R2900G Load Haul Dump Caterpillar


Caterpillar Monitoring System

Usage:

R2900G JLK



Ilustrasi 1g00946484

Sistem Pengawasan Caterpillar terdiri dari meteran (1), tampilan speedometer/tachometer (2), alarm tindakan, tampilan sistem pengawasan, (3), dan lampu tindakan (5). Indikator tanda bahaya (4) untuk setiap sistem alat berat terletak padatampilan sistem pengawasan.

Sistem pengawasan dirancang untuk memberikan peringatan kepada operator mengenai adanya permasalahan yang baru saja terjadi atau permasalahan yang sudah lama terjadi tetapi belum diperbaiki dalam salah satu atau lebih dari satu sistem pada alat berat.

Pengoperasian Ingat

Tabel 1
Pengoperasian Ingat    
Kategori Ingat     Indikasi Ingat (1)     Tindakan yang Diperlukan dari Operator     Akibat yang Mungkin Terjadi (2)    
Indikator Ingat Berkedip (3) Meteran akan menunjuk dalam daerah berwarna merah Lampu Tindakan Berkedip (4)     Alarm Tindakan Berbunyi    
1     X             Tidak ada tindakan yang harus segera diambil. Sistem memerlukan perhatian segera.     Tidak ada efek berbahaya atau efek merusak yang akan terjadi.    
2     X     X         Ubah pengoperasian alat berat atau lakukan tindakan perawatan pada sistem.     Kerusakan pada komponen alat berat akan terjadi.    
2-S     X     X     (5)     Segera ubah cara pengoperasian alat berat.     Kerusakan parah pada komponen-komponen alat berat.    
3     X     X     (6)     Segera berhentikan engine dengan aman.     Akan terjadi cedera pada operator atau kerusakan yang parah pada komponen.    
( 1 ) Indikasi Ingat yang aktif diberi tanda X.
( 2 ) Bila tindakan yang diperlukan tidak dilaksanakan, akibat-akibat berikut akan terjadi.
( 3 ) Indikator Ingat berkedip pada kecepatan 10 Hz.
( 4 ) Lampu tindakan berkedip pada 1 Hz.
( 5 ) Alarm terus menerus menyala.
( 6 ) Alarm tindakan akan berbunyi pada frekwensi 1 Hz.

Kategori Peringatan

Sistem pemantauan menyediakan tiga macam kategori peringatan. Kategori pertama hanya memerlukan kewaspadaan dari operator. Kategori peringatan kedua mengharuskan pengoperasian atau prosedur perawatan alat berat diubah. Kategori peringatan ketiga mengharuskan alat berat segera dihentikan dengan aman.

Kategori Peringatan 1

Dalam kategori ini, hanya indikator tanda peringatan yang sesuai yang akan berkedip. Indikator tanda bahaya menginformasikan kepada operator bahwa salah satu sistem alat berat memerlukan perhatian. Kondisi sistem alat berat tidak boleh membahayakan operator. Kondisi sistem alat berat juga tidak boleh menyebabkan kerusakan pada alat berat itu sendiri.




Ilustrasi 2g01038593


rem parkir (1) - Rem parkir sedang terpasang dan transmisi dalam keadaan NETRAL. Indikator peringatan harus nyala berkedip selama start-up. Indikator tanda bahaya akan padam bilamana rem parkir dilepaskan.


Sistem Kelistrikan (2) - Indikator ini menunjukkan adanya sistem kelistrikan yang tidak berfungsi. Apabila indikator tanda bahaya berkedip, tegangan sistem berada dalam keadaan terlalu tinggi atau terlalu rendah untuk pengoperasian alat berat dengan normal.

Jika beban listrik (AC dan/atau lampu penerangan) tinggi dan kecepatan engine rendah, naikkan kecepatan engine. Hal ini akan menghasilkan output alternator yang lebih besar. Jika indikator peringatan untuk sistem kelistrikan padam dalam waktu satu menit, sistem kelistrikan sudah bekerja secara normal. Beban berlebih dapat terjadi selama periode kecepatan engine rendah.

Ubah siklus pengoperasian guna menghindari beban berlebih pada sistem kelistrikan. Beban berlebih pada sistem kelistrikan dapat mengakibatkan arus baterai terkuras habis.

Low idle harus disetel ulang. Sesuaikan setelan low idle pada batas tertinggi ketika beban listrik yang paling umum dinyalakan. Mengurangi beban juga akan membantu. Gunakan kecepatan kipas sedang daripada kecepatan kipas tinggi.

Jika prosedur ini tidak menyebabkan indikator peringatan padam, hentikan alat berat dan selidiki penyebab dari permasalahan. Permasalahan ini mungkin disebabkan oleh sabuk alternator yang kendor atau putus. Dan juga, kemungkinan baterai rusak.

Jika lampu tetap menyala pada kecepatan pengoperasian normal dan dengan beban listrik yang ringan, hentikan alat berat dan selidiki penyebab permasalahan. Permasalahan ini mungkin disebabkan oleh sabuk alternator yang kendor atau putus. Dan juga, mungkin baterai atau alternator rusak.


