C8.7 Marine Engine Caterpillar


Engine Air Cleaner Element (Single Element) - Inspect/Clean/Replace

Usage:

C8.7 CS7


PERHATIAN

Jangan sekali-kali menjalankan engine tanpa adanya elemen saringan udara yang terpasang. Jangan sekali-kali menjalankan engine dengan elemen saringan udara yang telah rusak. Jangan menggunakan elemen saringan udara yang telah rusak pada lipatan, gasket atau seal. Kotoran yang masuk ke dalam engine akan menyebabkan keausan dini dan kerusakan pada komponen engine. Elemen saringan udara membantu mencegah kotoran di udara agar tidak masuk ke dalam lubang pemasukan udara.


Jika elemen saringan udara tersumbat, udara dapat memecah material elemen saringan udara. Udara yang tidak difilter akan mempercepat secara drastis keausan internal engine. Dealer Cat memiliki elemen saringan udara yang sesuai untuk aplikasi Anda. Hubungi dealer Cat untuk elemen saringan udara yang benar.

  • Periksa prapenyaringan (bila terpasang) setiap hari dari tumpukan kotoran dan serpihan. Bersihkan kotoran dan serpihan, bila perlu.

  • Kondisi pengoperasian (debu, kotoran, dan serpihan) mungkin memerlukan servis elemen saringan udara yang lebih sering.

  • Elemen air cleaner harus diganti setiap 2 tahun. Penggantian ini harus dilakukan tanpa memperhatikan berapa kali elemen telah dibersihkan.

Catatan: Elemen air cleaner ini harus diganti setelah pembersihan yang ketiga.

Catatan: Gunakan Kit Pembersihan 102-9720. Produk ini berisi deterjen dan oli yang dibuat secara khusus untuk perawatan elemen air cleaner.

Membersihkan Elemen Filter Udara



    Ilustrasi 1g03705911

  1. Longgarkan dan lepaskan klem elemen air cleaner (1).

  2. Lepaskan elemen air cleaner (2). Ketuk elemen air cleaner untuk melepaskan partikel kotoran. Sikat pelan-pelan elemen air cleaner dengan sikat bulu yang lembut.


    PERHATIAN

    Jangan gunakan bensin, uap, deterjen kaustik atau yang tidak disetujui, atau pelarut pembersih komponen. Jangan gunakan air atau udara bertekanan tinggi untuk membersihkan elemen air cleaner. Salah satu cairan atau metode tersebut dapat menyebabkan elemen air cleaner rusak.


  3. Semprotkan elemen air cleaner dengan larutan pembersih. Biarkan elemen air cleaner berhenti selama 10 menit.

  4. Bilas elemen air cleaner dengan air bertekanan rendah. Tekanan air maksimum untuk prosedur ini merupakan 275 kPa (40 psi). Air bersih dapat diterima. Mulai bilas elemen air cleaner dari sisi yang bersih (bagian dalam). Kemudian, bersihkan sisi yang kotor (bagian luar) untuk membilas kotoran. Periksa elemen air cleaner terhadap robekan dan/atau lubang setelah elemen air cleaner dibersihkan. Jangan gunakan lagi elemen air cleaner yang telah rusak.


    PERHATIAN

    Jangan gunakan udara berkompresi, api terbuka, atau udara panas untuk mengeringkan elemen air cleaner. Serat kapas pengurang panas yang berlebih dan udara berkompresi bisa membuat lubang pada material. Biarkan elemen air cleaner hingga kering dengan udara.


  5. Goyangkan air yang berlebihan dari elemen air cleaner, dan biarkan elemen air cleaner hingga kering dengan udara. Mengeringkan elemen air cleaner di bawah sinar matahari akan mempercepat proses.


    PERHATIAN

    Jangan gunakan cairan transmisi, oli engine, bahan bakar diesel, atau pelumas lainnya untuk melumasi elemen air cleaner. Elemen air cleaner tidak bisa berfungsi dengan benar jika menggunakan oli yang tidak tepat. Jangan pernah mengoperasikan engine dengan elemen air cleaner kering. Elemen air cleaner tidak dapat berfungsi dengan benar tanpa oli. Selalu basahi elemen air cleaner bersih dengan oli yang direkomendasikan.


