R2900 Load Haul Dump Caterpillar


Towing the Machine

Usage:

R2900 5TW

------ PERINGATAN! ------

Cedera atau bahkan kematian dapat terjadi sewaktu menarik alat berat yang mogok secara tidak benar.

Ganjal alat berat, untuk mencegah terjadinya gerakan, sebelum melepaskan rem. Alat Berat dapat meluncur bebas apabila tidak diganjal.


Untuk melakukan prosedur penarikan dengan benar, gunakan sejumlah rekomendasi berikut ini.

Alat berat ini dilengkapi dengan rem parkir yang diaktifkan oleh gaya pegas yang dilepas oleh tekanan oli. Jika engine tidak dapat dioperasikan atau jika sistem oli rem tidak berfungsi, rem parkir akan bekerja. Engine ini tidak dapat berjalan.

Rem parkir dapat dilepaskan secara manual apabila terjadi tekanan oli yang tidak mencukupi dalam sistem.

ReferensiUntuk informasi tambahan, bacalah Buku Petunjuk Pengoperasian dan Perawatan, "Melepaskan rem parkir Secara Manual" untuk engine yang sedang diperbaiki.

Gunakan instruksi penarikan berikut ini untuk memindahkan alat berat yang mogok pada jarak pendek. Jangan menggerakkan alat berat lebih cepat dari2 km/j (1,2 mph). Pindahkan alat berat ke lokasi yang aman untuk diperbaiki. Gunakan instruksi ini hanya untuk situasi darurat saja. Gunakan selalu alat pengangkut apabila alat berat perlu dipindahkan pada jarak yang jauh.

Pelindung harus disediakan pada kedua alat berat untuk melindungi operator apabila tali penarik putus atau batang penarik patah.

Jangan membiarkan operator berada di atas alat berat yang ditarik kecuali jika operator dapat mengontrol kemudi dan/atau pengereman.

Sebelum Anda menarik alat berat, periksa kondisi tali penarik atau batang penariknya. Pastikan bahwa tali penarik atau batang penarik cukup kokoh untuk menarik alat berat yang mogok. Tali penarik atau batang penarik harus memiliki kekuatan yang setara dengan 1,5 kali berat kotor alat berat yang sedang ditarik. Gunakan batang penarik atau tali penarik dengan kekuatan seperti yang disebutkan di atas untuk menarik alat berat yang mogok, yang terjebak dalam lumpur. Demikian juga, gunakan batang penarik atau tali penarik dengan kekuatan seperti yang disebutkan di atas untuk menarik alat berat yang mogok pada jalan menanjak.

Jangan gunakan rantai untuk menarik. Sambungan antar rantai dapat putus. Ini dapat menyebabkan cedera pada seseorang. Gunakan kabel serat baja yang ujungnya bersimpul atau memiliki gelang. Posisikan seorang pengamat pada lokasi yang aman. Pengamat ini harus menghentikan prosedur penarikan jika kabel mulai putus atau kabel mulai terlepas. Hentikan prosedur penarikan jika alat berat penarik bergerak sementara alat berat yang ditarik tidak.

Pertahankan sudut penarikan seminimal mungkin. Jangan melampaui sudut 30 derajat dari posisi lurus ke depan.

Gerakan alat berat yang cepat dapat menyebabkan pembebanan yang berlebihan pada kabel atau batang penarik. Hal ini dapat menyebabkan kabel atau batang penarik putus. Gerakan alat berat yang mulus dan bertahap akan lebih efektif.

Pada umumnya, alat berat penarik harus berukuran sama besar dengan alat berat yang mogok. Alat berat penarik harus memiliki kapasitas pengereman yang memadai, berat yang mencukupi dan tenaga yang mencukupi untuk dapat mengatasi tanjakan dan jarak yang harus ditempuh.

Alat berat yang mogok mungkin perlu dihubungkan dengan sebuah alat berat yang lebih besar atau alat berat tambahan guna menyediakan kontrol dan pengereman yang cukup. Hal ini akan mencegah alat berat yang mogok meluncur bebas tanpa terkendali pada turunan.

Persyaratan untuk situasi yang berbeda tidak dapat dispesifikasikan. Kapasitas minimal dari alat berat penarik diperlukan sewaktu melakukan penarikan pada permukaan yang rata dan mulus. Kapasitas maksimum alat berat penarik diperlukan pada lerengan atau pada kondisi permukaan tanah yang buruk.

Jika mungkin, turunkan semua beban sebelum berusaha untuk menarik alat berat. Alat berat yang ditarik dengan membawa muatan harus dilengkapi dengan sistem rem yang dapat dioperasikan dari kompartemen operator.

Hubungi dealer Caterpillar untuk mengetahui rincian tambahan mengenai penarikan alat berat yang mogok.

Melakukan Penarikan Dengan Engine Dihidupkan

Jika engine hidup, alat berat dapat ditarik pada jarak pendek dengan syarat-syarat tertentu. Power train dan sistem kemudi harus bisa dioperasikan. Tarik alat berat hanya dalam jarak pendek. Misalnya untuk menarik alat berat keluar dari lumpur atau menarik alat berat ke pinggir jalan.

Operator pada alat berat yang ditarik harus mengemudikan alat berat sesuai dengan arah kabel penarik.

Patuhi dengan teliti semua instruksi-instruksi yang diberikan dalam topik ini.

Melakukan Penarikan Dengan Engine Dimatikan


PERHATIAN

Beberapa alat berat Caterpillar tertentu bisa jadi dilengkapi dengan pilihan sistem kemudi sekunder.