Harus Dilakukan Pemeliharaan (3) - Indikator tanda bahaya ini akan terus MENYALA bila alat berat memerlukan pemeliharaan. Indikator peringata bisa disetel ulang dan jarak pemeliharaan bisa disesuaikan menggunakan komputer laptop dengan perangkat lunak Electronic Technician (ET).


Tekanan Bahan Bakar (3) - Indikator peringatan ini akan menyala jika filter bahan bakar terhalang. Jika indikator ini menyala selama pengoperasian, perbaiki filter bahan bakar hari itu juga.


Hambatan Saringan Udara (4) - Menunjukkan bahwa saringan udara engine terpasang. Jika Indikator tanda bahaya menyala selama pengoperasian, perbaiki filter saat itu juga.



Ilustrasi 3g01038594


Meteran Tinggi Permukaan Bahan Bakar (5) - Jika jarum penunjuk berada di daerah berwarna merah, artinya ketinggian bahan bakar rendah (15% dari kapasitas tangki). Isi kembali tangki bahan bakar dalam waktu satu jam agar tidak kehabisan bahan bakar.


PERHATIAN

Kehabisan bahan bakar dapat menyebabkan kerusakan engine. Jangan melanjutkan pengoperasian alat berat bila bahan bakar berada pada batas kritis rendah.


Kategori Peringatan 2

Dalam kategori ini, salah satu dari kondisi berikut ini akan terjadi:

  • Indikator tanda bahaya dan lampu tindakan akan berkedip.

  • Meteran akan menunjuk dalam daerah berwarna merah dan lampu tindakan akan berkedip.

Hal ini memperingatkan operator bahwa sebuah perubahan dalam pengoperasian alat berat dibutuhkan untuk mengurangi suhu yang berlebihan dalam satu sistem atau lebih. Pindahkan alat berat ke tempat yang nyaman untuk parkir lalu matikan engine. Selidiki penyebab menyalanya indikator tanda bahaya atau meteran dan segera laporkan permasalahan.




Ilustrasi 4g01038595


Temperatur cairan pendingin Engine (6) - Menunjukkan suhu cairan pendingin engine yang berlebihan Jika jarum meteran ada pada jangkauan merah, pindahkan alat berat pada lokasi yang nyaman untuk parkir lalu matikan engine. Periksa penyebab masalah. Jangan mengoperasikan alat berat jika jarummeteran tetap ada pada area berwarna merah dan lampu tindakan terus menyala.


Temperatur Oli Transmisi (7) - Menunjukkan konverter torsi/suhu oli transmisi. Jika jarum meteran berada di area berwarna merah, kurangi beban pada alat berat. Jika jarum meteran berada di area berwarna merah dan lampu tindakan terus menyala setelah kurang lebih lima menit, hentikan alat berat dan cari tahu penyebab permasalahannya.


Suhu Oli Hidrolik (8) - Menunjukkan suhu oli hidrolik yang terlalu panas. Kurangi beban pada sistem jika jarum meteran berada di area berwarna merah. Apabila jarum tetap berada dalam daerah berwarna merah dan lampu tindakan terus menyala, hentikan alat berat dan selidiki penyebab permasalahan.



Ilustrasi 5g01038597


Suhu Oli Gandar (9) - Menunjukkan suhu oli gandar yang terlalu panas. Jika indikator tanda bahaya ini meyala selama pengoperasian, kurangi beban pada alat berat. Pemindahkan gigi turun untuk mengurangi beban dari sistem rem. Hentikan alat berat jika indikator peringatan terus berkedip. Biarkan engine mendingin dan menyirkulasikan oli gandar. Selidiki penyebab permasalahan.

Kategori Peringatan 2-S

Kategori peringatan 2-S termasuk sebuah alarm konstan. Kategori peringatan 2-S termasuk semua peringatan-peringatan dalam kategori 2. Kategori peringatan 2-S adalah suatu kondisi yang pelik. Operator harus dengan segera mengubah prosedur pengoperasian guna mencegah kerusakan terhadap alat berat. Alarm akan berhenti berbunyi apabila tindakan yang tepat telah diambil. Sebuah kategori 2-S telah tercatat.




Ilustrasi 6g01125440


Rem parkir (10) - Menunjukkan bahwa alat berat tidak dalam posisi netral dan rem parkir sedang aktif. Alarm tindakan juga akan terus berbunyi. Segera hentikan alat berat jika indikator peringatan menyala selama pengoperasian dan alarm terus-menerus berbunyi. Matikan alat berat dan selidiki penyebab permasalahan.

Kategori Peringatan 3

Dalam kategori ini, indikator peringatan dan lampu tindakan akan nyala berkedip dan alarm tindakan akan berbunyi. Kategori ini memerlukan tindakan menghentikan alat berat dengan segera dan aman guna mencegah kemungkinan cedera kepada operator dan/atau kerusakan yang parah pada sistem dan alat berat.

