D6R2 Track-Type Tractor Caterpillar


Fuel System Primary and Secondary Filters - Replace

Usage:

D6R LGP PPP

Filter Primer

------ PERINGATAN! ------

Cedera atau kematian dapat diakibatkan oleh adanya kebakaran.

Bahan bakar yang bocor atau yang tumpah diatas permukaan-permukaan panas atau ke komponen-komponen listrik dapat menimbulkan kebakaran.

Bersihkan semua bahan bakar yang bocor atau tumpah. Dilarang merokok sementara anda sedang bekerja pada sistem bahan bakar.

Putarlah sakelar pemutus ke posisi OFF atau lepaskanlah aki pada saat mengganti penyaring-penyaring bahan bakar.



PERHATIAN

Pastikan agar semua cairan selalu ditampung pada tempatnya selama melakukan pemeriksaan, perawatan, pengujian, penyetelan dan perbaikan terhadap produk. Persiapkan tempat untuk menampung cairan sebelum membuka suatu kompartemen atau membongkar suatu komponen yang berisikan cairan.

Gunakan petunjuk pada Publikasi Khusus, NENG2500, "Katalog Peralatan Servis Dealer" untuk mengetahui peralatan dan perlengkapan untuk mengumpulkan dan menampung cairan pada produk Cat.

Buang semua cairan sesuai peraturan setempat yang berlaku.



PERHATIAN

Jangan isi filter bahan bakar dengan bahan bakar sebelum dipasang. Bahan bakar tidak akan disaring dan dapat terkontaminasi. Bahan bakar yang terkontaminasi akan menyebabkan komponen sistem bahan bakar cepat aus. Sistem bahan bakar tidak boleh dipancing (priming) sebelum engine dihidupkan.


Catatan: Ganti selalu elemen filter bahan bakar sekunder sebelum mengganti filter bahan bakar primer (separator air).




Ilustrasi 1g03651756

Lokasi alat berat dan tampilan rinci separator air sistem bahan bakar

(1) Filter primer sistem bahan bakar (separator air)

(2) Katup kuras

(3) Konektor selang kuras

(4) Selang pembuangan

(5) Mur penahan sensor air

(6) Kabel sensor air

  1. Tutup katup pemutus suplai bahan bakar. Katup pemutus suplai bahan bakar terletak di bagian bawah tangki bahan bakar di tengah tangki bahan bakar.

  1. Filter primer sistem bahan bakar (separator air) (1) terletak di bagian belakang ruang engine. Buka pintu akses ruang engine sebelah kiri.

  1. Letakkan wadah yang sesuai di bawah ujung selang kuras yang terbuka (4) .

  1. Buka katup kuras (2) di bagian bawah separator air. Berhati-hatilah agar konektor selang kuras (3) tetap terpasang ke katup kuras. Kuras cairan di dalam separator air ke wadah yang sesuai.

  1. Tutup katup kuras, dan lepaskan dengan hati-hati konektor selang kuras yang terpasang ke katup kuras. Selang kuras akan tetap terpasang pada konektor.

  1. Geser konektor selang kuras dan selang kuras ke samping ketika separator air sedang diganti. Komponen ini akan dipasang pada separator air yang baru.

  1. Buang cairan yang dikuras dengan benar.

    Catatan: Separator air ini dilengkapi dengan sensor air yang harus dilepaskan dari separator air lama. Sensor kemudian harus dipasang ke separator air baru.

  1. Tempatkan sebuah wadah penampuing di bawah separator air.

  1. Longgarkan mur penahan sensor air dengan hati-hati (5) .

  1. Lepaskan sensor air (tidak ditampilkan) dengan hati-hati dari fitting di bagian bawah separator air. Jangan tarik rangkaian kabel sensor air (6) untuk melepaskan sensor air. Hal itu dapat merusak rangkaian kabel dan sensor.

  1. Singkirkan sensor air ke tempat yang bersih dan aman ketika mengganti separator air.

  1. Gunakan kunci tipe strap Cat untuk melepaskan separator air. Buang separator air bekas dengan benar.

  1. Bersihkan alas dudukan separator air. Pastikan tidak ada material seal lama yang tertinggal di alas.

  1. Lumasi tipis-tipis seal separator air baru dengan bahan bakar diesel.

  1. Pasang separator air baru dengan tangan sampai seal separator air menyentuh alas dudukan. Lanjutkan mengencangkan separator air sesuai petunjuk yang tercetak di samping separator air.

    Catatan: Anda mungkin perlu menggunakan kunci tipe strap Cat, atau alat lain yang sesuai, untuk memutar separator air sejumlah putaran yang diperlukan untuk pemasangan akhir. Pastikan alat pemasangan tidak merusak separator air.

