3208 Marine Engine Caterpillar


General Information

Usage:

3208 01Z

------ PERINGATAN! ------

Perlengkapan pengikat yang tidak sesuai atau tidak benar dapat menyebabkan kerusakan atau ketakberfungsian atau bahkan cedera.

Jangan mencampurkan perlengkapan pengikat yang berukuran metrik dengan perlengkapan pengikat yang berukuran inci.


Pendahuluan untuk Torsi

"Torsi" diukur dalam kaitannya dengan gaya dan jarak. Gaya adalah jumlah dorongan dan tarikan yang diaplikasikan pada ujung tuas. Jarak adalah panjang tuas yang digunakan. Nilai torsi diberikan dalam satuan berikut ini: Newton meter (N·m), pound inch (lb in) dan pound feet (lb ft)

Buku petunjuk ini ditujukan untuk memberikan referensi bagi operator. Buku petunjuk ini akan memberikan penyetelan torsi standar seperti berikut ini: baut, mur, sumbat, fitting dan klem.

Pengecualian terhadap torsi-torsi ini telah diberikan dalam Buku Petunjuk Servis, bila diperlukan.

Pastikan Anda menggunakan kunci torsi yang memiliki kisaran yang benar. Kunci torsi harus digunakan dengan benar untuk memastikan bahwa torsi yang benar telah digunakan. Selalu gunakan kunci torsi dengan perlahan. Jangan menyentakkan kunci torsi. Jangan menggunakan adaptor yang akan mengubah panjang kunci torsi. Untuk penggunaan yang benar dari kunci torsi Anda, gunakan petunjuk pada instruksi yang ada dalam paket kunci torsi Anda. Untuk informasi lebih lanjut mengenai penggunaan yang benar dari kunci torsi, gunakan petunjuk pada Publikasi Khusus, S8BV0516, "Pendahuluan untuk Torsi".

Sebelum melakukan pemasangan perangkat keras apapun, pastikan bahwa komponen tersebut masih berada dalam kondisi yang mendekati baru. Baut dan ulir tidak boleh berada dalam keadaan aus atau rusak. Ulir tidak boleh memiliki sirip atau baret. Perangkat keras yang akan dipasang harus bebas dari karat dan korosi. Bersihkan perlengkapan pengikat bekas dengan pembersih non-karat. Beri pelumasan tipis pada bagian ulir dari perlengkapan pengikat bekas. Beri pelumasan tipis pada permukaan yang berpasangan dari kepala perlengkapan pengikat bekas. Aplikasi lain untuk perlengkapan pengikat pelumasan dapat juga ditentukan dalam Buku Petunjuk Servis. Buku Petunjuk Servis mungkin juga merinci penggunaan perapat dan senyawa.

Catatan: Jangan menggunakan bahan perapat yang tidak ditentukan dalam Buku Petunjuk Servis. Jangan menggunakan senyawa yang tidak ditentukan dalam Buku Petunjuk Servis. Bersihkan kompon lama dari baut dan dari lubang sebelum pemasangan.

Putaran-Torsi

Metode putaran-torsi digunakan ketika dibutuhkan kontrol yang tepat terhadap daya jepitan. Terdapat torsi awal dan putaran tambahan. Torsi awal diperlukan untuk membuat seluruh bagian sambungan bersentuhan. Putaran tambahan memberikan daya jepitan yang diinginkan. Pastikan bahwa semua perlengkapan pengikat telah diputar sebelum Anda melakukan putaran tambahan. Putar perlengkapan pengikat sesuai dengan jumlah yang telah ditentukan. Jumlah yang telah ditentukan biasanya sama dengan atau lebih dari 90°. Jumlah yang telah ditentukan biasanya tambahan sebesar 30°. Putaran yang disarankan adalah 120° atau 180°. Putaran 120° atau 180° mudah diukur dari titik kepala hex perlengkapan pengikat. Pelumasan mungkin ditentukan untuk mengurangi jerih payah yang diperlukan untuk putaran akhir. Penggunaan metode putaran-torsi akan memungkinkan hal-hal berikut ini:

  • Menambah keawetan perlengkapan pengikat.

  • Memaksimalkan daya jepitan potensial dari perlengkapan pengikat.

