G3500H 60Hz Generator Sets Caterpillar


Spark Plugs - Inspect/Adjust/Replace

Usage:

G3512H GF4

------ PERINGATAN! ------

Sistem pengapian dapat menyebabkan sengatan listrik. Hindari bersentuhan dengan komponen dan kabel sistem pengapian.

Jangan coba melepaskan penutup katup saat engine beroperasi. Transformer ditanahkan ke penutup katup. Cedera badan atau kematian dapat terjadi dan sistem pengapian akan rusak jika penutup katup dilepaskan selama pengoperasian engine. Engine tidak akan beroperasi tanpa penutup katup.


Penggunaan busi dengan ruang prapembakaran dibatasi untuk aplikasi genset.

Catatan: Kondensasi dapat terbentuk pada busi yang memiliki ruang prapembakaran. Kondisi ini dapat menyebabkan kesulitan melakukan start dingin. Untuk mencegah kondensasi, cairan pendingin di blok silinder harus terus dipertahankan pada temperatur minimum 43 °C (110 °F).

Umur pemakaian busi dipengaruhi oleh pengotoran karena endapan dari oli dan oleh tegangan puncak. Perawatan sistem pengapian juga dipengaruhi oleh tegangan. Tegangan yang lebih tinggi diperlukan oleh tekanan udara manifold masuk yang lebih tinggi, tingkat emisi yang lebih rendah, rasio kompresi yang lebih tinggi, atau perlambatan pewaktuan. Tegangan yang lebih tinggi akan mengurangi umur pemakaian komponen seperti busi, kabel, dan transformer.

Umur pemakaian busi berbeda untuk aplikasi yang berbeda. Umur pemakaian busi adalah sekitar 2000 jam servis. Busi mungkin tetap berfungsi dengan baik untuk periode lebih dari 2000 jam servis. Untuk membantu memprediksi umur pemakaian busi, gunakan Cat Electronic Technician (ET) untuk memantau parameter "Persentase Tegangan Output Sekunder Transformer #X Silinder". Nilai parameter ini akan meningkat karena celah busi akan aus seiring waktu. Pengalaman di lokasi tertentu akan membantu menentukan interval yang sesuai untuk penggantian busi.

Jika kode diagnostik dihasilkan untuk sirkuit sekunder pengapian transformer, busi harus diganti. Salah pengapian dan silinder dingin adalah indikasi lain terkait keausan busi. Gunakan Cat ET untuk memantau temperatur port gas buang untuk menemukan silinder dingin.

Melepaskan Busi

    ------ PERINGATAN! ------

    Sistem pengapian dapat menyebabkan sengatan listrik. Hindari bersentuhan dengan komponen dan kabel sistem pengapian.

    Jangan coba melepaskan penutup katup saat engine beroperasi. Transformer ditanahkan ke penutup katup. Cedera badan atau kematian dapat terjadi dan sistem pengapian akan rusak jika penutup katup dilepaskan selama pengoperasian engine. Engine tidak akan beroperasi tanpa penutup katup.




    Ilustrasi 1g03779503
    (1) Penutup katup
    (2) Baut
    (3) Ring
    (4) Seal

  1. Lepaskan baut (2) dan ring (3). Lepaskan penutup katup (1). Periksa seal (4). Jika seal terlihat aus atau rusak, buang seal dan gunakan seal baru untuk rakitan.


    PERHATIAN

    Menarik pada rangkaian kabel dapat merusak kabel. Jangan tarik pada rangkaian kabel.




    Ilustrasi 2g03779598
    (5) Transformer
    (6) Extender dan seal bibir
    (7) Busi pijar
    (8) Rangkaian kabel

  2. Putuskan rangkaian kabel (8) dari transformer (5). Berhati-hatilah saat menekan klip penahan menjauh dari konektor. Lepaskan transformer (5).

  3. Periksa extender dan seal bibir (6). Jika seal aus atau rusak, ganti dengan seal baru. Jika extender menunjukkan tanda-tanda kerusakan, ganti dengan extender baru. Extender diulirkan ke transformer.