  1. Periksa kondisi seal O-ring pada sensor air. Ganti seal O-ring dengan seal yang baru bila perlu.

  1. Bersihkan sensor separator air dan oleskan tipis bahan bakar diesel yang bersih ke seal O-ring pada sensor air.

  1. Pasang sensor air pada separator air dan kencangkan dengan mur penahan sensor air (5) .

  1. Periksa apakah katup kuras di bagian bawah separator air sudah kencang dengan tangan. Pasang konektor selang kuras dan selang kuras yang dilepaskan pada langkah 5.

  1. Buka katup pemutus suplai bahan bakar di bagian bawah tangki bahan bakar.

  1. Pancing sistem bahan bakar. Untuk informasi selengkapnya, rujuk ke Buku Petunjuk Pengoperasian dan Perawatan, "Sistem Bahan Bakar - Priming".

  1. Tutup pintu akses ruang engine sebelah kiri.

Filter Sekunder

------ PERINGATAN! ------

Cedera dapat ditimbulkan pada saat menggunakan zat-zat pelarut pembersih.

Untuk membantu pencegahan cedera, ikutilah instruksi-instruksi dan peringatan-peringatan pada kemasan zat pelarut pembersih sebelum digunakan.


------ PERINGATAN! ------

Cedera atau kematian dapat diakibatkan oleh adanya kebakaran.

Bahan bakar yang bocor atau yang tumpah diatas permukaan-permukaan panas atau ke komponen-komponen listrik dapat menimbulkan kebakaran.

Bersihkan semua bahan bakar yang bocor atau tumpah. Dilarang merokok sementara anda sedang bekerja pada sistem bahan bakar.

Putarlah sakelar pemutus ke posisi OFF atau lepaskanlah aki pada saat mengganti penyaring-penyaring bahan bakar.



PERHATIAN

Jangan mengisi filter terlebih dahulu dengan bahan bakar sebelum memasang filter bahan bakar. Bahan bakar yang terkontaminasi AKAN MENYEBABKAN KERUSAKAN PADA komponen-komponen sistem bahan bakar.



PERHATIAN

Caterpillar SANGAT menyarankan penggunaan filter bahan bakar efisiensi tinggi. Filter bahan bakar efisiensi tinggi dirancang untuk lebih melindungi engine diesel yang memiliki tekanan injeksi lebih tinggi dan toleransi lebih kecil. Penggunaan filter bahan bakar yang BUKAN filter bahan bakar efisiensi tinggi akan mengakibatkan umur komponen sistem bahan bakar menjadi lebih singkat. Filter bahan bakar efisiensi tinggi Caterpillar adalah filter yang lebih disarankan untuk engine Caterpillar .


Untuk menjaga engine tetap dalam kondisi optimal, hindarkan bahan bakar dari kontaminasi. Kontaminasi sistem bahan bakar biasanya terjadi selama pengisian bahan bakar, berikut adalah faktor yang harus diperhatikan:

  • Hanya gunakan bahan bakar yang bersih dari kelas bahan bakar yang benar dan dari sumber terpercaya.

  • Jangan mengisi bahan bakar dari wadah yang terkontaminasi atau wadah yang tidak sesuai untuk penyimpanan bahan bakar.

  • Jangan gunakan peralatan yang terkontaminasi.

  • Bersihkan secara teratur bagian luar tutup pengisian bahan bakar dan area di sekitar tutup pengisian bahan bakar.

  • Gunakan hanya filter bahan bakar yang disetujui oleh Caterpillar. Penggunaan filter Cat sangat penting untuk melindungi sistem bahan bakar.

  • Jangan menyervis filter bahan bakar sebelum interval perawatan yang disarankan. Menyervis filter bahan bakar ketika tidak diperlukan dapat meningkatkan risiko kontaminasi pada sistem bahan bakar.

Catatan: Untuk mengurangi risiko kontaminasi pada sistem, jangan lepaskan filter bahan bakar secara bersamaan. Lakukan pengoperasian ini secara terpisah.

Catatan: Setelah engine dihentikan, tunggu selama 60 detik agar tekanan bahan bakar terkuras dari saluran bahan bakar tekanan tinggi sebelum Anda melakukan servis atau perbaikan apa pun pada saluran bahan bakar engine.

  1. Tutup katup pemutus suplai bahan bakar. Katup pemutus suplai bahan bakar terletak di bagian bawah tangki bahan bakar di tengah tangki bahan bakar.

  1. Filter bahan bakar sekunder terletak di bagian belakang ruang engine di sisi kiri alat berat. Buka pintu akses ruang engine sebelah kiri.

