D3G, D4G and D5G Track-Type Tractors Caterpillar


Monitoring System

Usage:

D3G BYR



Ilustrasi 1g01012648

Sistem monitoring terdiri atas komponen-komponen berikut: indikator siaga (1), meteran (2) dan jam meteran servis.

Jam meteran servis terletak di samping kiri tempat duduk operator di atas panel sekering.

Indikator Siaga




Ilustrasi 2g01012647



Ilustrasi 3g01012664


Tekanan Oli Engine (3) - Indikator siaga akan menyala sewaktu tekanan oli terlalu rendah. Hentikan pengoperasian alat berat dan perbaiki permasalahan.


Bypass Filter Oli Hidrolik (4) - Indikator siaga ini akan menyala bilamana aliran oli hidrolik mem-bypass filter oli hidrolik. Jika indikator siga ini menyala, parkir alat berat ke lokasi yang aman. Periksalah penyebabnya.

Catatan: Dalam kondisi cuaca yang sangat dingin, indikator ini akan menyala hingga oli hidrolik menjadi panas.


ECM Hidrostatis (5) - Indikator siaga akan menyala bilamana dideteksi adanya peringatan dalam ECM. Apabila indikator siaga menyala, terjadi permasalahan pada alat berat dan pengoperasian dari alat berat akan terpengaruh. Lakukan tindakan perawatan pada sistem. Apabila indikator siaga menyala dan alarm tindakan berbunyi, matikan engine dengan segera. Untuk informasi tambahan mengenai tanda-tanda peringatan, lihat pada Mencari kerusakan, Pengetesan dan Penyetelan, RENR5539, " Sistem Elektronik D3G, D4G dan D5G Track-Type Tractor Transmisi Hidrostatis". Juga lihat pada Pengoperasian Sistem, RENR5544, "Sistem Elektronik D3G, D4G dan D5G Track-Type Tractor Transmisi Hidrostatis".


Rem Parkir (6) - Indikator siaga akan menyala bilamana rem parkir sedang terpasang. Indikator siaga harus menyala sewaktu kunci start engine berada dalam posisi ON dan engine sedang tidak hidup. Indikator siaga ini harus mati bila rem parkir dilepaskan.


Sistem Kelistrikan (7) - Indikator siaga ini akan menyala bilamana terjadi kerusakan pada sistem kelistrikan. Jika indikator siaga ini menyala, tegangan sistem terlalu tinggi untuk pengoperasian normal alat berat atau terlalu rendah untuk pengoperasian normal alat berat.

Jika beban listrik (AC dan/atau lampu) cukup tinggi dan kecepatan engine mendekati kecepatan idle, naikkan kecepatan engine ke kecepatan idle tinggi. Hal ini akan menghasilkan output alternator yang lebih besar. Apabila indikator siaga sistem kelistrikan padam dalam waktu satu menit, sistem kelistrikan kemungkinan sudah bekerja secara normal. Namun demikian, sistem kelistrikan kemungkinan mengalami pembebanan berlebih selama kecepatan engine rendah.

Lakukan perubahan siklus pengoperasian untuk mencegah pembebanan berlebih pada sistem kelistrikan dan mencegah baterai menjadi habis.

Kecepatan idle rendah harus disetel dengan benar. Setel untuk sisi tinggi dari spesifikasi kecepatan idle rendah saat sebagai besar beban kelistrikan yang sering digunakan dalam keadaan dihidupkan. Untuk mengurangi beban, gunakan kecepatan kipas sedang daripada menggunakan kecepatan kipas tinggi.

Jika prosedur ini tidak menyebabkan indikator siaga padam, parkirlah alat berat ke lokasi yang aman. Selidiki penyebabnya (sabuk alternator kendor, sabuk alternator putus, baterai tidak berfungsi, dll).

Jika kecepatan engine mendekati kecepatan pengoperasian dan jika beban listrik cukup ringan, indikator siaga kemungkinan tetap menyala. Jika indikator siaga tetap menyala, parkirlah ke lokasi yang aman. Selidiki penyebabnya (sabuk alternator kendor, sabuk alternator putus, baterai tidak berfungsi, dll).


Pemanas Udara Saluran Masuk (8) - Apabila suhu cairan pendingin terlalu rendah, pemanas udara masuk (air inlet heater) akan diaktifkan. Indikator ini akan menyala sewaktu sakelar start berada dalam posisi ON. Hidupkan engine setelah lampu indikator padam.


