527 Track-Type Skidder Caterpillar


Starting with Jump Start Cables

Usage:

527 2RS

------ PERINGATAN! ------

Batere mengeluarkan gas yang bersifat mudah terbakar yang mana dapat meledak dan mengakibatkan kecelakaan.

Hindari timbulnya bunga api di dekat batere. Bunga api dapat menyebabkan uap batere meledak. Jangan membiarkan ujung-ujung kabel start jamper saling bersinggungan satu dengan lainnya atau bersinggungan ke alat berat.

Jangan merokok sewaktu melakukan pemeriksaan tinggi permukaan elektrolit dalam batere.

Elektrolit bersifat asam dan dapat menyebabkan cedera apabila tersentuh ke kulit atau mata.

Gunakan selalu kacamata pelindung mata sewaktu melakukan start dengan kabel start jamper.

Prosedur start jamper yang tidak benar dapat menyebabkan terjadinya ledakan yang mengakibatkan cedera.

Hubungkan selalu kutub batere positif (+) dengan kutub batere positif (+) dan kutub batere negatif (−) dengan kutub batere negatif (−).

Lakukan start jamper hanya dengan menggunakan sumber catu daya yang mempunyai tegangan yang sama dengan yang terpasang pada alat berat yang mogok.

Matikan semua lampu dan perlengkapan asesori lainnya pada alat berat yang mogok. Apabila tidak, peralatan tersebut akan bekerja pada saat sumber catu daya telah terhubung.



PERHATIAN

Sewaktu melakukan start dari alat berat yang lain, pastikan bahwa kedua alat berat tidak saling bersinggungan. Hal ini dapat mencegah kerusakan pada bantalan-bantalan engine serta sirkuit kelistrikan.

Aktifkan sakelar pemutus hubungan baterai terlebih dahulu sebelum melakukan penyambungan guna mencegah kerusakan komponen-komponen listrik pada alat berat yang mogok.

Baterai bebas perawatan (free maintenance battery) yang telah habis tidak akan terisi kembali sepenuhnya melalui alternator setelah melakukan start jamper. Baterai harus diisi hingga mencapai tegangan yang benar dengan menggunakan alat pengisi baterai. Kebanyakan baterai yang tampaknya tidak dapat dipakai lagi sebenarnya masih dapat diisi ulang.

Alat Berat ini memiliki sistem start 24 volt. Gunakan hanya tegangan yang sama untuk melakukan start jamper. Menggunakan alat las atau tegangan yang lebih tinggi akan merusak sistem kelistrikan.

Lihat Petunjuk Khusus, Battery Test Procedure, SEHS7633, yang tersedia di dealer Caterpillar, untuk mendapatkan informasi selengkapnya mengenai pengujian dan pengisian batere.


Menggunakan Kabel Jump Start

Apabila stopkontak start tambahan tidak tersedia, gunakan prosedur berikut ini.

  1. Tentukan penyebab engine tidak dapat dihidupkan. Rujuk ke Petunjuk Khusus, SEHS7768 tentang penggunaan Grup Analyzer Pengisian Penstarteran 6V-2150. Gunakan prosedur ini jika alat berat tidak memiliki konektor diagnostik.

  1. Gerakkan kontrol transmisi ke posisi NETRAL pada alat berat yang mogok. Aktifkan rem parkir. Turunkan semua attachment ke permukaan tanah. Gerakkan semua kontrol ke posisi TAHAN.

  1. Pada alat berat yang mogok, putar kunci sakelar start ke posisi OFF. Matikan aksesori.

  1. Pada alat berat yang mogok, aktifkan sakelar pemutus baterai.

  1. Gerakkan kedua alat berat bersama-sama sehingga kabel dapat menjangkau keduanya. JANGAN SAMPAI KEDUA ALAT BERAT SALING BERSINGGUNGAN.

  1. Matikan engine pada alat berat yang menjadi sumber kelistrikan. Bila menggunakan sumber catudaya bantu, matikan sistem pengisiannya.

  1. Periksa tutup-tutup baterai apakah telah terpasang dengan benar dan dikencangkan dengan benar. Lakukan pemeriksaan pada kedua alat berat. Pastikan baterai pada alat berat yang mogok tidak dalam keadaan beku. Periksa tingkat ketinggian elektrolik pada baterai dan pastikan tidak terlalu rendah.

  1. Hubungkan kabel jump start positif (+) ke terminal kabel positif baterai (+)yang lemah muatan listriknya.

    Jangan biarkan klem kabel positif (+) menyentuh logam lain kecuali terminal baterai.

