C8.7 Marine Engine Caterpillar


Fire Prevention and Explosion Prevention

Usage:

C8.7 CS7


Ilustrasi 1g00704000

Gunakan alat pelindung diri (APD), bila perlu.

Semua bahan bakar, sebagian besar pelumas, dan sebagian campuran cairan pendingin bersifat mudah terbakar.

Selalu lakukan Inspeksi Berkeliling, yang dapat membantu Anda mengidentifikasi bahaya kebakaran. Jangan operasikan alat berat bila ada bahaya kebakaran. Hubungi dealer Cat Anda untuk layanan.

Cairan mudah terbakar yang bocor atau tumpah pada permukaan yang panas atau pada komponen listrik dapat menyebabkan kebakaran. Kebakaran dapat mengakibatkan cedera badan dan kerusakan properti.

Percikan api dapat terjadi jika penutup karter engine dilepaskan dalam waktu 15 menit setelah shutdown darurat.

Tentukan apakah engine akan dioperasikan di lingkungan yang memungkinkan gas yang mudah terbakar terisap ke sistem pemasukan udara. Gas ini dapat menyebabkan engine mengalami kecepatan berlebih. Akibatnya bisa cedera badan, kerusakan properti, atau kerusakan engine.

Jika aplikasi melibatkan adanya gas yang mudah terbakar, hubungi dealer Cat untuk informasi tambahan tentang perangkat perlindungan yang sesuai.

Bersihkan semua material yang mudah terbakar seperti bahan bakar, oli, dan serpihan dari engine. Jangan biarkan material yang mudah terbakar terkumpul di engine.

Semua cairan yang tertampung dalam wadah penampung tumpahan cairan harus dibersihkan secepatnya. Tumpahan cairan yang tidak dibersihkan dapat memicu api. Kebakaran dapat mengakibatkan cedera badan dan kerusakan properti.

Simpan bahan bakar dan pelumas dalam wadah yang ditandai dengan benar dan di tempat yang tidak mudah diakses oleh orang yang tidak berkepentingan. Simpan kain yang telah terkena oli dan material yang mudah terbakar dalam wadah pelindung. Jangan merokok di area yang digunakan untuk penyimpanan material yang mudah terbakar.

Jangan biarkan engine berada di dekat nyala api.

Pelindung buang (bila terpasang) melindungi komponen buang yang panas dari cipratan oli atau bahan bakar karena saluran, tabung, atau seal yang rusak. Pelindung buang harus dipasang dengan benar.

Jangan las saluran atau tangki yang berisi cairan mudah terbakar. Jangan lakukan pemotongan nyala api (flame cutting) saluran atau tangki yang berisi cairan mudah terbakar. Bersihkan saluran atau tangki semacam ini secara menyeluruh dengan pelarut yang tidak mudah terbakar sebelum melakukan pengelasan atau pemotongan nyala api.

Rangkaian kabel harus dijaga dalam kondisi baik. Rutekan dengan benar dan pasang dengan kencang semua kabel listrik. Periksa semua kabel listrik setiap hari. Perbaiki kabel yang longgar atau berjumbai sebelum mengoperasikan engine. Bersihkan semua sambungan listrik dan kencangkan semua sambungan listrik.

Singkirkan semua rangkaian kabel yang tidak dipasang atau tidak perlu. Jangan gunakan kabel atau kawat yang lebih kecil dari ukuran yang disarankan. Jangan pintas sekring dan/atau pemutus arus.

Bunga api atau cetusan api dapat menimbulkan kebakaran. Kencangkan koneksi, rangkaian kabel yang disarankan, dan kabel baterai yang dirawat dengan benar akan membantu mencegah bunga api atau cetusan api.

Periksa semua saluran dan selang terhadap keausan atau deteriorasi. Rutekan semua selang dengan benar. Saluran dan selang harus ditopang dengan memadai dan dikencangkan dengan klem. Kencangkan semua koneksi dengan torsi yang disarankan. Kebocoran dapat menyebabkan kebakaran.

Pasang semua filter oli dan filter bahan bakar dengan benar. Rumah filter harus dikencangkan dengan torsi yang benar.



Ilustrasi 2g00704059

Perhatikan langkah pencegahan saat mengisi bahan bakar engine. Jangan merokok sewaktu mengisi bahan bakar engine. Jangan isi bahan bakar engine di dekat nyala api atau cetusan api. Selalu matikan engine sebelum mengisi bahan bakar.

Catatan: Hindari risiko listrik statis saat mengisi bahan bakar. Bahan bakar diesel sulfur ultra rendah (ULSD, ultra low sulfur diesel) mengandung bahaya pengapian statis yang lebih besar dibandingkan formulasi diesel sebelumnya yang memiliki kandungan sulfur lebih tinggi. Cegah bahaya kematian atau cedera berat akibat kebakaran atau ledakan. Hubungi pemasok bahan bakar atau sistem bahan bakar Anda untuk memastikan bahwa sistem pengaliran bahan bakar sesuai dengan standar pengisian bahan bakar untuk prosedur pentanahan dan pengikatan yang benar.



