SPS342 Skid Mounted Pumper Caterpillar


S·O·S Services Coolant Analysis

Usage:

SPS342 2LZ
Pengujian cairan pendingin engine merupakan hal yang penting untuk memastikan bahwa engine terlindungi dari kavitasi internal dan korosi. Penganalisaan juga meliputi pengujian terhadap kemampuan cairan pendingin dalam melindungi engine dari pendidihan dan pembekuan.

Analisa cairan pendingin dapat dilakukan pada dealer Caterpillar. Analisa cairan pendingin S·O·S Caterpillar merupakan cara yang terbaik untuk memonitor kondisi cairan pendingin dan sistem pendingin.

Aspek yang paling kritis dalam analisa cairan pendingin adalah interpretasi terhadap hasil analisa. Seorang analyst harus telah mendapatkan pelatihan yang sesuai agar dapat memberikan diagnosa yang tepat. Seorang analyst harus memahami beberapa macam variabel.

Cairan pendingin yang berbeda memiliki formulasi yang berbeda dan batas penentuan yang berbeda. Laboratorium komersial yang berbeda dapat menggunakan metode yang berbeda dalam menguji variabel yang sama. Pertimbangan-pertimbangan berikut juga penting dalam menginterpretasikan hasil analisa cairan pendingin:

  • Jumlah jam pada sampel

  • Peralatan yang menggunakan cairan pendingin

  • Aplikasi peralatan

Para analyst di laboratorium S·O·S Caterpillar telah diberi pelatihan untuk menentukan layak tidaknya suatu cairan pendingin. Para analyst ini memiliki pengetahuan mengenai peralatan dan aplikasi. Kualifikasi ini memungkinkan para analyst mendeteksi adanya permasalahan sebelum kerusakan terjadi.


PERHATIAN

Jangan menggunakan pompa sampel vakum yang sama untuk mengambil sampel oli dan untuk mengambil sampel cairan pendingin.

Sejumlah kecil sisa dari masing-masing tipe sampel akan tertinggal di dalam pompa dan dapat menyebabkan kesalahan analisa dalam sampel yang diambil.

Gunakan selalu satu macam pompa untuk pengambilan sampel oli dan satu macam pompa untuk pengambilan sampel cairan pendingin.

Diabaikannya hal ini dapat mengakibatkan kesalahan dalam penganalisaan yang dapat mengarah menjadi sumber kekhawatiran pelanggan dan dealer.


Analisa cairan pendingin S·O·S Caterpillar merupakan suatu program dengan dua macam tingkatan. Program didasarkan pada pengambilan sampel secara berkala. Sampel akan dianalisa. Hasil analisa akan dilaporkan dan diberikan rekomendasi sesuai dengan hasil yang didapatkan.

Analisa Cairan Pendingin S·O·S (Tingkat I)

Analisa cairan pendingin (Tingkat I) adalah suatu pengujian terhadap sifat-sifat cairan pendingin yang meliputi hal-hal berikut:

  • Konsentrasi glycol untuk perlindungan terhadap pendidihan dan pembekuan

  • Kemampuan perlindungan terhadap erosi dan korosi

  • pH

  • Konduktivitas

  • Kesadahan air

  • Analisa visual

  • Analisa bau

Hasil analisa akan dilaporkan dan diberikan rekomendasi sesuai hasil yang didapatkan.

Analisa Cairan Pendingin S·O·S (Tingkat II)

Analisa cairan pendingin (Tingkat II) merupakan evaluasi kimia yang menyeluruh terhadap cairan pendingin. Analisa ini juga melakukan pemeriksaan terhadap kondisi keseluruhan dari bagian-bagian sebelah dalam sistem pendingin. Layanan meliputi hal-hal berikut:

  • Analisa Tingkat I penuh

  • Identifikasi terhadap sumber korosi logam serta bahan-bahan penyebab kontaminasi

  • Identifikasi terhadap penumpukan kotoran yang dapat menyebabkan karat.

  • Identifikasi terhadap penumpukan kotoran yang dapat menimbulkan kerak.

  • Penentuan kemungkinan terjadinya elektrolisa di dalam sistem pendingin engine.

Hasil analisa akan dilaporkan dan diberikan rekomendasi sesuai hasil yang didapatkan.

Untuk mendapatkan informasi lebih terperinci mengenai analisa cairan pendingin S·O·S, hubungi dealer Caterpillar.

Back to top
The names Caterpillar, John Deere, JD, JCB, Hyundai or any other original equipment manufacturers are registered trademarks of the respective original equipment manufacturers. All names, descriptions, numbers and symbols are used for reference purposes only.
CH-Part.com is in no way associated with any of the manufacturers we have listed. All manufacturer's names and descriptions are for reference only.