XGC1900 Generator Sets Caterpillar


Engine Air Cleaner Element (Dual Element) - Inspect/Clean/Replace

Usage:

G3516H ME3


PERHATIAN

Jangan sekali-kali menjalankan engine tanpa adanya elemen saringan udara yang terpasang. Jangan sekali-kali menjalankan engine dengan elemen saringan udara yang telah rusak. Jangan menggunakan elemen saringan udara yang telah rusak pada lipatan, gasket atau seal. Kotoran yang masuk ke dalam engine akan menyebabkan keausan dini dan kerusakan pada komponen engine. Elemen saringan udara membantu mencegah kotoran di udara agar tidak masuk ke dalam lubang pemasukan udara.



PERHATIAN

Jangan sekali-kali melakukan servis pada elemen saringan udara saat engine sedang hidup karena hal ini akan memungkinkan kotoran masuk ke dalam engine.


Menyervis Elemen Saringan Udara

Jika elemen saringan udara tersumbat, udara dapat memecah material elemen saringan udara. Udara yang tidak difilter akan mempercepat secara drastis keausan internal engine. Dealer Caterpillar menyediakan elemen air cleaner yang sesuai untuk aplikasi Anda. Hubungi dealer Caterpillar Anda untuk elemen air cleaner yang benar.

  • Periksa prapenyaringan (bila terpasang) setiap hari dari tumpukan kotoran dan serpihan. Bersihkan kotoran dan serpihan, bila perlu.

  • Kondisi pengoperasian (debu, kotoran, dan serpihan) mungkin memerlukan servis elemen saringan udara yang lebih sering.

  • Elemen saringan udara dapat dibersihkan hingga enam kali jika dibersihkan dan diperiksa dengan benar.

  • Elemen saringan udara harus diganti setidaknya sekali setahun. Penggantian ini harus dilakukan tanpa memperhatikan berapa kali elemen telah dibersihkan.

Ganti elemen saringan udara kertas yang kotor dengan elemen saringan udara yang bersih. Sebelum pemasangan, periksa seluruh elemen saringan udara terhadap robekan dan/atau lubang pada material filter. Periksa gasket atau seal elemen saringan udara terhadap kerusakan. Pertahankan suplai elemen saringan udara yang cocok untuk keperluan penggantian.

Saringan Udara Elemen Ganda

Saringan udara elemen ganda berisi elemen saringan udara primer dan sekunder. Elemen saringan udara primer dapat digunakan hingga enam kali jika selalu dibersihkan dan diperiksa dengan benar. Elemen saringan udara primer harus diganti setidaknya sekali setahun. Penggantian ini harus dilakukan tanpa memperhatikan berapa kali elemen telah dibersihkan.

Elemen saringan udara sekunder tidak dapat diservis atau dicuci. Elemen saringan udara sekunder harus dilepaskan dan dibuang setiap tiga kali pembersihan elemen saringan udara primer. Bila engine beroperasi di lingkungan yang berdebu atau kotor, elemen saringan udara mungkin memerlukan penggantian yang lebih sering.



    Ilustrasi 1g06203010
    (1) baut penutup

  1. Longgarkan baut penutup ujung air cleaner. Jangan lepaskan baut sepenuhnya.


    Ilustrasi 2g06203023

  2. Geser penutup ke belakang pada baut.

  3. Geser elemen air cleaner belakang ke belakang, dan gulir elemen keluar dari rumah.


    Ilustrasi 3g06203027
    (2) ring penjajaran

  4. Geser ring penjajaran ke belakang sehingga elemen filter depan dapat bergeser ke belakang dan berputar.

  5. Pasang elemen air cleaner depan yang baru, dan geser elemen ke depan pada Langkah (4). Geser ring penjajaran ke depan pada Langkah (3). Pasang elemen air cleaner belakang yang baru, dan geser elemen ke depan pada Langkah (2). Kencangkan baut untuk penutup pada Langkah (1).

    Catatan: Untuk mencegah terisapnya serpihan ke dalam turbocharger, kencangkan penutup untuk memampatkan seal pada elemen air cleaner, memastikan seal terpasang sepenuhnya.

