang mengalir keluar dari motor starter. Periksa kondisi baterai dan ketinggian elektrolit pada baterai, kecuali engine dilengkapi dengan baterai babas perawatan.

  • Periksa kondisi meteran. Ganti meteran yang telah retak. Ganti meteran yang tidak dapat dikalibrasi.

Pemeriksaan Transmisi

Untuk mendapatkan umur pemakaian maksimum dari transmisi, lakukan pemeriksaan keliling menyeluruh sebelum mengoperasikan transmisi.

Perhatikan sekeliling transmisi dan di bawah transmisi. Periksa kondisi dari semua komponen utama. Perhatikan adanya kelainan-kelainan berikut:

  • Baut-baut yang longgar

  • Penumpukan kotoran

  • Kebocoran oli

  • Sukucadang yang patah atau aus

  • Keretakan di rumah penutup

Bersihkan semua sampah dan kotoran. Laporkan setiap kondisi yang memerlukan servis di bengkel. Pastikan bahwa semua perbaikan yang diperlukan telah diselesaikan sebelum mengoperasikan transmisi.

Lakukan semua persyaratan servis harian pada awal dari setiap giliran kerja. Gunakan petunjuk pada Buku Petunjuk Pengoperasian dan Perawatan untuk mengetahui prosedurnya.

Caterpillar Information System:

C7 PETROLEUM Petroleum Engine Air Inlet Heater - Remove and Install
C175-16 and C175-20 Generator Set Engines Inlet Air Is Restricted
C175-16 and C175-20 Generator Set Engines Fuel Pressure Is Low - Fuel Supply System
C7 PETROLEUM Petroleum Engine Aftercooler - Install
C175-16 and C175-20 Generator Set Engines Fuel Filter Is Restricted
C175-16 and C175-20 Generator Set Engines Engine Overspeeds
C7 PETROLEUM Petroleum Engine Aftercooler - Remove
2008/03/03 A New Oil Filter Group is Now Used on the TH48-E80 Oil/Gas Transmission {3030, 3067}
C15 Industrial Engines Configuration Parameters
CX28 On-Highway Transmission Output Transfer Yoke
C175-16 and C175-20 Generator Set Engines Engine Does Not Crank
2008/05/01 A New Version of Caterpillar Electronic Technician (ET) is Now Available {0785, 1900, 7610}
C11, C13, and C15 On-highway Engines Reference Material
2008/03/01 Visible Indication for Engagement of the Electrical Connector has Been Added to the Ignition Coil for the Caterpillar Regeneration System (CRS) {108B}
SR5 Electric Power Generation Diode Assembly - Remove and Install
C175-16 Locomotive Engine Exhaust Manifold
C175-16 and C175-20 Generator Set Engines Component Location
3500 Industrial Engines Exhaust Flange
C15 On-Highway Engine Combustion Head Group (ARD) - Remove and Install - Heated Nozzle
Bench Test Procedure for TH55FT - E70 and TH55FT - E90 Oil Field Transmission{3030, 3167} Bench Test Procedure for TH55FT - E70 and TH55FT - E90 Oil Field Transmission{3030, 3167}
PL1000E Quick Reference Guide{7610} PL1000E Quick Reference Guide{7610}
2008/06/09 A New Antenna For The Product Link Is Available {7010, 733T}
SR5 Electric Power Generation Terminal Box - Remove and Install
SR5 Electric Power Generation Exciter - Remove and Install
Back to top
The names Caterpillar, John Deere, JD, JCB, Hyundai or any other original equipment manufacturers are registered trademarks of the respective original equipment manufacturers. All names, descriptions, numbers and symbols are used for reference purposes only.
CH-Part.com is in no way associated with any of the manufacturers we have listed. All manufacturer's names and descriptions are for reference only.