  1. Letakkan wadah yang sesuai di bawah filter bahan bakar untuk menampung bahan bakar yang mungkin tertumpah. Bersihkan bahan bakar yang tertumpah.



    Ilustrasi 2g03651565

    Filter bahan bakar sekunder

  1. Bersihkan bagian luar filter bahan bakar. Gunakan kunci strap Cat untuk melepaskan filter dari engine dan buang filter di tempat yang aman.

  1. Bersihkan alas dudukan filter bahan bakar dengan memastikan tidak ada material dari seal lama yang tertinggal pada alas dudukan.

  1. Pasang filter yang baru.

    1. Lumasi seal dari filter baru dengan bahan bakar diesel yang bersih.

      Catatan: Jangan isi filter sebelum memasang filter yang baru.

    1. Pasang filter baru dengan tangan hingga seal filter menyentuh alas. Perhatikan posisi tanda indeks pada filter dan perhatikan pula titik tetap pada dudukan filter.

      Catatan: Terdapat beberapa tanda indeks putaran pada filter yang berjarak 90 derajat atau 1/4 putaran antara satu dengan yang lain. Ketika mengencangkan filter, gunakan tanda indeks putaran sebagai acuan.

    1. Kencangkan filter menurut petunjuk yang tercetak di filter. Gunakan tanda indeks sebagai panduan.

  1. Buka katup pemutus suplai bahan bakar di bagian bawah tangki bahan bakar.

  1. Pancing sistem bahan bakar. Untuk informasi selengkapnya, rujuk ke Buku Petunjuk Pengoperasian dan Perawatan, "Sistem Bahan Bakar - Priming".

  1. Tutup pintu akses ruang engine sebelah kiri.

Caterpillar Information System:

953K, 963K, and 973 Track-Type Loader Monitoring System Menus
D6R2 Track-Type Tractor Engine Air Filter Primary and/or Secondary Element - Clean/Replace
D6R2 Track-Type Tractor Maintenance Interval Schedule
953K, 963K, and 973 Track-Type Loader Monitoring System Menu Navigation
953K, 963K, and 973 Track-Type Loader Monitoring System Diagnostic Operation
D8T Track-Type Tractor Steering Pump - Test and Adjust
953K Track-Type Loader Machine Systems Gear Pump (Fan Drive)
953K, 963K, and 973 Track-Type Loader Monitoring System Warning Operation
953K, 963K, and 973 Track-Type Loader Monitoring System Data Link
953K, 963K, and 973 Track-Type Loader Monitoring System Output Components
555D Wheel Skidders TA2 Technical Inspection{0372, 1000, 7000, 753T, 7565} 555D Wheel Skidders TA2 Technical Inspection{0372, 1000, 7000, 753T, 7565}
D8T Track-Type Tractor Relief Valve (Torque Converter Outlet) Pressure - Test and Adjust
D6R2 Track-Type Tractor Power Train System Oil And Screens - Change/Clean
953K, 963K, and 973 Track-Type Loader Monitoring System Display Menu
2015/05/04 Improved Options For Configuring The Engine Cooling Fan Are Now Used For Certain D11T Track-Type Tractors {1386, 1901}
2015/05/28 New Software is Now Used for all Cat ® Object Detection and Vision Applications On Certain Cat ® Products {7348, 7605}
953K, 963K, and 973 Track-Type Loader Monitoring System Totals Menu
D6R2 Track-Type Tractor Power Train System Oil Level - Check
Procedure to Upgrade EMCP 1, EMCP 2, EMCP 2+, EMCP 3.1, EMCP 3.2, and EMCP 3.3 to EMCP 4.2 {4490, 7451} Procedure to Upgrade EMCP 1, EMCP 2, EMCP 2+, EMCP 3.1, EMCP 3.2, and EMCP 3.3 to EMCP 4.2 {4490, 7451}
D6R2 Track-Type Tractor Fuel System Primary Filter/Water Separator - Drain
953K, 963K, and 973 Track-Type Loader Monitoring System Service Menu
D6R2 Track-Type Tractor Power Train System Oil Sample - Obtain
D6R2 Track-Type Tractor Hydraulic System Oil Filters - Replace
Repair Procedure for Lift Arm Crossmember Cracks {0679, 6107, 6119} Repair Procedure for Lift Arm Crossmember Cracks {0679, 6107, 6119}
Back to top
The names Caterpillar, John Deere, JD, JCB, Hyundai or any other original equipment manufacturers are registered trademarks of the respective original equipment manufacturers. All names, descriptions, numbers and symbols are used for reference purposes only.
CH-Part.com is in no way associated with any of the manufacturers we have listed. All manufacturer's names and descriptions are for reference only.