    Ilustrasi 3g03779613
    (9) Seal o-ring

  4. Periksa seal O-ring (9). Jika seal mengeras, retak, atau meleleh, pasang seal yang baru.

    ------ PERINGATAN! ------

    Udara bertekanan dapat menyebabkan cedera. Bila udara bertekanan digunakan untuk membersihkan, kenakan pelindung wajah, pakaian pelindung, dan sepatu pelindung.


    Catatan: Endapan oli berlebih dalam lubang busi merupakan indikasi kerusakan seal bibir pada transformer. Jika ditemukan kondisi ini, bersihkan permukaan alur seal. Ganti seal (6).

  5. Serpihan dapat terkumpul dalam lubang busi. Bersihkan serpihan secara menyeluruh. Gunakan udara kompresi. Tekanan udara maksimum untuk keperluan pembersihan harus berada di bawah 207 kPa (30 psi). Pastikan area di sekitar busi dalam keadaan bersih dan bebas dari kotoran dan serpihan.

  6. Gunakan soket lubang dalam 7/8 inci, ekstensi, dan batang breaker untuk melonggarkan busi (7). Setelah busi dilonggarkan, gunakan soket dan ekstensi untuk melepaskan busi dengan tangan untuk mengetahui masalah pada ulirnya. Setelah busi dilepaskan, buang gasket busi bekas.

Jika busi sulit dilepaskan dengan tangan, aplikasikan oli penetrasi pada ulirnya. Agar oli mudah menembus ulir, putar busi maju dan mundur sampai busi longgar.

Jika busi tidak dapat dilepaskan dengan tangan, bersihkan ulir dengan 9U-7511 Pembersih Dudukan Busi. Alat ini akan mengikis serpihan dari dudukan dan dari ulir di cylinder head. Pastikan untuk membersihkan serpihan yang ada dari silinder.


PERHATIAN

Jangan gunakan tap ulir. Tap ulir akan melepas logam yang tidak perlu. Ulir dapat tergores dan cylinder head dapat menjadi rusak.


Memeriksa Busi



Ilustrasi 4g03779622
(1) Kutub terminal
(2) Selubung
(3) Gasket
(4) Lubang di ruang prapembakaran busi

Periksa busi dengan cermat terhadap kerusakan. Kondisi busi dapat mengindikasikan kondisi pengoperasian engine.

Kutub terminal (1) tidak boleh bergerak. Jika kutub terminal dapat digerakkan dengan tangan, buang busi.

Tanda yang memudar dapat meluas dari selubung (2) hingga insulator. Tanda tersebut mungkin merupakan hasil dari korona yang terbentuk di bagian atas selubung. Konduktor akan membentuk korona ketika potensial tegangan tinggi mengionisasi udara. Korona ini adalah kondisi normal. Korona bukan merupakan indikasi adanya kebocoran di antara selubung dan insulator.

Periksa selubung (2) terhadap kerusakan. Retakan dapat disebabkan oleh pengencangan busi berlebih. Pengencangan berlebih juga dapat meluluhkan logam sehingga selubung menjadi longgar. Buang busi yang memiliki selubung yang retak atau longgar.

Periksa apakah terdapat endapan dalam ruang prapembakaran busi. Pastikan lubang (4) di ruang prapembakaran busi tidak terhalang.

Endapan berwarna cokelat muda atau endapan berwarna abu-abu kecokelatan dihasilkan melalui pengoperasian normal.

Endapan berwarna abu-abu atau hitam dapat disebabkan oleh zat berikut:

  • Oli berlebih

  • Penggunaan oli yang salah

  • Bahan yang masuk melalui sistem bahan bakar atau sistem udara

  • Pembakaran yang buruk karena campuran kaya udara/bahan bakar

Busi dapat beroperasi meskipun terdapat endapan abu. Endapan besar dapat menahan panas yang bisa menyebabkan pengapian bahan bakar sebelum waktunya. Kondisi ini dapat mengakibatkan detonasi yang tidak terkontrol.

Membersihkan Busi

Pembersihan tidak direkomendasikan untuk busi ini.

