3512 Industrial Engine Caterpillar


Extended Life Coolant (ELC)

Usage:

3512 1LM
Caterpillar menyediakan Extended Life Coolant (ELC) untuk digunakan dalam aplikasi berikut:

  • Engine gas yang dinyalakan dengan busi tipe heavy-duty

  • Engine Diesel tipe heavy-duty

  • Aplikasi otomotif

Paket anti-korosi untuk ELC Caterpillar adalah berbeda dari paket anti-korosi untuk cairan pendingin yang lain. ELC Caterpillar adalah cairan pendingin yang berbahan dasar ethylene glycol. Namun demikian, ELC Caterpillar mengandung bahan penghambat korosi organik dan senyawa anti-busa dengan kadar nitrit rendah. ELC Caterpillar telah diformulasikan dengan tepat terhadap aditif ini guna memberikan perlindungan yang lebih unggul untuk semua logam di dalam sistem pendinginan engine.

ELC akan memperpanjang usia pakai cairan pendingin menjadi enam tahun. Usia pakai dari cairan pendingin dibatasi juga oleh lamanya penggunaan (jam servis). Lihat pada Buku Petunjuk Pengoperasian dan Perawatan, "Jadwal Perawatan Periodik" (Bagian Perawatan). ELC tidak memerlukan penambahan Supplemental Coolant Additive (SCA) secara lebih sering. Menggunakan Extender merupakan satu-satunya perawatan tambahan yang diperlukan pada tiga tahun atau setengah usia pakai ELC.

Larutan yang telah dicampurkan antara ELC dan air distilasi tersedia dalam bentuk konsentrasi 1:1. Premixed ELC menyediakan perlindungan terhadap pembekuan hingga −-36 ?C (-33 ?F). Premixed ELC direkomendasikan untuk pengisian awal sistem pendinginan. Premixed ELC juga direkomendasikan untuk menambah isi sistem pendinginan.

Cairan pekat ELC juga tersedia. Cairan pekat ELC dapat digunakan untuk menurunkan titik beku hingga −-51 ?C (-60 ?F).

ELC tersedia dalam kemasan dengan beberapa ukuran. Hubungi dealer Caterpillar terdekat Anda untuk memperoleh nomor sukucadang.

Catatan: Caterpillar telah mengembangkan spesifikasi EC-1. Spesifikasi EC-1 merupakan suatu standar industri. Spesifikasi EC-1 mendefinisikan semua persyaratan kinerja yang dibutuhkan oleh cairan pendingin engine yang diperdagangkan sebagai extended life coolant untuk engine-engine Caterpillar. ELC dapat digunakan pada sebagian besar tipe engine-engine berikut: diesel, bensin dan gas alam. ELC memenuhi persyaratan kinerjadari"ASTM D4985" dan "ASTM D5345" heavy-duty untuk cairan pendingin/antibeku berkadar silikat rendah. ELC juga memenuhi syarat-syarat kinerja"ASTM D3306" dan "ASTM D4656" untuk aplikasi otomotif.

Back to top
The names Caterpillar, John Deere, JD, JCB, Hyundai or any other original equipment manufacturers are registered trademarks of the respective original equipment manufacturers. All names, descriptions, numbers and symbols are used for reference purposes only.
CH-Part.com is in no way associated with any of the manufacturers we have listed. All manufacturer's names and descriptions are for reference only.