3512 Industrial Engine Caterpillar


Coolant Recommendations

Usage:

3512 1LM


PERHATIAN

Jangan menggunakan cairan pendingin/antifreeze komersial yang hanya memenuhi spesifikasi ASTM D3306 atau D4656. Tipe cairan pendingin/antifreeze ini dibuat untuk pemakaian pada otomotif dengan pembebanan ringan.


Cairan pendingin berikut merupakan tipe utama cairan pendingin yang digunakan di dalam Engine Caterpillar:

Lebih Disarankan - Extended Life Coolant Caterpillar (ELC) atau extended life coolant komersial yang memenuhi spesifikasi Caterpillar EC-1

Dapat Dipergunakan - Caterpillar Diesel Engine Antifreeze/Coolant (DEAC) atau cairan pendingin/antibeku heavy-duty komersial yang memenuhi spesifikasi "ASTM D4985"atau "ASTM D5345"

Caterpillar merekomendasikan campuran air dan glycol dengan perbandingan 1:1. Campuran ini akan menyediakan kinerja heavy-duty yang optimal sebagai cairan pendingin/antibeku.

Catatan: Caterpillar DEAC TIDAK memerlukan pencampuran dengan SCA pada pengisian awalnya. Cairan pendingin/antibeku heavy-duty komersial yang memenuhi spesifikasi "ASTM D4985" atau "ASTM D5345" AKAN memerlukan perawatan dengan SCA pada pengisian awalnya. Baca label atau instruksi yang diberikan oleh produk OEM.

Pada aplikasi engine stasioner dan aplikasi engine perkapalan yang tidak memerlukan perlindungan terhadap pendidihan atau pembekuan, campuran SCA dan air sudah memenuhi syarat. Caterpillar merekomendasikan konsentrasi enam persen minimum sampai delapan persen maksimum SCA dalam sistem pendinginan.Penggunaan air distilasi atau air deionisasi lebih disarankan. Air yang sudah memiliki sifat-sifat persyaratan yang dibutuhkan dapat digunakan. Untuk sifat-sifat air, lihat padapublikasi, " topik "Informasi Umum Mengenai Cairan Pendingin(Bagian Perawatan).

Catatan: Tabel 1 merupakan daftar cairan pendingin yang direkomendasikan dan usia pakai (kalender) cairan pendingin. Usia pakai cairan pendingin dibatasi juga oleh lamanya penggunaan (jam servis). Gunakan spesifikasi engine Buku Petunjuk Pengoperasian dan Perawatan, "Jadwal Perawatan Periodik" (Bagian Perawatan). Untuk mencapai usia pakai ini, cairan pendingin harus dirawat dengan benar. Program perawatan meliputi analisa cairan pendingin S?O?S.

Table 1
Usia Pakai Cairan Pendingin    
Tipe Cairan Pendingin     Usia Servis (1)    
ELC Caterpillar     Enam Tahun    
DEAC Caterpillar     Tiga Tahun    
Cairan pendingin/Antibeku Heavy-Duty Komersial yang memenuhi spesifikasi "ASTM D5345"     Dua Tahun    
Cairan pendingin/Antibeku Heavy-Duty Komersial yang memenuhi spesifikasi "ASTM D4985"     Satu Tahun    
SCA Caterpillar dan Air     Dua Tahun    
SCA Komersial dan Air     Satu Tahun    
( 1 ) Usia pakai cairan pendingin dibatasi juga oleh lamanya penggunaan (jam servis). Gunakan Buku Petunjuk Pengoperasian dan Perawatan, "Jadwal Perawatan Periodik" (Bagian Perawatan).
Back to top
The names Caterpillar, John Deere, JD, JCB, Hyundai or any other original equipment manufacturers are registered trademarks of the respective original equipment manufacturers. All names, descriptions, numbers and symbols are used for reference purposes only.
CH-Part.com is in no way associated with any of the manufacturers we have listed. All manufacturer's names and descriptions are for reference only.