Aplikasi yang bisa dipakai adalah sebagai berikut:

  • Baut track

  • Baut sprocket

  • Baut batang penghubung

  • Kepala Silinder Engine

  • Baut Poros Penggerak

Catatan: Terlalu banyak tegangan pada baut akan menyebabkan baut meregang di luar ambang batas. Baut akan meregang secara permanen. Baut akan melonggarkan genggamannya terhadap bagian yang dikencangkan. Jika baut dikencangkan lagi, maka baut tersebut akan pecah. Jangan gunakan lagi baut yang telah meregang secara permanen.

Urutan Torsi

Kecuali urutan pengencangan baut ditentukan oleh Buku Petunjuk Servis, maka perlengkapan pengikat harus dikencangkan dalam pola silang. Gunakan Langkah 1 sampai Langkah 5 kecuali urutan pengencangan telah ditentukan:

  1. Kencangkan dengan tangan semua perlengkapan pengikat. Perlengkapan pengikat yang lebih besar mungkin membutuhkan penggunaan kunci tangan yang kecil.

  1. Putar semua perlengkapan pengikat sampai 40% dari torsi penuh.

  1. Putar semua perlengkapan pengikat sampai 70% dari torsi penuh.

  1. Putar semua perlengkapan pengikat sampai torsi penuh dengan menggunakan pola silang. Flens besar mungkin membutuhkan saluran tambahan.

  1. Lakukan paling tidak satu torsi penuh terakhir searah jarum jam ke semua perlengkapan pengikat sampai semua torsi seragam. Flens besar mungkin membutuhkan saluran tambahan.

Catatan: Torsi terakhir bisa berupa sebuah putaran.

Caterpillar Information System:

3500 Engines for Caterpillar Built Generator Sets Accessory Drive (Lower Left Hand)
Installation Procedure For Caterpillar Information Display (ID) Buttons {7451} Installation Procedure For Caterpillar Information Display (ID) Buttons {7451}
3512 Industrial Engine Water/Supplemental Coolant Additive (SCA)
Electric Protection System Energize-To-Run For Generator Set, Industrial and Marine Diesel Engines ETR Component Descriptions
793B Off-Highway Truck Shipping the Machine
3612 and 3616 Fast Vessel Engines Cooling System Supplemental Coolant Additive (SCA) - Test/Add
Electric Protection System Energize-To-Shutoff (ETS) For Generator Set, Industrial and Marine Diesel Engines ETS Introduction
3500B Engines for Caterpillar Built Power Modules Vibration Damper
3408E and 3412E Engines for Caterpillar Built Machines Jacket Water Heater
Adjustment Of The Valve Lash And The Valve Bridge With The 147-5482 Valve Lash Gauge Group {1105, 1121} Adjustment Of The Valve Lash And The Valve Bridge With The 147-5482 Valve Lash Gauge Group {1105, 1121}
3512 Industrial Engine Jacket Water Heater
3500 Generator Set Engines Jacket Water Heater
3176C and 3196 Marine Engines Engine Design
3500B Engines for Caterpillar Built Power Modules Accessory Drive (Lower Left Hand)
3176C and 3196 Industrial Engines Fuel Transfer Pump
3500 Engines for Caterpillar Built Generator Sets Accessory Drive (Lower Left Hand)
3176C and 3196 Marine Engines Engine Design
3176C and 3196 Marine Engines Electronic Unit Injector Mechanism
3500B Engines Gear Group (Front)
3176C and 3196 Engines for Caterpillar Built Machines Electronic Unit Injector Rocker Arm
Electric Protection System Energize-To-Shutoff (ETS) For Generator Set, Industrial and Marine Diesel Engines ETS Component Descriptions
3612 and 3616 Fast Vessel Engines Turbocharger - Inspect
3618 Engine Fuel Tank Water and Sediment - Drain
3612 and 3616 Fast Vessel Engines Engine Power Ratings
Back to top
The names Caterpillar, John Deere, JD, JCB, Hyundai or any other original equipment manufacturers are registered trademarks of the respective original equipment manufacturers. All names, descriptions, numbers and symbols are used for reference purposes only.
CH-Part.com is in no way associated with any of the manufacturers we have listed. All manufacturer's names and descriptions are for reference only.