  1. Baterai yang dirangkai seri dapat diletakkan di kompartemen yang terpisah. Gunakan terminal yang terhubung ke solenoid starter. Pada umumnya baterai ini berada pada sisi yang sama dengan starter alat berat.

  1. Hubungkan kabel jump start positif (+) ke terminal positif (+) dari sumber listrik. Gunakan prosedur dari Langkah 8 guna menentukan terminal yang tepat.

  1. Hubungkan salah satu ujung dari kabel jump start negatif (−) ke terminal negatif (−) dari sumber listrik.

  1. Lakukan penyambungan akhir. Hubungkan kabel negatif (−) ke rangka alat berat yang mogok. Hubungan antar-baterai harus dilakukan jauh dari baterai, bahan bakar, saluran hidrolik atau bagian-bagian yang bergerak.

  1. Nyalakan engine pada alat berat yang menjadi sumber listrik. Atau, aktifkan sistem pengisian di sumber daya tambahan.

  1. Biarkan sumber listrik mengisi daya baterai selama dua menit.

  1. Coba nyalakan engine dari alat berat yang mogok. Rujuk ke Buku Petunjuk Pengoperasian dan Perawatan, "Penyalaan Engine". Lihat bagian awal dari topik ini. Biarkan sumber listrik mengisi daya baterai selama dua menit.

  1. Segera setelah engine yang mogok dinyalakan, lepaskan sambungan kabel jump start dengan urutan terbalik dengan pemasangannya.

  1. Selesaikan dengan membuat analisis kerusakan mengenai sistem pengisian starter. Periksa alat berat yang mogok, bila perlu. Periksa alat berat saat engine sedang hidup dan sistem pengisian daya baterai sedang bekerja.

Caterpillar Information System:

950G and 962G Wheel Loaders and IT62G Integrated Toolcarrier Machine Systems Main Control Valve - Disassemble
966G Wheel Loader and 972G Wheel Loader Power Train CID 0270 FMI 09 Caterpillar Monitoring System Harness Code Abnormal Update - Test
793B Off-Highway Truck Power Train Torque Converter (Housing)
950G and 962G Wheel Loaders and IT62G Integrated Toolcarrier Machine Systems Diverter Valve (Ride Control) - Assemble
966G Wheel Loader and 972G Wheel Loader Power Train CID 0190 FMI 02 Speed Sensor (Engine) Signal Incorrect - Test
517 Track-Type Skidder Starting Below 0°C (32°F) with Ether Starting Aid - If Equipped
789B Off-Highway Truck Tire Shipping Pressure
966G Wheel Loader and 972G Wheel Loader Power Train CID 0177 FMI 04 Temperature Sensor (Transmission Oil) Voltage Below Normal - Test
517 Track-Type Skidder Starting Above 0°C (32°F)
784B and 785B Off-Highway Truck/Tractors Tire Shipping Pressure
D250E Series II and D300E Series II Articulated Trucks 3306B Engine Supplement Cab - Tilt
966G Wheel Loader and 972G Wheel Loader Power Train CID 0177 FMI 03 Temperature Sensor (Transmission Oil) Voltage Above Normal - Test
793B Off-Highway Truck Power Train Transmission Planetary
966G Wheel Loader and 972G Wheel Loader Power Train CID 0270 FMI 12 Caterpillar Monitoring System Harness Code Failed - Test
D250E Series II and D300E Series II Articulated Trucks 3306B Engine Supplement Refrigerant Accumulator - Remove and Install
784B and 785B Off-Highway Truck/Tractors Windows
527 Track-Type Skidder Starting with Auxiliary Start Receptacle
789B Off-Highway Truck Hydraulic System Hoist System Troubleshooting
IT14G Integrated Toolcarrier and 914G Wheel Loader Braking System Limit Switch (Parking Brake)
VFS50 and VFS70 Versatile Flotation System Midroller - Disassemble
527 Track-Type Skidder After Starting Engine
IT14G Integrated Toolcarrier and 914G Wheel Loader Braking System Limit Switch (Service Brake)
950G Wheel Loader, 962G Wheel Loader and IT62G Integrated Toolcarrier Power Train CID 0368 FMI 03 Rotary Switch (Transmission Auto/Man) Voltage Above Normal - Test - Conventional Steering-Without Integrated Braking System
789C Off-Highway Truck Air System and Brakes Rear Wheel
Back to top
The names Caterpillar, John Deere, JD, JCB, Hyundai or any other original equipment manufacturers are registered trademarks of the respective original equipment manufacturers. All names, descriptions, numbers and symbols are used for reference purposes only.
CH-Part.com is in no way associated with any of the manufacturers we have listed. All manufacturer's names and descriptions are for reference only.