Ilustrasi 3g02298225

Gas dari baterai dapat meledak. Jauhkan nyala api atau bunga api dari bagian atas baterai. Jangan merokok di area pengisian baterai.

Jangan sekali-kali memeriksa pengisian baterai dengan menaruh benda logam pada konektor terminal. Gunakan voltmeter atau hidrometer.

Kesalahan penyambungan kabel jumper dapat menyebabkan ledakan yang mengakibatkan cedera. Rujuk ke Bagian Pengoperasian di buku petunjuk ini untuk petunjuk khusus.

Jangan mengisi baterai dalam keadaan beku. Mengisi baterai yang beku dapat menyebabkan ledakan.

Baterai harus terjaga kebersihannya. Penutup (bila terpasang) harus selalu terpasang pada sel baterai. Gunakan kabel, koneksi, dan penutup kotak baterai yang direkomendasikan saat engine dioperasikan.

Alat Pemadam Api

Pastikan alat pemadam kebakaran telah tersedia. Pahami cara mengoperasikan alat pemadam api. Periksa alat pemadam api dan lakukan perawatan secara teratur. Patuhi rekomendasi yang tertera pada pelat petunjuk.

Saluran, Pipa, dan Selang

Jangan tekuk pipa saluran tekanan tinggi. Jangan pukul pipa saluran tekanan tinggi. Jangan pasang pipa saluran yang telah bengkok atau rusak.

Catatan: Saluran bahan bakar tekanan tinggi hanya untuk digunakan satu kali. Ganti saluran bahan bakar tekanan tinggi jika rusak.

Perbaiki semua saluran yang longgar atau rusak. Kebocoran dapat menyebabkan kebakaran. Hubungi dealer Cat Anda untuk perbaikan atau penggantian suku cadang.

Periksa saluran, pipa, dan selang dengan hati-hati. Jangan gunakan tangan tanpa pelindung untuk memeriksa kebocoran. Gunakan papan atau karton untuk memeriksa kebocoran. Kencangkan semua koneksi dengan torsi yang disarankan.

Ganti komponen yang terkait jika terdapat kondisi berikut:

  • Fitting rusak atau bocor di bagian ujung.

  • Penutup bagian luar rusak atau robek.

  • Kabel terkelupas.

  • Penutup luar menggelembung.

  • Beberapa bagian selang tertekuk.

  • Pelindung luar memperlihatkan panel pelindung yang terintegrasi.

  • Fitting bergeser dari tempatnya.

Pastikan bahwa semua klem, pelindung, dan pelindung panas dipasang dengan benar untuk mencegah getaran, gesekan dengan komponen lain, dan panas yang berlebihan.

Caterpillar Information System:

C12.9 Marine Engines Overhaul (Major)
C15 and C18 Tier 4 Final Engines Engine Valve Lash - Inspect/Adjust
CX31-P600 Petroleum Transmission Transmission Hydraulic Control - Integral Pump Drive, No Retarder
C12.9 Marine Engines Coolant Level - Check
Certain C18 Marine Propulsion Engines Have Incorrect Overhaul (Top End) and Overhaul (Major) Intervals Published{1000} Certain C18 Marine Propulsion Engines Have Incorrect Overhaul (Top End) and Overhaul (Major) Intervals Published{1000}
C8.7 Marine Engine Before Starting Engine
2014/04/11 New Engine Software Is Now Used on Certain C15 and C18 Generator Engines {1901, 1920}
UPS 300, UPS 301, UPS 500, UPS 600, UPS 750 and UPS 900 Uninterruptible Power Supplies DC Bus Capacitor - Replace
UPS 300, UPS 301, UPS 500, UPS 600, UPS 750 and UPS 900 Uninterruptible Power Supplies Maintenance Interval Schedule
CX31-P600 Petroleum Transmission Transmission Hydraulic Control - Integral Pump Drive, Retarder
2013/12/05 A New Hose and Clamp for the Water Lines Group Are Used for Certain C15 and C18 Engines {1380}
CX31-P600 Petroleum Transmission Transmission Hydraulic Control - Dropbox
C8.7 Marine Engine Sensors and Electrical Components
C32 Marine Generator Set Refill Capacities
C18 Marine Engine Refill Capacities
UPS 300, UPS 301, UPS 500, UPS 600, UPS 750 and UPS 900 Uninterruptible Power Supplies General Hazard Information
C18 Generator Set Coolant - Change
C4.4 Industrial Engine Refill Capacities
C32 Marine Engine Maintenance Interval Schedule
C4.4 Industrial Engine Maintenance Interval Schedule
C4.4 Industrial Engine Fluid Recommendations - Engine Oil
CX31-P600 Petroleum Transmission Transmission Hydraulic Control - Side PTO, Retarder
2013/10/28 Caterpillar Marine Engine - Proper Operation "Quick Reference" {1000}
390F Excavator Machine Systems Swing System
Back to top
The names Caterpillar, John Deere, JD, JCB, Hyundai or any other original equipment manufacturers are registered trademarks of the respective original equipment manufacturers. All names, descriptions, numbers and symbols are used for reference purposes only.
CH-Part.com is in no way associated with any of the manufacturers we have listed. All manufacturer's names and descriptions are for reference only.