Jangan mengoperasikan alat berat hingga penyebabnya telah diperbaiki.




Ilustrasi 7g01125442


Tekanan Oli Engine (11) - Tekanan oli engine rendah. Jika indikator peringatan ini menyala, segera hentikan alat berat dan tarik rem parkir. Matikan engine dan selidiki penyebab permasalahan.


Tekanan Oli Akumulator Rem (12) - Menunjukkan bahwa tekanan oli akumulator rem rendah. Jika tekanan oli akumulator rem terus berkurang, rem parkir akan secara otomatis aktif. Jika indikator peringatan ini nyala berkedip, segera hentikan alat berat dan aktifkan rem parkir. Matikan engine dan cari tahu penyebab permasalahan.


Sistem Kelistrikan (13) - Menunjukkan kesalahan serius dalam sistem listrik. Jika indikator peringatan ini menyala selama pengoperasian, segera hentikan alat berat dan aktifkan rem parkir. Matikan engine dan cari tahu penyebab permasalahan.


Ketinggian cairan pendingin Engine (14) - Menunjukkan Bahwa Ketinggian cairan pendingin engine rendah. Jika indikator peringatan ini menyala, segera hentikan alat berat dan aktifkan rem parkir. Matikan engine dan selidiki penyebab permasalahan.


Tekanan Oli Transmisi (jika dilengkapi) (15) - Menunjukkan bahwa alat berat memiliki tekanan oli transmisi yang rendah. Jika tekanan transmisi terus berkurang, rem parkir akan secara otomatis aktif. Jika indikator peringatan ini nyala berkedip selama pengoperasian, segera hentikan alat berat dan aktifkan rem parkir. Matikan engine dan selidiki penyebab permasalahan.


PERHATIAN

Jika indikator tekanan oli transmisi menyala, rem parkir mungkin aktif. Hentikan pengoperasian, segera pindahkan alat berat ke lokasi yang aman untuk mengaktifkan rem parkir dan mematikan engine. Periksalah dan perbaiki penyebab masalahnya sebelum mengoperasikan kembali alat berat.


Caterpillar Information System:

AP655D and BG655D Asphalt Pavers Propel System Pressure Limiter Valve - Test and Adjust - Left Propel Pump (Steel Track)
770 and 772 Off-Highway Truck Radio Mount
420E, 430E, 432E, 434E, 442E and 444E Backhoe Loaders Hydraulic and Steering System Control Valve (Stick)
False Warning for Low Transmission Oil Level on Some Off-Highway Trucks{3101, 7422} False Warning for Low Transmission Oil Level on Some Off-Highway Trucks{3101, 7422}
420E, 430E, 432E, 434E, 442E and 444E Backhoe Loaders Hydraulic and Steering System Control Valve (Extendable Stick)
3412E Engine for Caterpillar Built Machines Coolant Temperature Is High
259B3 Compact Track Loader, 247B3 and 257B3 Multi Terrain Loaders and 216B3, 226B3, 236B3, 242B3 and 252B3 Skid Steer Loaders Power Train Idler Axle - Remove
770 and 772 Off-Highway Truck/Tractors Heater Coil - Remove and Install
420E, 430E, 432E, 434E, 442E and 444E Backhoe Loaders Hydraulic and Steering System Bank Valve (Backhoe)
587R Pipelayer Machine Systems Platform - Install
587R Pipelayer Machine Systems Platform - Remove
259B3 Compact Track Loader, 247B3 and 257B3 Multi Terrain Loaders and 216B3, 226B3, 236B3, 242B3 and 252B3 Skid Steer Loaders Power Train Track Tensioner - Remove and Install
R1700G Load Haul Dump Safety Messages
C4.4 and C6.6 Engines for Caterpillar Built Machines Multiposition Switch Setup
C4.4 Industrial Engine Fuel Related Components in Cold Weather
C4.4 and C6.6 Engines for Caterpillar Built Machines Customer Specified Parameters
C1.1, C1.5 and C2.2 Engines for Caterpillar Built Machines Governor - Adjust
C4.4 and C6.6 Engines for Caterpillar Built Machines Customer Specified Parameters Table
C4.4 and C6.6 Engines for Caterpillar Built Machines Customer Specified Parameters Worksheet
C4.4 and C6.6 Engines for Caterpillar Built Machines Can Not Reach Top Engine RPM
3176C, 3406E and 3456 Industrial Engines Engine Has Mechanical Noise (Knock)
3412E Engine for Caterpillar Built Machines Engine Misfires, Runs Rough or Is Unstable
EquipmentManager Dealer Administrator Manual Manage Event Tracking
EquipmentManager User Guide Upload Data
Back to top
The names Caterpillar, John Deere, JD, JCB, Hyundai or any other original equipment manufacturers are registered trademarks of the respective original equipment manufacturers. All names, descriptions, numbers and symbols are used for reference purposes only.
CH-Part.com is in no way associated with any of the manufacturers we have listed. All manufacturer's names and descriptions are for reference only.