Membersihkan Elemen Saringan Udara Primer


PERHATIAN

Caterpillar merekomendasikan layanan pembersihan filter udara bersertifikasi yang tersedia di dealer Cat . Proses pembersihan Cat menggunakan prosedur yang telah terbukti untuk menjamin kualitas yang konsisten dan umur filter yang optimal.

Ikuti panduan berikut jika Anda ingin mencoba membersihkan elemen filter:

Jangan ketukkan atau pukul elemen filter untuk mengeluarkan debu.

Jangan cuci elemen filter.

Gunakan udara yang terkompresi dengan tekanan rendah untuk mengeluarkan debu dari elemen filter. Tekanan udara tidak boleh melebihi 207 kPa (30 psi). Arahkan aliran udara ke atas dan ke bawah lipatan dari sisi dalam elemen filter. Lakukan dengan sangat hati-hati untuk mencegah kerusakan pada lipatan.

Jangan gunakan filter udara dengan lipatan, gasket, atau seal yang rusak. Kotoran yang masuk ke engine akan menyebabkan kerusakan pada komponen engine.


Elemen saringan udara primer dapat digunakan hingga enam kali jika selalu dibersihkan dan diperiksa dengan benar. Setelah elemen saringan udara primer dibersihkan, periksa ada tidaknya robekan atau koyak pada material filter. Elemen saringan udara primer harus diganti setidaknya sekali setahun. Penggantian ini harus dilakukan tanpa memperhatikan berapa kali elemen telah dibersihkan.

Gunakan elemen saringan udara primer yang bersih sewaktu elemen kotor sedang dibersihkan.


PERHATIAN

Jangan membersihkan elemen saringan udara dengan cara memukul atau menepuknya. Hal ini dapat menyebabkan kerusakan pada seal. Jangan menggunakan elemen yang telah rusak pada lipatan, gasket atau seal. Elemen yang telah rusak akan memungkinkan kotoran lolos. Kerusakan pada engine dapat terjadi.


Lakukan pemeriksaan visual terhadap elemen saringan udara primer sebelum melakukan pembersihan. Periksa elemen saringan udara terhadap kerusakan pada seal, gasket, dan penutup bagian luar. Buang setiap elemen saringan udara yang telah rusak.

Ada dua metode umum yang digunakan untuk membersihkan elemen saringan udara primer:

  • Udara bertekanan

  • Membersihkan dengan alat vakum

Udara Bertekanan

------ PERINGATAN! ------

Cedera dapat diakibatkan oleh tekanan udara.

Cedera dapat terjadi bila tidak mengikuti prosedur yang benar. Bila menggunakan udara bertekanan, kenakan pelindung muka dan pakaian pelindung.

Untuk tujuan pembersihan, tekanan udara maksimum pada nozzle harus lebih rendah dari 205 kPa (30 psi).


Udara bertekanan dapat digunakan untuk membersihkan elemen saringan udara primer yang baru dibersihkan sekali atau dua kali. Udara bertekanan tidak akan menghilangkan endapan karbon dan oli. Gunakan udara bersih dan tersaring dengan tekanan maksimum 207 kPa (30 psi).



Ilustrasi 4g00281692

Catatan: Saat elemen air cleaner primer dibersihkan, selalu mulai dari sisi yang bersih (bagian dalam) untuk mendorong partikel kotoran ke arah sisi yang kotor (bagian luar).

Arahkan selang sehingga udara mengalir di dalam elemen sepanjang filter untuk membantu mencegah kerusakan pada lipatan kertas. Jangan mengarahkan aliran udara secara langsung ke elemen saringan udara primer. Kotoran dapat terdorong lebih dalam ke lipatan elemen.

Catatan: Rujuk ke "Memeriksa Elemen Saringan Udara Primer".

Membersihkan dengan Alat Vakum

Pembersihan dengan alat vakum cara bagus membersihkan elemen saringan udara primer yang memerlukan pembersihan harian karena lingkungan yang kering dan berdebu. Pembersihan dengan udara bertekanan direkomendasikan untuk dilakukan sebelum pembersihan dengan alat vakum. Membersihkan dengan alat vakum tidak akan menghilangkan deposit karbon dan oli.

Catatan: Rujuk ke "Memeriksa Elemen Saringan Udara Primer".