Sistem kemudi sekunder menyediakan kemudi darurat hanya ketika alat berat sedang dalam keadaan bergerak.

Jika alat berat Anda dilengkapi dengan kemudi sekunder, jangan membalikkan selang kemudi hidrolik. Sistem kemudi sekunder dapat digunakan untuk mengemudikan alat berat dengan aman ketika sedang ditarik.


Lakukan langkah-langkah berikut sebelum Anda menarik alat berat.




    Ilustrasi 1g00920786

    (A) Head end

    (B) Rod end

  1. Ganjal semua roda. Mundurkan sambungan selang kemudi hidrolik hanya pada satu silinder saja. Ini membuat silinder kemudi bisa bergerak dengan bebas.


    PERHATIAN

    Pastikan untuk selalu menampung semua cairan selama melakukan pemeriksaan, perawatan, pengujian, penyetelan dan perbaikan pada produk. Persiapkan penampungan cairan dengan menggunakan tempat penampung yang sesuai sebelum membuka suatu kompartemen atau membongkar komponen-komponen yang berisi cairan.

    Gunakan petunjuk pada Publikasi Khusus, NENG2500, "Caterpillar Tools and Shop Products Guide" guna mengetahui peralatan dan perlengkapan untuk mengumpulkan dan menampung cairan pada produk-produk Caterpillar.

    Buang semua cairan sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku.



    PERHATIAN

    Pastikan bahwa selang-selang silinder telah tersambung dengan benar sebelum mengoperasikan alat berat. Apabila selang dipasang terbalik, sistem kemudi tidak akan berfungsi.


  1. Lepaskan poros sumbu jika diduga terjadi kerusakan dalam transmisi atau pada rangkaian penggerak.

    ReferensiUntuk informasi mengenai menggerakkan shaft gandar, bacalah Power Train, Merakit dan Membongkar, "Shaft Gandar - Memindahkan"untuk alat berat yang sedang diperbaiki.

  1. Jika mungkin, turunkan semua beban.

  1. Sambungkan batang penarik.

  1. Lepaskan rem parkir secara manual.

    ReferensiUntuk informasi mengenai melepaskan rem parkir secara manual, bacalahBuku Petunjuk Pengoperasian dan Perawatan, "Melepaskan rem parkir Secara Manual" untuk engine yang sedang diperbaiki.


    PERHATIAN

    Lepaskan rem parkir untuk mencegah keausan yang berlebihan dan kerusakan pada sistem rem parkir ketika melakukan penarikan alat berat.


  1. Lepaskan ganjal roda. Tarik alat berat secara perlahan. Jangan melebihi kecepatan 2 km/jam (1,2 mph).

------ PERINGATAN! ------

Cedera atau bahkan kematian dapat terjadi akibat tidak berfungsinya rem.

Pastikan bahwa semua perbaikan dan penyetelan yang diperlukan telah dilakukan sebelum alat berat yang ditarik ke daerah servis kembali dioperasikan.


Caterpillar Information System:

3508 and 3516 EUI Engines and 5130 and 5230 Excavators Muffler
14H Motor Grader 3176C Engine Supplement Rear Chassis Support - Remove
776D, 777D and 777D HAA Off-Highway Truck/Tractors Power Train Differential and Bevel Gear
797 Off-Highway Truck Air Dryer - Install
R2900 Load Haul Dump Lifting and Tying Down the Machine - R2900 SUPA 20 Load Haul Dump
R2900 Load Haul Dump Lifting and Tying Down the Machine - R2900 Load Haul Dump
TK711, TK721, TK722 and TK732 Track Feller Bunchers Hydraulic System Swing System
2002/10/14 A New Window Regulator is Used for Improved Service Life {7308}
797 Off-Highway Truck Air Dryer - Remove
TH350B, TH355B, TH360B and TH460B Telehandlers Safety Messages
Flexxaire Fan Torque Specifications (Flexxaire Fan)
D250E Series II and D300E Series II Articulated Trucks Power Train Final Drive and Wheel
IT28G Integrated Toolcarrier and 924G, 924GZ and 928G Wheel Loaders Operational Checks (Steering System)
IT28G Integrated Toolcarrier and 924G, 924GZ and 928G Wheel Loaders Power Train Electrical Schematic (Transmission)
3054E and 3056E Industrial Engines and Engines for Caterpillar Built Machines ECM Will Not Communicate with Other Systems or Display Modules
2002/11/11 New Parking Brake Switches Are Used {1435, 4284}
R1600G Load Haul Dump Power Train Torque Converter
AP-1000D, AP-1055D, AP-655C, BG-2255C, BG-2455D and BG-260D Asphalt Pavers Switch Circuits
3508 and 3516 EUI Engines and 5130 and 5230 Excavators Muffler
IT38G Series II Integrated Toolcarrier and 938G Series II Wheel Loader Transmission Control (Shift Lever)
2002/09/16 Correction to Specification, System Operation, Testing and Adjusting Module , "Steering System Pressure Test" {4300}
2003/02/10 A New Brake Cooling Screen is Available for Improved Service Life {1374, 1380, 3016, 3154, 5057}
RM-350B Road Reclaimer/Soil Stabilizer Machine Systems Rotor Drive Planetary - Remove
120H, 12H, 135H, 140H, 143H, 160H and 163H Motor Graders Location of Components (Electrical System)
Back to top
The names Caterpillar, John Deere, JD, JCB, Hyundai or any other original equipment manufacturers are registered trademarks of the respective original equipment manufacturers. All names, descriptions, numbers and symbols are used for reference purposes only.
CH-Part.com is in no way associated with any of the manufacturers we have listed. All manufacturer's names and descriptions are for reference only.