Memasang Busi

    Catatan: Busi baru dikirim dengan senyawa anti-macet yang diaplikasikan sebelumnya pada ulir. Jangan gunakan senyawa anti-macet tambahan pada ulir busi.

  1. Pastikan busi dalam keadaan bersih dan bebas dari kotoran dan oli.

  2. Selalu gunakan gasket baru ketika busi dipasang. Jika busi bekas dipasang, tempatkan 9Y-6792 Gasket Busi baru pada busi. Orientasikan tab pada gasket ke arah ruang prapembakaran busi. Atau, gasket tidak dapat terpasang dengan benar. Jika gasket untuk busi tidak terpasang dengan benar, jangan tambah torsi pengencangan pada busi untuk meningkatkan seal. Jangan gunakan kembali gasket yang lama. Pasang gasket baru.


    PERHATIAN

    Jangan kencangkan busi secara berlebihan. Selubung dapat mengalami retak dan gasket bisa rusak. Logam dapat berubah bentuk dan gasket bisa rusak. Selubung dapat meregang. Hal ini dapat melonggarkan seal yang terdapat di antara selubung dan insulator, sehingga tekanan pembakaran dapat keluar dari seal. Kerusakan serius dapat terjadi pada engine.

    Gunakan torsi yang tepat.


  3. Pasang busi dengan tangan hingga busi menyentuh gasket. Kencangkan busi sesuai dengan buku petunjuk Spesifikasi engine.

  4. Pastikan transformer dan ekstensi dalam keadaan bersih dan bebas dari kotoran dan oli. Lumasi seal O-ring (9) (Gambar 3) dengan salah satu pelumas berikut:

  5. Pasang transformer. Orientasikan transformer ke arah rangkaian kabel. Secara perlahan sejajarkan soket transformer dengan konektor rangkaian kabel. Sambungkan rangkaian kabel.


    Ilustrasi 5g03779505

  6. Pasang penutup katup.

Caterpillar Information System:

3516B Engine Gear Group (Rear) - Remove
3516B Engine Engine Oil Sequence Valves - Remove and Install
C18 Marine Engines Engine Stalls at Low RPM
3516B Engine Flywheel Housing - Remove
Reusability Guidelines for Single Tooth Master Links {0729, 4150, 4169, 4171} Reusability Guidelines for Single Tooth Master Links {0729, 4150, 4169, 4171}
3516B Engine Flywheel - Remove and Install
3516B Engine Crankshaft Front Seal and Wear Sleeve - Install
PM3516 Power Modules Starting Motor - Inspect
G3512 EPA Emergency and Non-Emergency Standby Generator Sets Hoses and Clamps - Inspect/Replace
G3500H 50Hz Generator Sets Generator - Dry
2012/08/07 New Thermostats Are Now Used for Jacket Water Heater on Certain Cat Gensets and Cat Engines {1383}
G3512 EPA Emergency and Non-Emergency Standby Generator Sets Fuel Filter Differential Pressure - Check - Gas Fuel System
C32 Auxiliary Engine Control Panel - Cat Marine Engine Control Panel I (MECP I) (If Equipped)
C175-16 and C175-20 Generator Set Engines Engine Oil Pan
C175-16 and C175-20 Generator Set Engines Engine Oil Pan
C175-16 and C175-20 Generator Set Engines Turbocharger
C175-16 and C175-20 Generator Set Engines Turbocharger
C175-16 and C175-20 Generator Set Engines Turbocharger
2012/12/10 A Revised Application and Installation Guide Is Now Available for Certain Industrial Engines {1000}
C175-16 and C175-20 Generator Set Engines Turbocharger
3516B Engine Gear Group (Rear) - Install
3516B Engine Piston Cooling Jets - Remove and Install
3516B Engine Bearing Clearance - Check
3516B Engine Connecting Rod Bearings - Remove and Install
Back to top
The names Caterpillar, John Deere, JD, JCB, Hyundai or any other original equipment manufacturers are registered trademarks of the respective original equipment manufacturers. All names, descriptions, numbers and symbols are used for reference purposes only.
CH-Part.com is in no way associated with any of the manufacturers we have listed. All manufacturer's names and descriptions are for reference only.