  6. Elemen air cleaner harus dilumasi oli sebelum pemasangan. Berikan sedikit oli pada bagian atas tiap pleat. Biarkan oli merendam elemen air cleaner selama 20 menit. Berikan pada titik "putih" yang tersisa.

  7. Periksa rumah dan klem untuk elemen air cleaner (1). Pasang elemen air cleaner bersih yang sudah diberi oli. Ganti klem, bila perlu. Rujuk ke Specifications, SENR3130, "Spesifikasi Torsi" untuk torsi klem yang benar.

Mengganti Filter Udara

  1. Longgarkan dan lepaskan klem air cleaner (1).

  2. Lepaskan air cleaner.

  3. Pasang klem (1).

  4. Pasang elemen air cleaner baru (2).

  5. Kencangkan klem air cleaner (1).

Caterpillar Information System:

C3.4B Engines for Caterpillar Built Machines Water Temperature Regulator and Housing
C3.4B Engines for Caterpillar Built Machines Cylinder Head Valves
C3.4B Engines for Caterpillar Built Machines Lifter Group
TA2 Technical Inspection for 3512C Dynamic Gas Blending Marine Engines{0372, 1000, 753T, 7565} TA2 Technical Inspection for 3512C Dynamic Gas Blending Marine Engines{0372, 1000, 753T, 7565}
C3.4B Engines for Caterpillar Built Machines Piston and Rings
C3.4B Engines for Caterpillar Built Machines Connecting Rod
C3.4B Engines for Caterpillar Built Machines Main Bearing Journal
C4.4 Engines for Caterpillar Built Machines Electronic Control Module - Remove and Install
C3.4B Engines for Caterpillar Built Machines Connecting Rod Bearing Journal
C8.7 Marine Engine Engine Oil Level Gauge - Calibrate
C3.4B Engines for Caterpillar Built Machines Camshaft Bearings
C4.4 Engines for Caterpillar Built Machines Exhaust Manifold - Remove and Install - Top Mounted Exhaust Manifold
Instructions for Use of Cat® Coolant Conditioner for Modular Core Aluminum Radiators {1350, 1350, 1352, 1353, 1395} Instructions for Use of Cat® Coolant Conditioner for Modular Core Aluminum Radiators {1350, 1350, 1352, 1353, 1395}
C9 Generator Set Coolant (DEAC) - Change
C3.4B Engines for Caterpillar Built Machines Gear Group (Front)
2014/06/20 An Improved Inspection Process for Cylinder Liners Used in All 3500 Engines {1201, 1216}
2014/09/11 New Steering Line Assembly Is Now Available on Certain 621H, 623H, and 627H Wheel Tractor-Scrapers {4304, 5050}
G3306B Petroleum Generator Set Engines Engine Control Panel
G3306B Petroleum Generator Set Engines Fuel Pressure Is Low
G3306B Petroleum Generator Set Engines System Configuration Parameters
G3306B Petroleum Generator Set Engines Oxygen Level - Test
C175-16 PETROLEUM ENGINES High Pressure Fuel Rails - Remove and Install
C9 Generator Set Safety Messages
Electronic Fluid Temperature Control (ESTAT) Salvage Guideline {0374, 0599, 0700, 0701, 0708, 135V} Electronic Fluid Temperature Control (ESTAT) Salvage Guideline {0374, 0599, 0700, 0701, 0708, 135V}
Back to top
The names Caterpillar, John Deere, JD, JCB, Hyundai or any other original equipment manufacturers are registered trademarks of the respective original equipment manufacturers. All names, descriptions, numbers and symbols are used for reference purposes only.
CH-Part.com is in no way associated with any of the manufacturers we have listed. All manufacturer's names and descriptions are for reference only.