3116 and 3126 Marine Engines Caterpillar


Marine Engine Performance Analysis Report (PAR)

Usage:

3116 1SK
Operator kapal laut peduli terhadap kinerja, biaya pengoperasian, dan masa pakai engine yang wajar. Biasanya, kinerja kapal yang buruk diyakini karena rendahnya atau hilangnya kinerja engine. Sebenarnya, engine hanya merupakan salah satu dari sekian banyak faktor yang mempengaruhi keseluruhan kinerja kapal.

Beberapa faktor menentukan permintaan daya pada engine. Engine tidak memiliki kontrol terhadap permintaan yang disebabkan karena desain kapal. Desain kapal mencakup fitur berikut:

  • Lambung kapal

  • Propeler

  • Drive train

Desain lambung kapal, propeler, dan drive train juga mempengaruhi jumlah daya yang tersedia untuk melakukan pekerjaan tambahan. Misalnya, fitur tersebut mempengaruhi daya yang digunakan untuk menggerakkan pompa bantu.

Jika terjadi masalah pada kinerja kapal, pertimbangkan dampak berikut terhadap permintaan daya:

  • Beban

  • Kondisi kapal

  • Desain kapal

  • Kondisi drive train

  • Kondisi propeler

Penurunan kualitas sistem engine akan menurunkan kemampuan engine untuk menghasilkan daya dan kecepatan kapal. Sistem engine mencakup sistem pendinginan, sistem pelumasan, sistem bahan bakar, dsb. Engine kemungkinan besar bukanlah penyebab pemborosan bahan bakar bila tidak ada asap buang yang berlebih dan/atau kehilangan daya.

Jika Anda benar-benar memiliki masalah pada kinerja engine, hubungi dealer resmi Cat untuk mendapatkan bantuan.

Jika engine dilindungi dengan garansi, garansi Caterpillar akan mengganti biaya perbaikan untuk masalah yang benar-benar terkait dengan penurunan kinerja engine. Namun, jika engine tidak bermasalah, semua biaya yang ditimbulkan akan dibebankan kepada pemilik.

Catatan: Penyetelan sistem bahan bakar yang tidak sesuai dengan batas dari Caterpillar tidak akan meningkatkan efisiensi bahan bakar. Penyetelan sistem bahan bakar yang tidak sesuai dengan batas dari Caterpillar dapat juga mengakibatkan kerusakan pada engine.

Engine Cat dibuat dengan teknologi yang canggih. Engine Cat didesain untuk membantu memberikan dua karakteristik berikut dalam semua aplikasi:

  • Kinerja maksimum

  • Efisiensi bahan bakar

Untuk memastikan kinerja yang optimal selama masa pakai engine, ikuti saran prosedur pengoperasian yang dijelaskan dalam buku petunjuk ini. Selain itu, ikuti prosedur perawatan pencegahan yang dijelaskan dalam buku petunjuk ini.

Laporan Analisis Kinerja (PAR)

Untuk memverifikasi kondisi sistem propulsi, Caterpillar telah mengembangkan Laporan Analisis Kinerja (PAR, Performance Analysis Report) untuk engine kapal laut.

PAR adalah prosedur pengujian di dalam kapal yang dilakukan oleh analisis Cat di bawah kondisi pengoperasian. Pengujian tersebut membandingkan kinerja semua sistem engine kapal laut dengan spesifikasi pengujian awal.

Bila PAR dilakukan dengan metode Sea Trial (Uji Coba Berlayar), pemasangan berkualitas tinggi dapat dijamin. PAR akan mengkonfirmasi kecocokan komponen berikut untuk kinerja yang optimal dan efisiensi bahan bakar: lambung kapal, kemudi, propeler, transmisi kapal laut, ventilasi dan sistem pendinginan.

Caterpillar merekomendasikan penjadwalan PAR untuk mempertahankan kinerja yang optimal.

PAR berkala dapat menentukan penurunan kualitas pada sistem propulsi. PAR dapat memberikan bantuan dalam perbaikan, overhaul, dan jadwal perawatan. PAR akan membantu memberikan biaya pengoperasian yang paling efisien dan hemat.

Back to top
The names Caterpillar, John Deere, JD, JCB, Hyundai or any other original equipment manufacturers are registered trademarks of the respective original equipment manufacturers. All names, descriptions, numbers and symbols are used for reference purposes only.
CH-Part.com is in no way associated with any of the manufacturers we have listed. All manufacturer's names and descriptions are for reference only.