3612 and 3616 Engines Caterpillar


Crankshaft Deflection (Bend)

Usage:

3616 1PD



Ilustrasi 1g00605226

(1) Baut

(2) Mur

(3) Alat ukur dial

Crankshaft dapat mengalami defleksi apabila engine tidak dipasang dengan benar. Apabila rel pemasangan engine tidak dipasang dengan benar pada rel pemasangan fondasi, blok silinder dapat terpuntir atau blok silinder dapat bengkok. Hal ini akan menyebabkan crankshaft mengalami defleksi. Defleksi ini dapat menyebabkan kerusakan crankshaft dan kerusakan bantalan.

Defleksi crankshaft harus diperiksa setelah pemasangan akhir engine. Pemeriksaan dapat dilakukan ketika engine dalam keadaan panas atau dingin. Prosedur berikut dapat digunakan untuk memeriksa defleksi crankshaft.

  1. Lepaskan penutup pemeriksaan di blok silinder yang akan memberikan akses ke jurnal batang piston yang tepat. Pada Engine 3612 yang menggerakkan peralatan dari bagian belakang engine, jurnal batang piston berikut harus diperiksa: nomor 5, nomor 6, nomor 11 dan nomor 12. Pada Engine 3612 yang menggerakkan peralatan dari bagian depan engine, jurnal batang piston berikut harus diperiksa: nomor 5, nomor 6, nomor 1 dan nomor 2. Pada Engine 3616 yang menggerakkan peralatan dari bagian belakang engine, jurnal batang piston berikut harus diperiksa: nomor 7, nomor 8, nomor 15 dan nomor 16. Pada Engine 3616 yang menggerakkan peralatan dari bagian depan engine, jurnal batang piston berikut harus diperiksa: nomor 7, nomor 8, nomor 1 dan nomor 2.

  1. Putar crankshaft dalam arah putaran normal sampai bagian tengah counterweight menjauhi batang piston.

  1. Pasang Baut 2B-7218 dengan sebuah mur 1B-4333 atau Mur Penuh 2J-3507 di crankshaft. Kencangkan mur terhadap crankshaft. Baut dan mur digunakan untuk menyediakan permukaan pengarah.

  1. Pasang sebuah StarrettCrankshaft Distortion Dial Gauge No. 696 dengan StarrettNo.696B antara baut dan counterweight. Pasang indikator dial dalam 10 mm (0,39 inch) dari bagian ujung counterweight. Putar dial di indikator dial untuk meluruskan titik nol dengan jarum penunjuk. Putar indikator dial pada titik ujung sampai penunjuk indikator dial tidak bergerak dari angka nol.

  1. Putar crankshaft dalam arah putaran normal sampai indikator dial hampir bersinggungan dengan batang piston. Batang piston ini berada di sisi lain dari crankshaft.

    Catatan: JANGAN membiarkan indikator dial bersinggungan dengan batang piston.

  1. Bacaan indikator dial tidak boleh berubah lebih besar dari nilai yang bersesuaian yang diberikan dalam Tabel 1 untuk putaran crankshaft sebesar kurang-lebih 300 derajat. Sekarang putar crankshaft dalam arah yang berlawanan terhadap posisi start. Indikator dial sekarang harus membaca nol. Apabila indikator dial tidak membaca nol, lakukan prosedur sekali lagi.

Tabel 1
Bacaan Indikator Dial Maksimum yang Memenuhi Syarat    
Silinder Depan     Silinder Tengah     Silinder Belakang    

0,18 mm (0,007 inch)    

0,08 mm (0,003 inch)    

0,18 mm (0,007 inch)    

Apabila indikator dial membaca lebih besar dari nilai yang diberikan dalam Tabel 1, blok silinder telah berubah bentuk. Kendorkan baut yang menahan rel pemasangan engine ke rel pemasangan fondasi. Setel shim untuk meluruskan engine kembali. Pastikan bahwa baut pemasangan engine memiliki ruang gerak yang cukup untuk memungkinkan engine memuai saat engine menjadi panas.

Back to top
The names Caterpillar, John Deere, JD, JCB, Hyundai or any other original equipment manufacturers are registered trademarks of the respective original equipment manufacturers. All names, descriptions, numbers and symbols are used for reference purposes only.
CH-Part.com is in no way associated with any of the manufacturers we have listed. All manufacturer's names and descriptions are for reference only.