Air dalam Sistem Bahan Bakar (9) - Lampu indikator ini akan menyala bilamana separator air sistem bahan bakar perlu dikosongkan isinya. Indikator ini akan padam setelah air dikosongkan dari elemen separator air sistem bahan bakar. Lihat pada Buku Petunjuk Pengoperasian dan Perawatan, "Separator Air Sistem Bahan Bakar - Buang" untuk mengetahui prosedur yang benar.


Filter Udara Tersumbat (10) - Indikator ini akan menyala bilamana filter udara sedang tersumbat. Bila filter udara tersumbat, tenaga engine akan berkurang. Lakukan pemeriksaan segera pada filter udara. Bersihkan filter udara. Periksa kondisi filter udara. Lakukan penggantian filter udara bila perlu. Lakukan perbaikan yang perlu.

Catatan: Reset secara manual sakelar filter udara setelah membersihkan filter udara.

ReferensiBuku Petunjuk Pengoperasian dan Perawatan, "Elemen Primer Filter Udara Engine - Bersihkan/Ganti"

ReferensiBuku Petunjuk Pengoperasian dan Perawatan, "Elemen Sekunder Filter Udara Engine - Ganti"

Meteran




Ilustrasi 4g01012698


Tinggi Permukaan Bahan Bakar (11) - Meteran ini menunjukkan jumlah bahan bakar dalam tangki bahan bakar. Jarum berada dalam daerah berwarna kuning menandakan jumlah bahan bakar kurang.


Tekanan Oli Engine (12) - Meteran ini menunjukan tekanan oli engine. Jarum berada dalam daerah berwarna merah menandakan tekanan oli rendah.


Cairan Pendingin Engine (13) - Meteran ini berfungsi menunjukkan suhu cairan pendingin engine. Jarum berada dalam daerah berwarna merah menandakan suhu engine tidak normal.


Indikator Kecepatan Gerak Maksimum (14) - Meteran ini berfungsi menunjukkan setelan selektor kecepatan gerak maksimum. Posisi SATU menunjukkan kecepatan alat berat paling lambat. Posisi TIGA menunjukkan kecepatan alat berat paling cepat.


Suhu Oli Transmisi (15) - Meteran ini berfungsi menunjukkan suhu oli transmisi. Jarum berada dalam daerah berwarna merah menunjukkan suhu oli transmisi yang terlampau tinggi.

Jam Meteran Servis




Ilustrasi 5g01012650


Jam Meteran Servis (16) - Meteran ini menunjukkan jam kerja total engine. Jam meteran servis harus digunakan untuk menentukan jadwal perawatan.

Caterpillar Information System:

AD55 Underground Articulated Truck Suspension and Suspension Cylinder Bearings - Lubricate
AD55 Underground Articulated Truck Suspension Cylinder - Check
AD55 Underground Articulated Truck Steering System Oil Filter - Replace
AD55 Underground Articulated Truck Steering Stop - Check
D3G, D4G and D5G HYSTAT Track-Type Tractors Electrohydraulic Power Train Systems Brake System
D3G, D4G and D5G Track-Type Tractors Engine Oil Sample - Obtain
973C Track-Type Loader Hydraulic System Attachment Circuit - Optional
973C Track-Type Loader Hydraulic System Lift Circuit
973C Track-Type Loader Hydraulic System Tilt Circuit
973C Track-Type Loader Hydraulic System Bucket Control
973C Track-Type Loader Hydraulic System Shuttle Valve
973C Track-Type Loader Hydraulic System Relief Valve
2003/07/28 Correction to Special Instruction , "Dimensions for Articulated Hitches" {7057, 7064}
2003/09/15 An Improved Alternator Belt is Used {1357}
2003/10/01 An Improved Alternator Belt is Used {1357}
Machine Security System (MSS) Integrated Configuration
994D Wheel Loader Engine Starting with Auxiliary Start Receptacle
D3G, D4G and D5G Track-Type Tractors Fuses - Replace
615C Series II Wheel Tractor-Scraper Hydraulic System Accumulator (Axle Suspension)
2003/08/04 SOS Sampling Valve For The Transmission Is Used {3080, 7542}
AD55 Underground Articulated Truck Tire Inflation - Check
AD55 Underground Articulated Truck Screen (Torque Converter) - Clean
AD30 Underground Articulated Truck Machine Electrical System Hoist Control - Ejector Body
2003/08/04 Correction to Specifications, "Engine Support (Rear)" {1152}
Back to top
The names Caterpillar, John Deere, JD, JCB, Hyundai or any other original equipment manufacturers are registered trademarks of the respective original equipment manufacturers. All names, descriptions, numbers and symbols are used for reference purposes only.
CH-Part.com is in no way associated with any of the manufacturers we have listed. All manufacturer's names and descriptions are for reference only.