Memeriksa Elemen Saringan Udara Primer



Ilustrasi 5g00281693

Periksa elemen saringan udara primer yang telah bersih dan kering. Gunakan lampu warna biru 60 W dalam ruangan gelap atau fasilitas yang sejenis. Tempatkan lampu biru di dalam elemen saringan udara primer. Putar elemen saringan udara primer. Periksa elemen saringan udara primer terhadap adanya bagian yang robek dan/atau berlubang. Periksa elemen saringan udara primer terhadap adanya cahaya yang mungkin terlihat melewati material filter. Jika hasil yang diperoleh harus dikonfirmasi, bandingkan elemen air cleaner primer lama dengan elemen air cleaner primer baru yang memiliki nomor suku cadang sama.

Jangan gunakan elemen saringan udara primer yang material filternya telah robek dan/atau berlubang. Jangan gunakan elemen saringan udara primer yang lipatan, gasket, atau sealnya telah rusak. Buang elemen saringan udara primer yang rusak.

Menyimpan Elemen Saringan Udara Primer

Apabila elemen saringan udara primer yang telah lolos pemeriksaan belum akan digunakan, simpanlah untuk digunakan di masa mendatang.



Ilustrasi 6g00281694

Jangan gunakan cat, penutup kedap air, atau plastik sebagai bahan pelindung selama penyimpanan. Aliran udara dapat terhambat. Untuk melindungi dari kotoran dan kerusakan, kemas elemen saringan udara primer dengan kertas Pencegah Korosi Volatil (VCI, Volatile Corrosion Inhibited).

Letakkan elemen saringan udara primer di dalam kotak untuk disimpan. Untuk identifikasi, tandai bagian luar kotak serta elemen saringan udara primer. Sertakan informasi berikut ini:

  • Tanggal pembersihan

  • Pembersihan ke-

Simpan kotak di tempat yang kering.

Caterpillar Information System:

797F CMD Off-Highway Trucks Hydraulic Oil Filter - Replace - for Command Steering Valve
XGC1900 Generator Sets Engine Air Cleaner Element - Clean/Replace
XGC1900 Generator Sets Maintenance Interval Schedule
The Accumulator Discharging and Charging Procedures are Updated {5077} The Accumulator Discharging and Charging Procedures are Updated {5077}
120 and 120 AWD Motor Grader Fuses - Replace
120 and 120 AWD Motor Grader Cooling Cores - Clean
320 GC, 320 and 323 Excavator Machine Systems Pump Control (Output Flow) - Test - One Pump Calibration (Optional Test)
320 GC, 320 and 323 Excavator Machine Systems Specifications Track Roller (Single Flange)
120 and 120 AWD Motor Grader Cab Air Filter - Replace
745 and 740 GC & 740 EJECTOR Articulated Truck Systems Solenoid Valve
730,735 and 730 EJECTOR Articulated Truck Systems Solenoid Valve
3512E HD Petroleum Engine Fuel System - Prime
XGC1900 Generator Sets Fan Drive Bearing - Lubricate
XGC1900 Generator Sets Fumes Disposal Filter Element - Inspect
XGC1900 Generator Sets Fumes Disposal Filter Differential Pressure - Check
C9.3B Engines for Caterpillar Built Machines Camshaft Gear - Remove and Install
C175 Generator Set Engines Oil Pressure Regulator - Remove and Install - Engine
C9.3 Marine Auxiliary and Generator Set Engine Coolant Temperature Is Low
C9.3 Marine Auxiliary and Generator Set Engine Speed/Timing - Test
C9.3 Marine Auxiliary and Generator Set Engine Intake Manifold Air Pressure Is Low
120 and 120 AWD Motor Grader Before Starting Engine
120 and 120 AWD Motor Grader Operation
XGC1900 Generator Sets Generator Set Alignment - Check - Generator Sets
G3516 TA Engine Compressor Bypass
Back to top
The names Caterpillar, John Deere, JD, JCB, Hyundai or any other original equipment manufacturers are registered trademarks of the respective original equipment manufacturers. All names, descriptions, numbers and symbols are used for reference purposes only.
CH-Part.com is in no way associated with any of the manufacturers we have listed. All manufacturer's names and descriptions are for reference only.